Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Memahami dan dapat menggunakan riset kata kunci atau keyword adalah salah satu hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap pembuat video di YouTube disamping keahlian membuat konten yang menarik. Meskipun Anda mengetahui secara dalam tentang konten Anda, Anda harus dapat memahami cara memberi tahu YouTube tentang konten Anda. Jadi pada gilirannya, YouTube dapat membagikan konten itu kepada orang-orang yang sesuai dan target dari niche konten Anda sebenarnya.

Kata kunci atau keyword sendiri adalah kata mau pun konsep yang sangat penting. Atau untuk memasukkannya ke dalam konteks YouTube, keyword merupakan kata informatif yang digunakan dalam sistem pencarian informasi untuk menunjukkan konten video. Jadi jika Anda mendengar keyword maka coba bayangkan sebagai kata pertama, atau frase, atau pikiran sadar, yang secara naluriah muncul di kepala Anda, ketika Anda memikirkan topik tertentu.

Disamping juga adalah pengantar kata kunci yang sangat sederhana, tetapi jelas menjadi jauh lebih rumit jika Anda tidak memahami. Seperti contoh mudah yakni bahwa jika Anda memasukkan satu kata ke dalam pencarian YouTube, Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda cari. Seringkali, ketika orang mencari di YouTube, atau di Google, mereka mencari frase kata kunci alias kata kunci ekor panjang. Mari simak cara cepat melakukan riset keyword bagi pemula berikut ini.

 

Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube

Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula
 

Ada berbagai cara Anda dapat menemukan kata kunci untuk subjek tertentu bagi kontent YouTube Anda. Metode yang dapat digunakan juga sangat bervariasi dalam harga dan efektivitas. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan kata kunci berbeda yang terkait dengan subjek atau niche Anda :

 

  • Gunakan fitur pelengkapan otomatis YouTube

    Sebagai alat bawaan yang sudah ada di YouTube, alat ini cukup dapat membantu terutama jika YouTuber pemula masih bingung dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya. Anda dapat memulai ketikkan kata apa pun ke bilah pencarian YouTube Anda dan Anda akan melihat bahwa di bawah pencarian Anda, YouTube akan mencantumkan beberapa saran kata kunci terkait.

  • Temukan kata kunci dari video populer lainnya

    Saat Anda memiliki video yang ditampilkan, klik kanan di samping tetapi tidak di bilah pencarian YouTube. Gulir ke bawah ke “Lihat Sumber Halaman.” Kode sumber hypertext markup language (HTML) akan terbuka di jendela baru. Klik “Ctrl + F” atau “Command + F” dan ketik “kata kunci” di bilah pencarian. Anda akan melihat kata “kata kunci” disorot dengan semua kata kunci video tercantum di sebelah kanan. Anda juga dapat menggunakan ekstensi Chrome tertentu yang dapat membantu Anda melihat kata kunci video.

  • Gunakan alat penelitian kata kunci

    Jika dua cara di atas masih belum cukup maka beberapa alat dapat membantu Anda menemukan kata kunci untuk topik apa pun. Beberapa alat gratis, sementara yang lain telah membayar langganan bulanan atau bahkan gratis meski dengan fitur terbatas. Daftar aplikasi terpopuler adalah Ahrefs, Morning Fame, TubeBuddy atau Semrush yang menawarkan beberapa fitur alat penelitian kata kunci yang menawarkan jutaan saran kata kunci untuk membantu Anda memilih yang terbaik untuk video YouTube Anda.

 

Baca Juga  :     Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Cara Mendapatkan View Untuk Konten YouTube

Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula
 

Sekarang setelah Anda menemukan kata kunci yang sesuai untuk niche Anda, ini saatnya menggunakannya untuk membangun lalu lintas ke video YouTube Anda. Proses ini tidak harus serumit yang Anda bayangkan selama Anda berdedikasi dalam melakukannya. Mari simak langkah cepat untuk mendapatkan view bagi konten- konten yang Anda buat di akun YouTube Anda.

