Laptop atau komputer menjadi barang yang penting bagi seorang siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, ataupun profesi lain. Kemudahan laptop yaitu mudah dibawa kemana-mana dan penyimpanan yang besar menjadikan ini sebagai barang yang wajib dimiliki untuk menunjang pekerjaan. Semua pekerjaan yang dilakukan pastilah menggunakan laptop serta menyimpan berkasnya pun dalam laptop. Selain untuk mengerjakan pekerjaan yang ada, laptop dapat juga digunakan untuk menonton video, bermain game, melakukan meeting online, dan lain-lain.

Ganggu dan membahayakan karena dapat menurunkan performa suatu komputer atau laptop. Virus pada komputer terus menerus didiamkan maka akan membahayakan kinerja komputer anda, khususnya akan sangat berbahaya data pada komputer anda. Terdapat banyak penyebab virus menyerang komputer.

Dimana akibat dari virus komputer ini selalu menjadi masalah besar karena akan mengganggu kinerja komputer terutama untuk pengguna windows. Oleh sebab itulah bagi para pengguna windows diwajibkan untuk menginstall antivirus untuk tetap melindungi komputer anda dari virus. Karena pada dasarnya antivirus hadir digunakan sebagai alat pelindung komputer dari virus. Berbagai macam antivirus sudah tersedia dan Anda dapat memilihnya. Namun tahukah Anda mana antivirus yang benar-benar dapat bekerja secara maksimal. Dibawah ini terdapat rekomendasi antivirus yang dapat Anda gunakan pada laptop Anda.

 

Pengertian Antivirus

 

 

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Software ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, kit-akar, dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.

 

Baca Juga : Cara Menjadi Project Manager : Pengertian, Tugas-Tugas, Tujuan, KPI dan Perannya 

 

Jenis-Jenis Antivirus

 

Terdapat dua macam anti virus yaitu anti virus gratis dan anti virus berbayar. Anti virus gratis sebenarnya sudah cukup ampuh untuk melindungi komputer Anda dengan catatan Anda tidak sering menghubungkannya dengan internet dan memasukkan flashdisk yang menjadi penyebab banyaknya virus yang masuk. Tetapi, jika Anda sering menggunakan komputer Anda untuk online atau terhubung dengan internet dan Anda menyimpan berkas penting di komputer maka sebaiknya Anda pilih anti virus yang berbayar. Tentu saja anti virus berbayar ini menawarkan proteksi yang lebih bagus daripada anti virus gratis. Antivirus yang terbaik bukan hanya karena gratis atau berbayar saja.

Masih ada faktor lain yang mempengaruhinya seperti spesifikasi komputer Anda apakah sesuai dengan anti virus itu. Jika Anda hanya memiliki komputer dengan seri yang lama sebaiknya tidak memilih anti virus terbaru karena mungkin saja komputer Anda akan kewalahan menjalankan system anti virus ini. Komputer akan bekerja menjadi sangat lambat, alih alih melindungi dari virus komputer Anda bisa saja rusak. Anti virus yang bagus dan terbaik sebenarnya adalah anti virus yang sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan anti virus yang tidak sesuai maka itu hanya akan memberatkan komputer Anda saja, namun jika anti virus yang Anda pilih terlalu sederhana juga malah membuatnya semakin rentan terhadap virus berbahaya.

 

Baca Juga : Apa itu ISP (Internet Service Provider) : Layanan, Fungsi, dan Tujuannya 

 

Rekomendasi Antivirus Untuk Laptop Anda

Untuk melindungi laptop atau komputer Anda dari serangan virus maka diperlukan adanya antivirus ini. Sudah dijelaskan diatas bahwa antivirus yang ada merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang dapat mendeteksi adanya virus, serta juga dapat digunakan untuk menghilangkan virus tersebut. Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja rekomendasi antivirus yang terbaik untuk Anda gunakan :

 

  • Avast Free Antivirus

    Avast Antivirus adalah salah satu antivirus terbaik yang gratis dan bisa diandalkan. Meskipun bebas biaya, software ini mampu mencegah serangan virus, malware, ransomware, dan phishing sebelum mereka sempat mempengaruhi perangkat Anda. Anti virus ini menjadi anti virus yang paling populer sebab kemampuannya dalam membunuh berbagai virus dan malware berbahaya sampai serangan dari hacker. Avast memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk melindungi komputer Anda.
    Fitur-fitur itu antara lain CyberCapture yaitu system untuk membersihkan dari ancaman, WiFi Inspector yang bisa mengamankan WiFi. Lalu ada Smart Scan yang memiliki fungsi untuk mendeteksi ancaman keamanan komputer, Game Mode yang bisa mengatur notifikasi sesuai keinginan kita dan Behaviour Shield yang bertindak sebagai pengawas komputer. Kelebihan Avast Free Antivirus ini adalah fitur keamanannya real-time dan ada scanning lengkap, memiliki fitur Password Manager untuk keamanan akun Anda. Namun semua fitur itu hanya beberapa yang ada di versi berbayarnya.

