Permasalahan pasar

Alasan utama kegagalan startup adalah permasalahan ada atau tidaknya pasar untuk produk yang akan kita bangun. Beberapa gejala umum yaitu:

  • Tidak ada value proposition yang menarik atau event yang menarik, yang menjadi alasan pembeli dalam melakukan transaksi pembelian.
  • Waktu memasarkan produk yang salah.
  • Market size yang tidak memberikan pengembalian yang memadai terhadap perusahaan. Dengan kata lain, market size-nya tidak sesuai dengan target yang ditetapkan.

Kegagalan dalam membuat Business Model

Salah satu kesalahan startup dalam membuat business model adalah terlalu “percaya diri” tentang kemudahan dalam mendapatkan konsumen. Mereka mengasumsikan hal tersebut karena mereka telah membangun website, produk, atau jasa. Pengamatan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan konsumen adalah dengan mengefektifkan pengeluaran, dan untuk menghasilkan value yaitu dengan membangun hubungan diantara produsen dan konsumen.

Hal pokok dalam business model adalah:

  • Berikan cara yang terukur untuk mendapatkan pelanggan
  • Memonetisasi pelanggan pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada biaya akuisisi Anda

Kekurangan dalam memanajemen tim

Beberapa kekurangan yang dapat terjadi pada memanajemen tim diantaranya adalah

Kekurangan dalam membuat starategi

Kesalahan yang dapat terjadi yaitu membuat produk yang tidak dibutuhkan oleh target konsumen. Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah data yang tidak valid sebelum tahap pengembangan produk.

Kurang dalam melakukan eksekusi

Tim yang tidak kuat. Tidak kuat disini maksudnya adalah anggota tim tersebut tidak saling membantu dalam melakukan pekerjaan. Artinya tidak saling kerja sama dan sibuk akan tugas masing-masing.

Permasalahan produk

Alasan lain perusahaan gagal adalah karena mereka gagal untuk mengembangkan produk yang dibutuhkan oleh pasar. Hal itu dapat terjadi karena kurangnya dalam eksekusi atau salah dalam membuat strategi.

Oleh sebab itu, sebelum memulai mengembangkan suatu produk hendaknya mengindikasi secara jelas target pasar yang valid, baik itu sebelum, dan selama tahap pengembangan.