Apa Itu Branding? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Pertumbuhan bisnis Anda sangat bergantung pada strategi branding yang sukses. Studi menunjukkan bahwa branding yang konsisten dapat meningkatkan pendapatan bisnis hingga 33%. Dari sini berarti telah membuktikan bahwa branding yang dibangun secara kuat dapat secara langsung mempengaruhi laba bisnis Anda.

Namun sebelum Anda dapat membuat strategi branding yang solid, Anda perlu mengetahui apa itu branding. Anda harus memahami mengapa branding itu penting, dan bagaimana memanfaatkannya untuk membawa bisnis Anda ke target yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Meski banyak orang saat ini sudah mendengar istilah branding karena juga amat sangat lekat dengan image di mata umum seperti di media sosial, tapi ternyata tidak semua mengenal apa itu branding sebenarnya. Mari kenali tentang branding jika Anda ingin memulainya untuk bisnis atau perusahaan Anda.

 

Mengenal Apa Itu Pengertian Branding

Pencitraan atau branding mengacu pada tindakan yang diambil untuk mempengaruhi persepsi orang tentang produk atau layanan Anda sehingga mereka akan memilih membeli dan menggunakan merek Anda. Pada dasarnya ini adalah cara agar produk atau layanan Anda untuk menarik pelanggan Anda.

Walau mungkin branding tampak seperti ide yang sederhana untuk dipahami, branding ternyata adalah topik yang selalu sulit dipahami dan diperdebatkan. Bahkan untuk mendefinisikan branding itu secara satu arah ternyata tidak cukup karena branding lebih bersifat emosional, subjektif, dan bukan sesuatu yang bisa diukur atau dikuantifikasi.

 

Baca Juga   :     Unique Selling Proposition (USP), Kenali Pengertian Serta Manfaatnya

 

Mengapa Tujuan Branding Sangat Penting Bagi Bisnis

Apa Itu Branding? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya
 

Dalam penggunaan bisnis dan perusahaan, branding Anda adalah dasar dari segala sesuatu yang terkait dengan bisnis atau produk Anda. ini termasuk bagaimana awal mula kisah dari brand Anda hingga bagaimana cara Anda selaku brand dalam berkomunikasi dengan klien.

Karena itu, branding adalah inti dari bisnis Anda, kehidupan dan jiwa dari segala sesuatu yang diwakili oleh bisnis Anda. Anda harus menganggap serius branding sejak Anda memulai bisnis Anda karena ini akan sangat mempunyai peranan vital dalam keberhasilan dan kegagalan yang dialami bisnis Anda nantinya. Dibawah ini peranan penting dari sebuah branding.

  • Mengukuhkan bisnis Anda

    Identitas merek yang tepat berpotensi membantu Anda menjadi mapan dalam industri Anda. Ini juga dapat membantu Anda bersaing dengan pesaing yang menawarkan layanan serupa karena brand Anda mendapat lebih banyak perhatian dari target pasar yang juga dikejar pesaing tadi.

  • Membangkan brand awareness yang baik

    Disini yang dimaksud dengan brand awareness adalah mengacu secara khusus pada cara bisnis Anda dirasakan, baik di posisi pasar maupun di benak konsumen. Idealnya, Anda ingin pelanggan memiliki kesan positif terhadap merek Anda dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan. Kesadaran merek yang kuat adalah salah satu motivator utama untuk mendorong audiens target Anda untuk memilih merek Anda meski ada opsi yang lebih murah atau alternatif lain tersedia sekalipun.

  • Membangun pengenalan akan brand

    Komponen kunci dari kesadaran akan brand adalah ketika brand awareness yang menempel lebih kuat pada benak pembeli akan produk dan layanan Anda. Inilah yang disebut dengan brand recognition atau ingatan akan merek. Semua ini menjadi mungkin karena bantu oleh aset penting dalam melakukan branding visual seperti warna, logo maupun slogan yang unik.

  • Meningkatkan nilai bisnis Anda

    Baik Anda pemilik usaha kecil atau perusahaan mapan, branding memainkan peran penting dalam memvalidasi nilai finansial Anda dan membangun ekuitas merek Anda. Pertumbuhan perusahaan Anda dapat bergantung pada branding yang sukses saat menarik pelanggan baru, menghasilkan bisnis, atau menembus pasar baru.

