Bagi startup atau perusahaan yang baru memulai usahanya pasti ada kesulitan dalam mendatangkan investor untuk bekerja sama. Mendatangkan investor memang bukan suatu permasalahan yang tergolong mudah apalagi bagi startup. Keinginan untuk tidak rugi pasti dipikirkan oleh para investor saat akan menanam uangnya disebuah perusahaan. Para pendiri startup harusnya membuat sebuah perencanaan yang baik yang bisa menjadikan hal tersebut menambah peluang bagi perusahaan agar investor bisa melirik dan tertarik dengan bisnisnya.

Perusahaan yang sudah mempunyai perencanaan yang matang dan mampu mengolah bisnisnya dengan baik dianggap oleh investor berpeluang bisa mencapai kesuksesan. Oleh karna itu, ada strategi yang bisa diterapkan untuk menarik minta investor startup agar bisa diajak bekerjasama. Yuk simak strategi berikut:

1. Berikan Konsep Bukan Hanya Ide

Apa sih bedanya konsep sama ide? Ide itu cuma segelincir dari konsep. Nah konsep itu berarti memberikan gambaran-gambaran secara rinci apa yang akan dilakukan untuk perusahaan. Para investor tertarik dengan penjelasan konsep karena mereka bisa memutuskan bisa bekerjasama atau tidak dengan diberikannya konsep tersebut. Karena konsep adalah tolak ukur tentang kesiapan anda menghadapi setiap yang akan terjadi pada bisnis anda.

2. Menunjukkan Aliran Kas

Penting sekali untuk menunjukkan cash flow perusahaan anda kepada calon investor. Oleh Karena itu, pastikan dulu kondisi keuangan atau kas perusahaan masih sehat ketika akan mengajukan permohonan kepada calon investor. Sebab mereka akan ragu bekerjasama jika keuangan perusahaan anda masih merangkak. Dengan aliran kas yang stabil, para investor akan percaya diri menanamkan modal di perusahaan anda.

3. Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Tentukan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan perusahaan anda. Telusuri dulu peran apa yang akan diberikan kepada para investor. Investor hanya sebagai pemberi modal atau menjadi saranan pembangun relasi bisnis. Sehingga itu akan mempercepat menemukan calon investor yang sesuai dengan perusahaan anda. Dan mereka akan memberikan apa yang menjadi kebutuhan untuk perusahaan anda terlebih dahulu.

4. Pahami Calon Investor yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Sebelum anda mengajukan permohonan kepada calon investor, sebaiknya pahami dulu seperti apa calon investor yang sesuai dengan bisnis anda. Banyak banyaklah membangun relasi dan komunikasi yang baik dengan para investor.

5. Jelaskan Visi dan Misi Perusahaan dengan Jelas

Biasanya investor akan menanyakan apa visi dan misi dari perusahaan anda. Oleh karena itu, berikan visi dan misi perusahaan anda secara rinci dan jelas. Dengan begitu, investor akan tertarik untuk bekerjasama dengan perusahaan anda. Karena apa investor perlu mengetahui visi dan misi perusahaan anda? Mereka menganggap visi adalah pandangan dan tujuan akhir anda pada usaha yang anda rintis kedepannya. Dan misi adalah usaha atau strategi yang anda jalankan untuk mewujudkan visi tersebut. Penjabaran dan penjelasan visi misi yang benar, akan menarik dan meyakinkan investor untuk bekerjama dengan perusahaan anda.