Mempunyai ide untuk memulai bisnis memang mengasyikkan tetapi semua ide ini membutuhkan waktu, uang, dan risiko. Sebenarnya juga ada banyak cara untuk memulai bisnis yang membuat Anda kurang fokus pada logistik dan biaya di muka, dan lebih banyak lagi cara dan tips untuk memulainya. Meski memang, untuk dapat melakukan bisnis, Anda juga harus berdedikasi dalam menjalankannya.

Ide bisnis kecil investasi rendah atau modal kecil ini menjadi titik mulai yang bagus untuk pemula atau siapa pun dengan jadwal sibuk dan memungkinkan Anda mengambil bisnis sampingan tanpa harus meninggalkan yang lain. Hanya saja Anda masih perlu mendapatkan ide yang solid, membangun merek, berusaha memasarkan, dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik untuk menaikkan bisnis Anda.

Karena setiap pemilik bisnis kecil ingin juga menghasilkan keuntungan yang mungkin akan sulit untuk didapatkan terutama di saat memulai bisnis tersebut. Jika Anda tidak memiliki banyak uang atau sumber daya untuk menjalankan bisnis Anda, Anda masih dapat berharap untuk menciptakan bisnis kecil yang menguntungkan, Anda hanya perlu memilih ide yang tepat sesuai dengan budget Anda. berikut ini beberapa ide dan peluang usaha modal kecil yang bisa Anda coba.

 

Peluang Usaha Paling Menjanjikan dan Modal Kecil

 

Berikut adalah beberapa ide bisnis berbiaya rendah atau modal kecil namun dengan potensi keuntungan tinggi untuk Anda mulai terapkan :

 

  • Affiliate Marketing

    Pemasar afiliasi dari affiliate marketing hanya mendapatkan sebagian kecil dari setiap penjualan yang mereka kirim ke suatu merek. Jadi Anda tidak benar-benar membutuhkan modal apa pun untuk memulai dan yang hanya Anda butuhkan adalah waktu untuk membangun audiens yang benar-benar akan membantu Anda menghasilkan uang. Tapi begitu Anda memulai bisnis ini dengan telaten, Anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.

  • Layanan Influencer Online

    Influencer bermitra dengan merek untuk berbagi review maupun testimoni mereka tentang produk dan layanan dengan audiens mereka. Jika Anda memiliki cukup banyak pengikut di media sosial atau blog, ini bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan uang tambahan dengan menjadi mitra dengan merek- merek yang sesuai dengan minat Anda selaku influencer.

  • Social Media dan Digital Marketing

    Anda bisa menawarkan layanan Anda sebagai profesi pemasaran media sosial. Dalam hal ini, Anda sebenarnya akan membuat dan menjadwalkan konten media sosial atas nama berbagai merek yang bekerjasama dengan Anda. Bahkan Anda juga bisa menjadi lebih umum dan menawarkan berbagai solusi pemasaran digital. Berhubung ini adalah jenis bisnis yang baru oleh maraknya digitalisasi online, bisnis sangat membutuhkan keahlian tertentu dan koneksi internet.

  • Blogging

    Memulai blog membutuhkan pembelian domain dan hosting. Kemudian setelah Anda membangun blog dan mempunyai pembaca serta pengikut, Anda dapat memperoleh uang dengan menawarkan konten bersponsor ke merek, iklan atau AdSense, atau tautan afiliasi.

  • Copywriting

    Banyaknya usaha dan bisnis serta merek besar maupun kecil beralih menggunakan platform media sosial, menambah peluang bisnis juga. Sebagai penulis, Anda dapat bekerja dengan merek berdasarkan kontrak untuk menawarkan copywriting untuk situs web, halaman produk, atau bahkan iklan.

  • Pengembangan Aplikasi dan Desain Web

    Pengembangan aplikasi seluler juga sangat diminati saat ini. Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan aplikasi, Anda dapat membuatnya sendiri atau menawarkan layanan Anda kepada perusahaan pihak ketiga. Ini juga berlaku jika Anda mempunyai ketekunan dalam kreasi membuat website, Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada merek usaha atau individu yang memerlukannya.
    Baca Juga  :   Tips membuat Caption Instagram yang banyak Like dan Share untuk bisnis

  • Fotografi dan Penjualan Stok Foto

    Apakah Anda suka mengabadikan pengalaman secara visual melalui lensa kamera Anda? Kalau begitu, ini adalah ide dan peluang bisnis yang sesuai dengan Anda. selain menawarkan jasa foto untuk acara- acara seperti fotografi pernikahan, Anda juga dapat menghasilkan pendapatan yang pasif pula. Dengan kamera dan mendaftar akun pada website penjual stok foto, Anda bisa mengunggah karya Anda disana dan mendapatkan keuntungan.

