Beasiswa adalah hadiah atau bantuan yang tidak perlu dibayar kembali oleh penerimanya. Ada berbagai jenis beasiswa baik ditawarkan oleh sekolah, pengusaha, individu, perusahaan swasta, nirlaba, komunitas, kelompok agama, dan organisasi profesional dan sosial. Beberapa beasiswa untuk perguruan tinggi biasanya didasarkan pada prestasi siswa.

Siswa yang mendapatkannya berarti telah memenuhi atau melampaui standar tertentu yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa. Beasiswa prestasi dapat diberikan berdasarkan prestasi akademik atau kombinasi akademik dan bakat, sifat, atau minat khusus. Beasiswa lain didasarkan pada kebutuhan finansial dan alasan lainya.

Banyak beasiswa ditujukan untuk kelompok orang tertentu seperti beasiswa bagi perempuan atau mahasiswa pascasarjana. Selain ada juga yang tersedia karena tempat Anda atau orang tua Anda bekerja, atau karena Anda berasal dari latar belakang tertentu. Beasiswa mungkin menutupi seluruh biaya sekolah Anda, atau mungkin penghargaan satu kali dengan nominal tertentu. Apa pun jenis beasiswa tersebut, Anda dapat mencobanya karena ini akan membantu mengurangi biaya pendidikan Anda.

Cara Menemukan Beasiswa yang Tepat

Umumnya beasiswa ada dimana- mana dan di hampir semua negara. Bahkan juga ada beasiswa internasional bagi siswa- siwa seluruh dunia. Sedangkan cara kerja beasiswa adalah Anda harus berusaha dan mencari yang tepat untuk melamar agar bisa mendapatkan peluang lebih tinggi. Ada beberapa cara berbeda dan relatif sederhana untuk mencari beasiswa yang tepat untuk Anda. Berikut beberapa cara untuk melakukannya :

  • Mencari informasi database dan online
  • Mendaftar di situs- situs pencarian Beasiswa
  • Menghubungi konselor sekolah
  • Mencari informasi melalui teman, keluarga dan kenalan
  • Mencari informasi di forum- forum online
  • Menanyakan langsung kepada universitas yang ingin Anda tuju
  • Mencari perusahaan yang membuka bantuan beasiswa atau sponsor

Baca Juga : 5+ Tips Sukses Lolos Beasiswa IDCloudHost 2024

Tips Mempersiapkan Syarat Beasiswa

Jika Anda memilih untuk melamar lebih dari satu atau hanya satu beasiswa, disiplin dan teratur adalah kuncinya karena Anda akan memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat spreadsheet atau daftar berbagai beasiswa yang ingin Anda lamar bersama dengan persyaratan dan tenggat waktu tertentu. Setiap beasiswa berbeda dan membutuhkan dokumentasi yang berbeda pula. Tetapi untuk sebagian besar, berikut ini adalah sekilas tentang apa yang akan diminta syarat proses beasiswa :

Cover Letters

Surat ini akan ditulis kepada juri atau panitia untuk memberikan lebih banyak latar belakang tentang diri Anda dan memberi Anda kesempatan untuk menjelaskan mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Transkrip nilai

Anda dapat meminta transkrip Anda dari sekolah menengah atau universitas sebelumnya untuk diberikan kepada beasiswa. Transkripnilai adalah daftar seluruh mata pelajaran Anda bersama dengan nilai yang menyertainya.

Menulis essay

Beberapa beasiswa akan membutuhkan satu atau lebih esai dengan persyaratan dan jumlah kata tertentu. Ini akan menjadi kesempatan Anda untuk benar-benar menonjol dari pelamar lainnya dengan tulisan yang bagus dan cerita Anda yang menarik dan jujur.

Resume

Jika Anda memiliki pengalaman kerja atau pengalaman sukarela, resume Anda akan menawarkan sumber dokumentasi untuk menampilkan kelengkapan akan riwayat kerja Anda.

Surat Rekomendasi

Sebuah surat rekomendasi akan membantu image Anda dalam pemilihan beasiswa nantinya. Oleh karena itu, dapatkan surat rekomendasi ini baik dari guru, profesor atau orang yang pernah mempekerjakan Anda dan minta mereka untuk menulis surat atas nama Anda untuk menunjukkan kekuatan Anda, karakter, dan mengapa Anda adalah kandidat yang layak untuk dianugerahi beasiswa.

