WordPress saat ini menguasai sepertiga dari semua situs web yang menjadikannya sebagai pembuat situs web paling populer di dunia. Jika situs web Anda diberdayakan oleh WordPress, artikel ini memiliki beberapa berita menarik untuk Anda. Tidak hanya mudah digunakan dan digunakan secara luas, tetapi juga sering dianggap sebagai sistem manajemen konten atau CMS terbaik untuk SEO.

Jika Anda benar-benar ingin memanfaatkan potensi WordPress untuk situs web Anda, Anda harus tetap mengetahui tips dan trik WordPress terbaru dan terbaik. Jika tidak, peringkat situs web Anda, keramahan pengguna, dan kepercayaannya mungkin akan terganggu.

Baca Juga :  10 Tips Terbaik WordPress 2022 Bagi Pengguna Pemula

Mengenal Apa Itu WordPress

WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri. Faktanya, WordPress menguasai lebih dari 43,0% dari semua situs web di Internet. Benar sekali, lebih dari satu dari empat situs web yang Anda kunjungi kemungkinan besar didukung oleh WordPress. Pada tingkat yang sedikit lebih teknis, WordPress adalah sistem manajemen konten sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPLv2, yang berarti siapapun dapat menggunakan atau memodifikasi perangkat lunak WordPress secara gratis.

Sistem manajemen konten pada dasarnya adalah alat yang memudahkan untuk mengelola aspek penting di situs web Anda seperti konten bahkan tanpa perlu mengetahui apa pun tentang pemrograman. Hasil akhirnya adalah WordPress akan membuat situs web dapat diakses oleh siapa saja bahkan orang yang bukan pengembang atau developer ahli.

Bertahun-tahun yang lalu, WordPress merupakan alat untuk membuat blog, daripada situs web yang lebih tradisional. Namun hal ini tidak valid untuk waktu yang lama, karena saat ini berkat perubahan pada kode inti, serta ekosistem plugin dan tema WordPress yang sangat besar, Anda dapat membuat semua jenis situs web dengan WordPress.

Hal ini disebabkan WordPress tidak hanya mendukung banyak situs bisnis dan blog, tetapi juga merupakan cara paling populer untuk membuat sebuah toko eCommerce. Selain itu dengan WordPress, Anda juga dapat membuat situs web bisnis, blog, portfolio, resume, forum, jaringan sosial, dan situs keanggotaan hingga hampir semua hal dapat Anda ciptakan melalui WordPress.

Dari segi sejarah dan riwayatnya, WordPress antara pendiriannya sebagai platform blog pada tahun 2003 dan hari ini adalah sejarah yang panjang. WordPress dibuat sebagai proyek mandiri sejak tahun 2003, yang berasal dari cabang dari proyek sebelumnya yang disebut b2/cafelog. WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka, jadi saat ini dibuat oleh komunitas kontributor yang sangat besar.

Tetapi jika kita menelusuri asal-usul WordPress kembali ke akarnya, kreasi aslinya adalah kolaborasi antara Matt Mullenweg dan Mike Little. Sejak itu, Matt Mullenweg sebagian besar telah menjadi wajah WordPress. Dan dia juga pendiri Automattic, yang merupakan perusahaan di balik layanan WordPress.com untuk mencari keuntungan.

Baca Juga :  Rekomendasi Tren WordPress yang Akan Populer di Tahun 2022

Dengan begitu banyak perubahan dan perkembangan di tiap tahunnya, WordPress memiliki daya tarik yang menjadi alasan untuk gunakan, diantaranya seperti :

  • WordPress gratis dan merupakan open source

    Salah satu manfaat terbesar WordPress adalah gratis, dan merupakan perangkat lunak sumber terbuka. Meskipun Anda perlu membayar sedikit untuk hosting, Anda tidak perlu membayar hanya untuk menggunakan perangkat lunak WordPress. Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak plugin dan tema sumber terbuka untuk mengubah tampilan dan fungsi situs web Anda.

  • WordPress fleksibel

    WordPress sangat bagus karena memungkinkan Anda membuat hampir semua jenis situs web. Lebih baik lagi, situs web Anda juga dapat dikembangkan sesuai dengan waktu dan tren yang berkembang. Contohnya jika Anda ingin menambahkan forum ke situs WordPress, cukup instal plugin bbPress lalu jika ingin menambahkan jejaring sosial cukup gunakan plugin BuddyPress. Didalam WordPress, Anda tidak pernah terpaku pada serangkaian fungsi tertentu dimana Anda akan selalu dapat beradaptasi dan berkembang.

  • WordPress dapat diperluas

    Bahkan jika Anda bukan seorang pengembang, Anda dapat dengan mudah memodifikasi situs web Anda berkat ekosistem besar tema dan plugin WordPress. Adapun yang dimaksud tema adalah alat untuk mengubah tampilan situs web Anda dan plugin memberi fasilitas untuk mengubah cara fungsi situs web Anda. Plugin dapat berupa sesuatu yang kecil, seperti formulir kontak, atau hal besar, seperti membuat toko eCommerce. Saat ini, ada lebih dari 50.000 plugin WordPress gratis dan 5.000 tema WordPress gratis, serta banyak opsi premium lainnya. Artinya Anda telah memiliki banyak pilihan.

  • WordPress mudah diinstall

    Sejauh ini tidak ada kesulitan yang berarti untuk menginstall WordPress. Bahkan beberapa hosting saat ini menyediakan pilihan untuk otomatis dalam penginstalan WordPress.

