Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Artikel merupakan salah satu jenis karya tulis yang umumnya sangat panjang, biasanya berisi gagasan ataupun fakta-fakta yang mampu membujuk, meyakinkan mendidik, bahkan menghibur pembacanya. Artikel pada umumnya akan dipublikasikan dalam sebuah media seperti majalah, koran, website bahkan ada yang menuliskannya pada sosial media.

Isi dari artikel biasa memuat informasi yang beragam, entah itu berupa penyampaian ide-ide dan fakta yang diulas secara objektif dengan tujuan yang menghibur dan sebagainya. Apalagi di zaman serba canggih teknologi seperti ini yang bisa dengan mudah orang-orang menemukan informasi, sehingga semakin banyak pemilik website yang berlomba-lomba dalam menuliskan artikel di website mereka.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua artikel bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari, butuh kerja keras ekstra untuk mendapatkan posisi tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat artikel SEO yang tentunya ramah untuk mesin pencarian. Artikel yang SEO friendly menjadi salah satu senjata ampuh yang harus Anda terapkan dalam artikel Anda, sebab ada beberapa kasus yang karena sering menuliskan artikel SEO secara rutin bisa membuat website tersebut muncul di halaman pertama mesin pencari.

 

Cara Membuat Artikel Bagi Pemula

Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar
 

Bagi Anda yang sebelumnya belum pernah menulis artikel namun ingin belajar membuat artikel, di bawah ini ada panduan lengkap cara membuat artikel bagi pemula. Dengan begitu Anda bisa mulai untuk menulis artikel serta meningkatkan kemampuan menulis Anda.

 

  1. Menentukan Tema yang Anda Kuasai

    Cara membuat artikel bagi pemula yang pertama yaitu menentukan tema yang Anda Kuasai. Hindari menulis artikel dengan tema yang aneh atau sangat awam bagi Anda karena itu akan membuat Anda mengalami kesulitan bahkan bisa membuat Anda tidak bisa menyelesaikan artikel sampai akhir. Sebaiknya Anda memilih tema yang benar-benar Anda kuasai sehingga Anda akan enjoy untuk menulis artikel. Pasti Anda sudah tahu kan jika segala sesuatu yang dikerjakan merupakan hal yang dikuasai pasti Anda akan lebih menikmati untuk mengerjakannya.

  2. Menentukan Judul

    Setelah menentukan tema, langkah membuat artikel bagi pemula yang kedua yaitu menentukan judul. Buatlah judul semenarik mungkin karena judul menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh orang ketika ingin membaca sebuah artikel. Judul sangat penting untuk bisa membuat pembaca terpikat dengan tulisan Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan judul mulai dari membuat judul yang formal sampai membuat judul yang clickbait atau call to action tertentu yang dapat mengundang kecurigaan calon pembaca Anda untuk membaca artikel tersebut.

  3. Menyusun Kerangka Artikel

    Setelah Anda menentukan tema, judul, dan juga keyword, kemudian Anda harus menyusun kerangka artikel. Tentunya sebagian dari Anda pasti sudah diajarkan cara menyusun kerangka ketika ingin menulis kan? Nah, ketika ingin membuat artikel Anda hanya perlu menyusun kerangka yang sederhana. Caranya yaitu tulislah seluruh poin-poin yang penting yang akan ditulis di artikel Anda. Menyusun kerangka artikel merupakan cara membuat artikel bagi pemula yang dapat menjadikan artikel semakin padat, jelas, dan bagus. Dari beberapa poin yang telah Anda tulis, bisa dikembangkan menjadi tulisan yang menarik.

  4. Mencari Referensi

    Cara membuat artikel bagi pemula yang kelima yaitu mencari referensi. Sebelum kerangka artikel yang Anda buat dituangkan dalam sebuat tulisan, sebaiknya Anda mencari referensi sebanyak mungkin untuk Anda baca terlebih dahulu. Jadi ketika Anda mulai menulis isi artikel, Anda tidak akan menemui kesulitan. Anda bisa mencari referensi dengan membaca buku karena dengan membaca buku bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk menulis. Selain itu, jangan hanya terpaku pada 1 referensi akan tetapi carilah beberapa referensi agar bisa membuat artikel Anda lebih menarik.

  5. Tulislah Ide yang Anda Miliki tanpa Takut Salah

    Sebagai pemula, ketika membuat sebuah artikel tulislah ide yang Anda miliki tanpa takut salah. Semua ide yang berkaitan dengan apa yang akan Anda tulis segera tulis. Lalu bagaimana dengan tulisan artikel yang sesuai dengan EYD? Nah untuk EYD sebaiknya Anda pikirkan jika ide yang Anda miliki sudah Anda tuangkan dalam sebuah tulisan. Sebagai pemula, ketika membuat sebuah artikel hal yang harus dimiliki yaitu rasa percaya diri dan harus mempunyai keberanian untuk menulis. Hilangkan rasa takut agar Anda bisa merasa percaya diri untuk menuangkan ide Anda menjadi sebuah tulisan.

  6. Bayangkan Jika Anda Sedang Berbicara dengan Pembaca

    Cara selanjutnya yaitu ketika Anda sedang menulis artikel, bayangkan jika Anda sedang berbicara dengan pembaca. Tahukah Anda bahwa ketika membuat artikel, tulisan artikel yang Anda buat tidak hanya untuk diri Anda sendiri. Melainkan tulisan tersebut disajikan untuk pembaca. Gunakan kata-kata yang yang mudah untuk dipahami agar pembaca tidak mengalami kesulitan untuk mencerna artikel yang Anda tulis. Anda juga harus tahu target pembaca artikel Anda sehingga ketika menulis artikel Anda bisa menyesuaikan dengan target pembaca.

