5 Cara Belajar yang Efektif Bagi Siswa Agar Mudah Menyerap

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Setiap siswa mempunyai cara belajar yang berbeda- beda. Maka menemukan cara terbaik untuk belajar adalah proses yang berkelanjutan karena hal ini bukan sesuatu yang bisa dikebut sebelum ujian. Siswa harusnya terus meningkatkan keterampilan belajar mereka untuk lebih memahami cara apa yang sesuai apa yang tidak.

Mempelajari cara belajar yang lebih baik membantu menghindari kepanikan dan frustasi saat ujian besar berikutnya datang. Bagaimanapun, pelajar lebih mungkin untuk melakukannya dengan baik dan tidak terlalu stres sebelum ujian ketika mereka memiliki waktu untuk meninjau dan mempraktekkan materi dengan benar.

Menguasai kebiasaan belajar yang efektif tidak hanya memudahkan untuk belajar tetapi juga akan membantu pelajar dan siswa mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah menengah dan pasca sekolah menengah.

 

5 Cara dan Metode Belajar yang Efektif

5 Cara Belajar yang Efektif Bagi Siswa Agar Mudah Menyerap
 

Belajar sangat penting jika Anda ingin berprestasi baik di sekolah dan lulus ujian penting. Meskipun semua pelajar dan siswa telah menyadari pentingnya belajar, terkadang sulit untuk mempraktikkan metode belajar yang efektif. Berikut ini beberapa cara dan metode yang bisa Anda coba untuk belajar yang lebih efektif.

 

Cara Belajar dengan Metode SQ3R

Metode SQ3R adalah teknik pemahaman bacaan yang membantu siswa mengidentifikasi fakta-fakta penting dan menyimpan informasi dalam buku teks mereka. SQ3R (atau SQRRR) adalah singkatan dari lima langkah proses pemahaman membaca. Cobalah langkah-langkah berikut untuk sesi belajar yang lebih efisien dan efektif :

  • Survei

    Daripada membaca keseluruhan buku, mulailah dengan membaca sekilas bab pertama dan mencatat setiap judul, subjudul, gambar, atau fitur menonjol lainnya seperti bagan.

  • Pertanyaan (question)

    Rumuskan pertanyaan seputar isi bab seperti: Bab ini tentang apa? Apa yang sudah saya ketahui tentang subjek ini?

  • Baca (read)

    Mulailah membaca bab lengkap dan cari jawaban atas pertanyaan yang Anda rumuskan.

  • Recite

    Setelah membaca suatu bagian, ringkaslah dengan kata-kata Anda sendiri apa yang baru saja Anda baca. Cobalah mengingat dan mengidentifikasi poin-poin utama dan menjawab pertanyaan apa pun dari langkah kedua.

  • Tinjauan (review)

    Setelah Anda menyelesaikan bab ini, penting untuk meninjau materi untuk memahaminya sepenuhnya. Kuis sendiri pada pertanyaan yang Anda buat dan baca kembali setiap bagian yang Anda butuhkan

 

Baca Juga  :      Mengenal Akun belajar(dot)id Kemendikbud Untuk Belajar dan Mengajar: Kegunaan dan Cara Buatnya

 

Cara Belajar dengan Metode PQ4R

Metode ini mengambil pendekatan pembelajaran aktif yang meningkatkan hafalan dan pemahaman topik. Mirip dengan metode SQ3R, PQ4R adalah singkatan dari enam langkah dalam proses.

  • Pratinjau (preview)

    Pratinjau semua informasi sebelum Anda mulai membaca untuk mendapatkan gagasan tentang subjek. Telusuri materi dan baca hanya tajuk, subjudul, dan teks yang disorot.

  • Pertanyaan (question)

    Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri yang berkaitan dengan topik pembelajaran seperti: Apa yang saya harapkan untuk dipelajari? Apa yang sudah saya ketahui tentang topik ini?

  • Baca (read)

    Baca informasi satu bagian pada satu waktu dan cobalah untuk mengidentifikasi jawaban atas pertanyaan Anda.

  • Renungkan (reflect)

    Apakah Anda menjawab semua pertanyaan Anda? Jika tidak, kembalilah dan lihat apakah Anda dapat menemukan jawabannya.

  • Ucapkan (recite)

    Dengan kata-kata Anda sendiri, ucapkan atau tuliskan ringkasan informasi yang baru saja Anda baca.

  • Review

    Kemudian lihat materi sekali lagi dan jawab pertanyaan yang belum terjawab.

