Cara Cepat Belajar Coding Untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pengkodean atau coding telah meledak dalam beberapa tahun terakhir dengan majunya digitalisasi dan inovasi teknologi. Coding kini berubah dari sesuatu yang digunakan dalam permainan komputer dan perangkat elektronik sesekali, menjadi sesuatu yang membentuk cara kita hidup di dunia modern. Ini berarti bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari cara membuat kode untuk pemula.

Hampir setiap perangkat, barang elektronik, dan mesin modern setidaknya mengandung sedikit kode. Seiring bertambahnya jumlah kasus penggunaan untuk pengkodean, jumlah pekerjaan pengkodean yang tersedia juga akan terus bertambah. Jadi jika Anda ingin mempelajari cara membuat kode, mengambil langkah pertama Anda dalam dunia IT dan coding bisa jadi langkah yang menakutkan atau membingungkan.

Tapi jangan kuatir, siapa saja dengan berbagai macam latar belakang saat ini bisa mempelajari coding. Terlebih lagi ada banyak banyak sumber daya gratis dan murah yang dapat Anda gunakan untuk memberi diri Anda semua bantuan yang Anda butuhkan. Selain juga termasuk mengajari diri Anda sendiri teknik-teknik baru, dan membuat proses pembelajaran ini menyenangkan dan mengasyikkan serta semenyenangkan yang bisa didapat dari pengkodean. Mari simak cara cepat belajar coding bagi pemula berikut ini.

 

Mengenal dan Memahami Apa Itu Coding

Secara sederhana, coding atau pengkodean dapat diibaratkan sebagai penerjemah antara bahasa Inggris atau bahasa manusia yang berbeda dan biner komputer. Pengkodean sendiri melibatkan sintaks dan struktur aktual yang digunakan untuk menulis perintah. Komputer kemudian dapat mengambil perintah tersebut, menerjemahkannya ke dalam biner, dan melakukan apa yang tertulis serta pengkodean juga melibatkan penulisan perintah dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer.

Sejatinya coding yang kadang-kadang disebut pemrograman komputer, adalah cara kita berkomunikasi dengan komputer. Kode memberitahu komputer tindakan apa yang harus diambil, dan menulis kode seperti membuat serangkaian instruksi. Dengan belajar menulis kode, Anda dapat memberitahu komputer apa yang harus dilakukan atau bagaimana berperilaku dengan cara yang jauh lebih cepat. Anda dapat menggunakan keterampilan ini untuk membuat situs web dan aplikasi, memproses data, dan melakukan banyak hal menarik lainnya.

 

Manfaat Belajar Coding

Cara Cepat Belajar Coding Untuk Pemula
 

Mempelajari pengkodean memberdayakan Anda untuk melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak dapat Anda lakukan. Hal-hal ini termasuk membuat situs web Anda sendiri, menjadikan keahlian coding sebagai karir, atau bahkan memulai bisnis teknologi. Inti yang terpenting dari mempelajari coding ini adalah Anda akan dapat memahami teknologi yang membentuk dunia Anda. Berikut adalah beberapa hal bermanfaat dari belajar coding.

 

Membuat situs web Anda sendiri

Sejak World Wide Web atau www diluncurkan tahun 1991 silam, dunia telah mengalami kemajuan yang pesat. Digitalisasi, internet, gaya hidup online, media sosial, situs- situs web telah mengambil alih hidup dunia dan akan terus berkembang. Lalu siapa yang tahu ke mana web akan membawa kita di masa depan dan mungkin saja dalam waktu dekat setiap orang akan memiliki situs web mereka sendiri. Kemungkinan ini membuat situs web adalah hal yang sangat berharga untuk dimiliki saat ini.

Terlebih lagi jika Anda memiliki bisnis, kehadiran web adalah suatu keharusan mengingat cara hidup masyarakat yang lebih memilih berbelanja online. Begitu juga bagi mereka yang masih menggunakan blog pribadi atau situs portofolio untuk menjual keahlian Anda kepada calon pemberi kerja. Tentu saja, kemampuan Anda untuk membuat dan memelihara situs web sangat terbatas kecuali Anda mempelajari kode HTML dan CSS, kode yang digunakan semua situs web.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Memulai Belajar Pemrograman Bagi Pemula

 

Berkarir di bidang IT

Ingat, siapa saja dapat mempelajari coding tanpa harus lagi mendaftar di perguruan tinggi karena saat ini ada banyak kursus online singkat untuk belajar coding. Mulai dari amatir yang tertartik belajar coding, ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari rumah, mahasiswa yang ingin menjual ide dan aplikasi mereka, hingga siapa saja tanpa terkecuali mempunyai peluang belajar dan bekerja yang sama dengan menguasai coding saat ini.

