Bagi pengguna perangkat komputer pasti tidak asing dengan ancaman virus/malware terhadapan perangkat dan jaringan mereka. Malware atau perangkat lunak berbahaya, adalah program atau file apa pun yang membahayakan komputer atau penggunanya. Penting bagi Anda untuk mengenali jenis malware dan bagaimana cara mengatasinya.

Jenis malware yang umum termasuk virus komputer, ransomware, worm, trojan horse, dan spyware. Program- program jahat ini dapat mencuri, mengenkripsi atau menghapus data sensitif, mengubah atau membajak fungsi komputasi kunci dan memantau aktivitas komputer korbannya.

Penjahat dunia maya sering menggunakan berbagai cara fisik dan virtual untuk menginfeksi perangkat dan jaringan dengan malware. Contohnya WannaCry yang menyerang dunia 2017 lalu yakni serangan ransomware yang terkenal dapat menyebar dengan mengeksploitasi kerentanan yang diketahui. Selain itu phishing juga adalah metode pengiriman malware umum lainnya di mana email yang disamarkan sebagai pesan yang sah berisi tautan berbahaya.

Email phising ini juga sering melampirkan email yang mengirimkan malware yang kemudian akan dimiliki oleh pengguna yang tidak menaruh curiga. Bahkan serangan- serangan malware yang canggih dapat menggunakan server perintah-dan-kontrol untuk memungkinkan penyerang berkomunikasi dengan sistem komputer yang terinfeksi, mencuri informasi sensitif dari hard drive, atau mendapatkan akses jarak jauh ke perangkat yang menjadi target.

Jenis Malware yang Berbahaya

 

Ada banyak malware yang berbahaya namun jenis malware yang paling umum termasuk virus, keylogger, worm, trojan, ransomware/ crypto-malware, bot/botnet, adware dan spyware, serta rootkit. Anda dapat mengurangi atau mencegah serangan malware dengan mengembangkan kebijakan keamanan, menerapkan pelatihan kesadaran keamanan, menggunakan otentikasi multi-faktor berbasis aplikasi, memasang filter anti-malware dan spam. Ini juga termasuk dengan cara mengubah kebijakan sistem operasi default, melakukan penilaian kerentanan terhadap ancaman secara berkala. Berikut ini beberapa malware yang umum ditemukan dan sering mengganggu serta menyerang pengguna :

Virus komputer

Paling umum dan dikenal oleh semua orang adalah virus yang merupakan jenis malware yang, ketika dieksekusi akan mampu menggandakan diri dengan memodifikasi program komputer lain dan memasukkan kode mereka sendiri. Ketika replikasi ini berhasil, area yang terkena kemudian dikatakan terinfeksi.

Pembuat virus menggunakan rekayasa sosial dan mengeksploitasi kerentanan untuk menginfeksi sistem dan menyebarkan virus. Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac adalah target dari sebagian besar virus yang sering menggunakan strategi anti-deteksi yang rumit untuk menghindari perangkat lunak antivirus.

Virus ini dibuat untuk menghasilkan keuntungan dengan, mengirim pesan, hiburan pribadi, menunjukkan kerentanan yang ada, sabotase dan penolakan layanan, atau untuk sekadar menjelajahi masalah keamanan siber, kehidupan buatan, dan algoritma evolusi.

Penyerangan virus komputer dapat menyebabkan kerusakan ekonomi dengan menyebabkan kegagalan sistem, pemborosan sumber daya, merusak data, meningkatkan biaya pemeliharaan, mencatat penekanan tombol, dan mencuri informasi pribadi seperti pencurian data kartu kredit.

Trojan Horse

Trojan Horse atau Trojan adalah malware apa pun yang menyesatkan pengguna dengan berpura-pura menjadi program yang sah atau valid. Istilah malware ini berasal dari cerita Yunani Kuno tentang Kuda Troya yang menipu yang menyebabkan jatuhnya kota Troy.

Cara kerja Trojan umumnya menyebar dengan rekayasa sosial seperti phishing. Seringnya pengguna mungkin tertipu untuk mengeksekusi lampiran email yang disamarkan agar tampak asli yang setelah file tersebut dibuka, Trojan akan segera di instal.

Sementara muatan malware Trojan itu sendiri bisa apa saja, sebagian besar bertindak sebagai pintu belakang yang memberi penyerang akses tidak sah ke komputer yang terinfeksi. Trojan dapat memberikan akses ke informasi pribadi seperti aktivitas internet, kredensial login perbankan, kata sandi, atau Personally Identifiable Information/ Informasi Pengenal Pribadi (PII). berbeda dengan virus komputer dan worm, Trojan umumnya mencoba menyuntikkan kode berbahaya ke file lain atau menyebarkan dirinya sendiri.

Rootkit

Rootkit adalah kumpulan malware yang dirancang untuk memberikan akses tidak sah ke komputer atau area perangkat lunaknya dan sering kali menutupi keberadaannya atau keberadaan perangkat lunak lain. Instalasi rootkit dapat dilakukan secara otomatis atau penyerang dapat menginstalnya dengan akses administrator. Akses dapat diperoleh melalui serangan langsung pada sistem, seperti mengeksploitasi kerentanan, meretas kata sandi, atau phishing.

Deteksi rootkit seringkali sulit dilakukan karena dapat menumbangkan program antivirus yang ditujukan untuk menemukannya. Metode deteksi termasuk menggunakan sistem operasi terpercaya, metode perilaku, pemindaian tanda tangan, pemindaian perbedaan, dan analisis pembuangan memori. Penghapusan rootkit juga tidak kalah rumitnya atau hampir tidak mungkin, terutama ketika rootkit berada di kernel. Rootkit firmware mungkin memerlukan penggantian perangkat keras atau peralatan khusus.

