Cara Cek DA & PA Website / Blog (Tools) dan Cara Meningkatkannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Jika Anda sering berkutat dengan SEO tentu sudah tidak asing dengan istilah domain authority, istilah yang disingkat dengan DA ini merupakan acuan sebuah ukuran yang menunjukkan tingkat kepercayaan pada sebuah situs. Ukuran ini tidak mutlak jalan ditempat, Anda bisa meningkatkannya dengan pengaturan yang ada.

Sedangkan istilah yang disingkat PA adalah page authority, yang merupakan nilai yang digunakan untuk memprediksi kedudukan website di SERP. Sama halnya dengan domain authority yang bisa ditingkatkan dengan beberapa pengaturan yang ada, page authority juga begitu. Anda bisa mencarinya di banyak referensi yang tersedia di internet.

Kedua istilah itu bisa Anda temui saat melakukan analisis pada SERP di sebuah website, atau ketika melakukan pengetikan riset keyword. Untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa dan bagaimana menggunakan serta meningkatkannya, ada baiknya Anda simak ulasan berikut agar memahami secara jelas bagaimana mengeceknya.

 

Mengenal Apa Itu Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority atau bisa juga disebut dengan DA merupakan acuan yang digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan peringkat atau ranking dari website yang Anda miliki. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa mesin pencari yang saat ini sangat banyak digunakan adalah Google.

Namun Google ini juga mempunyai beberapa kriteria dalam memberikan peringkat terhadap suatu website. Misalnya seperti usia domain tersebut. Semakin lama usia domain itu maka akan semakin baik juga kualitas domain tersebut. Yang selanjutnya adalah dilihat dari popularitas domain tersebut. Popularitas ini dilihat dari seberapa banyak backlink yang masuk ke domain tersebut.

Atau bisa juga link yang didapatkan dari Anda berkomentar di blog orang lain, sehingga hal ini akan dilihat domain yang aktif oleh Google. Dan yang terakhir adalah dilihat dari ukuran domain itu, ukuran domain ini dimaksudkan seberapa banyak konten yang ada di dalam website yang menggunakan domain tersebut.

Semakin banyak jumlah postingan yang ada di dalam domain tersebut maka akan semakin baik pula Domain Authority nya. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa Domain Authority ini merupakan salah satu faktor dari banyaknya faktor yang dinilai untuk menentukan peringkat website di mesin pencari salah satunya Google.

 

Baca Juga  :    Bagaimana Menerapkan Lingking Pada SEO

 

Cara Cek DA dan PA Website atau Blog

Cara Cek DA & PA Website / Blog (Tools) dan Cara Meningkatkannya
 

Untuk mengetahui skor yang dimiliki oleh DA dan PA tidaklah sulit, berikut tata caranya.

  • Untuk melakukan pengecekan skor Domain Authority dan Page Authority Anda bisa menggunakan tools Moz.
  • Setelah tiba di halaman dari Moz nya, Anda diharuskan untuk memasukkan alamat website atau blog yang ingin di cek pada kolom analisis, lalu klik button analyze.
  • Setelahnya akan tampil kolom overview yang berisi skor dari domain authority, linking domains, inbound link, serta ranking keywords.
  • Jika ingin melanjutkan dan melihat skor dari page authority, Anda bisa mengklik compare link profiles yang terletak di menu sidebar sebelah kiri.
  • Klik exact page untuk dapatkan skor dari domain authority dan page authority sekaligus.

 

Hal-Hal yang Menentukan Tinggi Rendahnya Skor DA

Ada beberapa hal yang mempengaruhi skor dari domain authority dari suatu website ataupun blog, berikut ulasannya.

 

  1. Usia Domain

    Ternyata semakin lama usia sebuah domain maka peringkat dari domain authoritynya akan semakin bertambah, tentu saja harus dengan blog atau website yang aktif memposting konten yang berkualitas. Karena website yang konsisten tentu akan di cap aktif oleh Google sehingga mudah untuk meraih peringkat dalam mesin pencari.

  2. Popularitas Domain

    Untuk mengukur hal ini bisa dilihat dari link yang masuk dari website yang berkualitas, perlu diingat yang paling penting adalah kualitas dari link tersebut bukan kuantitasnya. Link yang masuk ke website Anda biasanya disebut dengan inbound link atau lebih sering terdengar dengan sebutan backlink, Anda bisa membuat konten yang berkualitas agar banyak website lainnya merekomendasikan website milik Anda.

