Baik Anda sudah memiliki situs web selama 10 tahun atau baru saja memulai, topik kali ini akan memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk merencanakan dan membuat atau membuat ulang situs untuk mencapai sasaran bisnis. Pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai enam karakteristik situs web yang baik:

Bayangkan jika web adalah sebuah buku, dengan triliunan halaman. Tugas Google adalah membaca buku tersebut, mengelompokkan halaman, dan membantu penelusur menemukan informasi di halaman tersebut. Mudah, bukan? Untuk “membaca” halaman, Google menggunakan robot software, yang disebut “crawler web” atau “spider”. Saat halaman baru ditemukan, maka halaman tersebut akan ditambahkan ke indeks Google. Data pada indeks ini disimpan dalam fasilitas yang disebut pusat data.

Saat orang mencari, hasil yang ditampilkan diambil dari data yang tersimpan di pusat data tersebut. Saat Anda memulai pencarian Anda, algoritme Google memulai proses pencarian hasil. Algoritme melihat kata atau frasa yang Anda ketik dan menggunakan lebih dari 200 sinyal untuk mengenali hasil yang paling relevan. Contoh dari sinyal ini termasuk:

  • Kebaruan konten pada konten situs web di situs
  • Jumlah penautan situs web lain ke situs tertentu & otoritas dari link tersebut
  • Kualitas konten di situs
  • URL dan judul halaman
  • Baik hasil terbaik itu merupakan halaman, gambar, video, artikel berita, dll.

Lalu, penelusur melihat halaman seperti ini: halaman hasil penelusuran. Di bagian atas, Anda akan melihat kata atau frasa yang diketik penelusur — yang disebut kueri penelusuran. Di bawah kueri penelusuran Anda akan melihat hasil penelusuran. Halaman tersebut dapat mencakup iklan, yang diidentifikasi dengan label “Iklan”. Di bawah iklan teks pada contoh ini, Anda akan melihat awal dari hasil yang alami atau “organik”. Membuat situs yang mudah ditelusuri akan membantu meningkatkan peluang Anda untuk tampil di area halaman ini.

Hasil organik adalah halaman yang diidentifikasi algoritme Google sebagai pencocokan yang paling berguna untuk penelusuran ini. Klik pada hasil organik tidak dipungut biaya. Penting untuk diingat bahwa situs web tidak dapat membayar Google agar tampil di hasil organik, dan iklan tidak dapat memengaruhi keberadaan atau posisi organik situs web. Pada sidebar kanan, Anda akan melihat bagian yang memberikan informasi berguna bagi penelusur, yang disebut listingan Google Bisnisku, sebuah fitur yang dapat membantu menambahkan informasi bisnis Anda ke Google Penelusuran dan Maps secara gratis.

Layanan Pembuatan Website IDCloudhost

Berikut beberapa tips khusus yang berguna untuk membuat situs web. Optimalkan waktu muat, terutama untuk orang yang melihat situs Anda di perangkat seluler. Konten asli: berguna, informatif, jelas, dan akurat. Sertakan kata kunci yang akan diketik pengguna untuk menemukan halaman Anda, dan pastikan situs Anda menyertakan kata-kata tersebut. Untuk link (terutama pada navigasi) gunakan teks jika memungkinkan; jika link tersebut berupa gambar, pastikan untuk menyertakan tag ALT yang relevan.
Judul dan deskripsi halaman yang bagus: Pastikan elemen dan atribut alt