  • Pembersihan Rumah dan Kantor

    Memulai layanan pembersihan benar-benar hanya membutuhkan beberapa persediaan dan transportasi dasar. Anda dapat bekerja dengan pemilik rumah dan bisnis, dan mudah-mudahan membangun hubungan dengan klien Anda. terlebih lagi disaat pandemi seperti ini, kebersihan adalah hal mutlak yang membuat setiap rumah dan perkantoran harus selalu dibersihkan setiap harinya.

  • Proofreading

    Jika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang ejaan, tata bahasa, dan pemahaman membaca, maka memulai bisnis proofreading bisa menjadi pilihan yang baik dengan biaya awal yang rendah. Anda dapat bekerja untuk situs web, blogger, penulis, dan bisnis lain yang menyediakan konten tertulis yang harus bebas dari kesalahan dan mudah dibaca.

  • Jasa Pengiriman

    Bergantung pada daerah Anda, layanan pengiriman lokal bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Anda akan membutuhkan kendaraan yang andal dan kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat. Anda dapat bekerja secara mandiri dan memulai layanan pengiriman Anda sendiri, atau Anda dapat bergabung pada perusahaan atau aplikasi- aplikasi yang membutuhkan jasa pengiriman

  • Pembuat Konten YouTube

    Pembuat video YouTube mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan sebelum dan selama video mereka. Mereka juga mendapatkan uang dengan bermitra dengan merek dan membagikan produk atau layanan tersebut di seluruh video mereka dengan biaya tertentu. Meskipun memulai saluran YouTube itu mudah, dibutuhkan bakat dalam pemasaran dan pembuatan video untuk menjadi sukses. Anda dapat memulai saluran secara gratis, dan kemudian mulai menayangkan iklan berbayar di video Anda ketika Anda mencapai setidaknya 4.000 jam tontonan dan 1.000 pelanggan.

  • Pembuatan Kursus Online

    Membuat kursus online adalah ide bisnis berbiaya rendah yang dapat berubah menjadi penghasilan pasif, asalkan Anda bekerja dengan disiplin. Anda dapat membuat kursus tentang topik apa pun yang akan membantu siswa Anda mempelajari sesuatu yang baru seperti memainkan alat musik atau menyelesaikan proyek tertentu. Selain dapat menggunakan platform sendir, Anda juga dapat bergabung pada aplikasi- aplikasi untuk belajar online.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UKM terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Tips Menjalankan Usaha Modal Kecil

Hampir sama dengan semua jenis bisnis lainnya, setiap usaha dan bisnis yang dilakukan hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati, dedikasi, disiplin serta pertimbangan yang matang. Tetapi tidak dapat dipungkiri, trend saat ini semakin maju yang membuat bisnis dan usaha juga turut harus mengikutinya. Beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan adalah :

 

  • Memanfaatkan media sosial

    Saat ini siapa saja menggunakan media sosial baik untuk berhubungan, berkomunikasi maupun mempromosikan sesuatu. Bahkan brand besar sekalipun juga mempunyai akun media sosial mereka sendiri untuk dapat terhubung dengan konsumen mereka. Jadi manfaatkan cara ini untuk juga memberitahu khalayak umum mengenai usaha Anda.

  • Mempergunakan Jasa Influencer

    Orang- orang biasanya cenderung membeli sesuatu ketika mereka melihat yang orang yang relate dengan mereka juga mempergunakan produk yang sama. Inilah yang membuat adanya istilah influencer yang mana mereka akan membantu brand dengan mempromosikan produk dari brand tersebut dengan pendekatan yang lebih akrab tidak seperti iklan konvensional di televisi. Mungkin Anda dapat mempertimbangka cara ini untuk membuat produk Anda lebih dikenal dengan cara pendekatan yang akrab.

 

Baca Juga  :     Daftar Template Website Bisnis Online & SEO Friendly Terbaik di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Ide bisnis terbaik lahir di antara hasrat, keterampilan, pemikiran strategis dan waktu yang tepat untuk memulainya. Baik Anda ingin segera melakukan bisnis sampingan atau memulai aktivitas penuh waktu, pertimbangkan daftar bisnis berikut untuk memulai dengan sedikit uang. Semua ide bisnis berbiaya rendah ini berpotensi menguntungkan, membutuhkan modal yang sangat sedikit untuk dilaksanakan.

Anda juga harus mempunyai garis panduan yang harus Anda terapkan dan ikuti agar tetap dapat menjalankan bisnis Anda meski tanpa modal sekalipun. Selain Anda juga harus memilih bisnis yang sesuai dengan bidang dan kemampuan Anda, karena bisnis yang tidak didasari pada kesukaan biasanya tidak akan bertahan lama. Maka dari itu bijaksanalah dalam memilih peluang bisnis yang benar- benar akan Anda jalankan nanti.