Kemajuan teknologi dan informasi telah menciptakan berbagai pilihan pekerjaan sampingan. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang karyawan bukan berarti Anda hanya harus mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja, melainkan Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Apa saja ide kerja sampingan online untuk karyawan yang bisa Anda lakukan?

Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda lakukan bahkan tanpa mengganggu jam operasional kerja Anda sebagai seorang karyawan. Lebih lanjut, beberapa dari pekerjaan tersebut juga menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan maka Anda sedang mengunjungi konten artikel yang tepat.

Ide Kerja Sampingan Online Untuk Karyawan 2023

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai ide bisnis yang bisa Anda lakukan meskipun berstatus sebagai seorang karyawan. Dengan demikian, simak artikel berikut ini ya!

  • Guru les online

Kebutuhan terhadap guru akan terus meningkat dengan semakin meleknya orang tua mengenai pendidikan. Melalui peluang tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan dengan menjadi guru les online. Lebih lanjut, Anda juga bisa menyesuaikan tipe les berdasarkan kemampuan Anda.

Misalkan jika Anda seorang penerjemah, maka Anda bisa membuka les bahasa Inggris. Jika Anda seorang akuntan maka Anda bisa membuka les akuntansi dan sebagainya.

  • Penulis

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tulisan-tulisan untuk berbagai kepentingan. Dengan demikian, jika Anda memiliki hobi menulis maka tentunya Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi seorang freelance content writer.

Lebih lanjut, sudah banyak berbagai macam pilihan jika Anda ingin menjadi penulis. Tentu saja Anda bisa menulis novel, konten article, cerpen, dan berbagai hal lainnya. Bahkan jika memungkinkan, tentunya Anda bisa menerbitkan buku Anda sendiri dan menjualnya.

  • Usaha kerajinan tangan

Memiliki kreativitas untuk mengubah sesuatu menjadi barang yang lebih bernilai? Maka Anda bisa memanfaatkan keterampilan tersebut untuk menambah penghasilan Anda.

Saat ini kebutuhan kerajinan tangan semakin meningkat karena keunikan dan keindahannya. Lebih lanjut, hal tersebut tentunya akan menjadi incaran para wisatawan yang ingin mendapatkan barang yang unik dan khas. Ada banyak sekali usaha kerajinan yang bisa Anda buat seperti aksesoris, tas perca, lukasi, bantal handmade, dan sebagainya.

  • Youtuber

Profesi ini merupakan salah satu profesi yang cukup populer  untuk dijadikan penghasilan tambahan. Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan passion Anda misalnya daily life Anda sebagai seorang karyawan.

Meskipun demikian, menjadi seorang youtuber diperlukan konsistensi khususnya dalam meningkatkan subscribers. Lebih lanjut, Anda juga harus kreatif untuk menghadirkan konten-konten yang disukai oleh para penonton.

  • Influencer

Sosial media sekarang memegang peranan penting sebagai sarana komunikasi. Lebih lanjut, tentunya Anda bisa memaksimalkan sosial media untuk menjadi seorang influencer.

Tentunya Anda harus membuat konten-konten yang menarik perhatian banyak orang. Untuk menjadi influencer, Anda juga harus memberikan banyak informasi yang bermanfaat kepada para followers Anda.

Saat ini ada banyak jenis influencer dan Anda tinggal mengembangkan sesuai dengan passion Anda. Misalkan Anda bisa menjadi seorang influencer fashion, kesehatan, lingkungan, makanan, dan sebagainya.

  • Photographer

Jika Anda memiliki hobi fotographer maka Anda bisa menjadi hal tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Saat ini banyak sekali kegiatan yang membutuhkan dokumentasi seperti wedding, model industry, berbagai kegiatan resmi, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Anda juga bisa menjual foto-foto tangkapan Anda secara online. Hal dimungkinkan dengan adanya beberapa website yang menjadi platform jual beli foto sehingga Anda mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Jasa desain grafis

Jika Anda memiliki keterampilan menggambar dan menyukai bidang kreatif, maka menjadi seorang desain grafis adalah pilihan yang tepat. Melalui desain grafis Anda bisa bergabung dalam berbagai proyek misalnya pembuatan suatu logo, maskot, desain website, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Anda juga bisa menjual hasil desain Anda melalui internet. Tentunya kreativitas sangat diperlukan dalam bidang ini sehingga seseorang atau instansi tertentu akan menggunakan jasa desain Anda.

