Cara Cek DA/PA dan Tips Meningkatkannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Ada ratusan trik dan kriteria yang digunakan Google untuk menentukan peringkat mesin pencari dari sebuah situs web. Salah satu yang telah menjadi sangat penting selama bertahun-tahun adalah dengan menggunakan otoritas domain dari sebuah situs web. Otoritas domain atau domain authority adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz. Semakin tinggi otoritas domain Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi dan untuk menerima lalu lintas web yang lebih banyak dan lebih baik.

Domain Authority atau yang lebih dikenal DA adalah suatu acuan yang dibuat oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat website atau blog. Page Authority atau PA sendiri adalah penilaian dari mesin pencari tentang seberapa berkualitasnya suatu halaman. Jika DA yang dicek adalah keseluruhan dari suatu domain, maka PA yang dicek hanya halaman dari domain tersebut saja.

Contoh mudahnya DA adalah sebuah hotel dan PA adalah kamarnya. Jadi keduanya merupakan suatu kesatuan, biasanya banyak ditemui skor DA lebih rendah dibandingkan dengan PA pada website. Ini membuat DA dan PA tidak dapat dipisahkan dan akan datang sebagai suatu paket dari sebuah situs web atau blog. Mari simak dan ketahui lebih lanjut mengenai DA dan PA dan cara meningkatkannya lebih optimal lagi.

 

Memahami Pentingnya Otoritas (Authority) dalam Metrik SEO dan Bagaimana Mesin Pencari Menilai Authority

Cara Cek DA/PA dan Tips Meningkatkannya
 

Otoritas atau authority diperlukan untuk mendapatkan kepercayaan dalam banyak hal. Di dunia pemasaran, ketika audiens Anda mempercayai Anda, Anda menjadi sumber daya utama dan membangun hubungan yang bermakna dengan mereka dari waktu ke waktu. Membangun kepercayaan dalam industri Anda jelas memberikan banyak hasil yang luar biasa. Anda akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan prospek, mendapatkan tautan balik berkualitas tinggi dari para profesional industri, dan menyiapkan perusahaan Anda untuk mendorong penjualan.

Algoritma mesin pencari mempertimbangkan banyak faktor saat menentukan tingkat otoritas yang Anda miliki dari situs web atau blog di dunia digital. Dua faktor terbesar yang perlu Anda fokuskan adalah konten dan tautan. Simak penjelasannya berikut ini :

  • Konten

    Konten yang bermutu dan berkualitas adalah yang paling berkuasa, tetapi sebuah konten yang baik adalah konten yang dipublikasikan dan dirancang sedemikian rupa hingga memberinya kredibilitas. Sedangkan, konten yang bagus adalah pemikiran dan inspirasi yang merupakan bagian dari strategi konten bertarget yang dibuat oleh tim Anda untuk sepenuhnya menjawab pertanyaan yang dimiliki oleh persona pembeli Anda.
    Maka dari itu, konten Anda harus relevan untuk kueri penelusuran. Bot mesin pencari menganalisis bahasa, struktur, dan beberapa elemen lain untuk memahami seberapa baik halaman web membahas suatu topik dan seberapa banyak konten dapat bermanfaat bagi pengguna yang mencari jawaban. Halaman akan di indeks, dan kemudian algoritma mulai menilai sinyal eksternal, yang mengarah ke faktor besar berikutnya,

  • Tautan/Link

    Tautan balik atau backlink bertindak sebagai suara kepercayaan dari satu situs ke situs lainnya yang mana konsep ini disebut ekuitas tautan (link equity) atau jus tautan (link juice). Membangun tautan berkualitas tinggi adalah cara Anda memperkuat otoritas di internet. Saat Anda mendapatkan tautan dari situs dengan profil tautan berkualitas tinggi, Anda meningkatkan potensi peringkat Anda.
    Inilah sebabnya mengapa Anda tidak bisa hanya membuat konten dan hanya berharap orang lain akan menautkan ke Anda. Tentu, pembaca Anda mungkin membagikan konten Anda, dan Anda akan menghasilkan berita yang bagus dari mulut ke mulut dengan konten yang luar biasa. Tetapi Anda juga perlu membuat proses pembuatan tautan proaktif untuk benar-benar mulai melihat hasil dan meningkatkan metrik SEO khusus otoritas Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Mengenal Apa Itu Domain Authority (DA) dan Cara Menilainya

Domain Authority (DA) adalah metrik yang Moz buat alat untuk membantu meningkatkan SEO, dikembangkan untuk memprediksi seberapa baik peringkat situs web di search engine results pages (SERP). Skor DA berkisar dari 0 hingga 100 dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemungkinan yang lebih besar untuk peringkat tinggi di SERP, yang mana skor rendah menunjukkan bahwa halaman Anda mungkin tidak muncul tinggi di SERP.

Karena ini adalah ukuran prediktif, ini paling baik digunakan sebagai peringkat komparatif daripada peringkat absolut. Mengingat Anda ingin memiliki DA yang lebih tinggi daripada pesaing Anda, tetapi Anda tidak perlu menjadikannya tujuan Anda untuk mendapatkan 100 DA yang sempurna. Selama skor Anda lebih tinggi dari pesaing Anda, Anda dapat cukup yakin bahwa konten Anda akan mencapai tujuannya.