 

Pemetaan Kata Kunci/Keyword

Gunakan riset Anda untuk membuat peta kata kunci yang mana disini pemetaan kata kunci berarti mencocokkan kata kunci tertentu dengan halaman konten, atau dalam hal ini, video YouTube. Prosesnya memerlukan pembuatan bagan atau spreadsheet dari kata kunci teratas Anda dan video spesifik yang paling cocok dengannya. Peta kata kunci YouTube Anda dapat menyertakan elemen seperti :

  • Daftar kata kunci penting untuk topik saluran Anda baik itu review produk kecantikan, review gadget terbaru atau apa pun tentang saluran YouTube Anda
  • Volume pencarian kata kunci bulanan
  • URL video YouTube Anda yang paling cocok dengan setiap kata kunci jika ada
  • Peringkat pencarian setiap video saat ini untuk kata kunci yang sesuai
  • Jumlah persaingan yang dimiliki setiap kata kunci

 

Baca Juga :   Cara Menjadi YouTuber Sukses dan Mendapatkan Uang Banyak untuk Pemula

 

Menggunakan Alat Kata Kunci YouTube

Beberapa alat penelitian kata kunci terbaik benar-benar dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat. Alat kata kunci atau keyword melakukan lebih dari sekadar memberi Anda daftar kata kunci potensial, alat ini juga mampu memberi Anda data untuk membantu Anda menemukan kata kunci terbaik untuk video Anda dan membuat konten yang sangat bertarget untuk audiens yang Anda tuju.

Ahrefs, Semrush, Keyword Keg, VidIQ, dan TubeBuddy hanyalah beberapa alat yang dapat membantu Anda menemukan dan mengevaluasi berbagai kata kunci YouTube. Anda dapat memilih yang di antara alat tersebut yang sesuai dengan fitur mau pun kebutuhan Anda. Alat- alat ini juga dapat menunjukkan kepada Anda hal-hal seperti seberapa sering kata kunci dicari dan seberapa sering pengguna mengklik hasilnya yang akan membuat riset Anda lebih tertarget lagi.

 

Memanfaatkan Hashtag YouTube

Tagar atau hashtag YouTube adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak penayangan untuk video Anda ini dikarenakan hashtag adalah trend dalam mencari secara online yang paling populer saat ini. hashtag adalah kata kunci populer yang dapat Anda tambahkan ke video Anda untuk membantu mereka mendapatkan lebih banyak perhatian dari pemirsa tertentu. YouTube memungkinkan orang mencari kata kunci atau tagar relevan yang menarik minat mereka.

Dengan menambahkan tagar populer ke video Anda, Anda akan dapat muncul di lebih banyak pencarian. Hanya saja, menambahkan tagar tidak serta merta membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di penelusuran YouTube, jadi Anda hanya boleh menambahkannya jika konten Anda sesuai dengannya. Hindari memasang hashtag yang tidak relevan untuk menghindari kebingungan akan konten Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Kesimpulan dan Penutup

YouTube adalah mesin pencari terbesar ke-2 di dunia, dengan lebih dari satu miliar jam video ditonton setiap hari setelah Google. Tapi pertanyaannya adalah, apa yang orang cari dan sebagai content creator, apakah yang bisa membuat video Anda mendapat target penonton yang tepat? Penelitian kata kunci adalah satu-satunya cara untuk menjawabnya, tetapi sayangnya, tidak ada alat penelitian resmi untuk YouTube seperti halnya dengan Google. Tidak jarang juga aplikasi atau alat pihak ketiga tidak terlalu banyak membantu atau membuat bingung bagi para YouTuber pemula.

Jadi baik Anda ingin meningkatkan keterlibatan YouTube atau memulai, penelitian kata kunci sangat penting dan tidak dapat dilupakan. Jelas ini karena fakta bahwa YouTube adalah mesin pencari paling populer kedua di dunia yang lebih dari 2 miliar orang masuk ke YouTube setiap bulan: hampir sepertiga dari semua lalu lintas internet. Maka jika Anda baru saja terjun ke YouTube, jangan khawatir. Anda dapat memulai dengan riset keyword yang mempunyai keterlibatan tinggi akan memastikan saluran Anda siap untuk sukses.

Related Post :