  • Menjadi blogger

Menjadi seorang blogger adalah salah satu pekerjaan sampingan yang harus Anda pertimbangkan. Anda bisa menulis berbagai hal dalam blog Anda misalnya melakukan review produk, menjadi travel blogger, food blogger, dan berbagai hal lainnya.

Meskipun demikian, menjadi seorang blogger diperlukan konsistensi untuk memberikan konten-konten yang diinginkan oleh para pengunjung. Lebih lanjut, jika blog Anda berhasil maka sangat mungkin Anda mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai pihak dan bahkan untuk menampilkan iklan produknya pada blog Anda.

  • Mengikuti Program Afiliasi Sebagai Affiliate Marketer

Program afiliasi adalah sebuah program yang memberikan komisi atau imbalan kepada Anda dan diberikan oleh instansi atau perusahaan tertentu karena telah membantu berkolaborasi dengan perusahaan tersebut.

Tentunya melalui afiliasi Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Namun untuk menjalankan program ini, maka pastikan Anda memiliki skill pemasaran yang baik.

Saat ini, sebagai salah jada cloud provider maka IDCloudHost menyedikan berbagai program afiliasi yang tentunya bisa Anda ikuti sebagai salah satu instrumen penghasilan tambahan Anda.

  • Jasa penerjemah

Memiliki keterampilan lebih dari satu bahasa adalah keuntungan yang bisa Anda maksimalkan. Anda bisa menjadi penerjemah bahkan bekerja pada perusahaan multi company.

Ada berbagai hal yang bisa Anda terjemahkan misalnya dokumen penting suatu perusahaan, buku pelajaran, novel, dan sebagainya. Lebih lanjut, pastikan Anda advanced dalam bahasa tertentu sehingga daya nilai Anda akan semakin bersaing.

  • Dropshipper

Dropshipper adalah suatu bisnis dengan  cara pemasaran produk dimana penjual atau pengecer tidak perlu membeli dan menyimpan barang yang dipasarkan. Ketika penjual menerima order, penjual akan meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke supplier atau produsen.

Pada sistem dropship, pelaku bisnisnya yakni yang disebut dropshipper hanya bertugas sebagai tenaga pemasaran dan melayani pembeli dalam hal berkomunikasi. Dropshipper tidak perlu membeli barang, tidak perlu melakukan stok, tidak perlu melakukan packing dan pengiriman barang, semua proses tersebut dilakukan oleh supplier.

  • Online shop

Saat ini sangat mungkin bagi Anda untuk membuat toko bisnis secara online. Online shop adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, Facebook, Instagram atau Whatsapp. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi memikirkan sewa gedung atau biaya tambahan lainnya.

Lebih lanjut, jika Anda bisa menciptakan suatu hal maka Anda bisa menjualkan secara online. Misalnya Anda bisa membuat makanan atau kue maka Anda bisa jadikan kerja sampingan dengan menjualnya secara online.

Penutup

Dengan semakin banyaknya kebutuhan tentunya Anda membutuhkan penghasilan tambahan. Maka demikianlah beberapa ide bisnis yang bisa Anda terapkan sebagai kerja sampingan Anda. Lebih lanjut, ide tersebut bisa Anda implementasikan sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki.

Lebih lanjut, salah satu hal yang perlu Anda siapkan ketika melamar atau menciptakan pekerjaan sampingan adalah portofolio sebagai bagian dari pemasaran. Adapun media instrument yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah dengan penggunaan website.

Gunakan wordpress hosting dengan harga yang relatif terjangkau, berkapasitas tinggi, aman,dan praktis untuk digunakan. WordPress hosting juga akan memudahkan Anda membangun blog sebagai portofolio dengan cepat meskipun Anda tidak memiliki skill coding khusus. Tunggu apalagi, kejar pekerjaan sampinganmu tentunya dengan website yang mumpuni!