Memulai bisnis bukan hanya tentang mencari ide bisnis yang tepat, tetapi juga tentang cara mewujudkan ide- ide tersebut. Namun calon pebisnis sering kali kesulitan dengan investasi dan ide yang tepat untuk bisnis mereka. Anda mungkin memiliki banyak ide di benak Anda, tetapi ada kalanya ide-ide itu kurang terarah dan Anda memutuskan untuk mengganti rencana bisnis Anda.

Ini adalah periode di mana sebagian besar calon pebisnis berjuang untuk menemukan keseimbangan. Memulai bisnis membutuhkan tekad dan kepercayaan diri yang tinggi, tetapi Anda harus sangat jelas tentang ide bisnis Anda sebelum melangkah ke arena wirausaha. Belum lagi peluang bisnis yang beragama dan terbuka dalam segala hal akan dapat mengaburkan pandangan Anda terhadap jenis bisnis yang sesuai dengan Anda.

Dengan adanya digitalisasi dan semua yang serba online juga sebenarnya mempermudah banyak hal. Tidak ada lagi kendala mengenai domisili atau cara pengiriman begitu juga sebaliknya tentang cara menjual bisnis Anda. Baik di desa maupun di kota, Anda tetap mempunyai peluang yang sama besarnya dalam membangun, membesarkan dan mengelola bisnis Anda.

 

Cara Bisnis Zaman Digital

 

Internet telah merambah banyak area dan daerah yang dulunya mungkin tidak tersentuh sama sekali. Dengan hanya menggunakan perangkat seluler seperti smartphone, tablet dan laptop, Anda sudah dapat bergabung membuka akun di media sosial dan e-commerce. Tidak hanya itu, Anda pun dapat membuat website jualan Anda sendiri dan mengoperasikannya.

Berbisnis zaman digital ini menjadi jauh lebih mudah, meski Anda di desa sekalipun, Anda dapat memasarkan bisnis Anda secara online. Kemudian menggunakan jasa kurir pengiriman nasional, Anda dapat mengirimkan produk jualan Anda. Faktor- faktor kemudahan inilah yang sangat mendukung bisnis di desa meski dengan modal kecil sekalipun, menjadi mudah dalam mencari dan menggapai pelanggan.

 

Baca Juga  :    Tips Manajemen Keuangan untuk Usaha dan Bisnis

 

Peluang Bisnis dan Usaha di Desa

Di setiap tempat tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri, baik itu di kota maupun di desa. Membuka bisnis di desa tidak kalah bagusnya dengan membuka bisnis di kota. Hanya saja, ada poin dimana persaingan lebih sedikit tetapi juga memberi kemungkinan berhasil jika Anda berdedikasi dalam menjalankannya. Berikut ini beberapa ide dan peluang bisnis yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda berada di desa :

 

  • Lilin handmade

    Lilin selalu diminati dan saat ini trend membeli lilin buatan tangan atau handmade sedang naik daun dan itulah yang menjadikan ini pilihan bisnis yang sangat populer. Permintaan lilin tradisional berasal dari tujuan keagamaan dan dekorasi yang selama adanya festival, permintaan akan melambung sangat tinggi. Selain itu, saat ini permintaan akan lilin beraroma dan terapi juga meningkat dengan banyaknya individual, restoran, rumah tangga, dan hotel yang menggunakannya. Anda dapat berkreasi dengan bahan baku yang digunakan untuk memulai bisnis antara lain lilin, sumbu, cetakan, benang, minyak wangi, dan banyak lagi. Selain bahan baku utama, Anda juga perlu memiliki beberapa peralatan pembuatan lilin, termasuk melting pot, termometer, pour pot, timbangan, palu, dan oven untuk melelehkan lilin.

  • Pedagang Barang Antik

    Anda bisa memulai bisnis ini jika kebetulan memiliki banyak barang peninggalan antik yang tidak terpakai. Bisnis ini juga dapat dimulai dengan paruh waktu dan kemudian jika Anda sudah mendapatkan peminat dan pasar online yang tepat, Anda bisa mengembangkannya dengan membeli barang antik lainnya sedikit demi sedikit. Hindari membeli barang yang kiranya membutuhkan waktu lama untuk dijual dan untuk benar-benar berhasil, kembangkan keahlian mendalam dalam suatu spesialisasi dan bangun basis pelanggan setia.

