Beberapa tahun terakhir membuktikan bahwa kehadiran brand yang kuat dan tahan akan menjadi poin yang lebih penting dari sebelumnya. Bisnis yang bertahan harus didorong penjualannya secara daring/online karena keadaan menuntut untuk cepat beradaptasi untuk menjalankan bisnis secara digital. Ini menciptakan lingkungan yang sangat kompetitif, dengan banyak bisnis yang mencoba memenangkan pangsa pasar dalam pencarian organik, pemasaran konten, dan media sosial, yang mengakibatkan peningkatan biaya akuisisi pelanggan.

Sebagai pemasar B2B, tantangan utama para pemilik bisnis dan brand adalah harus memberikan prospek berkualitas. Setiap spesialis pemasaran saat ini tentunya harus mengukur efektivitas strategi mereka dengan melacak metrik kinerja seperti jumlah prospek yang memenuhi syarat penjualan dan rasio rata-rata prospek yang berubah menjadi pelanggan yang membayar.

Seperti yang sudah terbukti di tahun-tahun sebelumnya, 2022 akan mencerminkan evolusi berkelanjutan dari banyak tren pemasaran B2B. Selain itu, pengaruh pemasaran B2C di dunia B2B akan terus signifikan bahkan di tren makro apa yang kemungkinan akan memiliki dampak terbesar pada perusahaan di tahun mendatang. Artikel ini akan membahas definisi, fungsi dan tipe/jenis B2B Marketing yang terbaik di tahun 2022.

 

Mengenal Apa Itu B2B Marketing

 

 

B2B marketing atau pemasaran bisnis ke bisnis (business to business) adalah upaya yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk menjual produk atau layanan ke bisnis lain. Pemasaran jenis ini terus berkembang dan mempertahankan relevansi dan efektivitasnya. Bagi mereka yang mengikuti dan memanfaatkan alat terbaru dan strategi pemasaran B2B dapat menangkap peluang bisnis yang paling menguntungkan dan mencapai semua tujuan.

Di masa lalu, pemasaran bisnis ke bisnis sebagian besar terjadi secara tatap muka. Perusahaan biasanya mempekerjakan tim agen penjualan, yang akan mengatur pertemuan dengan pemilik perusahaan lain dan mencoba mengubah mereka menjadi pelanggan yang membayar. Saat ini, sebagian besar aktivitas pemasaran digital B2B dilakukan secara online, termasuk pemasaran media sosial B2B, pemasaran web B2B, pemasaran konten B2B, dan lainnya.

Sebagai pengetahuan umum, pemasaran bisnis ke bisnis (B2B) dan pemasaran bisnis ke konsumen (B2C) memiliki tujuan yang sama yaitu menjual produk atau layanan dan mereka mengandalkan teknik dan prinsip yang serupa. Perbedaan terbesar di antara mereka sebenarnya adalah pada audiens target mereka. Konsumen adalah makhluk rasional yang memilih produk dan jasa tidak hanya berdasarkan harga dan nilainya, tetapi juga popularitas, status, dan faktor emosional lainnya. Bisnis di sisi lain, membuat keputusan terutama berdasarkan harga dan potensi keuntungan.

Pemasaran ini menargetkan kebutuhan, minat, dan tantangan individu yang melakukan pembelian atas nama, atau untuk, organisasi mereka (bukan untuk diri mereka sendiri), sehingga menjadikan organisasi sebagai pelanggan. Dalam strategi pemasaran B2B, Anda mungkin berbicara secara berbeda kepada audiens bisnis dibandingkan dengan audiens konsumen. Ketika bisnis atau organisasi sedang mempertimbangkan untuk membeli produk perusahaan lain, mereka mungkin mencari konten yang ditujukan khusus untuk mereka dan minat atau kebutuhan mereka. Ini dapat mencakup konten yang didorong oleh pemikiran, informasi pengembalian investasi, harga produk, dan manfaat bagi karyawan perusahaan.

Ketika bisnis mengembangkan strategi B2B mereka, bisnis harus mengetahui audiens yang mereka pasarkan yang tergantung juga pada produk/jasa yang dijual serta kategori pembelinya. Dibawah adalah contoh audiens umum untuk perusahaan dan bisnis yang menerapkan B2B :

  • Sebuah perusahaan/bisnis yang membeli sistem keamanan untuk anggota staf
  • Rumah sakit yang membeli alat atau perangkat lunak medis
  • Sekolah yang membeli materi pendidikan untuk siswa
  • Pedagang grosir yang dapat membeli produk dalam jumlah besar untuk dijual kembali kepada pelanggan mereka sendiri
  • Instansi pemerintah yang membeli banyak produk untuk digunakan dalam sistem pemerintahan mulai dari gedung atau perlengkapan kantor mereka sendiri hingga peralatan untuk membangun jembatan atau jalan

 

Baca Juga  :     Panduan Sukses Marketing Strategy 2022

 

Memahami Fungsi dan Manfaat B2B Marketing

Ada beberapa peran dan fungsi yang harus dimainkan oleh pemasar B2B dalam sebuah bisnis agar berhasil dalam target mereka. Tergantung kepada perusahaan atau bisnis, mereka mempunyai tim khusus atau memanfaatkan bantuan pihak ketiga. Berikut adalah beberapa fungsi utama pemasar B2B secara global saat ini.