  3. Ukuran Domain

    Banyaknya konten berkualitas yang Anda posting maka semakin baik pula ukuran dari domain website yang Anda miliki, sehingga Anda perlu memikirkan alokasi dana yang sesuai dengan kebutuhan investasi pada konten yang berkualitas.

 

Baca Juga  :    Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority

 

Cara Meningkatkan Domain Authority

Cara Cek DA & PA Website / Blog (Tools) dan Cara Meningkatkannya
 

Untuk meningkatkan skor domain authority, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya.

 

  1. Membuat Konten yang Berkualitas

    Konten yang berkualitas berasal dari sumber yang baik dan riset yang mendalam, memahami lebih dalam dan menyeluruh topik yang akan Anda bahas tentu semakin membuat Anda memahami topik yang akan disampaikan. Sehingga ketika nanti menuliskannya Anda sudah paham apa yang akan disampaikan, bisa saja ada informasi tambahan yang bisa Anda sampaikan secara mendetail tetapi tidak disampaikan di artikel orang lain.

  2. Strategi Lewat Sosial Media

    Media sosial tidak dipungkiri bahwa memiliki peran untuk meningkatkan skor domain authority bagi situs Anda, Anda bisa memuat alamat situs dan meletakkan di profil media sosial untuk menarik pengunjung. Akan sangat mudah dilakukan mengingat ada banyak pengguna media sosial saling berinteraksi di sana, gunakan juga momen yang tepat untuk Anda yang ingin melakukan promosi lewat media sosial. Misalnya memposting promosi makanan di jam makan siang atau pada jam makan malam, momen yang pas tentu bisa menjadi faktor untuk meningkatkan skor domain Anda.

  3. Mengelola Link

    Sebaiknya Anda membuang link yang berpotensi menjadi spam dan berdampak buruk pada situs web dan blog Anda, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan link halaman lain ke halaman yang Anda buat sekarang agar hubungan antar link bisa lebih kuat untuk kepentingan domain authority Anda.

  4. Melakukan Branding

    Umumnya pengunjung akan mengaitkan situs yang Anda miliki dengan citra yang dibangun, hal ini dilakukan untuk menimbang seperti apa kredibilitas Anda, seberapa terpercaya situs Anda atau seberapa bagusnya situs Anda bagi mereka. Branding yang bagus akan bisa menolong Anda untuk memperluas target pasar dan meningkatkan jumlah share dan rate situs Anda.

  5. Membangun Relasi

    Bagian ini menjadi penting agar Anda dan orang-orang memiliki hubungan yang baik, hal ini tentu memudahkan Anda untuk membagikan dan mempromosikan situs ketimbang pada mereka yang sama sekali tidak Anda kenali. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan alamat situs milik mereka terlebih dahulu untuk membangun relasi, ketika relasi sudah terjalin Anda diharuskan untuk menjaganya dengan baik.

  6. Tingkatkan On Page SEO

    Untuk meningkatkan On Page SEO bisa dengan menggunakan URL yang lebih singkat, mengaitkan keyword pada URL, menggunakan LSI Keyword, membuat konten yang panjang, menggunakan heading tag, mengoptimalkan title tag untuk click through rate, menggunakan external link, menggunakan internal link, memaksimalkan kecepatan loading, memakai aneka konten multimedia.

 

Baca Juga  :    Tutorial Mengedit DNS Zone Domain (Account Reseller)

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan dalam melakukan pengecekan domain authority dan page authority, Anda bisa melakukan pengecekan keduanya sekaligus atau hanya salah satunya. Tinggi rendahnya skor dari page authority dan domain authority ditentukan oleh kualitas dari website Anda, website yang berkualitas tentu memiliki kriteria dengan konten yang berkualitas, aktif publish konten, dan sebagainya.

Namun Anda tentu tidak bisa mendapatkan ranking pencarian yang baik, backlink yang baik, skor tinggi pada domain authority dan page authority jika jarang menggunakan website Anda dan mempublish konten berkualitas di dalamnya. Karena Google akan kesulitan untuk menentukan peringkat jika data Anda jarang terlihat dalam pencarian Google.

Related Post :