Ransomware

Ransomware adalah bentuk malware, yang dirancang untuk menolak akses ke sistem komputer atau data hingga tebusan dibayarkan. Jenis malware ini akan menyebar melalui email phishing, malvertising, mengunjungi situs web yang terinfeksi atau dengan mengeksploitasi kerentanan.

Serangan Ransomware dapat menyebabkan waktu henti, kebocoran data, pencurian kekayaan intelektual, dan pelanggaran data. Dari sini, pengirim akan mengirim tebusan yang biasanya harus dibayarkan dalam mata uang kripto untuk menghindari penelusuran.

Adware

Adware adalah jenis grayware yang dirancang untuk memasang iklan di layar Anda, sering kali ditemukan di browser web atau popup. Biasanya jenis malware ini akan membedakan dirinya sebagai sah atau mendukung program lain untuk mengelabui pengguna agar menginstalnya di komputer, tablet, atau ponsel cerdas mereka.

Adware adalah salah satu bentuk malware yang paling menguntungkan, paling tidak berbahaya, dan menjadi semakin populer di perangkat seluler. Malware yang satu ini mampu menghasilkan pendapatan dengan secara otomatis menampilkan iklan kepada pengguna perangkat lunak.

Spyware

Selanjutnya adalah malware yang disebut Spyware yang mampu mengumpulkan informasi tentang seseorang atau perusahan, terkadang tanpa sepengetahuan mereka, dan mengirimkan informasi tersebut ke penyerang tanpa persetujuan korban.

Spyware biasanya bertujuan untuk melacak dan menjual data penggunaan internet Anda, menangkap informasi kartu kredit atau rekening bank Anda atau mencuri informasi pengenal pribadi. Beberapa jenis spyware dapat menginstal perangkat lunak tambahan dan mengubah pengaturan pada perangkat Anda meskipun begitu, Spyware biasanya mudah dihapus karena tidak sejahat atau seganas jenis malware lainnya.

Ciri- Ciri Perangkat yang Telah Terinfeksi Malware

Beberapa jenis malware yang canggih dapat menyusup dengan mudah tanpa terdeteksi sama sekali, tetapi beberapa diantaranya memberikan ciri- ciri yang bisa Anda curigai. Ini bisa Anda perhatikan seumpamanya ada perilaku yang tidak biasa dari perangkat komputer maupun smartphone Anda. berikut ini beberapa ciri- ciri mencurigakan yang harus Anda analisis yang biasanya hanya muncul ketika perangkat sudah dijangkiti malware :

  • Perangkat Anda tiba-tiba melambat, mogok, atau menampilkan pesan kesalahan berulang- ulang.
  • Perangkat Anda tidak bisa mati atau restart meski Anda sudah mencobanya.
  • Perangkat Anda tidak akan membiarkan Anda menghapus perangkat lunak yang Anda instal sebelumnya.
  • Tiba- tiba bermunculan banyak pop-up, iklan yang tidak pantas, atau iklan yang mengganggu konten halaman.
  • Perangkat juga tiba- tiba menampilkan iklan di tempat yang biasanya tidak Anda lihat, seperti situs web pemerintah/situs web yang memang tidak mempunyai iklan sebelumnya.
  • Perangkat menampilkan bilah alat atau ikon baru dan tak terduga di browser atau desktop Anda.
  • Perangkat tiba- tiba menggunakan mesin telusur default baru, atau menampilkan tab atau situs web baru yang tidak Anda buka sama sekali.
  • Perangkat terus- menerus mengubah halaman beranda internet komputer Anda.
  • Perangkat mengirim email yang tidak Anda tulis.
  • Perangkat tiba- tiba kehabisan masa pakai baterai lebih cepat dari yang seharusnya.

Cara Mengatasi Malware

Pada umumnya, Anda bisa menggunakan anti virus untuk melakukan scan pada keseluruhan perangkat Anda. Dari sini, jika anti virus menemukan file atau benda yang dicurigai, biasanya software ini akan menyarankan Anda untuk melakukan sebuah tindakan. Tindakan yang biasa diambil adalah untuk menghapus file yang dianggap berbahaya dan membersihkan perangkat.

Selain menggunakan anti virus yang tidak bisa terlalu diandalkan, Anda dapat mencoba untuk lebih jeli dalam menggunakan perangkat dan jaringan komputer. Hindari dan block email yang mengirimkan tautan yang mencurigakan. Jangan membalas email yang asing dan memutar link yang mereka kirimkan kepada orang lain. Perhatikan juga riwayat online Anda dan hindari mengunjungi situs web yang terlihat tidak valid atau aneh.

Penutup

Serangan malware makin maju dan canggih demi menghindari deteksi serta lebih dapat menyusupi perangkat. Bahkan ada malware yang menggunakan server command-and-control untuk memungkinkan penyerang berkomunikasi dengan sistem komputer yang terinfeksi, mencuri informasi sensitif dari hard drive atau mendapatkan akses jarak jauh ke perangkat.

Jenis serangan cyber malware yang muncul termasuk teknik penghindaran dan penyamaran yang dirancang untuk menipu pengguna, administrator keamanan, dan produk anti-malware sehingga pengguna tertipu dan menginstalnya.

Oleh karena itu, jangan langsung mengklik tautan yang mencurigakan atau mengunduh aplikasi yang tidak berada di tempat yang valid. Pastikan juga perangkat Anda selalu di scan demi menghindari dan meminimalisir masuknya malware yang berbahaya.