Adapun cara menilai DA dinilai dari 0 hingga 100 menggunakan skala logaritmik yang berarti Anda akan memiliki waktu yang lebih mudah secara eksponensial untuk meningkatkan DA Anda dari 0 hingga 10 daripada Anda akan meningkatkannya dari 90 menjadi 100. Semua situs web baru dimulai dengan DA yang mempunyai 1 nilai dan bisa tumbuh dari sana. Pada dasarnya, Moz menggunakan model pembelajaran mesin untuk membandingkan data tautan domain dengan SERP dunia nyata untuk menentukan peringkatnya. Sementara DA mengambil pendekatan yang cukup holistik, itu menekankan tautan.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Website di Blogger dan WordPress dengan Mudah

 

Mengenal Apa Itu Page Authority (PA) dan Cara Menilainya

Page Authority (PA) adalah metrik yang juga dikembangkan Moz untuk memperkirakan seberapa baik peringkat halaman individual di SERP. Ini pada dasarnya sama dengan Domain Authority, kecuali PA melihat halaman tertentu, bukan seluruh domain. Sama seperti DA, skor PA berkisar dari 0 hingga 100, dengan skor tinggi sesuai dengan probabilitas yang lebih tinggi untuk peringkat tinggi di SERP dan sebaliknya.

Sedangkan PA dinilai menggunakan skala logaritmik, yang berarti lebih sulit untuk meningkatkan skor Anda dari 80 menjadi 90 daripada meningkatkannya dari 1 menjadi 10. Semua halaman dimulai dengan PA bernilaikan 1. Secara teknis, PA berfungsi hampir sama dengan DA, namun, itu tidak memperhitungkan elemen SEO di halaman seperti penggunaan kata kunci. Sebaliknya, PA lebih bergantung pada backlink sehingga perhatikan jika Anda ingin menambahkan tautan balik.

 

Baca Juga  :   Cara Mengatasi ‘Your Connection Is Not Secure’ Pada Browser / Website

 

Cara Cek DA dan PA

Untuk dapat mengukur DA dan PA cukup cukup sederhana yakni Anda dapat menggunakan dan memanfaatkan Moz Link Explorer, MozBar, atau Moz Keyword Explorer. DA juga dibangun ke dalam kampanye Moz dan API Moz selain juga telah terintegrasi sepenuhnya ke dalam Moz yang serba lengkap.

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Domain Murah untuk Kebutuhan Website dan Blog

 

Tips Meningkatkan DA dan PA

Cara Cek DA/PA dan Tips Meningkatkannya
 

Perlu diketahui bahwa DA dan PA adalah metrik yang hampir identik. Namun, skor DA memprediksi seberapa baik peringkat domain secara keseluruhan di SERP, sementara skor PA memprediksi seberapa baik peringkat halaman web tertentu di SERP. Selain itu, DA lebih menekankan pada SEO pada halaman, sedangkan PA tidak memperhitungkan SEO pada halaman, seperti penggunaan kata kunci dan pengoptimalan konten, sama sekali.

Saat digunakan bersama-sama, kedua peringkat ini dapat memberikan banyak informasi berguna tentang SEO domain dan halaman Anda. Berikut tips yang bisa Anda terapkan dalam meningkatkan DA dan PA situs web serta blog Anda :

  • Hapus backlink yang berkualitas rendah

    Terkadang, menghilangkan rintangan lebih penting daripada menciptakan jalur baru yang menuntut banyak usaha. Meskipun memiliki lebih banyak backlink biasanya merupakan hal yang baik, mendapatkan tautan tersebut melalui skema tautan atau situs berkualitas rendah dapat lebih berbahaya daripada membantu situs web Anda.

  • Buat konten berkualitas dan kembangkan link profil

    Membuat konten hebat yang menarik untuk dibaca dan dibagikan orang adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk skor DA dan PA Anda. Ingat, algoritma Google terus berusaha menjadi lebih baik dalam mengantisipasi apa yang ingin dibaca orang yang nyata, hidup, dan bernafas. Jika Anda terlalu fokus pada metrik, Anda akan selalu ketinggalan pembaruan terbaru.
    Alih-alih, fokuslah untuk membuat konten yang solid dan biarkan sisanya mengikuti. Tentu, penting untuk memasukkan kata kunci dan mengoptimalkan SEO di halaman Anda, tetapi berfokus sepenuhnya pada angka adalah tugas yang bodoh. Buat konten yang bagus, dan Anda akan melihat bahwa halaman web secara alami ingin menakutkannya ke situs Anda.

 

Kesimpulan dan Penutup

DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan jika menyangkut situs web maupun blog. Dua hal ini adalah penunjang bagaimana sebuah otoritas bekerja dalam hal ini, secara online. Skor DA dan PA sendiri adalah indikator yang berguna tentang seberapa baik peringkat situs Anda di SERP, tetapi mereka perlu dilihat dalam konteks bisnis dan industri khusus Anda.

Siapa saja yang mempunyai situs web dan blog harus berusaha keras untuk membuat konten yang unik, orisinal, dan menarik yang secara alami menarik pembaca. DA dan PA dapat memberikan wawasan tentang seberapa baik Anda mencapai tujuan ini. Secara keseluruhan, penting untuk diingat bahwa DA dan PA adalah peringkat relatif, jadi buat dan rancang konten Anda dengan seksama serta berkualitas untuk menonjol juga mendapatkan mendapatkan skor yang lebih tinggi dari pesaing Anda.

Related Post :