Baca Juga : Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics

Tips dan Cara Mendapatkan Beasiswa

Setelah Anda menyiapkan daftar beasiswa dan tenggat waktu serta persyaratannya masing-masing, Anda siap untuk memulai langkah selanjutnya. Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar untuk memenangkan dana beasiswa? Berikut beberapa tip terbaik untuk diterapkan :

Meminta Bantuan

Pertama dan terpenting, jangan takut untuk menjangkau orang-orang di sekitar Anda untuk meminta bantuan. Hubungi kantor studi universitas, profesor, guru, kantor bantuan keuangan, dan penasehat akademis Anda untuk menanyakan tentang beasiswa atau hibah yang mungkin mereka ketahui. Jika memungkinkan, datang langsung ke kantor-kantor ini untuk meminta nasihat tentang cara mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri, daripada hanya mengirim email atau menelepon.

Hal ini tidak hanya akan memudahkan profesor atau kantor studi di luar negeri untuk membantu Anda, tetapi mereka juga akan terkesan dengan tekad dan inisiatif Anda yang jelas untuk datang untuk membahas bantuan keuangan secara langsung. Bagian tersulit untuk mendapatkan beasiswa hanyalah bagaimana menemukannya, jadi pastikan untuk bertanya kepada para profesional jika mereka mengetahuinya.

Menghubungi Penerima Beasiswa Terdahulu

Cara terbaik untuk mengetahui semua rincian beasiswa yang akan Anda ajukan, serta persyaratan aplikasi terkini, adalah dengan menghubungi mereka yang perna menerima beasiswa yang sama. Selain juga dapat mencari serta membaca buku mengenai tips dan cara mendapatkan beasiswa. Hal ini tidak hanya akan memastikan bahwa Anda memiliki semua informasi yang benar, Anda juga akan menunjukkan kepada penerima beasiswa atau pemberi dana bahwa Anda tidak takut untuk mengambil inisiatif dan secara aktif mengejar beasiswa yang Anda ajukan.

Sesuaikan Resume Anda

Setelah Anda menyusun daftar beasiswa yang Anda rencanakan untuk dilamar, Anda sekarang harus bekerja untuk benar-benar mendapatkan beasiswa. Sebagian besar keberhasilan Anda adalah hasil dari resume. Maka pastikan untuk menyoroti pengalaman terbaik yang Anda miliki, perbarui semua aktivitas kampus Anda baru-baru ini, dan cobalah untuk membuatnya praktis atau tidak bertele- tele.

Surat lamaran berjalan seiring dengan resume, dan terkadang menjadi bagian penting dari sebuah aplikasi, karena itu bisa menjadi satu-satunya kesempatan Anda untuk membuat argumen mengapa Anda pantas mendapatkan beasiswa. Namun, Anda tidak bisa begitu saja mengirimkan surat lamaran umum tentang siswa yang luar biasa serta fokuslah pada tujuan Anda.

Jika Anda melamar beasiswa untuk belajar di luar negeri yang disediakan oleh universitas internasional, pastikan untuk meneliti bagaimana negara tersebut biasanya mengatur resume atau surat lamaran mereka. Apabila Anda cukup percaya diri dengan kemampuan bahasa Anda, Anda dapat mencoba menuliskannya di bahasa negara tempat Anda akan belajar.

Baca Juga : Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2024

Sejak tahun 2015 lalu, IDCloudHost Indonesia telah dengan konsisten membuka beasiswa untuk memberikan bantuan kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia dalam pembelajaran mereka. Tidak terkecuali tahun 2021 ini, IDCloudHost kembali bekerjasama dengan Telkom University dengan memberikan dukungan beasiswa full secara gratis.

IDCloudHost juga menekankan bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran sama sekali. Dibuka pada tanggal 14 Februari hingga 20 Juni 2021, beasiswa ini menawarkan bidang studi di Jurusan Teknik dan Non Teknik. Sedangkan jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri Anda di program beasiswa tahun ini dari IDCLoudHost, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di https://idcloudhost.com/beasiswa/