  • Memulai kampanye digital

    Saat ini sudah ada lebih banyak bisnis yang menggunakan marketing B2B modern daripada tradisional. Bidang ini mencakup pemberdayaan penjualan, kesadaran permintaan, dan pembangkitan melalui kampanye dan pesan pemasaran keluar yang dilakukan secara digital.

  • Pembuatan konten dan strategi

    Strategi konten mendefinisikan proses pemasaran dan mengamankan sumber daya Anda dimana pembuatan konten memainkan peran penting untuk B2B. Sebelum fitur atau produk baru diluncurkan, pelanggan dan prospek terlebih dahulu diberitahu tentang hal itu. Ini sangat penting karena mereka harus menentukan bagaimana produk atau fitur dapat menyelesaikan masalah mereka. Calon pelanggan mungkin sudah memiliki minat, tetapi mereka membutuhkan informasi yang lebih dalam mengenai kampanye dan penawaran Anda. Disini pemasar B2B harus menyediakan semua konten pemasaran dan dokumentasi teknis tentang fitur atau produk yang dibutuhkan pelanggan. Konten dapat meliputi posting blog, webinar, kampanye email, halaman situs web, dll.

  • Mewakili suara pelanggan

    Bagian inti dari hal ini adalah pengetahuan yang berasal dari berdiskusi dengan pelanggan dan mencoba memahami ketakutan, kebutuhan, dan alasan mereka untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Ini adalah bagian dari hasil analitik, analisis kata kunci, dan pengujian pesan dimana juga harus selaras dengan bagian lainnya seperti desain visual dan copywriting yang menarik.

  • Menyiasati dan melakukan riset

    Jelas bahwa pemasar B2B bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengelola, dan mengoptimalkan program konten perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, semua harus diukur untuk keberhasilan jangka panjang dan hasil langsungnya. Jadi Anda harus jelas tentang bagaimana upaya terkait dengan tujuan organisasi yang lebih luas dan mengintegrasikannya ke dalam pekerjaan departemen lain seperti penjualan, pemasaran, manajemen akun, layanan pelanggan, dll. Anda harus mengikuti perkembangan pengetahuan tentang alat-alat baru untuk menganalisis halaman web, posting, email, dll.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Alat Marketing SEO Gratis Terbaik 2022

 

Tipe/Jenis B2B Marketing

Tipe atau jenis dari B2B marketing saat ini beragam, terlebih dengan dunia yang memasuki era digitalisasi, cara pemasaran akan lebih kreatif. Anda dapat memulai beberapa jenis dari pemasaran B2B dibawah ini untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

  • Webinar

    Tidak ada yang mengalahkan pengalaman langsung untuk menghasilkan prospek, dan yang lebih penting, prospek yang memenuhi syarat. Webinar kemungkinan merupakan jenis konten yang paling terskala yang menghadirkan pengalaman langsung ini. Jika dilakukan dengan benar, webinar dapat menarik dalam mendemonstrasikan pemikiran dan kelayakan produk atau layanan Anda.

  • Blog

    Blog tetap menjadi salah satu cara paling efektif dan tercepat untuk menyampaikan pesan Anda untuk membangun audiens. Hal ini dapat menjadi wacana rutin untuk mengembangkan atau sekadar memperhatikan konten blog Anda masih relevan atau tidak dengan produk atau jasa yang Anda jual agar nilai brand tetap berada di hati pelanggan. Jika Anda memperhitungkan ini, sebuah blog bisa menjadi salah satu senjata marketing terbaik Anda.

  • Email marketing

    Pemasar baik dari sisi B2B atau B2C, secara teratur melaporkan nilai positif dari upaya pemasaran email yang mereka lakukan. Tapi bukan hanya mekanisme pengiriman yang membuat email sangat dihargai dalam bauran konten pemasaran secara keseluruhan. Selain itu Anda perlu mendapatkan dan mempertahankan perhatian pembeli yang berarti Anda akan membuat banyak email yang berbicara tentang masalah, kebutuhan, dan solusi khusus untuk pelanggan Anda.

 

Baca Juga  :     Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Berpatokkan pada ketidakpastian dan transformasi digital kemungkinan akan berdampak signifikan pada pemasaran B2B tahun 2022 ini. Para pemasar mulai memanfaatkan pendekatan mobile-first, berinvestasi lebih banyak di media sosial dan mengadopsi teknologi mutakhir, seperti chatbots dan email interaktif. Ini akan sangat penting untuk menjangkau orang-orang secara efektif dan meningkatkan penjualan ke depan.

Strategi dan alat baru ini dapat membantu perusahaan beradaptasi dengan pasar dimana pembeli lebih tertarik pada saluran digital dan konten yang dipersonalisasi. Pemasar harus siap untuk menerima perubahan yang akan datang untuk secara efektif menjangkau audiens target mereka pada tahun 2022.