  • Mudah menemukan bantuan

    Karena WordPress sangat populer, mudah untuk menemukan bantuan jika Anda mengalami masalah apa pun. Ada banyak informasi yang dapat Anda baca dan temukan di Internet, seperti di berbagai blog, tutorial, forum, dan grup Facebook.

 

Baca Juga :  2 Jenis/Tipe CMS WordPress dan Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting

 

Tips dan Trik WordPress Terbaik Tahun 2022

Jika Anda ingin situs WordPress Anda tetap berfungsi dengan lancar dan mengikuti perkembangan tren dengan baik, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba, diantaranya adalah :

  1. Pilih tema yang ramah SEO

    Salah satu fitur WordPress yang paling menarik adalah banyaknya tema situs web gratis dan berbayar berkualitas tinggi yang tersedia. Mungkin sulit untuk memilih dari banyak tema cantik dan praktis yang tersedia. Namun, ada satu fitur pembeda yang harus Anda pertimbangkan saat mengevaluasi kemungkinan tema WordPress. Inilah yang dimaksud dengan keramahan SEO. Saat melihat-lihat tema WordPress, Anda akan melihat bahwa banyak dari mereka memiliki tag “ramah SEO” dan tema inilah yang harus Anda pilih.

  2. Instal plugin SEO

    SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk kesuksesan setiap situs web. Situs Anda tidak akan mendapat skor yang baik dalam hasil pencarian jika Anda tidak menggunakan SEO. Memasang plugin SEO dapat membuat hidup Anda lebih sederhana sekaligus meningkatkan keberhasilan situs web Anda.

    Plugin ini dapat mengevaluasi konten dan kata kunci Anda, serta menangani semua aspek teknis situs web Anda, seperti peta situs dan robots.txt. Cukup buka direktori plugin WordPress dan cari plugin SEO yang cocok untuk Anda. Salah satunya adalah Yoast SEO yang memiliki lebih dari 5 juta pemasangan aktif dan lebih dari 25.000 peringkat bintang lima.

  3. Batasi plugin

    Plugin memberi situs web Anda lebih banyak fungsionalitas. Anda memerlukan plugin untuk menambahkan fitur seperti formulir kontak, buletin, dan obrolan langsung ke situs Anda kecuali tema Anda memilikinya. Namun, menambahkan terlalu banyak plugin dapat menyebabkan situs Anda melambat dan berpotensi membahayakan keamanannya.

    Hanya instal plugin yang benar-benar Anda butuhkan dan yang akan membantu pengguna dan situs web Anda. Jangan tergoda untuk menginstal sebanyak mungkin karena kode tambahan yang ditambahkan plugin mungkin memperlambat waktu pemuatan situs Anda. Ada banyak pilihan dan tingkat kualitas yang bervariasi karena plugin dapat dibuat oleh siapa saja. Tinjauan resmi dilakukan untuk keamanan, tetapi tidak untuk kualitas, oleh karena itu selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa ulasan pengguna.

  4. Instal Google Analytics

    Google Analytics adalah alat yang terkenal untuk mengukur kinerja, mengumpulkan data, dan memberikan informasi tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda. Hasilnya, ini adalah alat yang berguna untuk menentukan kinerja situs web Anda. Plugin MonsterInsights adalah opsi terbaik dan termudah untuk menginstal Google Analytics. Ada versi gratis dari Google Analytics dan MonsterInsights. MonsterInsights akan memandu Anda melalui prosedur penginstalan, dan Anda akan memerlukan nomor pelacakan yang Anda terima saat membuat akun Google Analytics. Memasang Google Analytics memungkinkan Anda untuk memeriksa statistik langsung dari dashboard WordPress Anda, memungkinkan Anda melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs, berapa lama mereka tetap berada di sana, dan banyak lagi. Semua data-data itu ada di ujung jari Anda dengan Google Analytics.

  5. Kompres gambar

    Mengkompresi gambar atau meminimalkan ukuran file, membuat situs Anda memuat lebih cepat dan membebaskan ruang penyimpanan yang berharga. Kinerja situs web berada pada kecepatan situs yang cepat. Mempercepat kecepatan pemuatan situs Anda dapat memberikan vitalitas baru pada halaman yang sedang mati.

    Baik pengguna maupun mesin telusur menghargai situs yang memuat cepat. Solusinya, Anda harus selalu mengkompres foto dan video Anda. Kraken.io, ImageResize, dan Optimizilla merupakan beberapa contoh program online yang dapat membantu Anda mengkompres gambar secara gratis. Yang harus Anda lakukan adalah mengirimkan foto yang ingin Anda kompres, lalu dapatkan versi yang dioptimalkan. Ini cepat dan sederhana, dan tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun.

 

Baca Juga :  7 Rekomendasi Plugin WordPress Page Builder Terbaik 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Singkatnya, memulai WordPress cukup sederhana. Ini adalah solusi yang ramah pengguna dan hemat biaya untuk membangun situs web baru Anda dan memberikan kemungkinan tak terbatas di ujung jari Anda. Anda dapat membuat situs yang menampilkan produk dan layanan Anda dengan sempurna kepada calon pelanggan melalui konten khusus.

Dengan fungsionalitas yang selalu ditingkatkan di hampir seluruh plugin untuk hal dan apa saja, ditambah dengan tema yang memungkinkan Anda membuat situs web baru menggunakan pembuat visual, jelas mengapa WordPress mendukung 14,7% dari 100 situs web teratas di dunia. Ini tidak sesulit dan serumit yang dipikirkan beberapa orang, jadi jangan terintimidasi oleh fitur platform yang luar biasa ini. Dengan artikel ini, Anda akan siap dan berjalan dalam waktu singkat ditahun 2022 ini. Semangat!