 

Cara Belajar dengan Teknik Feynman

Teknik Feynman adalah metode yang efisien untuk mempelajari suatu konsep dengan cepat dengan menjelaskannya secara lugas dan sederhana. Ini didasarkan pada gagasan : jika Anda ingin memahami sesuatu dengan baik, cobalah untuk menjelaskannya secara sederhana. Artinya, dengan mencoba menjelaskan suatu konsep dengan kata-kata Anda sendiri, kemungkinan besar Anda akan lebih cepat memahaminya. Adapun cara teknik ini bekerja dengan :

  • Tulis subjek/konsep yang sedang Anda pelajari di bagian atas selembar kertas.
  • Kemudian, jelaskan dengan kata-kata Anda sendiri seolah-olah Anda sedang mengajar orang lain.
  • Tinjau apa yang Anda tulis dan identifikasi area di mana Anda salah. Setelah Anda mengidentifikasinya, kembalilah ke catatan atau bahan bacaan Anda dan temukan jawaban yang benar.
  • Terakhir, jika ada area dalam tulisan Anda di mana Anda menggunakan istilah teknis atau bahasa yang rumit, kembali dan tulis ulang bagian ini dalam istilah yang lebih sederhana untuk seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang Anda miliki.

 

Baca Juga  :     Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya

 

Cara Belajar dengan Sistem Leitner

Sistem Leitner adalah teknik pembelajaran berdasarkan kartu flash. Idealnya, Anda menyimpan kartu Anda di beberapa kotak berbeda untuk dilacak saat Anda perlu mempelajari setiap set. Setiap kartu dimulai di Kotak 1. Jika Anda mendapatkan kartu yang benar, Anda memindahkannya ke kotak berikutnya.

Jika Anda mendapatkan kartu yang salah, Anda dapat memindahkannya ke bawah kotak atau menyimpannya di Kotak 1. Lalu setiap kotak menentukan seberapa banyak Anda akan mempelajari setiap set kartu, mirip dengan jadwal berikut :

  • Setiap hari : Kotak 1
  • Setiap dua hari : Kotak 2
  • Setiap empat hari : Kotak 3
  • Setiap sembilan hari : Kotak 4
  • Setiap 14 hari : Kotak 5

 

Cara Belajar dengan Sistem Mind Mapping (pemetaan pikiran)

Jika Anda seorang pembelajar visual, cobalah teknik belajar pemetaan pikiran. Mind mapping sendiri merupakan sebuah teknik yang memungkinkan Anda untuk mengatur informasi secara visual dalam sebuah diagram. Caranya adalah Anda menulis sebuah kata di tengah halaman kosong.

Dari sana, Anda kemudian dapat menulis ide-ide utama dan kata kunci dan menghubungkannya langsung ke konsep sentral serta ide-ide terkait lainnya akan terus berkembang. Struktur peta pikiran terkait dengan bagaimana otak kita menyimpan dan mengambil informasi. Memetakan catatan Anda alih-alih hanya menuliskannya dapat meningkatkan pemahaman bacaan Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk melihat gambaran besar dengan mengkomunikasikan hierarki dan hubungan antara konsep dan ide.

 

Baca Juga  :    Jurusan Multimedia : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Tips dan Trik Meningkatkan Pembelajaran yang Kondusif

5 Cara Belajar yang Efektif Bagi Siswa Agar Mudah Menyerap
 

 

Apakah metode belajar Anda saat ini membaca buku teks berulang kali tapi tidak ada satupun yang Anda ingat? Jika demikian, apakah Anda merasa stres karena Anda tidak dapat mengingat begitu banyak informasi dalam waktu sesingkat mungkin? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat suasana pembelajaran Anda menjadi lebih kondusif.

  • Selalu beristirahat dan tidur malam yang cukup
  • Ubah lingkungan belajar Anda jika kondisi saat ini tidak mendukung
  • Jika Anda sudah mempunyai lingkungan belajar yang telah sesuai, maka terus pertahankan.
  • Dengarkan musik yang menenangkan
  • Hindari gangguan dan distraksi yang tidak penting
  • Hanya mengkonsumsi makanan yang sehat

 

Baca Juga  :     Mind Mapping : Jenis Metode dan Manfaatnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap siswa dan pelajar mempunyai cara belajar yang berbeda- beda dimana diperlukan teknik yang bisa berbeda pula. Mengetahui cara belajar secara efektif adalah keterampilan yang akan bermanfaat bagi Anda seumur hidup.

Mengembangkan keterampilan belajar yang efektif membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Jika Anda mengikuti kiat-kiat ini, Anda akan segera menemukan jenis belajar mana yang paling cocok untuk Anda sehingga Anda berpeluang untuk dapat menyelesaikan ujian berikutnya dengan baik.

 

 

 

Related Post :

popup image