Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Seperti yang diketahui, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google yang memiliki pengguna yang aktif. Tidak hanya mencari, YouTube juga mempunyai jutaan chanel dan konten-konten dari berbagai niche yang membuat banyak peluang pemasaran yang lebih luas bagi siapa saja. Maka jika Anda ingin masuk ke pemasaran video adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan pasar Anda.

YouTube sendiri juga memiliki serangkaian praktik Search Engine Optimization (SEO) yang perlu Anda pelajari dan pahami untuk meningkatkan visibilitas saluran dan konten Anda. Selain melakukan penelitian keyword yang tepat untuk mengoptimalkan video Anda, Anda juga harus memanfaatkan keyword YouTube untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mendapatkan tampilan (view).

Hanya saja, jenis keyword ini berbeda dari keyword dan tag video yang dilampirkan pada setiap video untuk memastikan video tersebut muncul di bagian atas hasil pencarian. Adapun keyword YouTube adalah frasa dan istilah kunci yang mendefinisikan dan mewakili saluran Anda. Anda dapat memasukkan keyword dalam deskripsi saluran dan tag saluran yang mana tag ini khusus untuk saluran Anda, dan membantu mengidentifikasi niche Anda dan konten apa yang telah Anda hasilkan.

 

Mengenal Apa Itu Keyword YouTube

Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula
 

Keyword YouTube adalah istilah yang memberikan informasi dan konteks YouTube tentang saluran Anda. Secara khusus, keyword akan membantu YouTube memahami jenis konten yang telah Anda hasilkan dan siapa audiens target Anda. Sebuah keyword YouTube yang dioptimalkan juga dapat meningkatkan visibilitas saluran Anda. Adapun keyword ini merupakan elemen penting yang dapat mengarahkan audiens kepada Anda, karena keyword youtube dapat membantu algoritma youtube untuk memutuskan saluran dan video terkait apa yang akan digunakan untuk merekomendasikan konten Anda.

Saat Anda mengoptimalkan kata kunci saluran dengan cara yang benar, Anda dapat meningkatkan semua peringkat individu di saluran Anda. Tujuan Anda menggunakan keyword YouTube adalah memberikan informasi kepada YouTube untuk mengidentifikasi niche Anda, jenis konten apa yang telah Anda buat dan siapa saja yang termasuk audiens target Anda. YouTube kemudian akan mengkategorikan saluran Anda dari informasi dalam deskripsi, tag saluran, dan video yang Anda hasilkan. SEO YouTube juga bergantung pada metadata yang Anda berikan untuk mencocokkan konten Anda dengan saluran, topik, dan video yang terkait. Google akan mengindeks video YouTube Anda jika Anda telah memberikan informasi dan data yang cukup yang dapat membantu youtube menemukan konten Anda.

Singkatnya, YouTube menggunakan keyword untuk memutuskan video mana yang lebih disarankan untuk ditonton bagi para audiens yang manca YouTube lebih cenderung merekomendasikan video dari saluran yang terkait. Selain mempromosikan konten yang terkait dengan video yang Anda tonton, YouTube juga menyarankan konten dari saluran serupa. Tidak mengherankan mengapa terkadang Anda melihat YouTube menyarankan video dari saluran yang terkait, meskipun video tersebut tidak terkait erat dengan video yang Anda tonton.

 

Baca Juga  :    Tools/Aplikasi Riset Keyword YouTube dengan SEO Terbaik 2021

 

Pentingnya Meneliti Keyword YouTube

Jika Anda melakukan riset keyword yang efektif, Anda tidak akan bisa menampilkan video Anda di depan audiens yang tepat dengan target niche Anda. Video dan konten yang telah Anda buat dengan ide- ide menarik dan unik tidak bisa langsung di posting tanpa melakukan riset keyword apapun. Ini akan berakibat buruk bagi saluran Anda karena Anda tidak akan mendapatkan penayangan yang tepat. Semuanya dikarenakan Anda mengabaikan riset keyword yang sebenarnya penting untuk mengetahui trend dan preferensi tontonan audiens sesungguhnya.

Maka jika Anda melakukan riset keyword yang matang lebih dahulu, Anda akan mendapatkan wawasan tentang apa yang di cari audiens Anda di YouTube. Dengan wawasan itu, Anda akan dapat menggunakan keyword yang paling berarti bagi audiens Anda, dan video Anda kemungkinan besar akan muncul saat audiens menelusuri keyword tersebut. Ketika Anda gagal melakukan riset keyword, ada beberapa hal yang bisa terjadi :

  • Anda mungkin bisa saja menargetkan keyword yang salah dan menarik audiens yang salah juga yang berarti video Anda tidak akan mendapatkan penayangan sebanyak yang seharusnya.
  • Orang akan kesulitan menemukan video Anda, karena Anda tidak menargetkan keyword apa pun sama sekali.