 

  • Smadav

    Smadav menjadi antivirus hasil pengembangan dari developer Indonesia yang ditawarkan secara gratis. Penggunaannya pun sangat ringan, tetapi tetap ampuh dalam menanggulangi virus-virus yang mengganggu di komputer. Antivirus ini juga memberikan perlindungan yang baik terhadap koneksi eksternal. Seperti misalnya, memory card, flashdisk, dan lain sebagainya. Smadav juga efektif untuk membasmi dan mendeteksi keberadaan virus lokal yang sangat berbahaya. Namun sayangnya, antivirus Smadav ini belum bisa digunakan untuk membasmi dan mendeteksi virus asing

 

  • AVG Antivirus

    Ini merupakan antivirus yang sudah cukup lama terpercaya dan sudah banyak digunakan untuk melindungi laptop dari ancaman virus. Meski sederhana dan tidak memiliki fitur-fitur ekstra seperti backup, VPN, dan perlindungan file, antivirus yang sudah dikenal sejak lama ini dapat dipercaya.
    AVG ini dapat Anda dapatkan secara gratis, tetapi ancaman yang bisa ditanggulangi tidak sekedar virus dan malware. Anda dapat menggunakan antivirus ini untuk mencegah serangan spyware dan ransomware pula. Di samping itu, AVG juga akan mengamankan kegiatan browsing Anda dari link, lampiran email, dan file unduhan yang mengandung bahaya. Tak ketinggalan, ada juga fitur untuk memindai masalah kinerja perangkat Anda.

 

  • Comodo Antivirus

    Antivirus ini dilengkapi dengan auto containment technology, metode yang menjalankan file-file tidak dikenal di dalam sebuah sistem penyimpanan virtual untuk memeriksa keberadaan virus. Dengan demikian, komputer Anda tidak hanya terlindungi, tetapi juga tidak terbebani dengan kinerja Comodo Antivirus. Tak hanya itu fitur yang dapat melancarkan perangkat Anda. Ketika game mode antivirus ini dinyalakan, update database virus dan pemindaian terjadwal akan ditunda agar Anda dapat menikmati permainan. Di samping itu, fitur ekstra Comodo Antivirus meliputi backup 50GB, enkripsi file, pembasmi spyware, dan perlindungan ketika melakukan transaksi online. Anda dapat memasangnya pada satu perangkat dengan biaya Rp 260.000 atau tiga perangkat seharga Rp 289.000. Keduanya dibayarkan untuk satu tahun penuh.

 

  • Panda Free Antivirus

    Antivirus yang ringan lebih diminati untuk digunakan, karena tak akan membuat proses kerjanya lemot dan membuat laptop atau komputer kita lemot. Nah, Anti virus yang mengambil nama hewan yang berasal dari China ini adalah salah satu anti virus paling ringan yang populer digunakan di komputer dan laptop. Namun Anda tidak boleh memandang sebelah mata anti virus Panda Free ini. anti virus ini memiliki fitur Real-time Updates untuk scanning virus dan USB Protection. Seperti yang sudah diketahui virus bukan hanya dari internet saja namun bisa juga berasal dari USB atau flashdisk yang terhubung. Dengan memakai anti virus ini Anda bisa mencegah virus yang mungkin terbawa di USB menginfeksi komputer Anda. Karena colok mencolok USB pun terkadang tak bisa kita kontrol, kita tak bisa memastikan bahwa flashdisk atau media pengiriman yang kita colokkan bebas dsri virus sebelum mencolokkannya dan melakukan scanning.

 

Baca Juga : Apa itu User Experience (UX) : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya 

 

Kesimpulan dan Penutup

 

Jika sudah mengetahui penjelasan mengenai antivirus ini Anda sudah dapat menentukan antivirus mana yang akan Anda gunakan pada laptop atau komputer. Sesuaikan antivirus tersebut dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop atau komputer Anda. Apabila dirasa sangat memerlukan antivirus dengan fitur yang mumpuni dikarenakan terdapat berkas-berkas yang sangat penting dan menjaga kinerja komputer atau laptop tetap stabil.

Pemasangan anti virus ini dapat dibilang wajib pada laptop atau komputer. Terdapat berbagai macam virus dari internet atau dari mana pun yang dapat menyebabkan laptop atau komputer Anda terkena virus. Ciri-ciri laptop atau komputer yang terkena virus adalah seperti sangat lambat, file dan folder hilang, aplikasi tidak bisa dibuka, blue Screen Of Death, banyak shortcut muncul.