Majunya teknologi dan inovasi membuat proses digitalisasi global terus meningkat. Ini membuat banyak bisnis bertumbuh tetapi juga memunculkan berbagai cara berbisnis yang baru juga seperti dropship atau dropshipping. Dropshipping sendiri adalah metode pemenuhan pesanan yang tidak mengharuskan bisnis untuk menyimpan produk dalam stok.

Sebaliknya, toko menjual produk, dan meneruskan pesanan penjualan ke pemasok pihak ketiga, yang kemudian mengirimkan pesanan ke pelanggan. Hanya saja bertentangan dengan berita di luar sana, dropshipping bukanlah skema cepat kaya. Bisnis ini sama dengan ide bisnis lainya, memerlukan kerja keras dan proses juga. Di mata awam, jenis bisni yang satu ini tampak seperti uang mudah karena Anda menjual barang orang lain dan mengambil bagian untuk diri Anda sendiri .

Tapi ketika Anda memperhitungkan semua kekurangan, hambatan, dan manajemen sehari-hari, bisnis dropship jauh dari mudah apalagi instan. Sekali lagi, jika Anda memahami bisnis dropshipping dengan cara yang benar, dan menggunakan strategi yang telah terbukti serta mengambil pengalaman dari mereka yang telah menjalankan bisnis dropshipping lebih dulu, dapat membantu Anda membangun bisnis yang sukses meski tidak secepat yang Anda harapkan.

 

Tips dan Pendekatan yang Tepat untuk Memulai Bisnis Dropship

 

Dropshipping menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi banyak orang terlebih lagi bisnis ini dapat dijadikan bisnis sampingan. Bisa dikerjakan dimana saja dan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dibanding jika membuka toko fisik. Banyak yang tertarik untuk memulai bisnis ini karena kepraktisannya, namun begitu semua bisnis pasti mempunyai tips dan pendekatan yang harus dilakukan lebih dahulu sebelum memulainya. Pertimbangkan empat pendekatan ini untuk menggunakan dropshipping secara efektif.

  • Riset pasar

    Bisnis dropshipping bekerja lebih baik sebagai sarana untuk mencapai tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Gunakan dropshipping untuk mengurangi risiko dalam mencoba produk baru dan digunakan untuk riset pasar. Daripada menaikkan biaya inventaris Anda dengan mengemas gudang Anda dengan produk yang tidak terduga, ujilah dengan masa percobaan menggunakan dropshipping.
    Lebih dari sekadar mengetahui apakah itu terjual atau tidak, Anda juga akan memiliki perkiraan yang lebih baik tentang berapa banyak yang dijualnya, memberi Anda jumlah yang lebih akurat tentang jumlah yang harus dibeli untuk stok awal Anda. Ini sangat penting untuk mencoba jenis produk baru, yang selalu mempunyai risiko bawaan.

  • Sistem pengiriman strategis

    Salah satu konsekuensi yang tidak menguntungkan dari memperluas bisnis Anda adalah komplikasi pengiriman yang bisa merumitkan. Semakin jauh Anda dari gudang atau pusat pemenuhan, semakin banyak biaya pengiriman yang akan Anda keluarkan. Dropshipping dapat menjadi solusi sempurna untuk beberapa lokasi bermasalah yang berada di luar wilayah menguntungkan Anda. Selain itu, seperti halnya dropshipping dapat berguna dalam riset pasar, Anda juga dapat menggunakannya untuk menguji pasar lokal baru.

  • Produk perawatan tinggi

    Beberapa produk lebih mahal untuk disimpan dan dikirim daripada yang lain. Dalam keadaan tertentu, mungkin lebih menguntungkan bagi Anda untuk dropship daripada menyimpannya sendiri. Produk perawatan tinggi adalah setiap produk yang memerlukan biaya tambahan untuk penyimpanan atau pengiriman seperti produk yang besar, berat, mudah pecah/hancur, berharga maupun yang bernilai tinggi.
    Kecuali seluruh perusahaan Anda berspesialisasi dalam menjual jenis produk ini, tidak masuk akal untuk membayar biaya penyimpanan dan pengiriman tambahan untuk sub bagian kecil dari bisnis Anda. Namun Anda tetap bisa membuat pelanggan Anda senang dengan menawarkan produk tersebut melalui dropshipping.

  • Perlindungan dari overselling

    E-commerce biasanya berpengalaman tahu bahwa fluktuasi pasar tidak selalu dapat diprediksi. Daripada menaikkan biaya inventaris dengan menimbun terlalu banyak untuk memenuhi jumlah maksimum yang tidak mungkin, memiliki pemasok dropshipping sebagai cadangan menghemat uang Anda tanpa kehilangan penjualan tersebut.
    Ini sangat berguna untuk luapan musiman dan merupakan perlindungan yang bagus terhadap ketidakpastian yang dihadapi semua pengecer. Memiliki opsi dropshipping juga membuat asuransi yang bagus terhadap keadaan ekstrem. Jika terjadi bencana alam di gudang Anda, Anda tetap bisa memenuhi pesanan yang sudah jadi dengan dropship produk dari tempat lain. Hal yang sama berlaku untuk penundaan pengiriman kejutan yang tidak disengaja.

