Di zaman serba internet tentu hampir semua orang mengetahui bahkan menggunakan website, entah itu menggunakannya sebagai sarana informasi, mencari dan memberitahukan informasi penting, maupun tempat untuk melakukan jual beli secara online. Selain menggunakan, sebagian orang justru membuat website miliknya sendiri, membuat website bisa dilakukan secara mandiri maupun dengan bantuan pelayanan jasa pembuatan website.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang membutuhkan pembuatan website namun tidak ingin melakukannya sendiri, ada begitu banyak orang yang membuka jasa pembuatan website yang bisa Anda temukan di laman internet, tarif yang disediakan pun beragam tergantung pada tampilan akhir yang diinginkan. Untuk website yang benar-benar profesional, Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang dalam proses pembuatannya. Beda halnya dengan pembuatan website yang hanya digunakan untuk keperluan pribadi pengguna, tentu uang yang dikeluarkan akan lebih sedikit.

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai untuk menggunakan jasa pembuatan website, karena jika hasil yang didapat tidak sesuai maka Anda akan merasa sangat dirugikan. Apalagi jika pelayanan tersebut mengeluarkan biaya yang cukup besar, namun hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan. Di sisi lain, kasus penipuan online berkedok pelayanan website sudah banyak terjadi. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang harus Anda waspadai, Anda harus memastikan terlebih dahulu jasa yang ada dan mengetahui tips dalam memilih jasa pembuatan website yang bagus.

 

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Sebelum mulai menggunakan jasa seorang pembuat website, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu secara jelas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan sebagai berikut.

 

  1. Lihat Profil dan Legalitas

    Anda harus memastikan bahwa perusahaan penyedia jasa pembuatan website memiliki visi dan misi serta jelas legalitasnya, Anda bisa memilih IT konsultan yang tidak sekedar jual website atau hanya ingin mendapatkan uang tetapi juga mampu memberikan pelayanan yang selaras dengan tarif jasanya. Sehingga saat terjadi error atau hal yang tidak bisa Anda perbaiki, Anda bisa menghubungi mereka kembali untuk mendapatkan bantuan terkait web yang dibuat. Jika perusahaan tersebut tidak memiliki legalitas, Anda akan mendapatkan masalah saat melakukan perpanjangan di tahun berikutnya. Dikhawatirkan saat bisnis Anda mulai naik namun developer web tidak bisa dihubungi, bisnis yang Anda jalani terancam kolaps. Anda bisa mencari informasi terkait legalitas pada profil perusahaan, Anda juga bisa berkomunikasi terlebih dahulu via telepon atau pesan untuk mengetahui lebih banyak terkait perusahaan tersebut sebelum terjadi kesepakatan.

  2. Lihat Portofolio

    Anda juga harus memastikan perusahaan tersebut sudah memiliki portofolio atau kumpulan project website yang dikerjakan, pada bagian ini yang menjadi pertimbangan Anda adalah bukan soal kuantitas tetapi kualitas serta kepuasan pelanggannya dalam memakai jasa tersebut.

  3. Spesifikasi Hosting

    Dalam hal ini Anda bisa memastikan bahwa spesifikasi yang diberikan sudah tersedia di dalam website seperti kuota upload (disk space), kuota klik (bandwidth), RAM, dan CPU hingga fitur auto backup file untuk security.

  4. Cpanel

    Akun kepemilikan atau disebut Cpanel merupakan akses yang Anda miliki, berisi file website yang bisa Anda sisipkan sendiri script sesuai kebutuhan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan backup manual melalui Cpanelnya, juga bisa untuk menggunakan webmail dan menambahkan domain.

  5. Fitur pada Website

    Pastikan bahwa fitur yang disediakan cocok dengan yang Anda butuhkan, jika fitur yang ditawarkan terlalu rumit Anda bisa meminta pembuatnya untuk menggantinya dengan fitur yang lebih mudah untuk Anda gunakan.
    Baca Juga :   Apa Itu Website Dan Fungsinya Untuk Kehidupan Sehari-Hari/Usaha Online

  6. Support SEO

    SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu proses yang memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic kunjungan pada mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu, sehingga ada baiknya Anda memesan website yang ramah SEO. Agar kedepannya Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan, Anda bisa langsung menanyakannya pada jasa pembuat web terkait support SEO atau belum.

  7. Biaya yang Diperlukan.

    Hal yang paling sering dijadikan pertimbangan dalam pembuatan website biasanya terletak pada biaya, Anda perlu mencari tahu harga yang ditetapkan oleh perusahaan dengan budget yang dimiliki. Jangan asal memilih yang murah namun tidak memperhatikan kualitas kedepannya, karena umumnya kualitas website ditentukan dari harga yang ditetapkan.

  8. Waktu Pembuatan

    Meski sesuatu yang simple, hal ini berdampak besar. Anda perlu mempertimbangkan waktu pembuatan website, sampaikan pada penyedia jasa kapan Anda akan menggunakan website tersebut untuk menghindari keterlambatan.