  • Jasa graphic design

    Selalu saja ada bisnis baru di desa Anda dan manfaatkan moment tersebut. Biasanya para pemula dan pebisnis di desa selalu memerlukan pendukung dalam bisnis mereka seperti spanduk, banner, flyer dan lain- lain. Jika Anda mempunyai bakat dan minat dalam grafik desain, maka tawarkan jasa Anda para pebisnis di desa Anda.

  • Blogging

    Blogging adalah ide bisnis berbasis dari rumah atau dimana saja yang pasti membutuhkan investasi yang sangat sedikit. Anda perlu menjalani kursus keterampilan menulis yang tepat dan memiliki pengetahuan teknis tentang cara memulai sebuah blog. Anda bisa memulai ini sebagai salah satu ide bisnis skala kecil yang bagus di rumah atau di desa.

  • Bisnis musiman

    Dengan adanya variasi musim, mengubah kebiasaan makan masyarakat seperti makan buah-buahan tertentu di musimnya. Jika desa Anda mempunyai buah khas atau olahan dari buah, seperti durian dan segala yang berbahan durian, mungkin Anda bisa memanfaatkan bisnis jenis ini.

  • Bisnis produk khas daerah

    Apakah desa Anda mempunyai produk khas seperti kain, buah atau makanan? Tidak harus memproduksinya sendiri, Anda dapat memanfaatkan peluang dengan memberdayakan para anggota desa yang memproduksi produk- produk khas tersebut. Anda dapat mengambilnya dan menjualnya secara online, ini adalah salah satu ide bisnis yang paling murah dan minim investasi.

  • Bisnis pariwisata setempat

    Selain produk khas, apakah desa Anda juga mempunyai atraksi wisata yang menarik? Anda juga bisa memanfaatkan peluang ini dengan mempromosikannya dan membuat agen wisata kecil- kecil di desa Anda untuk membantu para turis yang ingin mencapai atraksi wisata di desa Anda.

  • Toko kelontong

    Jika Anda tinggal di daerah yang mungkin saja mempunyai sedikit keterbatasan dalam hal produk- produk yang sering diperlukan, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka toko kelontong. Selain membantu warga desa yang tidak perlu lagi harus berjalan jauh ke kota terdekat, Anda juga mendapat keuntungan terlebih lagi jika Anda adalah satu- satunya pemilik toko kelontong serba ada di desa Anda.

 

Baca Juga  :    Apa itu Word of Mouth : Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Strateginya dalam Bisnis

 

Peluang Bisnis Skala Kecil

Ada berbagai macam jenis usaha kecil dan salah satunya adalah bisnis skala kecil. Bisnis ini berarti perusahaan atau korporasi yang dicirikan oleh investasi awal yang rendah, jumlah karyawan yang sedikit dan volume penjualan yang rendah dibandingkan dengan bisnis atau korporasi berukuran biasa. Umumnya jenis bisnis milik pribadi dan sebagian besar pedagang tunggal.

Seseorang dapat memilih ide bisnis dalam skala kecil dari item yang ada di daftar ide dan peluang bisnis di atas. Ide-ide industri kecil ini cocok untuk semua orang tanpa memandang pendidikan yang Anda hanya perlukan adalah memiliki passion serta disiplin juga konsisten dalam menjalankan bisnis. Mengingat jenis besar sekalipun tanpa adanya niat dan disiplin yang tegas, pasti tidak akan berhasil.

 

Baca Juga  :    Mengenal Digital Branding & Strategi Penerapannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam memilih bisnis, sayangnya, banyak orang memilih ide bisnis dengan cara yang salah. Mereka kurang memahami bisnis apa yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian mereka. Ini akan menjadi batu sandungan yang buruk terlebih lagi jika Anda hanya mendengar sekilas tentang suatu bisnis tanpa melakukan riset lebih dalam lagi. Peluang bisnis A mungkin terdengar lebih bagus dari peluang bisnis B, tetapi apakah Anda mempunyai segala yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis A tadi?

Pendekatan secara gamblang dan kasual seperti ini sebaiknya dihindari karena Anda tidak benar- benar mengerti mengenai bisnis tersebut dan hanya mendengar peluangnya secara awam. Sedangkan rahasia untuk menemukan ide bisnis yang luar biasa, tepat dan sesuai dengan Anda, harus dibuat secara sistematis dan Anda harus teliti. Anda perlu menyusun daftar solid ide bisnis yang terbukti, praktis, sesuai dengan situasi dan kondisi serta kemampuan Anda. Kemudian Anda perlu mengevaluasi dengan cermat mana yang paling mungkin berhasil untuk Anda.