 

Baca Juga  :   Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya

 

Kelebihan Bisnis Dropship

Dropshipping adalah model bisnis yang bagus untuk calon wirausahawan pemula untuk memulai karena bisnis ini dapat diakses dengan mudah. Dengan dropshipping, Anda dapat dengan cepat menguji berbagai ide bisnis dengan kerugian terbatas, yang memungkinkan Anda belajar banyak tentang cara memilih dan memasarkan produk yang banyak diminati. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa dropshipping adalah model yang populer yang menjadi alternatif bisnis bagi banyak orang :

  • Membutuhkan sedikit modal

    Mungkin keuntungan terbesar untuk dropshipping adalah memungkinkan untuk meluncurkan toko e-commerce tanpa harus menginvestasikan sejumlah uang dalam inventaris di muka. Secara tradisional, pengecer harus mengikat sejumlah besar persediaan pembelian modal.
    Dengan model dropshipping, Anda tidak perlu membeli produk kecuali Anda sudah melakukan penjualan dan sudah dibayar oleh pelanggan. Tanpa investasi inventaris di muka yang signifikan, dimungkinkan untuk mulai mencari produk dan meluncurkan bisnis dropshipping yang sukses dengan sedikit uang. Karena Anda tidak berkomitmen untuk menjual melalui inventaris apa pun yang dibeli di muka, seperti dalam bisnis ritel tradisional, risiko yang terlibat dalam memulai toko dropshipping menjadi lebih kecil.

  • Lokasi berjualan yang fleksibel

    Bisnis dropshipping dapat dijalankan dari mana saja dengan koneksi internet. Selama Anda dapat berkomunikasi dengan pemasok dan pelanggan dengan mudah, Anda dapat menjalankan dan mengelola bisnis Anda.

  • Dapat menjual berbagai produk

    Karena Anda tidak perlu melakukan pra-pembelian barang yang Anda jual, Anda dapat menawarkan serangkaian produk yang sedang tren kepada calon pelanggan Anda. Jika pemasok menyimpan barang, Anda dapat mencantumkannya untuk dijual di toko online Anda tanpa biaya tambahan.

 

Baca Juga  :     Strategi Pemasaran : Definisi, Cara Merancang dan Kepentingannya Dalam Bisnis

 

Kekurangan Bisnis Dropship

Semua manfaat di atas menjadikan dropshipping model yang sangat menarik bagi siapa saja yang memulai dengan toko online, atau bagi mereka yang ingin memperluas penawaran produk yang ada. Tetapi seperti semua pendekatan, dropshipping juga memiliki kelemahan mengingat secara umum, kenyamanan dan fleksibilitas ada harganya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan :

  • Margin rendah

    Margin rendah adalah kerugian terbesar untuk beroperasi di ceruk dropshipping yang sangat kompetitif. Karena sangat mudah untuk memulai, dan biaya overhead sangat minim, banyak toko yang bersaing akan mendirikan toko dan menjual barang dengan harga terendah dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan. Karena mereka telah berinvestasi sangat sedikit untuk memulai bisnis, mereka mampu beroperasi dengan margin yang sangat kecil.

  • Kesalahan pemasok

    Pelaku dropship pasti sudah memahami permasalahan ini, sedangkan bagi pemula, ini adalah hal membuat semangat bisnis mereka bisa turun. Bahkan pemasok dropshipping terbaik pun membuat kesalahan dalam memenuhi pesanan kesalahan yang harus Anda tanggung dan minta maaf karena Anda adalah penjualnya. Sedangkan pemasok yang biasa-biasa saja dan berkualitas rendah akan menyebabkan frustasi tanpa akhir dengan barang yang hilang, pengiriman yang gagal, dan pengemasan berkualitas rendah, yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

  • Masalah inventaris

    Jika Anda menyimpan semua produk Anda sendiri, relatif mudah untuk melacak item mana yang masuk dan habis. Tetapi ketika Anda membeli dari beberapa gudang, yang juga memenuhi pesanan untuk pedagang lain, inventaris dapat berubah setiap hari yang jelas akan mempengaruhi penjualan Anda.

 

Baca Juga  :   Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan dan Modal Sedikit

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisnis dropshipping bekerja dan bertindak sebagai kurator produk, memilih produk dropshipping terbaik untuk dipasarkan ke pelanggan. Ini berarti Anda juga memerlukan biaya dan anggaran untuk melakukan pemasaran baik dalam waktu maupun uang, membantu calon pelanggan menemukan, mengevaluasi, dan membeli produk yang tepat. Anda juga harus menyertakan biaya penyediaan dukungan pelanggan setiap kali ada masalah produk atau pengiriman.

Dengan semua biaya ini untuk diperhitungkan, bisnis dropshipping menandai produk individu dengan imbalan distribusi. Inilah sebabnya mengapa pemasok boleh saja meminta dropshippers memasarkan produk mereka untuk mereka karena toko dropshipping mendorong penjualan tambahan yang seharusnya tidak dilewatkan oleh pemasok. Untuk mendapat untung dengan bisnis dropshipping Anda, ada baiknya Anda mencari tahu berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperoleh pelanggan, dan menentukan harga produk Anda dengan mempertimbangkan hal itu.