Tidak terlambat bukan untuk mengikuti trend terpopuler dan terbaru untuk startegi marketing bisnis kamu ? Tentu tidak. Bisa jadi artikel ini membantu kamu mereview sebelum 2018 berakhir sudah sejauh apa tim marketing kamu mengambil momen dan juga mencoba teknik marketing ini yang berdampak para penjualan dan perkembangan bisnis kamu.

1. Kekuatan Instagram Stories, Kekuatan Storytelling

Fitur yang rilis setelah ramainya pengguna Instagram loyal ternyata sudah menunjukkan gaya hidup masyarakat kekinian yang ketagihan mengambil momen melalui Instagram stories. Instagram sudah berhasil menarik perhatian para pengguna yang awalnya video singkat dipopulerkan Snapchat kemudian diolah lebih baik dengan kehadiran Instagram stories yang seringkali di singkat IG Stories.

Baca Juga : Memaksimalkan Fitur Stories Instagram untuk Bisnis Online

Telisik demi telisik, kekuatan Instagram stories ini memang luarbiasa. Walaupun hanya 24 jam berlangsung. Ternyata momentum itu menjadikannya istimewa dan ditunggu – tunggu kehadirannya. Bisnis yang menggunakan Instagram stories sebagai bahan untuk menyampaikan nilai dan Konten yang ingin disampaikan kepada followersnya sangat tinggi engagementnya.

Menurut data, pengguna aktif instagram Indonesia tercatat sendiri mencapai 45 juta pengguna di tahun 2017. Sedangkan Instagram kemudian muncul fitur Instagram Story pada Agustus 2016. Banyak yang mengatakan tools marketing paling berpengaruh saat ini 2018 adalah ig stories mengingat ketika kita membuka Instagram story kita mendapatkan iklan tanpa disangka – sangka. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak melihatnya walaupun hanya 1 detik.

Apakah kamu sendiri sudah mencoba beriklan melalui Instagram stories ?

2. Trend Twitter Menurun, Benarkah. Potensi #TrendTwitter.

Global Web Index, pengguna twitter telah menurun lebih dari 10 persen sejak 2016 hingga tinggal sepertiga dari pengguna internet. Tapi ada perubahan diakhir 2018. Trend di twitter menyeruak kembali dan menjadi momentum menarik dibicarakan. Baik itu media online, forum – forum bahkan banyak tempat. Topiknya pun beragam ada politik, social, interest, dan banyak lainnya. Twitter memang bukan menjadi sarana tepat untuk bisnis menyuarakan produknya. Tapi perlu ditelisik, twitter bisa jadi momen tepat untuk menunjukkan trend dan juga ide pemikiran yang lebih lugas dan juga natural. Banyak brand kemudian dibicarakan di twitter karena tim marketingnya sangat unik menjawab komen – komen para netizen twitter yang cukup unik.

Twitter Ads sepertinya sudah menunjukkan progress cukup baik. Ditambah lagi inovasi dan system algoritma yang berbeda dari sebelumnya. Jika bisnis kamu belum terjun, coba terjun dulu lihat peluang apa yang bisa kamu dapatkan untuk berjualan di twitter.

3. Youtube Marketing dan Video Marketing

The Wall Street Journey mengatakan sejak pertengahan 2016 hingga sekarang  semakin banyak brand yang menggunakan video marketing sebagai strategi marketing mereka, dimana video merupakan salah satu pasar terbesar yang paling diminati oleh netizen saat ini yang akan bertumbuh sampai 10% setiap tahunnya hingga 2020 kelak.

Baca Juga : Jangkau pemirsa Anda dengan Iklan YouTube

Berkembangnya para youtuber dimanapun baik Indonesia dan negara lainnya saat ini, membuat content creator menjadi sebuah pekerjaan yang cukup menarik dan dilirik anak muda saat ini. Tak terkecuali juga sebuah perusahaan dan juga brand. Sudah banyak kita lihat perusahaan – perusahaan mengambil momen ini untuk kemudian diolah menjadi video marketing yang kuat, diingat, dan juga viral di jagad dunia.

Sebut saja iklan Ramayana, iklan Bukalapak dan beberapa iklan lainnya yang memiliki ciri khas yang menjadi anekdote masyarakat Indonesia. Ini peluang bagi bisnis kamu untuk bisa menjadi sorotan dengan mengandalkan kreativitas dan juga skill video marketing perusahaan kamu akan menjadi pembicaraan dibanyak tempat.

Sudah pernah mencobanyakan ?

4. Mulai dari Selegram, Paid Promote, Endorse, dan Influencer.

Istilah – istilah baru muncul di media per media social saat ini. Jika dulu iklan hanya bisa dilakukan oleh public figure yang berada di televisi. Saat ini siapapun bisa menjadi sosok iklan dan juga tidak harus dikenal seluruh dunia ataupun Indonesia. Berbekal followers yang banyak dan produktivitas Konten serta massa yang sesuai dengan nilai – nilai produk dan brand sebuah bisnis. Siapapun bisa beriklan dengan kreativitas dan caranya tersendiri. Beberapa istilah itu ialah Selebgram yaitu orang yang terkenal karena Konten Instagram yang menarik sehingga mendapatkan banyak pengikut, bisa jadi menampilkan storytelling, skill berfoto yang hebat, atau juga hal menarik dari pemikiran yang ia ungkapkan ia di nobatkan menjadi selebgram.

Paid promote, istilah sebuah Konten yang dibuat dan ada maksud dan tujuan serta dibayar dengan tujuan tertentu. Sedangkan istilah endorse adalah sebuah cara marketing dengan memberikan sejumlah produk secara Cuma – Cuma kepada klien dalam hal ini influencer / selebgram / public figure secara gratis dengan tujuan iklan, riset produk dan banyak lainnya. Lalu kemudian influencer secara jelas influencer berarti orang – orang yang memberikan pengaruh. Sebuah istilah yang dinisbatkan kepada orang – orang yang dianggap pemikiran dan juga apa yang disampaikan bisa mempengaruhi banyak orang.

Nah bagaimana ? Sudah pernah mencoba 4 cara teknik marketing terbaru dan terpopuler 2018. Sebelum 2019 berakhir coba dulu teknik marketing ini. 2019 tentunya makin inovatif teknik marketing yang akan muncul. Siap mengaplikasikannya ?