Jika Anda seorang pengusaha atau seseorang yang ingin membangun karirnya sendiri, ada saatnya Anda tidak berdaya dan kurang percaya diri. Motivasi adalah faktor yang dibutuhkan setiap orang secara tepat waktu untuk terus berjalan. Bahkan pengusaha paling sukses pun membutuhkan motivasi dan inspirasi dari waktu ke waktu.

Maka menonton film inspiratif adalah salah satu cara yang terbukti untuk mendapatkan motivasi. Banyak pengusaha mengaku menonton film startup untuk mendapatkan dorongan motivasi yang sangat dibutuhkan sehingga mereka kembali bersemangat sesudah menonton.

Film-film inspiratif ini tidak hanya akan memotivasi Anda tetapi juga menunjukkan kepada Anda kehidupan seorang wirausahawan. Tema film seperti ini memiliki kemampuan untuk mengaktifkan inovator aktif yang ada di dalam diri kita masing-masing. Mari lihat film apa saja yang bisa Anda tonton untuk mendapatkan inspirasi.

 

10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Startup/Bisnis

 

 

Sedang mencari semangat dan inspirasi untuk bisnis Anda? Maka ini saatnya Anda mencoba menonton film yang bertema membangun startup atau bisnis. Baik Anda baru memulai usaha bisnis Anda atau telah melakukannya selama bertahun-tahun, Anda dapat mengumpulkan beberapa wawasan yang kuat dari rekomendasi film dibawah ini.

 

The Social Network

Siapa yang tidak mengenai film yang disutradarai oleh David Fincher, The Social Network bercerita tentang bagaimana Mark Zuckerberg menciptakan Facebook saat belajar di Harvard dan bagaimana dia kemudian digugat oleh dua bersaudara yang mengklaim dia mencuri ide mereka, dan sahabatnya yang digulingkan dari perusahaan.

Mengapa Anda harus menonton film ini? Tentu saja karena film ini memberi Anda gambaran sekilas tentang bagaimana Facebook dimulai dan mengingatkan Anda bahwa perusahaan besar sering kali memiliki awal yang kecil. Selain itu, Anda memiliki naskah brilian Aaron Sorkin, arahan sempurna David Fincher, dengan dukungan pemain ansambel yang hebat.

 

The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street didasarkan pada kisah nyata Jordan Belfort dalam perjalanan karirnya sebagai pengusaha. Tokoh nyata ini adalah contoh sempurna tentang apa yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang wirausahawan. Sifatnya yang keras dan ambisius membuatnya terseret dalam banyak kasus buruk.

Disutradarai oleh Martin Scorsese dengan penampilan luar biasa dari Leonardo DiCaprio, Jonah Hill dan Margot Robbie, Anda harus mengetahui betapa kontroversialnya pengusaha yang membuat perusahaannya yakni Stratton Oakmont terlibat dalam perdagangan saham penny dan penipuan sekuritas hingga terlihat dengan FBI.

 

Startup.com

Ingin menonton film non- fiksi mengenai startup dan bisnis? Maka Startup.com adalah film dokumenter tahun 2001 yang membahas kebangkitan dan kejatuhan startup kehidupan nyata GovWorks yang mengumpulkan $60 juta dari Hearst Interactive Media, KKR, New York Investment Fund, dan Sapient.

Di dokumenter ini penonton dapat melihat untuk lebih memahami tren yang boom dan hebohnya periode dotcom masa itu. Disamping itu film dokumenter ini berfungsi sebagai kisah peringatan tentang bagaimana persahabatan dapat dengan mudah terancam oleh kemitraan bisnis. Karenanya Anda dapat belajar banyak dari dokumenter ini.

 

Baca Juga  :     Contoh Proposal Usaha, Simak Tips dan Panduan Dalam Membuatnya

 

Steve Jobs

Siapa yang tidak mengenal tokoh dibalik suksesnya produk Apple, yakni mendiang Steve Jobs. Meski ada dua film yang dibintangi dua orang aktor berbeda, versi yang diperankan oleh Michael Fassbender membuat penokohan salah satu pendiri Apple yang ikonik ini lebih dikenali.

Disutradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin yang juga menulis The Social Network, Steve Jobs adalah jenis film biografi yang berbeda. Film ini hanya berisi 3 urutan, semuanya menggambarkan titik penting dalam kehidupan Jobs. Selain itu film ini mencakup pertunjukan brilian oleh Fassbender dan Kate Winslet.

Meskipun tidak mendapat pujian kritis seperti yang diharapkan studio, versi ini masih merupakan film biografi Steve Jobs terbaik yang pernah ada. Jika Anda tidak punya waktu untuk membaca biografi Steve Jobs yang brilian dari Walter Isaacson, silahkan menonton film ini untuk membantu Anda memahami bisnis lebih dalam lagi.