  9. Desain

    Sebelum memilih jasa pembuatan website, ada baiknya Anda memperhatikan desain yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Konsultasikan pada pembuat website seperti apa desain yang diperlukan agar tidak keluar dari jalur bisnis Anda.

  10. Komunikatif

    Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak terkait, karena jika terjadi masalah pada situs website pemilik jasa akan membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut atau sekedar memberi solusi untuk masalah Anda.

 

Hal yang Harus Dihindari

Selain memperhatikan tips dalam yang harus dipertimbangkan, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang patut dihindari dalam memilih jasa pembuat website agar tidak menimbulkan kesalahan sebagai berikut.

 

  • Mudah Tergiur

    Jasa pembuatan website di Indonesia sudah menjamur di mana-mana, setiap penyedia jasa tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bahkan penawaran yang diberikan juga berbeda tiap jasanya, mulai dari harga murah dengan iming-iming kualitas yang cukup memadai. Anda tidak boleh mudah tergiur dengan penawaran tersebut, pastikan secara jelas dan membandingkan dengan pelayanan jasa lainnya. Sehingga Anda cukup yakin jika pilihan Anda sudah tepat.

  • Tidak Mencari Tahu

    Kesalahan yang cukup sering dilakukan ialah pada saat mencari dan memilih jasa pembuat website, tidak banyaknya informasi yang Anda ketahui terkait pengalaman penyedia jasa bisa menjadi kesalahan yang fatal. Mengetahui lebih jelas terkait layanan pembuat website serta pengalaman yang mereka miliki tentu menjadi hal yang bisa membantu Anda mengetahui seperti apa kualitas dari pekerjaan yang mereka lakukan, sehingga menghindari Anda dari kesalahan dalam menentukan pilihan layanan.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

 

Kerugian yang Didapat

Dari kesalahan yang dilakukan saat memilih website secara asal, ada beberapa kerugian yang akan didapat berikut ulasannya.

 

  1. Website Tidak Responsif

    Mempercayakan pembuatan website pada penyedia layanan abal-abal tentu akan berpengaruh pada akses website Anda kedepannya, website yang harusnya bisa diakses dengan semua perangkat justru tidak berjalan seperti yang seharusnya. Hal ini berdampak serius pada website dan kerugian dari biaya yang dikeluarkan, Anda jangan sampai tergiur dengan harga murah sehingga mendapatkan hasil yang tidak optimal.

  2. Desain yang Tidak Sesuai

    Desain pada website menunjukkan karakter yang berbeda-beda, semakin kuat karakter yang ada pada website tersebut tentu memudahkan pengunjung mengingat website milik Anda. Umumnya pada layanan jasa website abal-abal, mereka akan memberikan beberapa template yang bisa Anda ganti warna dan itemnya saja. Keterbatasan ini tentu menjadikan website Anda terlihat tidak menarik dan kurang sempurna.

  3. Kesulitan dalam Postingan

    Ketidaksempurnaan yang diberikan oleh jasa pembuat website membuat Anda tidak bisa melakukan update pada konten, hal ini tentu menjadi suatu hal yang cukup mengganggu. Mengingat konten menjadi komponen paling utama dan harus ada dalam sebuah website, jangan sampai pilihan Anda menjadi kendala dalam melakukan promosi pada website.

  4. Tidak Dikenali Google

    Bagi Anda yang terbiasa berkecimpung dalam bisnis online tentu tidak asing dengan istilah SEO, ramah SEO sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung website Anda. Akan menjadi hal yang sia-sia saat membuat website tanpa memasukkan fitur ini, karena website yang dibuat akan sulit dijumpai. Pastikan hal tersebut agar pengunjung yang Anda miliki semakin bertambah.

 

Baca Juga  :   Perbedaan Website Gratis dan Website Berbayar dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari banyaknya layanan jasa pembuatan website, Anda sebaiknya memperhatikan hal-hal yang perlu dan yang harus dihindari. Karena kesalahan yang ada akan berdampak pada kerugian yang Anda dapatkan dari website hingga biaya yang dikeluarkan, tips-tips yang ada bisa Anda maksimalkan dalam mencoba layanan pembuatan website. Meski jumlah layanan pembuatan website ada dimana-mana, mereka tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda diharapkan tidak tergiur dengan harga murah sehingga mengesampingkan kualitas yang didapat.

Jika Anda mampu membuat website secara mandiri, Anda bisa langsung mengeksekusinya sesuai dengan kebutuhan website yang diinginkan. Namun jika Anda tidak bisa membuat website sendiri atau ingin membuat website yang tampak profesional, Anda bisa menggunakan jasa pembuat website dengan kualifikasi yang bagus. Perusahaan penyedia layanan pembuatan website yang jelas, tentu bisa dipercaya mampu memberikan hasil website yang berkualitas pada pelanggannya.