Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat atau ranking website di mesin pencari yang dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini akan menentukan bagaimana peringkat situs web di mesin pencari. Banyak orang bertanya-tanya bagaimana peringkat mesin pencari utama situs web untuk menentukan situs web mana yang terbaik untuk pencarian kata kunci.

Umumnya ini adalah sesuatu yang membingungkan bagi orang-orang yang baru memulai pemasaran online. Jawaban tentang cara meningkatkan peringkat situs web melalui metode search engine optimization (SEO) tidak selalu pasti dan bahkan bisa berubah. Tetapi ada beberapa faktor yang diketahui telah diketahui secara signifikan mempengaruhi peringkat situs web.

Di antara faktor paling signifikan yang meningkatkan pengoptimalan mesin telusur dan mempengaruhi peringkat situs web di mesin telusur utama untuk menyertakan konten situs web, arsitektur situs web, dan popularitas tautan situs web. Bahkan ketika inovasi mesin pencari terus maju, cara-cara ini tetap menjadi faktor kunci untuk optimasi mesin pencari dan penentuan situs web yang paling cocok untuk pencarian kata kunci. Mari simak penjelasannya singkatnya berikut ini.

 

Memahami Apa Itu Peringkat atau Ranking Website dan Kepentingannya

Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat
 

Peringkat mesin pencari dari sebuah situs web, atau URL, mengacu pada tempatnya di halaman hasil mesin pencari. Halaman web yang berperingkat baik akan muncul di bagian atas sebagai salah satu dari beberapa hasil pertama di halaman pertama. Halaman web yang relevan yang tidak memiliki peringkat juga dapat muncul di bagian bawah halaman pertama, atau di salah satu halaman hasil pencarian berikutnya.

Peringkat yang lebih tinggi sesuai dengan angka yang lebih rendah di halaman hasil. Misalnya, konten dengan peringkat tertinggi akan muncul di tempat nomor satu, sementara halaman dengan peringkat lebih rendah mungkin muncul di tempat nomor sembilan. Sebagian besar halaman hasil pencarian menyoroti sepuluh URL, selain iklan dan fitur lain yang tercantum di halaman. Ini adalah tujuan umum sebagian besar pemasar untuk menempatkan konten mereka di halaman pertama hasil mesin pencari.

Sedangkan peringkat situs web penting karena situs web dengan peringkat lebih tinggi mendapatkan lebih banyak pengunjung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, 67 persen dari semua klik masuk ke lima hasil teratas di peringkat mesin pencari. Selain itu, 95 persen pencari hanya mempertimbangkan opsi di halaman pertama karena pencari tidak akan melihat halaman berikutnya. Situs web yang muncul di bagian atas halaman pertama, atau di lima hasil pertama, akan mendapatkan pengunjung paling banyak. Lebih banyak pengunjung berarti penjualan yang lebih tinggi dan lebih banyak kesuksesan. Situs yang muncul lebih jauh dalam daftar akan mendapatkan lebih sedikit kunjungan, lalu situs yang muncul di halaman berikutnya tidak akan mendapatkan apa-apa.

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google Rank Checker

Google Rank Checker adalah alat yang menunjukkan dengan kata kunci mana peringkat situs web tertentu di Google SERP dan pada posisi apa. Pemeriksa ini tidak hanya memberikan URL, posisi, dan volume berdasarkan kata kunci, tetapi juga kode negara, bahasa, biaya per klik, dan tingkat persaingan di Google Adwords. Data kata kunci diperbarui setiap bulan dan bisa digabungkan dengan alat lain.

Backlink checker akan membantu Anda menemukan tautan balik yang dibuat atau diperoleh pesaing Anda ke situs web mereka sendiri dan memahami strategi pembuatan tautan apa yang mereka gunakan. Selain itu Anda dapat menggunakannya untuk mendeteksi backlink baru yang dibangun ke situs web Anda juga. Rank Checker juga membantu mendapatkan data berharga dari situs web Anda dan situs web pesaing. Cari tahu kata kunci mana dan di negara mana yang membawa lalu lintas paling banyak ke pesaing Anda dan tingkatkan strategi SEO Anda sendiri.

Meskipun lebih baik menggunakan Google Search Console untuk analisis peringkat SEO kata kunci oleh situs sendiri. Anda bisa mendapatkan laporan peringkat SEO yang penting bagi website Anda untuk meningkatkan pembuatan tautan atau strategi pemasaran konten Anda. Ketika Anda akan memahami kata kunci mana yang paling menguntungkan untuk bisnis online Anda, mulailah melacaknya dengan pelacak posisi mesin pencari. Ini membantu untuk memantau peningkatan mana dari SEO on-page dan off-page Anda yang memiliki dampak terbesar pada peringkat situs web Anda.

