Sebelum masuk ke pembahasan perbedaan OSI layer dengan TCP layer, apakan kalian tahu apa itu OSI layer dan TPC layer? OSI layer adalah stadar komunikasi yang di pakai atau di terapkan dalam suatu jaringan komputer. TCP layer adalah standar komunikasi data yang sering di gunakan pada internet untuk suatu proses tukar – menukar atau saling mengirim data dari suatu komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan internet.

Tabel Perbandingan OSI layer dan TCP layer :

OSI layer dengan TCP layer memiliki perbedaan yang cukup banyak, hal ini disebab kan karena OSI layer dan TCP layer di racang berbeda walaupun pada dasar nya memiliki kegunaan yang cukup sama. OSI layer memiliki 7 buah layer yaitu Phycal layer , Data link layer, Network layer, Transport layer, Session layer, Prestation layer, dan Application layer, sedangkan TCP layer hanya memiliki 4 buah layer yaitu Network access layer, Internet layer, Transport layer, dan Aplication layer yang ke-4 nya memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda pada tiap layer nya.

TCP layer ini merupaka suatu protocol spesific atau yang beersifat khusus sedangkan OSI layer merupakan suatu protocol independen atau yang bersifat sendiri. Pada layer teratas yang digunakan OSI layer adalah application, prestation,dan juga session layer yang di gabungkan dalam satu layer sedangkan TCP layer pada bagian teratas hanya menggunakan satu layer yaitu layer application.

Semua standar yang digunakan pada suatu jaringan TCP layer bisa di dapatkan secara peercuma atau gratis (tidak berbayar) dari berbagai situs di internet sedangkan pada OSI layer untuk mendapatkan standar yang digunakan kita harus membeelinya di situs pada internet yang menyediakan standar tersebut. Pada perkembangan nya OSI layer sedikit terhambat karena dia memiliki layer yang cukup banyak tidak seperti TCP layer yang berkembang dengan baik karena dia hanya memiliki sedikit layer yaitu empat layer. Kemungkinan untuk kedepannya TCP akan menjadi standar dunia jaringan komputer tidak seperti OSI yang mungkin tertinggal karena perkembangan nya yang sedikit terhambat.

Pada OSI layer dia mengembangkan model nya berdasarkan teori yang dia miliki sedangkan pada TCP layer dia menggembangkan model nya setelah melewati tahap – tahap dan telah di implementasikan. TCP layer mengkombinasikan antara presentation layer dengan session layer dalam satu application layer. TCP di rancang lebih sederhana dari pada OSI layer yang hanya memiliki empat layer saja. TCP layer di rancang lebih kredibel karena protokol nya dan tidak ada network yang di bagun oleh protokol OSI.