Tahukah Anda? hal-hal yang pertama kali dicari oleh customer adalah website. Sementara itu, seringkali para owner merasa lebih penting dan cukup dengan aplikasi chat, baru untuk lebih advance nya menggunakan sosial media, lalu e-commerce, daftar lokal bisnis, dan terakhir membuat website. Sudut pandang ini menjadikan website sebagai hal yang dianggap tidak terlalu penting oleh para pemilik usaha. Padahal jika kita mengambil sudut pandang customer as user, hal yang pertama kali dilakukan adalah mencari website bisnis Anda.

Kemudian jika mereka membutuhkan info lebih atau mereka tidak menemukan website sesuai kebutuhan mereka, maka mereka akan mencari daftar lokal bisnis untuk melihat ada toko apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Lalu mereka mencari di e-commerce. Lalu mereka bisa melihat halaman media sosial bisnis Anda untuk mencari informasi terbaru, review dari pelanggan lain, foto dan lainnya. Dan terakhir mereka akan menghubungi Anda melalui aplikasi chat jika diperlukan.

Baca Juga : Kesalahan yang Dapat Rerjadi Dalam Membangun Startup

Lihatlah perbedaan sudut pandang yang sangat berbanding terbalik ini, sudah merasa bahwa website itu penting?

Aplikasi Chat

Aplikasi chat merupakan bentuk keberadaan online paling sederhana yang dapat Anda lakukan. Banyak platform aplikasi chat gratis yang dapat Anda gunakan seperti: Whatsapp, Line, BBM Chat, dan sebagainya. Dalam fungsinya untuk bisnis Anda, aplikasi chat dapat digunakan untuk:

  • Menjangkau pelanggan dengan lebih personal
  • Melakukan transaksi jual beli
  • Menjawab pertanyaan pelanggan

Social Media

Memulai halaman Facebook, Twitter atau Instagram Anda dapat memberikan sekilas informasi kepada pelanggan potensial ke dalam bisnis Anda dan apa yang dapat bisnis Anda lakukan. Media sosial memiliki tingkat penggunaan yang tinggi di Indonesia. Terlebih Karena berbagai platform yang disediakan gratis dan mudah digunakan. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk memperluas jaringan, meningkatkan visibilitas brand, meningkatkan loyalitas pelanggan melalui konten-konten bermanfaat, dan sebagai sarana pelayanan dan feedback pelanggan.

Baca Juga : Memanfaatkan Social Media sebagai Customer Service

E-Commerce

Di Indonesia, terdapat beberapa platform e-commerce yang banyak digunakan seperti: Tokopedia, Lazada, Olx, Bukalapak, dan juga berbagai platform e-commerce lokal. Keuntungan jika Anda memasarkan bisnis Anda melalui platform e-commerce diantaranya Anda bisa menumpang dengan promosi yang dilakukan oleh e-commerce tersebut, serta biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Namun jika Anda memanfaakan e-commerce ada beberapa kelemahan seperti adanya persaingan antar sesame penjual dengan kategori yang sama, juga Anda tidak akan memperoleh peningkatan dalam usaha menonjolkan brand Anda.

Google Bisnisku

Pilihan lainnya yang dapat Anda mendaftarkan bisnis listing lokal atau direktori online lokal. Salah satu platform yang dapat Anda gunakan adalah Google Bisnisku. Mengelola informasi up-to-date tentang bisnis Anda di Google Bisnisku seperti lokasi bisnis dan arah menuju lokasi, nomor telfon, jam buka, Anda dapat menghubungkan listing lokal ini ke halaman Google+ embangun loyalitas pelanggan menggunakan Google+ Page. Para pengikut laman bisnis Anda dapat menunjukkan apresiasi dan memberikan masukan melalui pos dan ulasan, serta menggunakan tombol +1 untuk mendukung produk dan layanan melalui Google+, Google Search, Maps atau pada iklan. Anda dapat menganalisa performa di dalamnya melalui pelaporan (insights). Anda juga dapat membuat dan memonitor kinerja kampanye iklan dengan menghubungkan ke akun AdWords Express.

Website

Jika Anda ingin orang mudah untuk menemukan Anda di internet, Anda perlu untuk mengklaim website Anda secara online. Banyak yang dapat Anda lakukan dengan membangun website, dibandingkan dengan rumah bisnis lainnya. Salah satu hal yang disayangkan dalam fenomena persaingan bisnis adalah ketika Anda melihat salah satu usaha kecil menengah (UKM) mereka tidak memiliki website. Anda akan berpikir tentang pentingnya situs web untuk semua jenis bisnis saat ini dan masa yang akan datang. Setiap bisnis yang tidak memiliki sebuah situs web akan kehilangan salah satu peluang besar dan senjata pemasaran yang paling efektif dan kuat yang telah tersedia bagi mereka.

Alasan utama pentingnya setiap perusahaan wajib untuk memiliki website yaitu membantu kemudahan konsumen untuk menemukan bisnis Anda. Pada saat ini sebagian besar orang akan mencari segala sesuatu yang dibutuhkan di internet (Online) dan mencari produk serta memastikan perusahaan sebelum mereka melakukan pembelian. jika Anda tidak memiliki situs web maka Anda kehilangan peluang dan semua kesempatan bisnis potensial ini. Website merupakan teknologi informasi terbaik saat ini sebagai sarana pertukaran informasi kepada konsumen atau klien Anda secara mudah, cepat, dan tanpa batas jarak maupun waktu. Artinya, konsumen maupun calon konsumen akan dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi bisnis maupun perusahaan secara lengkap dan akurat hanya dengan mencari memalui komputer yang terkoneksi dengan internet, atau bahkan hanya dengan gadget mereka kapanpun dan dimanapun.