 

Baca Juga  :      Mengenal Sitemap : Cara Membuat dan Pengaruhnya pada SEO

 

Cara Meningkatkan Peringkat Situs Website Anda dengan SEO

Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat
 

Semua pemilik situs web berlomba-lomba untuk berada di page one dan muncul pada pencarian pertama di Google Search. Berikut ini beberapa saran yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) Anda dan lihat bagaimana situs web Anda naik peringkat ke puncak hasil mesin telusur nantinya.

  • Konten berkualitas yang relevan

    Konten berkualitas adalah pendorong nomor satu peringkat mesin pencari Anda dan tidak ada yang mampu menandingi sebuah konten yang dirancang dan ditulis dengan sepenuh hati. Sebuah konten berkualitas yang dibuat khusus untuk pengguna yang Anda tuju meningkatkan lalu lintas situs, yang meningkatkan otoritas dan relevansi situs Anda

  • Perbarui konten secara teratur

    Pengunjung dan pembaca situs web sangat menyukai konten matang yang bagus dan relevan, betiu juga mesin pencari. Konten yang diperbarui secara berkala dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi situs, jadi pastikan untuk tetap segar. Audit konten Anda pada jadwal yang telah ditentukan atau dijadwalkan dan buat pembaruan sesuai kebutuhan.

  • Metadata

    Saat mendesain situs web Anda, setiap halaman berisi spasi di antara taguntuk menyisipkan metadata, atau informasi tentang konten halaman Anda. Jika Anda memiliki situs CMS yang awalnya dibuat oleh tim web UMC, data ini telah terisi sebelumnya secara otomatis untuk Anda. Namun, penting bagi Anda untuk meninjau dan memperbarui metadata karena situs Anda juga berubah seiring waktu.

  • Situs dengan tautan yang tepat

    Fokus pada pembuatan tautan yang relevan di dalam teks. Alih-alih memiliki tautan “klik di sini”, coba tuliskan nama tujuan untuk mengalihkan pembaca. “Klik di sini” tidak memiliki nilai mesin pencari di luar URL terlampir, sedangkan judul dengan muatan keyword kaya dengan kata kunci dan akan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda serta peringkat halaman yang Anda tautkan. Selalu gunakan tautan deskriptif dengan menautkan kata kunci karena cara ini tidak hanya meningkatkan pengoptimalan mesin telusur, tetapi juga menambah nilai bagi pembaca Anda.

  • Gunakan tag alt

    Selalu deskripsikan media visual dan video Anda menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Mereka memungkinkan mesin telusur untuk menemukan halaman Anda, yang sangat penting terutama bagi mereka yang menggunakan browser atau pembaca layar hanya teks.

 

Baca Juga  :     Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

 

Kesimpulan dan Penutup

Popularitas sebuah situs web merupakan indikasi yang baik tentang seberapa relevan sebuah situs web untuk pencarian kata kunci. Sebuah website yang memiliki traffic tinggi menunjukkan bahwa website tersebut berisi informasi yang relevan untuk kata kunci tertentu. Karena itu, popularitas sebuah situs web digunakan oleh mesin pencari sebagai kriteria untuk menentukan relevansi sebuah situs web untuk pencarian kata kunci. Google dan Yahoo adalah contoh dari dua mesin pencari utama yang secara khusus menggunakan kriteria ini untuk menentukan peringkat situs web. Banyak mesin pencari juga menggunakan tautan masuk situs web di situs web lain untuk menentukan popularitas sebuah situs web.

Ketika referensi atau tautan ke situs web dibuat di situs web lain, mesin pencari menganggap ini sebagai “mosi percaya untuk situs web yang dirujuk. Ini menjadi indikasi bahwa tautan yang dirujuk relevan untuk pencarian kata kunci tertentu. Akibatnya, banyak referensi masuk seperti itu ke situs web digunakan sampai tingkat tertentu oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat situs web. Faktor-faktor ini jelas bukan satu-satunya faktor SEO yang menentukan peringkat sebuah situs web, tetapi faktor-faktor ini tentu saja termasuk di antara faktor-faktor terkenal yang secara signifikan mempengaruhi peringkat situs web oleh mesin pencari utama. Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, orang memiliki peluang terbaik untuk mengoptimalkan peringkat situs web mereka.

 

 

 

Related Post :