 

Ketika Anda melakukan riset keyword YouTube, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dicari audiens Anda, dan membuat konten yang sesuai dengannya. Penargetan keyword YouTube yang tepat tidak hanya dapat meningkatkan jumlah penayangan yang diterima oleh video Anda, tetapi juga dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran akan brand dan meningkatkan konversi. Saat Anda melakukan riset keyword, Anda mungkin juga menemukan beberapa topik baru yang hebat yang belum pernah Anda pikirkan.

 

Baca Juga   :     Cara Menjadi YouTuber Sukses dan Mendapatkan Uang Banyak untuk Pemula

 

Cara Membuat Riset Keyword YouTube

Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula
 

Lalu bagaimanakan cara melakukan riset? Jika Anda ingin mengembangkan saluran YouTube Anda dan menarik lebih banyak penayangan, maka ini adalah trik untuk menargetkan topik dengan permintaan pencarian. Ada banyak aplikasi untuk dapat membuat riset keyword yang mudah digunakan. Simak cara membuat riset keyword untuk YouTube di bawah ini yang bisa Anda praktekkan sendiri :

  • Memetakan hirarki topik yang sesuai

    Apapun niche dan tujuan Anda membuat saluran YouTube serta berbagi konten, jangan mengejar topik yang terlalu luas dengan volume pencarian yang besar dari seharusnya. Masalahnya adalah jika Anda membuat video dengan topik yang terlalu luas, Anda akan menarik penonton yang tidak relevan. Dengan teknik yang sama, jika Anda membuat video tentang topik khusus, maka Anda tidak akan menarik cukup banyak orang. Maka untuk mengatasinya, petakan hirarki topik yang akan dibahas yang nanti jika Anda mendapatkan penayangan berdasarkan topik video Anda, maka dari sana Anda dapat membuat daftar yang lebih populer.

  • Menghasilkan ide kata kunci dan volume pencarian

    Langkah selanjutnya adalah gunakan alat penelitian keyword untuk menemukan apa yang dicari audiens terkait dengan daftar topik Anda. Ada banyak alat penelitian keyword di luar sana, tetapi kebanyakan hanya menampilkan volume pencarian Google dan bukan YouTube yang mana tidak akan relevan karena audiens Anda mencari Anda di YouTube buka di Google.
    Apa yang sedang trend di Google belum tentu sama adanya di YouTube. Walau Anda mungkin berpikir solusinya adalah dengan melihat jumlah penayangan video di YouTube, tapi ini juga bisa sangat menyesatkan. Berikut adalah beberapa alat untuk menemukan ide keyword YouTube dan volume pencarian yang benar – benar berfungsi :
    a) Keyword Explorer
    b) YouTube Ada
    c) Google Trends

  • Memeriksa maksud pencarian

    Memahami maksud pencarian adalah bagian penting dari proses penelitian keyword, dan cara termudah untuk memulainya adalah dengan mengajukan pertanyaan sederhana kepada diri Anda sendiri akan apa yang ingin dilihat oleh seseorang yang menelusuri sebuah keyword.
    Untuk beberapa keyword, ini sangat jelas bahwa audiens memang ingin mencari sesuatu yang spesifik. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah pergi ke YouTube, mencari keyword, lalu melihat beberapa hasil pencarian teratas. Jika Anda ingin menentukan suatu peringkat untuk keyword, maka ini adalah gaya video yang ingin Anda buat berdasarkan anjuran keyword tadi.

 

Baca Juga   :    Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Perlu diketahui bahwa YouTube menggunakan keyword, deskripsi saluran Anda, dan jenis video yang Anda hasilkan untuk mengetahui topik dan kategori saluran Anda secara keseluruhan. Saat Anda mengoptimalkan keyword dengan cara yang benar, Anda dapat meningkatkan peringkat individu di saluran Anda. Faktor peringkat SEO YouTube menemukan bahwa keyword memiliki korelasi kecil namun signifikan dengan peringkat pencarian youtube yang lebih tinggi, juga karena keyword membantu youtube memahami tentang saluran Anda.

Sejatinya keyword itu dapat membantu peringkat saluran Anda untuk kata kunci yang dicari pemirsa Anda di YouTube. Begitu pula dengan mengunggah konten berkualitas tinggi dan menciptakan pengalaman menonton yang menarik adalah matrik yang mendorong peringkat video YouTube Anda dan jumlah pelanggan Anda. Menggunakan keyword, metadata, dan praktik yang terbaik lainnya adalah hal yang digunakan untuk kinerja yang lebih baik dalam pencarian dan video yang disarankan, untuk mengoptimalkan saluran Anda dengan tepat.

Related Post :