Cara Cepat dan Mudah Untuk Monetize Saluran YouTube

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

YouTube adalah platform yang membantu Anda berbagi video online di platform media sosial. Platform yang lebih menekankan pada format video ini bahkan menjadi mesin pencari nomor 2 setelah Google dan dikunjungi jutaan audiens setiap detiknya. Selain audiens, YouTube juga mempunyai saluran atau channel yang terus bermunculan karena adanya monetize yang sangat menggiurkan bagi banyak orang.

Dimiliki oleh Google, tercatat orang-orang di seluruh dunia menghabiskan lebih dari satu miliar jam di video YouTube setiap harinya. Sedangkan video dapat tersebar di seluruh dunia tanpa perlu anggaran yang besar terlebih lagi pemilik saluran YouTube biasanya video yang diunggah di YouTuber lebih menekankan pada bagian dan cerita kehidupan dari sang content creator.

Meski membuka saluran YouTube cukup mudah, namun ternyata untuk melakukan monetisasi ternyata cukup menyita waktu. Ini dikarenakan oleh kebijakan monetisasi YouTube berubah dari waktu ke waktu dan itu bisa membingungkan. Dilengkapi dengan pengetahuan langsung dari komunitas pembuat konten YouTube yang luar biasa, Anda akan siap untuk mengembangkan saluran Anda dalam waktu singkat. Namun mari memahami beberapa dasar monetisasi YouTube berikut ini.

 

Memahami Cara Kerja dan Persyaratan Monetize Saluran YouTube

Cara Cepat dan Mudah Untuk Monetize Saluran YouTube
 

 

Perlu diketahui bahwa YouTube memperkenalkan beberapa standar baru untuk monetisasi yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk monetisasi saluran Anda meskipun itu bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Untuk menyiapkan saluran untuk monetisasi, Anda harus bergabung dengan program mitra YouTube atau YouTube Partner Program dan memenuhi persyaratan diberikan agar bisa melakukan monetisasi.

Setelah Anda memenuhi persyaratan tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan monetisasi pada video Anda untuk mulai mendapatkan pendapatan Adsense. Pada akhirnya, monetisasi YouTube didasarkan sepenuhnya pada jumlah orang yang melihat video Anda. Orang-orang yang menghasilkan uang paling banyak adalah orang-orang dengan jumlah penonton terbanyak. Agar memenuhi syarat untuk monetisasi, saluran Anda harus memiliki setidaknya 4.000 jam waktu tontonan publik dalam setahun terakhir dan setidaknya 1.000 pelanggan.

Kebijakan ini mulai berlaku pada awal 2018 dan merupakan cara lain bagi YouTube untuk memprioritaskan waktu tonton yang berlawanan dengan jumlah penayangan, yang menjadi fokus platform ini sebelumnya. Karena YouTube pada akhirnya ingin mempertahankan pengguna di platform selama mungkin, waktu tonton menjadi semakin berharga bagi pembuat konten. Meski persyaratan ini terlihat susah dicapai, tetapi berdasarkan banyak pemilik saluran YouTube, persyaratan yang diberikan termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda telah menerapkan strategi SEO yang efektif maka subscriber dan penonton Anda yang tertarget pun akan dapat menemukan Anda dengan mudah.

 

Baca Juga  :    Cara Efektif, Mudah dan Cepat Riset Keyword YouTube

 

Cara Cepat dan Mudah Untuk Monetize Saluran YouTube

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari YouTube yakni melalui YouTube Partner Program, memanfaatkan AdSense, menjual keanggotaan atau membership, dan lain- lain. Berikut beberapa opsi monetisasi yang bisa Anda coba untuk saluran YouTube Anda.

 

YouTube Partner Program

Beruntungnya, YouTube menawarkan beberapa cara bagi mitra untuk menghasilkan uang secara langsung dari platformnya. Langkah pertama untuk menghasilkan uang dari YouTube adalah mendaftar ke Program Mitra YouTube/YouTube Partner Program (YPP). Anggota yang tergabung dalam program ini akan mendapatkan bagi hasil dari iklan, serta sumber daya mitra dari YouTube. Untuk melakukan monetisasi pada saluran YouTube Anda, Anda harus fokus pada penayangan, pelanggan, dan pedoman konten dan ikuti persyaratan berikut :

  • Mengikuti dan mematuhi kebijakan monetisasi YouTube.
  • Tinggal di wilayah atau negara tempat program tersedia.
  • Miliki lebih dari 4.000 jam tonton di saluran Anda dalam 12 bulan terakhir.
  • Memiliki 1.000+ subscriber.
  • Memiliki akun AdSense.

