Cara Cepat Menghapus dan Membersihkan Virus/Malware di Komputer

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 1

Pengguna perangkat komputer yang selalu online pasti sudah memahami bahwa ada virus dan malware yang mengintai perangkat mereka. Adapun virus dan malware adalah program yang dapat menyerang komputer, tablet, ponsel, dan perangkat digital lainnya. Secara sederhana, virus adalah program kecil yang dirancang untuk menyebabkan masalah dengan mendapatkan akses ke perangkat Anda.

Program kecil ini kemudian akan dapat menyalin data pribadi Anda atau memperlambat laju perangkat Anda. Virus menyebar dengan menggandakan dan melampirkan dirinya bagian perangkat dan ke file lain. Dari virus, maka ada malware yang berasal dari penggabungan dua kata malicious yang berarti berbahaya dan software, maka terciptalah kata malware.

Ini membuat virus hanyalah salah satu jenis malware yang jenis lainnya termasuk spyware, worm dan trojan. Malware dibuat untuk menghentikan perangkat Anda agar tidak berjalan dengan benar dan terkadang untuk mencuri informasi Anda. Perangkat Anda dapat rusak dengan sangat cepat jika terinfeksi oleh malware dan umumnya perangkat bisa macet, melambat dan bahkan reboot. Begitu juga koneksi internet Anda mungkin juga melambat saat virus atau worm mencari perangkat lain untuk menginfeksi, atau mengirimkan data Anda kembali ke pembuat atau pemilik malware.

 

Memahami Jenis dan Tipe Malware

Cara Cepat Menghapus dan Membersihkan Virus/Malware di Komputer
 

 

Malware adalah istilah umum untuk berbagai perangkat lunak berbahaya, termasuk virus, adware, spyware, perangkat lunak pembajak peramban, dan perangkat lunak keamanan palsu. Jika program ini menyusup dan diinstal pada komputer Anda, program ini dapat sangat mempengaruhi privasi dan keamanan komputer Anda. ini dikarenakan malware dikenal karena menyampaikan informasi pribadi kepada pengiklan dan pihak ketiga lainnya tanpa persetujuan pengguna. Beberapa program yang termasuk malware juga dikenal mengandung worm dan virus yang menyebabkan banyak kerusakan komputer. Berikut beberapa jenis malware yang umum ditemukan :

  • Virus

    Pertama adalah virus yang umum ditemukan yang adalah jenis malware yang menyebar melalui program normal. Apabila perangkat Anda telah terkena virus, virus itu dapat menyebar dengan mudah dan cepat. Beberapa virus mungkin hanya memperlambat perangkat Anda atau di beberapa kasus mungkin sangat parah sehingga Anda kehilangan semua aplikasi dan dokumen penting Anda.

  • Trojan

    Siapa yang tidak mengenal jenis malware yang sangat terkenal dan diambil dari nama kuda Trojan. Pada jenis malware yang terkenal ini, Trojan akan berpura-pura menjadi program yang berguna dan aman, padahal sebenarnya malware ini akan mencoba menyerang perangkat Anda. Tidak mengherankan kalau malware ini bekerja dengan cara itu karena terinspirasi dari tentara Yunani yang membawa kuda besar dan menghadiahkannya kepada kota Troy. Sejatinya, mereka telah menyusup di dalam kuda besar itu dan akan mengambil alih kota ketika lengah, begitu pulalah cara malware ini menipu perangkat.

  • Spyware

    Spyware adalah perangkat lunak yang menginstal dirinya sendiri ke perangkat dan kemudian mencuri informasi pribadi tentang pengguna, seperti kata sandi, alamat email, dan informasi penting serta sensitif lainnya. Malware ini bekerja dengan mencatat semua yang diketik pengguna yang disebut key logging. Beberapa jenis spyware bahkan dapat menggunakan webcam Anda tanpa sepengetahuan dan memata- matai Anda.

  • Worm (cacing)

    Jenis malware worm dapat menyebar dari perangkat ke perangkat, tetapi tidak seperti virus, worm tidak perlu menempelkan diri mereka ke program lain. Worms dapat menyalin dirinya sendiri ratusan kali, sehingga mereka dapat dengan cepat merusak perangkat Anda dan perangkat lain. Waspadai juga karena worm mungkin menyalin dirinya sendiri ke akun email Anda dan kemudian mengirim salinannya ke semua kontak email Anda sehingga akan menimbulkan email valid serta spam.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis

 

Cara Cepat Menghapus dan Membersihkan Virus/Malware di Komputer

Dalam dunia modern yang menggunakan perangkat pintar dan selalu online, malware adalah salah satu ancaman terbesar terhadap keamanan komputer, tablet, ponsel, dan perangkat Anda lainnya. Malware dapat mencakup virus, spyware, ransomware, dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan yang secara diam-diam diinstal ke perangkat Anda. Setelah malware ada di perangkat Anda, penjahat dapat menggunakannya untuk mencuri informasi sensitif Anda, mengirimi Anda iklan yang tidak diinginkan atau tidak pantas, meminta pembayaran untuk menguraikan data yang dienkripsi oleh ransomware, dan membuat perangkat Anda rentan terhadap lebih banyak malware.

