Ribuan orang menggunakan Google Analytics setiap hari untuk pelaporan situs web mereka. Selain menjadi salah satu platform analitik paling komprehensif di web, Google Analytics juga 100% gratis yang akan sangat sesuai bagi bisnis kecil yang ingin memaksimalkan pengeluaran pemasaran online mereka. Google Analytics dapat sangat membantu dalam memahami dan meningkatkan kinerja situs web Anda sehingga memanfaatkan fitur Google Analytics terbaik akan membuat Anda unggul dalam persaingan.

Mulai dari 50-100 atau bahkan lebih fitur yang dapat Anda gunakan secara teratur untuk membantu analisa situs web yang beberapa diantaranya terkait dengan pengumpulan data yang relevan dan andal di Google Analytics. Fitur lainnya lebih diarahkan pada analisis yang penting dan pengumpulan informasi untuk bisnis. Google Analytics terus mengumpulkan data tentang situs web Anda dan terkadang juga akan mengumpulkan informasi yang tidak biasa seperti laporan tentang pengunjung situs web Anda bisa tiba-tiba turun atau rasio pentalan Anda bisa naik secara tidak terduga.

Informasi ini disimpan dalam laporan Intelijen Google Analytics yang bisa Anda pantau. Kemampuan untuk memantau perubahan harian semacam ini dapat membantu Anda membuat keputusan pemasaran yang lebih baik dari waktu ke waktu. Untuk melihat informasi ini Anda hanya perlu masuk ke Google Analytics dan mengklik tab tanya Intelijen Analytics di beranda.

 

Mengenal Apa Itu Google Analytics

 

 

Google Analytics adalah alat analisis data yang membantu melacak aktivitas pengguna di situs web Anda yang menggunakan cookie browser untuk menyimpan informasi pengguna seperti halaman rujukan, waktu di halaman, dan jumlah halaman yang dikunjungi. Berdasarkan aktivitas pengguna di situs web atau aplikasi Anda, kode Google Analytics dapat melacak data dan membantu Anda membuat tampilan berbeda untuk menganalisisnya.

Selain itu, Google Analytics juga menawarkan fitur analitik waktu nyata yang memungkinkan Anda melihat siapa yang aktif di situs Anda pada saat yang tepat. Anda dapat melihat halaman apa yang berinteraksi dengan pengguna dan konversi apa pun yang telah terjadi disamping Anda juga dapat melihat dari mana lalu lintas Anda berasal dan apakah pengunjung tetap tinggal dan berinteraksi dengan situs Anda.

Informasi ini dapat membantu kapan saja Anda hendak meluncurkan kampanye baru dan mengharapkan lonjakan lalu lintas. Pada dasarnya, Google Analytics melacak sesi yang terjadi di situs web dan data lain seperti sumber, media, dan interaksi pengguna di situs web. Anda bahkan dapat memahami audiens Anda secara mendalam dengan detail tentang lokasi, demografi, minat, sumber lalu lintas yang digunakan, dll.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Optimasi Google News Bagi Pemula

 

Fungsi dan Fitur Terbaik Google Analytics

 

Kunci untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan memantau kinerja Anda dari waktu ke waktu. Maka untuk mempermudah, gunakan fungsi dan fitur GA di bawah ini untuk memaksimalkan akun Google Analytics yang Anda miliki.

  • Visualisasi aliran (flow visualization)

    Visualisasi alur memberi Anda informasi lengkap tentang setiap langkah yang diambil pengunjung Anda saat menjelajahi situs web Anda. Laporan ini pada dasarnya adalah ikhtisar perjalanan pengguna dari masuk hingga keluar dan juga mencakup lacak balik. Dengan ini, Anda dapat memahami bagaimana pengguna terlibat dengan konten di situs Anda dan mengidentifikasi tempat di mana Anda mungkin kehilangan pengguna. Dengan informasi ini, Anda dapat meningkatkan halaman di situs.
    Sebenarnya ada beberapa laporan yang memvisualisasikan alur pengguna di Google Analytics. Hal ini menampilkan dengan tepat bagaimana pengunjung berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya. Laporan ini menekankan pada saluran versus konten seperti Anda dapat mengelompokkan lalu lintas yang baru datang dari Facebook dan mengevaluasi pola lalu lintas tersebut. Anda juga dapat mengisolasi kata kunci untuk memahami polanya.

