Cara Berhemat dengan Cermat yang Tepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Berbelanja merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan dan menjadi alternative menenangkan pikiran disela-sela rutinitas keseharian kita. Tapi, apakah kalian menyadari dengan perilaku konsumtif yang berlebihan juga akan menguras isi kantong kita, bahkan budget untuk membeli kebutuhan yang primer juga bisa terbengkalai sangking asiknya belanja kebutuhan yang mungkin dirasa kurang perlu saat sampai di rumah.

Maka dari itu, kami punya tips untuk menghemat pengeluaran dengan cermat dan tepat untuk kalian semua.

1) Aturan 10 detik

Tidak semua orang menerapkan aturan ini, dimana 10 detik pertama tanyakan pada diri kalian tentang seberapa butuhnya barang yang akan kalian beli itu? Banyak dari kita yang kurang menyadari betapa pentingnya menanyakan pada diri sendiri akan perilaku konsumtif kita agar tidak menyesatkan.

2) Bandingkan

Sebelum melakukan penbelian barang, ada baiknya kalian mulai belajar pula membandingkan antara barang yang satu dengan yang lain di toko berbeda. Tidak menutup kemungkinan kalian akan mendapatkan barang dengan kualitas yang sama tapi tetap harga yang jauh lebih murah. Maka kalian tidak ingin kan uang yang sudah terhambur akan kalian sesali begitu saja?

3) Hanya membawa uang cash

Tanpa kita sadari dengan membawa uang cash akan membantu kita berhemat dengan tepat. Ini dikarenakan dengan sifat manusia yang memilih untuk instant tanpa harus repot membawa banyak uang kertas maupun logam akan merangsang pikiran kalian bahwa uang didalam kartu debit/kredit yang kalian miliki masih memiliki banyak saldo. Pemikiran ini salah jika kalian masih menerapkan hal tersebut namun ingin berhemat, karena dengan uang cash kita bisa mengira bahwa barang yang akan kita beli tidak boleh melebihi kapasitas.

4) Bungkus kartu kredit dengan kertas

Membungkus memiliki artian banyak diantaranya menutup mata kita untuk tidak khilaf saat melihat kartu kredit yang ada didompet dana tau bisa diartikan dengan bungkusan kertas tersebut berisi tentang catatan barang apa saja yang perlu dibeli saat belanja. Ini akan melatih kita untuk tidak seenaknya membeli barang dan tetap mengontrol pengeluaran dengan aman.

5) Belanja sendiri

Mungkin banyak diantara kita yang sering berbelanja dengan teman maupun keluarga, apalagi dengan membawa anak kecil. Perlu dipahami bahwa denagan belanja sendiri bukan berarti kalian anti social tetapi dengan begini pengeluaran pada saat belanja tidak semakin melebar dengan tergiur untuk membeli barang yang sama dengan partner belanja kita.

Related Post :

popup image