Inilah yang perlu diketahui setiap pemilik perangkat dan menggunakannya online, untuk dapat mengenali, menghapus, dan menghindari malware. Berikut beberapa tips dan cara cepat untuk menghapus dan membersihkan virus/malware di perangkat Anda.

  • Unduh dan instal anti virus

    Langkah dasar dan pertama adalah menggeledah semua file di perangkat Anda dengan anti virus. Scan semua file dan ikuti saran dari anti virus jika menemukan file yang dianggap berbahaya dan mencurigakan. Jika Anda masih ragu dalam mencari anti virus yang sesuai, Anda bisa mencari review anti virus terbaik dan tetap waspada karena beberapa software anti virus bisa memakai topeng sebagai pengaman tetapi sebaliknya, mereka adalah program yang berisi malware.

  • Memulihkan sistem operasi perangkat

    Jika virus sudah tidak bisa ditanggulangi oleh virus scanner biasa, maka cobalah untuk memulihkan sistem operasi perangkat Anda. Sedangkan untuk memulihkannya Anda bisa melakukan berdasarkan OS yang Anda pakai baik Mac OS maupun Windows. Dengan memulihkan sistem Anda biasanya berarti Anda akan mendapatkan kembali banyak data yang tersimpan di perangkat, jadi ini adalah alternatif yang baik untuk menginstal ulang sistem operasi Anda. Setelah memulihkan sistem operasi Anda, pastikan Anda untuk melakukan update software, mengunduh anti virus dan selalu scan setiap file Anda secara berkala.

  • Menginstal ulang sistem operasi

    Tidak ada salahnya menginstal kembali sistem operasi Anda karena akan memberikan Anda sistem yang lebih segar dan biasanya juga lebih update. Mengingat menginstal ulang sistem Anda adalah cara teraman untuk membersihkan perangkat yang terinfeksi, tetapi Anda akan kehilangan semua data yang tersimpan di perangkat yang belum Anda cadangkan. Jangan lupa untuk mencadangkan dan menyimpan data serta file penting Anda sebelum melakukan instalasi sistem operasi.

 

Baca Juga  :   Cara Melindungi Website dari Serangan Hacker Tidak Bertanggung Jawab

 

Tips Menjaga Perangkat Komputer dari Virus/Malware

Cara Cepat Menghapus dan Membersihkan Virus/Malware di Komputer
 

Kesempatan untuk virus yang bisa masuk adalah dari kegiatan online yang terbuka dan tidak aman. Virus dapat menyusup ketika Anda membuka suatu situs web yang terlihat tidak berbahaya atau file yang muncul meminta verifikasi dengan tiba- tiba. Hindari semua ini dan simak tips singkat berikut ini untuk tetap waspada dari virus malware yang menyusup.

  • Membatasi kegiatan perangkat

    Internet adalah dunia yang berbahaya meski memang juga sangat berguna, sebaiknya Anda juga bersiap untuk menghadapi kemungkinan buruk yang bisa ditimbulkannya. Untuk sementara Anda bisa membatasi kegiatan online Anda seperti berbelanja online, melakukan hal perbankan dan hal lainnya yang membutuhkan informasi sensitif seperti nama pengguna, kata sandi, atau informasi sensitif lainnya sampai perangkat Anda benar- benar bersih dari malware apa pun.

  • Pastikan perangkat lunak telah di update

    Periksa apakah semua perangkat lunak, sistem operasi, perangkat lunak keamanan, aplikasi, dan lainnya telah di update dengan penambahan terbaru dan juga mutakhir. Pertimbangkan untuk juga mengaktifkan pembaruan otomatis agar perangkat lunak Anda selalu diperbarui jika ada perubahan terbaru.

  • Selalu pindai perangkat dari malware

    Jalankan malware atau keamanan, jangan lupa untuk menghapus apa pun yang diidentifikasi sebagai masalah atau ancaman. Anda mungkin harus memulai ulang perangkat agar perubahan diterapkan dan kemudian jalankan pemindaian Anda lagi untuk memastikan semuanya jelas. Jika pemindaian menunjukkan tidak ada masalah lagi, kemungkinan Anda telah menghapus malware dan perangkat Anda telah aman.

 

Baca Juga  :    Memahami VPN (Virtual Private Network) dan Caranya Dalam Melindungi Data Pengguna

 

Kesimpulan dan Penutup

Apabila dijelaskan secara singkat, malware merupakan singkatan untuk perangkat lunak berbahaya. Perangkat ini sendiri adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh penyerang cyber dengan tujuan untuk mendapatkan akses atau menyebabkan kerusakan pada komputer atau jaringan. Meski ada tanda- tanda perangkat telah terinfeksi malware, namun banyak juga korban yang tidak menyadarinya

Juga umum dikenal sebagai virus komputer, program berbahaya ini mempunyai berbagai jenis dan tujuan. Mulai dari menyamar sebagai anti virus dan menyerang perangkat Anda dari dalam, mengambil data penting Anda dengan diam- diam, hingga membuat perangkat Anda crash. Jangan sepelekan virus dan malware, pastikan Anda dan perangkat Anda tetap terlindungi.

 

 

Related Post :