Cara Daftar SMS Banking Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank lainnya di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kemajuan teknologi kini juga mulai dirasakan pada sektor perbankan. Menyediakan banyak fitur-fitur baru yang tentunya berguna untuk memudahkan nasabah bank tersebut. Jika dahulu orang harus pergi ke bank untuk menyimpan dan mengambil uang, kini dapat menikmati layanan bank lebih dari itu. Contoh kemajuan layanan yang diberikan adalah adanya internet banking, mobile banking dan SMS banking. Hanya tinggal melakukanya lewat smartphone semua hal yang berkaitan dengan urusan perbankan akan cepat selesai dan mudah.

Tidak hanya satu bank saja namun hampir semua bank sudah menerapkan layanan tambahan tersebut. Salah satunya yaitu BCA (Bank Central Asia). Bank ini merupakan perintis dari layanan tersebut terutama SMS banking. SMS Banking BCA memberi banyak kemudahan karena hanya dengan mengirimkan perintah khusus melalui SMS, Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan sesuai kebutuhan. Layanan SMS banking ini tidak hanya ada di bank BCA saja namun terdapat bank lain seperti bank Mandiri, dan lain-lain.

Namun belum banyak yang mengetahui bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan SMS banking ini. Layanan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki sedikit waktu untuk ke bank jadi dapat menggunakan SMS banking. Seperti jika ingin melakukan transfer uang, cek saldo, pembayaran, pembelian, informasi khusus dan sebagainya. Simaklah penjelasan dibawah ini untuk mengetahui cara pendaftaran SMS banking pada beberapa bank

 

Pengertian SMS Banking

 

Secara umum, SMS Banking adalah salah satu fitur teknologi yang berupa layanan bagi nasabah bank, yang mengizinkan para nasabah untuk mengakses akun bank mereka melalui fitur SMS. Terdapat banyak fitur yang dihadirkan untuk SMS Banking ini salah satu yang paling banyak digunakan adalah layanan cek saldo rekening dan transfer dana.

Pengaksesan layanan ini melalui dua cara, dapat melalui mengirimkan SMS atau melalui sebuah Menu (dijelaskan oleh pihak Bank) melalui mengakses sebuah nomor tertentu pada sebuah handphone, biaya SMS Banking juga berbeda beda, ada yang sekitar RP.500/SMS dan yang lainnya, dan yang terpenting adalah anda harus sudah yakin bahwa nomor hp Anda telah didaftarkan sebelumnya. Untuk SIM-card nya sendiri dapat menggunakan SIM-card apapun selama masih dalam masa aktif dan terdapat pulsa

Baca Juga : Cara Investasi Reksadana yang Mudah, Aman, dan Menguntungkan 

 

Kelebihan SMS Banking

SMS banking memiliki keuntungan lebih dari pada internet banking karena tidak membutuhkan jaringan internet, terutama bagi warga yang ada di desa yang tak bisa selalu terhubung internet. Layanan ini dianggap dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, SMS Banking juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang tak memiliki smartphone tetapi ingin melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan praktis. Kelebihan SMS Banking adalah :

 

  • Dapat melakukan transaksi perbankan cukup dari rumah tanpa harus cari ATM atau datang ke kantor cabang bank. Waktu dan tempat juga lebih leluasa: bisa dilakukan kapan saja 24 jam dan di mana saja asal area tersebut tercover sinyal operator SIM-card yang digunakan .
  • Transaksi aman karena menggunakan media pribadi. Asal tidak meminjamkan handphone kepada orang lain dipastikan aman. Jika harus meminjamkan, pastikan semua SMS baik yang diterima ataupun terkirim dihapus terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak ada orang lain tau jika nomor ponsel Anda terhubung dengan rekening bank.
  • Dapat digunakan dengan ponsel tipe apa saja. Tidak harus iPhone mahal ataupun android keluaran terbaru, ponsel jadul atau low end juga tidak masalah. Hal ini karena yang dibutuhkan hanya fitur SMS.

Baca Juga : Inflasi Pengertian, Penyebab, Rumus Menghitung, dan Dampaknya untuk Negara 

 

Cara Daftar SMS Banking Bank BCA

Cara Daftar SMS Banking
 

Tentunya sebelum menggunakan SMS Banking Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Tidak susah untuk cara mendaftarnya yaitu terdapat dua cara yaitu melalui mesin ATM dan kantor unit kerja BCA. Cara daftar SMS banking ini juga aman sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait kondisi rekening Anda asal Anda mengikuti prosedur atau cara daftar SMS banking BCA yang benar.