 

Thank You for Smoking

Apakah Anda ingin menguasai seni memasarkan atau menjual hampir semua produk? Maka Thank You for Smoking adalah film yang perlu Anda tonton. Plot film ini berkisar pada intrik juru bicara kepala Big Tobacco, Nick Naylor, yang membela industri rokok dalam situasi yang menantang. Dengan menjual aspek penting dari kewirausahaan dan film ini mengajarkan Anda bahwa menjual apa pun mungkin saja selama Anda memiliki data dan daya persuasif untuk mendapatkan perhatian dari audiens Anda.

 

The Pursuit of Happyness

The Pursuit of Happyness adalah kisah nyata berdasarkan kehidupan perjuangan hampir satu tahun pengusaha Chris Gardner yang saat itu menjadi tunawisma dengan putranya saat menjalani magang 6 bulan yang melelahkan sebagai pialang saham. Penggambaran Will Smith tentang Gardner membuatnya mendapatkan nominasi Oscar.

Bagi Anda yang mengalami kebuntuan, sosok Chris Gardner yang mengatasi keadaan yang sulit dipercaya untuk mencapai mimpinya mungkin akan bisa menggugah Anda. Keadaan yang tidak jauh berbeda dengan yang dihadapi pengusaha tahap awal, setiap pengusaha sukses pasti mengalami kendala dan cobaan lebih dulu sebelum sukses.

 

Baca Juga  :      Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022

 

The Great Hack

Salah satu skandal paling mengejutkan di tahun 2018 adalah skandal data Facebook Cambridge Analytica, di mana terungkap bahwa Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultan politik Inggris, telah mengambil data pribadi jutaan pengguna Facebook tanpa persetujuan mereka dan menggunakannya untuk iklan politik.

Termasuk dalam tujuannya dalam kasus Brexit dan kampanye kepresidenan Donald Trump 2016. The Great Hack adalah film dokumenter yang mengkaji skandal Cambridge Analytica melalui kacamata orang-orang yang terlibat di dalamnya dengan poin of view mereka.

 

Becoming Warren Buffett

Masih dalam daftar film dokumenter yang menginspirasi, Becoming Warren Buffett adalah film dokumenter tentang Warren Buffett dan hidupnya. Film dokumenter ini meneliti kontras antara keahlian Warren Buffett dalam berinvestasi dan keterampilan hubungan pribadinya.

Jika wirausahawan muda dapat melihat hanya satu panutan untuk inspirasi, itu pasti Warren Buffet. Warren Buffet dikenal dengan kecerdasan bisnis dan investasinya. Tetapi yang lebih penting, sifatnya yang rendah hati membuatnya menjadi salah satu orang yang paling dikagumi untuk diteladani. Jika Anda ingin mempelajari rahasia di balik kesuksesan Buffet, ini adalah film dokumenter yang wajib ditonton.

 

The Smartest Guys in the Room

Film dokumenter 2005 ini didasarkan pada buku terlaris dengan judul yang sama oleh reporter Bethany McLean dan Peter Elkind, yang menyentuh salah satu skandal bisnis terbesar dalam sejarah Amerika yakni runtuhnya Enron Corporation.

Jika Anda ingin membangun bisnis skala besar dan luas, ini adalah tontonan wajib bagi penggemar sejarah atau siapa pun yang mencari contoh korupsi korporasi modern yang menggugah pikiran dan mengejutkan penuh skandal yang kontroversial.

 

Baca Juga  :     Tips Membuat Business Plan Terbaik 2022

 

The Founder

The Founder adalah film biografi mengenai taipan makanan cepat saji Amerika Serikat, Ray Kroc. Dibintangi oleh Michael Keaton, film ini menceritakan kisah penciptaan rantai restoran cepat saji McDonald’s, yang menjadi bisnis restoran terbesar di dunia. Film ini juga dibintangi oleh Nick Offerman dan John Carroll Lynch yang berperan sebagai McDonald bersaudara, pendiri asli McDonald’s.

Meski menjadi sosok yang kontroversial, kisah Ray Kroc merupakan kisah inspiratif bagi para pengusaha. Berangkat dari seorang penjual mixer milkshake keliling yang akhirnya mengubah McDonald’s menjadi waralaba global, menjadikannya perusahaan makanan cepat saji paling sukses di dunia.

Ini adalah film biografi yang menceritakan kebangkitan salah satu pengusaha paling berpengaruh di Amerika dan mungkin merek makanan cepat saji paling terkenal di dunia. Pada saat yang sama, dalam film ini juga penonton bisa melihat bagaimana pendiri asli McDonald’s, McDonald bersaudara, yang diperlakukan dengan buruk dan akhirnya dipaksa keluar dari bisnis mereka sendiri.