 

Setelah diterima dalam program ini, maka YouTube akan memungkinkan para mitranya untuk dapat memperoleh pendapatan dengan berbagai cara seperti :

  • Pendapatan iklan yang memungkinkan pembuat konten memperoleh pendapatan iklan dari iklan display, overlay, dan video.
  • Berlangganan channel dimana pemilik channel dapat memperoleh pembayaran bulanan berulang sebagai imbalan atas keuntungan khusus.
  • Galeri merchandise yang memungkinkan penonton untuk membeli merchandise bermerek resmi dari pemilik channel.
  • Super Chat & Super Stickers dimana melalui fitur ini, penggemar membayar agar pesan mereka disorot di aliran chat
  • Pendapatan YouTube Premium yang memungkinkan pembuat konten memperoleh penghasilan saat pelanggan YouTube Premium menonton video mereka.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Memulai YouTube Serta Menjadi Viral Untuk Pemula

 

Memanfaatkan Google AdSense

Sebagai mitra YouTube, Anda perlu menggunakan Google AdSense untuk menerima pembayaran untuk iklan di video Anda. Google AdSense sendiri merupakan platform yang memungkinkan bisnis membeli ruang iklan dan kemudian YouTube akan menempatkan iklan mereka di video seperti milik Anda sesuai dengan jenis yang kemungkinan besar melalui pengaruh algoritma. Inilah kenapa ketika Anda mengunjungi suatu konten, maka ada iklan yang menyambut atau memotong tontonan di tengah jalan.

Uang yang dikumpulkan melalui iklan yang ditempatkan melalui AdSense, dihasilkan berdasarkan biaya per klik atau biaya per tampilan, tergantung mana yang disukai pengiklan. Penayangan dihitung sebagai iklan yang ditonton selama 30 detik atau setengah jalan dimana untuk biaya tipikal adalah 18 sen per tampilan. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki 1.000 tampilan dan 10% dari pemirsa menonton iklan, Anda dapat menghasilkan sekitar $18.

Penting untuk dipahami di sini adalah bahwa potensi penghasilan Anda bergantung pada seberapa sering iklan diputar di video yang menawarkan konten yang ramah pengiklan dan seberapa sering pemirsa Anda berinteraksi dengannya. Seperti yang Anda harapkan, cara ini secara langsung relevan dengan berapa banyak pemirsa yang Anda dapatkan, tetapi itu juga tergantung pada popularitas niche atau subjek yang Anda pilih. Sedangkan dalam memilih subjek populer dapat membantu membuat konten dapat meningkatkan pendapatan iklan Anda, yang saat ini merupakan bentuk pendapatan paling umum di YouTube. Namun, Anda harus tahu bahwa pendapatan iklan yang Anda peroleh dari penggunaan Google Adsense dibagi antara Anda dan juga pembuat konten dan YouTube, dan turun masing-masing menjadi 55% dan 45%.

 

Baca Juga  :   Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

3 Langkah Mudah Untuk Mengaktifkan Monetisasi di YouTube

Cara Cepat dan Mudah Untuk Monetize Saluran YouTube
 

Jika Anda telah mencapai jumlah pelanggan dan jam tonton yang diperlukan, dan Anda telah memeriksa saluran Anda dan mempelajari cara mengaktifkan monetisasi di YouTube. Ikuti langkah mudahnya berikut ini :

  • Klik YouTube Studio di dropdown setelah Anda mengklik ikon di sudut kanan atas layar.
  • Setelah Anda berada di YouTube Studio, temukan menu Saluran di sisi kiri layar Anda, dan klik Monetisasi.
  • Terakhir cari jendela Monetisasi/Monetization, klik Mulai/Start.

 

Baca Juga  :   Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski YPP (YouTube Partner Program) adalah alasan kenapa pemilik channel YouTube mendapatkan pendapatan utama mereka dan menjadi terkenal, namun ternyata ada hal lain yang perlu Anda ketahui juga. Saat Anda mendaftar ke Program Mitra YouTube, mungkin diperlukan waktu hingga satu bulan bagi platform untuk membuat keputusan penerimaan. Hal ini disebabkan karena adanya peninjauan dan penyaringan saluran lebih dulu.

Beberapa saluran mendapatkan persetujuan dalam beberapa hari, sehingga kemajuannya mungkin bergerak cepat. Namun, jika diperlukan waktu lebih dari sebulan, saluran Anda biasanya akan ditinjau lebih lanjut. Ketika ini terjadi maka diperlukan waktu tunggu yang bisa menjadi menjadi sangat lama yakni tiga, enam, bahkan mungkin 12 bulan. Dalam beberapa kasus yang tidak menguntungkan, YouTube sepertinya tidak pernah mengambil keputusan sehingga membiarkan pembuat konten merasa kebingungan kenapa akun mereka belum juga mendapat monetisasi.
 

Related Post :