Di era digital saat ini, pernahkah Anda mendengar istilah CSS? Atau Anda sebenarnya sudah sering mendengar CSS ditelinga Anda namun tidak mengetahui dan paham tentang Bahasa Pemograman CSS.?

Jika belum paham, Anda dapat membaca Apa yang Kami paparkan disini. Tahukah Anda, ketika Anda menginginkan sebuah web seragam dan terstruktur, CSS inilah yang nantinya akan Anda butuhkan untuk membuat halaman web seragam dan tentunya terstruktur.

Bagi anda yang suka melihat design website yang menarik, tanpa anda sadari CSS lah yang membuat tampilan dan warna warni dalam sebuah website. Nah, mari simak panduan CSS berikut ini.

Baca Juga : 7 Framework Css Untuk Membuat Web Responsif

 

Apa Itu CSS (Cascading Style Sheets)?

 

Meskipun untuk memeahami CSS itu membutuhkan logika dan kesabaran yang tinggi, di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang memilih untuk menggunkan bahasa pemograman CSS tersebut karena mempunyai beberapa kelebihan. Nah langsung saja dibawah ini akan Kami jelaskan beberapa kelebihan CSS :

 

  1. CSS Merupakan Bahasa Pemograman yang Fleksibel

    Kelebihan yang pertama yaitu CSS merupakan bahasa pemograman yang fleksibel. Mengapa demikian? karena penempatan posisi layout lebih fleksibel ketika Anda ingin menempatkannya. Anda dapat dengan mudah meletakan objek di posisi yang sama.

  2. Mempunyai Array Atribut yang Luas

    Dibandingkan HTML, Array atribut yang dimiliki CSS lebih luas sehingga dapat memberi tampilan yang lebih baik. Kelebihannya Anda dapat memiliki lebih dari satu tampilan website.

  3. Halaman yang Dimuat Lebih Cepat

    Keuntungan yang kedua yaitu dengan menggunakan bahasa pemograman CSS, halaman yang dimuat akan lebih cepat. Hal itu terjadi karena Anda tidak lagi membutuhkan atribut tag HTML secara terus-menerus. Aturan CSS cukup Anda tuliskan satu saja dan dapat menerapkannya di banyak file yang membutuhkan.
    Selain itu, sebuah file akan hanya akan mengandung baris kode yang dimuat dengan jumlah yang sedikit.

  4. Mempunyai Standar Web Global

    Menggunakan bahasa pemograman CSS di berbagai halaman HTML akan membuat halaman tersebut lebih kompatibel dengan browser dimasayang akan datang. Selain itu, CSS juga sudah didukung banyak browser yang terbaru.
    Jadi bahasa pemograman CSS sangat cocok untuk Anda gunakan jika Anda ingin website yang sedang Anda kembangkan mempunyai standar dengan browser yang terkenal.

 

Sifat yang Dimiliki CSS

Perlu Anda ketahui bahwa CSS mempunyai dua sifat yaitu sifat eksternal dan juga internal. Untuk memahamibagaimana  kedua sifat tersebut, dibawah ini bisa Anda pahami dan cermati :

 

  1. Sifat Eksternal

    Sifat yang pertama yaitu sifat eksternal. Sifat ini menunjukan bahwa skrip bahasa pemograman CSS diletakkan dan dipisahkan didalam berkas yang khusus.

  2. Sifat Internal

    Bahasa pemograman CSS mempunyai sifat internel. Dimana jika Anda memilih internal, maka skrip dimasukkan langsung ke halaman website yang ingin Anda desain. Skrip CSS harus dimasukkan ke halaman web yang lain jika Anda ingin mendesain halaman web dengan model sama.

 

Cara Kerja CSS

Anda tidak perlu khawatir karena cara kerja bahasa pemograman CSS sangat mudah. Didalam bahasa pemograman CSS, terdapat istilah ‘selector’. Selector merupakan suatu bagian baris kode CSS yang digunakan untuk lebih menspesikan elemen HTML.

CSS membutuhkan style yang digunakan untuk penentu warna, font maupun format lainnya. Setiap style mempunyai 2 elemen yaitu selector dan juga declaration. Biasanya, selector merupakan tag HTML sedangkan declaration ialah satu / beberapa nilai ataupunperintah dari bahasa pemograman CSS.

Selector ditulis pada bagian kiri sebelum curly bracket (tanda kurung kurawal) pertama. Biasanya, selector merupakan tag HTML sedangkan declaration ialah satu / beberapa nilai ataupun perintah dari bahasa pemograman CSS.

Disini, perlu Anda ketahui bahwa informasi yang berada di dalam kurung kurawal adalah deklarasi yang memiliki nilai dan properti yang diaplikasikan ke selector. Contoh properti yaitu warna, ukuran font, format, layout, dan lain-lain. Contoh nilai yaitu segala pengaturan yang telah diterapkan ke dalam properti seperti “bold” dan “pink”.

Style dan selector-selector dalam CSS kemudian akan dimasukkan diluar dokumen HTML maupun dalam tempat yang sama didalam isi dokumen HTML yang kemudian akan dipanggil agar dapat menentukan isi tampilan dokumen HTML dengan cara menunjuk selector dimana Anda akan mengaktifkan selector sesuai keinginan Anda.

Baca Juga : Cara Memasang Konten Peringatan Pada WordPress

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah, sekarang pasti Anda sudah paham kan tentang bahasa pemograman CSS. Tentunya jika Anda menggunakan CSS bisa memberikan keuntungan bagi Anda loh. Efek besar untuk pengembangan suatu website akan sangat besar dan juga memudahkan Anda untuk dapat mengatur berbagai macam tampilan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

CSS dapat membuat tampilan website anda menjadi lebih menarik dan cantik. Bagi anda, seorang developer akan sangat diuntungkan dengan tools CSS ini. Karena anda tidak perlu lagi mencari kodingan yang dapat mempercantik tampilan aplikasi anda.

Jika anda tertarik menjadi web design maupun frontend developer anda dapat mempelajari tutorial CSS di internet. Selain itu anda dapat mengunduh file direktorinya dengan gratis. Bagaimana? apakah anda tertarik menajdi seorang developer? semoga artikel ini bermanfaat.