Ini tentunya membuka lebih banyak peluang kerja terutama bagi mereka yang sedang mencari arah karir baru. Pemrogram komputer yang rendah hati sangat mungkin salah satu profesi yang paling berpeluang karena permintaan untuk pembuat kode jauh melebihi pasokan, jadi Anda tidak akan kesulitan mencari pekerjaan. Bahkan, diproyeksikan tumbuh pada tingkat 30% antara 2010 dan 2020 yang dua kali lebih cepat dari kebanyakan pekerjaan lainnya. Oleh karena pasokan pembuat kode di seluruh dunia sangat rendah, bayarannya juga cukup menarik sehingga tidak mengherankan kalau ini menjadi karir impian terbaru.

 

Baca Juga  :     Tips Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah

 

Memulai bisnis independen

Katakanlah Anda punya ide untuk produk perangkat lunak, aplikasi, media sosial atau bisnis web. Tetapi Anda kekurangan uang tunai, dan bisa menyewa tim pembuat kode adalah hal yang mustahil. Mengapa tidak mempelajari kode dan membuat produk sendiri? Ini adalah jalan yang dipilih banyak pengusaha yang serba bisa agar dapat memasarkan produk mereka dengan baik. Bahkan tidak jarang banyak yang memulai bisnis IT mereka dengan hampir tanpa pengetahuan pengkodean dan terus membangun bisnis perangkat lunak kecil mereka sendiri. Adapun beberapa jenis bisnis yang bisa Anda mulai jika memahami coding adalah :

  • Menjual perangkat lunak
  • Menjual aplikasi seluler
  • Perdagangan elektronik
  • Menjual waktu pengkodean Anda

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis

 

Tips Memilih dan Menguasai Bahasa Pemrograman

Cara Cepat Belajar Coding Untuk Pemula
 

Sekarang setelah Anda memahami dunia pemrograman dan manfaatnya, mari kita bahas apa yang sebenarnya perlu Anda pelajari untuk menjadi seorang programmer, yakni bahasa pemrograman. Sama seperti kita menggunakan bahasa manusia yang berbeda untuk berkomunikasi, kita juga menggunakan bahasa pemrograman untuk berkomunikasi dengan komputer.

Bahasa pemrograman adalah seperangkat notasi dan aturan formal yang menghasilkan instruksi dan mengimplementasikan algoritma berdasarkan aturan yang telah ditentukan dari bahasa itu. Komputer kemudian dapat menghasilkan output dari teks tersebut. Ada banyak sekali bahasa pemrograman dan masing-masing memiliki tujuan, gaya, dan spesialisasi yang berbeda. Perhatikan dengan  seksama bahasa apa yang Anda butuhkan dan sesuai dengan tujuan Anda belajar coding. Beberapa bahasa pemrograman yang populer diantaranya adalah :

 

  • Python

    Sebagai salah satu bahasa yang sangat ramah pengguna yang disukai oleh banyak pemula. Phyton mempunyai sintaks yang sederhana dan jelas. Tidak mengherankan kalau begitu banyak pemula yang memulai pelajaran mereka dengan Python.

  • PHP

    Siapa yang tidak mengenal bahasa pemrograman yang adalah bahasa skrip yang menggunakan HTML untuk membuat situs web. Tetapi sayangnya bahasa ini tidak bisa digunakan untuk banyak kegunaan lain.

  • JavaScript

    JavaScript ini adalah bahasa berbasis teks untuk pengembangan web.bahasa pemrograman ini umum diketahui dan dikuasai oleh pengembang web karena bahasa ini adalah dasar untuk semua situs web.

  • Ruby

    Mirip dan hampir sama dengan Python, bahasa ini dikenal ramah pemula. Ruby dirancang agar mudah dibaca, dan dibangun dengan gagasan bahwa pemrograman harus menyenangkan.

  • Swift

    Sedikit berbeda, bahasa ini, yang dikembangkan oleh Apple, sangat bagus untuk aplikasi iOS dan Mac OS. Ini dirancang mirip dengan Python dan Ruby agar sederhana dan mudah dipelajari termasuk untuk pemula sekalipun.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Algoritma Terbaik yang Harus Diketahui Setiap Programmer

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemrograman komputer adalah salah satu karir yang paling dicari saat ini. Faktanya, rekayasa perangkat lunak adalah salah satu karir yang paling diminati di berbagai industri. Mempelajari pemrograman mungkin tampak seperti tugas besar dan merepotkan. Ada banyak hal yang harus dibahas jika Anda memulai dari nol, dan beberapa pelajar menjadi kewalahan karena mereka tidak tahu harus mulai dari mana meski saat ini siapa saja bisa mempelajari coding jika memang tekun.

Semua memiliki harapan, impian, dan rencana untuk masa depan. Baik Anda sedang mencari peluang baru, ingin mengoptimalkan pekerjaan Anda saat ini, atau sekadar mencari hobi baru, coding dapat membantu Anda lebih dekat dengan tujuan dan cita- cita Anda. jangan lupa, sekali lagi siapa pun bisa belajar cara membuat kode meski belajar secara online sekalipun.

Related Post :