  • Halaman arahan (landing page)

    Jika Anda menggunakan Google Analytics, Anda dapat melihat laporan halaman arahan yang menunjukkan statistik spesifik untuk halaman berbeda yang telah dibuka oleh setiap pengunjung. Metrik ini adalah cara yang bagus untuk mengukur statistik, karena memungkinkan Anda untuk melihat apakah pengguna yang membuka halaman tertentu menemukan halaman yang relevan dengan apa yang mereka cari. Hal ini kemudian memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada halaman Anda sehingga Anda dapat membuatnya lebih relevan bagi pengguna yang membukanya dari Hasil Pencarian.
     
    Baca Juga   :    Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google

  • Pelaporan lalu lintas

    Google Analytics pada dasarnya adalah reporter lalu lintas. Pelaporan tingkat dasar memberitahu Anda tentang berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda setiap hari dan dari mana. Data juga memungkinkan Anda melacak tren tertentu untuk melihat halaman mana yang mendapatkan lebih banyak lalu lintas pada waktu tertentu daripada yang lain. Ini dapat mempengaruhi keputusan pemasaran Anda ke depan dan juga menentukan konten mana yang ingin Anda tambahkan atau ubah di masa mendatang. Memahami Setiap Saluran atau Sumber Lalu Lintas Lalu lintas berasal dari berbagai sumber dan kami telah membantu membaginya untuk Anda.

  • Laporan audiens untuk mengetahui dan memahami pengguna

    Memahami komposisi audiens Anda dalam hal jenis kelamin, usia, dan minat memungkinkan Anda memahami jenis konten kreatif yang perlu Anda kembangkan, jenis pembelian media yang harus Anda lakukan, dan jenis audiens yang perlu Anda kembangkan untuk pemasaran dan pemasaran ulang kampanye.
    Bagian ini memungkinkan Anda mempelajari siapa yang mengakses dan melihat situs web Anda. Selain itu, bagian ini memungkinkan Anda untuk menentukan audiens dan juga menentukan strategi pemasaran Anda. Semua metrik ini dapat memainkan peran besar tentang bagaimana Anda akan memasarkan situs web Anda dan taktik apa yang digunakan, apakah itu media sosial atau iklan berbayar.

  • Pelacakan e-commerce

    Pelacakan e-niaga sangat penting agar merek e-niaga diaktifkan dalam Google Analytics. Ini memungkinkan Anda untuk tidak hanya melacak semua transaksi dan pendapatan, tetapi juga memungkinkan Anda melacak sumber lalu lintas dari mana transaksi itu berasal. Misalnya, Anda dapat melacak berapa banyak transaksi lalu lintas organik yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Dimana haI ini memungkinkan Anda memahami sumber lalu lintas mana yang berkinerja terbaik dan dapat membantu Anda fokus pada saluran mana yang juga perlu ditingkatkan.
    Disini juga memungkinkan Anda untuk melacak dan referensi silang pendapatan dengan berapa banyak uang yang Anda belanjakan untuk setiap sumber lalu lintas. Ketika Anda perlu mengetahui berapa banyak pendapatan yang dihasilkan Lalu Lintas Berbayar, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda menghasilkan laba atas investasi yang cukup tinggi.

 

Baca Juga  :    Google AdSense : Manfaat dan Cara Memulainya Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk saat ini, Google Analytics merupakan alat yang hebat untuk mengukur dan melaporkan analitik pemasaran digital yang merupakan alat berbasis browser yang mulai mengirimkan data ke akun analytics Anda setelah menempatkan kode pelacakan global di situs web. Anda kemudian dapat menyesuaikan data besar dan melaporkannya dengan cara yang paling sesuai untuk Anda.

Jika Anda terlibat dalam pemasaran digital atau SEO, Google Analytics adalah alat yang harus dimiliki, dan Anda mungkin membutuhkan lebih dari sekadar menggunakan dasar-dasar alat ini termasuk menerapkan fitur-fitur kompleks seperti filter, sasaran, konversi, peristiwa, e-niaga, dll. Namun, jika Anda adalah pengguna biasa, Anda dapat memperoleh keterampilan penting seperti memeriksa sumber lalu lintas dan memahami demografi pengguna Anda.