 

  • Cara Daftar SMS Banking BCA Melalui Kantor Unit BCA

    Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan perlengkapan seperti :

    1. Buku Tabungan BCA Anda
    2. Kartu Identitas Anda seperti KTP ( Kartu TAnda Penduduk), SIM ( Surat Izin Mengemudi), atau passport
    3. Kartu Paspor BCA atau kartu ATM BCA Anda
    4. Nomor handphone yang akan Anda gunakan untuk bertransaksi dengan SMS BCA

    Lalu dokumen-dokumen tersebut Anda serahkan ke customer service BCA dan Anda utarakan niat Anda untuk mendaftar SMS banking BCA. Anda tinggal menunggu kurang lebih 10 menit, customer service akan mengurusnya

  • Cara Daftar SMS Banking BCA Melalui ATM

    Untuk pendaftaran melalui ATM ini tergolong mudah karena terdapat menu yang akan tampil pada layar mesin ATM. Salah satu keuntungan mendaftar melalui ATM adalah Anda tidak perlu mengantri lama pada customer service. Selain itu, Anda bisa melakukan registrasi SMS BCA kapanpun dan dimanapun, karena mesin ATM beroperasi 24 jam non stop. Pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke ATM BCA terdekat lalu selanjutnya adalah

    1. Masukan paspor BCA atau kartu ATM BCA Anda kedalam mesin ATM yang berlogo BCA
    2. Masukan pin ATM Anda
    3. Cari menu “ daftar e
    4. Di layar muncul beberapa pilihan, Anda cari dan klik pilihan SMS BCA
    5. Baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan di layar dan selanjutnya masukan nomor handphone Anda yang ingin Anda gunakan untuk transaksi SMS BCA
    6. Selanjutnya masukan kode akses (sesuai keinginan Anda) dan ulangi kode akses tersebut. Jika sudah selesai maka klik “benar”
    7. Di layar akan muncul informasi yang menjelaskan bahwa Anda tidak boleh memberitahukan kode akses kepada siapapun termasuk pegawai BCA. Anda juga harus pastikan nomor handphone yang Anda masukan sudah benar. Jika sudah benar maka Anda pilih “ya”
    8. Mesin ATM akan mengeluarkan kartu paspor BCA Anda dan Anda telah terdaftar sebagai pengguna SMS BCA

Baca Juga : Apa itu Asuransi Jiwa  Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Daftar Rekomendasinya 

 

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Cara Daftar SMS Banking
 

Tahapan untuk mendaftar SMS Banking juga bukan merupakan hal yang sulit asal mengerti dengan jelas urutan pendaftarannya. Sebaiknya setelah melakukan pendaftaran SMS Banking di mesin ATM, nasabah sebaiknya mendaftarkan secara menyeluruh melalui customer service di kantor cabang Bank Mandiri. Pastikan saat hendak mendaftarkan diri nanti di customer service Bank Mandiri, Anda membawa dokumen-dokumen, mulai dari buku tabungan, KTP, hingga kartu ATM atau debit Mandiri.
Berikut ini cara yang dapat Anda gunakan untuk mendaftarkan SMS Banking pada ATM Mandiri :

 

  1. Datang ke lokasi mesin ATM Mandiri berada.
  2. Saat di depan mesin ATM, masukkan kartu ATM dan PIN ATM.
  3. Lalu pilih Transaksi Lain.
  4. Pilih Pendaftaran e-Banking.
  5. Muncul notifikasi kemudian pilih Lanjut.
  6. Masukkan nomor handphone yang biasa digunakan kemudian pilih Lanjut.
  7. Masukkan PIN Mandiri SMS yang dibuat sendiri kemudian pilih Lanjut.
  8. Masukkan kembali PIN Mandiri SMS buat konfirmasi kemudian pilih Lanjut.
  9. Muncul notifikasi buat memastikan beberapa hal ke nasabah. Kalau setuju, pilih Ya.
  10. Masukkan tanggal lahir kemudian pilih Lanjut.
  11. Masukkan Nomor OTP yang dikirim lewat SMS kemudian pilih Lanjut.
  12. Pendaftaran selesai dan SMS Banking dapat digunakan buat cek saldo Mandiri.

 

Kesimpulan dan Penutup

Cara pendaftaran SMS Banking pada setiap bank caranya kurang lebih sama yaitu dapat mendaftar lewat ATM dan langsung ke customer service yang ada di kantor bank. Jika Anda orang yang memiliki kesibukan yang padat sebaiknya cukup mendaftar lewat ATM dan tentunya sudah mengerti bagaimana cara mendaftarnya. Namun jika Anda masih ragu apabila mendaftar sendiri melalui ATM, Anda dapat melakukan pendaftaran pada customer service. Disana pastinya Anda akan dijelaskan secara rinci dan jika tidak mengerti dapat ditanyakan secara langsung. Itu lah sedikit perbedaanya.

Keuntungan jika menggunakan SMS Banking sudah tentu praktis jadi Anda tidak perlu datang ke ATM atau bank lagi, hanya melalui ponsel semuanya dapat dilakukan. Jika sebelumnya apabila ingin melakukan pembayaran harus pergi ke ATM dan membutuhkan waktu lama, kini dapat dilakukan dengan cepat dimanapun dan kapanpun. Namun terdapat kekurangan dari SMS Banking ini yaitu tidak dapat melakukan tarik tunai, jadi Anda masih harus pergi ke ATM untuk mengambil uang.

Related Post :