 

Baca Juga   :     Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022

 

Manfaat Menggunakan Branding yang Sesuai

Seperti yang diketahui kalau branding adalah proses kompleks yang membutuhkan perencanaan yang matang dan pendekatan yang diperhitungkan. Idealnya, Anda harus memiliki strategi branding Anda sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda untuk menghindari masalah. Branding yang kuat mudah dikaitkan dan mengacu pada nilai-nilai yang beresonansi baik dengan audiens target dari bisnis Anda. Beberapa manfaat dalam membuat branding adalah :

  • Branding membantu menciptakan identitas yang mudah diingat

    Ketika pembeli melihat aset visual apa pun dari merek Anda baik dari pos media sosial, kemasan produk, email atau iklan , mereka akan langsung merasakan sesuatu dari branding Anda. Idealnya, perasaan mereka itu harus positif dan mudah diingat walau memang pemahaman bisa diterima berbeda- beda oleh tiap orang.
    Anda hanya mempunyai waktu terbatas untuk menarik perhatian pelanggan, karena itu buatlah upaya branding Anda agar melekat dalam ingatan pelanggan dengan cepat.
    Persepsi, ide, dan perasaan pembeli tentang merek Anda dimulai dari kesadaran, dan berkembang menjadi preferensi dan akhirnya loyalitas. Tapi perhatikan, ini bisa terjadi jika sepanjang persepsi mereka tentang identitas merek Anda positif dan mudah diingat.

  • Branding mendukung strategi pemasaran Anda dan mendorong penjualan

    Branding yang kuat adalah dasar dari strategi pemasaran Anda, baik secara visual maupun dengan penceritaan. Bagian pentingnya termasuk memandu ide, produksi, promosi, dan distribusi semua konten dan materi pemasaran Anda.
    Ketika pemasaran Anda didukung oleh branding yang kuat dan konsisten, pemasaran Anda lebih beresonansi dengan audiens target Anda dan memberikan hasil yang lebih baik dalam bentuk keterlibatan, penjualan, pendaftaran, pelanggan, dan loyalitas.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Rebranding : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Eksekusinya

 

Elemen Penting dalam Membangun Branding

Apa Itu Branding? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya
 

 

Dikarenakan branding adalah proses yang strategis dan kritis, tetapi juga membutuhkan kreativitas dan konsistensi di semua batu uji merek. Karena ada banyak elemen branding yang perlu dipertimbangkan, adalah bijaksana untuk membuat panduan gaya brand yang kuat dan kohesif yang berfungsi sebagai manual, atau katalog untuk menyertai elemen visual dan non-visual. Mari kita lihat elemen branding yang paling penting dalam konteks pemasaran modern abad ini :

  • Dari dulu, logo Anda adalah bagian penting dari merek Anda karena merupakan representasi visual dari perusahaan Anda. Logo biasanya mencakup skema warna, bentuk, atau gambar tertentu. Dalam beberapa kasus, logo bisa menjadi nama perusahaan Anda dengan font dan warna yang mencerminkan budaya perusahaan Anda.

  • Slogan

    Slogan adalah pesan singkat dan jelas yang menunjukkan nilai-nilai perusahaan Anda. ini dikarenakan slogan Anda harus membantu membangun hubungan emosional dengan perusahaan Anda. Anda dapat memiliki lebih dari satu slogan jika Anda menawarkan berbagai layanan yang berbeda.

  • Situs web

    Di zaman modern yang serba digital ini, memiliki kehadiran online profesional adalah aset branding yang penting dan bagian penting dari strategi pemasaran digital Anda. Terlepas dari ukuran industri dan perusahaan Anda atau jika Anda memiliki bisnis e-commerce maupun toko fisik, situs web menjadi bagian penting yang tidak bisa ditawar dari bisnis modern sekarang.

 

Baca Juga  :      Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebuah brand yang unik dapat memiliki dampak besar pada keuntungan Anda karena akan memberi Anda keunggulan kompetitif atas pesaing Anda dan membantu Anda memperoleh dan mempertahankan pelanggan dengan biaya yang jauh lebih rendah. Jika Anda ingin membangun branding, maka bangun deng hati- hati dan terperinci melalui cerita, hubungan, pesan pemasaran, dan aset visual, Anda memiliki kesempatan untuk membentuk harapan pelanggan Anda dan menciptakan ikatan unik yang melampaui hubungan jual-beli saja.

Branding yang baik bersifat strategis, sedangkan pemasaran bersifat taktis. Ketika Anda menetapkan tujuan yang lebih tinggi dan dengan jelas mendefinisikan janji dari branding Anda, Anda dapat mulai menyusun rencana pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan target Anda.

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :

popup image