  7. Buatlah Paragraf yang Tidak Terlalu Panjang

    Cara membuat artikel bagi pemula ini sangat penting untuk diperhatikan karena hal ini sangat penting agar tulisan Anda sesuai dengan tema dan tidak melebar kemana-mana. Dalam satu paragraf, buatlah maksimal 4 kalimat. Jika hal ini dapat Anda lakukan, Anda akan terbiasa untuk menjaga tulisan Anda agar bisa membedakan mana yang dianggap penting dan dianggap tidak penting. Jangan terpaku dengan jumlah kata ketika menulis artikel, Anda bisa mencoba buat kalimat yang tidak terlalu panjang namun jelas dan mudah dimengerti.

  8. Tulis Pengantar Artikel

    Penulisan pengantar pada artikel yang Anda buat membuat pembaca dapat memastikan isi artikel apakah sesuai dengan kebutuhan mereka. Pembaca Anda akan mencari tujuan dari artikel yang akan dibaca. Maka cobalah untuk membuat satu paragraf pengantar yang memberikan informasi tentang latar belakang dan tujuan artikel. Salah satu cara yang biasa dipakai penulis untuk menarik rasa penasaran pembaca adalah dengan menyelipkan kalimat tanya di awal artikel seperti “Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara menuliskan pengantar artikel yang baik?”. Ini juga baik sebagai transisi ke artikel inti.

  9. Tambahkan Foto Penunjang

    Memberikan gambaran pada artikel yang sesuai dengan topik akan membuat artikel Anda semakin menarik. Banyak artikel saat ini yang menggunakan visual untuk memperjelas konsep tertentu. Sebuah artikel tentang membuat sebuah benda maka akan memberikan gambaran bagaimana susunan membuat benda tersebut yang diikuti dengan deskripsi teks sebagai penunjang. Jika Anda adalah seseorang yang suka memotret atau pandai menggambar maka akan bagus jika mengambil gambar dari keahlian Anda tersebut. Jika tidak bisa melakukan keduanya Anda mungkin dapat menambah ilustrasi visual dari mesin pencarian dari google namun tetap memberikan sumber yang jelas atau Anda dapat meminta tolong rekan yang memiliki kemampuan tersebut.

  10. Membaca Ulang Artikel yang Anda Tulis

    Setelah artikel yang Anda buat sudah selesai dan tidak ada pembahasan yang ingin Anda tambahkan lagi selanjutnya Anda mereview atau membaca ulang artikel yang sudah Anda tulis. Caranya yaitu cek ulang apakah tulisan Anda sudah benar atau ada yang typo. Selanjutnya, jika artikel yang Anda tulis tidak ada yang typo, segera telaah setiap kata apakah ada yang dirasa membingungkan atau ambigu. Mungkin disini Anda akan merasa lebih sulit karena harus teliti dan juga harus memahami hubungan antar paragraf dan juga kalimat. Setelah cara membuat artikel bagi pemula ini sudah dilaksanakan, Anda dapat menuju ke cara berikutnya.

 

Baca Juga  :     Optimasi Keyword pada Artikel Blog atau Website

 

Tips Artikel Ramah Mesin Pencari

Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar
 

Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk membuat artikel yang ramah mesin pencari, semakin ramah sebuah artikel tentu akan semakin bagus untuk Anda sebagai pemiliknya. Berikut ulasannya.

 

  • Skillful

    Walau dimaksudkan agar teroptimasi di mesin pencari Google, artikel yang dibuat sejatinya diperuntukan bagi para pembaca yang membutuhkan informasi jangan main-main dengan artikel yang apa adanya karena andaikata pun dapat nangkring di pejwan karena satu sebab dan lain hal, artikel yang jelek akan mero dengan sendirinya seiring ketidakpuasan pembaca. Untuk itulah kita membutuhkan artikel yang ditulis dengan baik. Jika Anda tidak bisa menulisnya upahlah orang lain yang memang terlatih untuk menuliskan artikel yang diinginkan.

  • Judul dan Intro

    Perbedaan paling hakiki antara menulis biasa dan menulis untuk SEO terletak pada bagaimana kita membuat judul dan 50 kata pertama dalam artikel. Dua elemen tersebut sangat penting dalam SEO. Jika dapat, masukkanlah keyword di judul artikel. jika tidak memungkinkan, setidaknya masukkan frasa yang berhubungan dengan keyword disana. Judul merupakan headline yang selain mencerminkan isi, juga harus harus menarik perhatian dari orang yang membacanya. Jika perlu, Anda juga diperbolehkan untuk memasukkan clickbait pada judul selama bukan yang menyesatkan. Panjang ideal dari judul sebaiknya tidak melebihi 60 karakter. Sementara itu, 50 kata pertama dari artikel juga memiliki peran penting untuk menggambarkan keseluruhan isi. Elemen ini juga sebaiknya mengandung keyword atau frasa keyword yang ingin dioptimasi.

  • Unik

    Google sangat menyukai artikel yang unik, sehingga Anda jangan pernah berpikir untuk membuat artikel dari hasil copy paste atau dengan spinner yang serba otomatis. Jika memang harus melakukan hal tersebut, pastikan porsinya tidak melebihi 10 % dari keseluruhan artikel . Selalu periksa menggunakan tools plagiarism checker kesayangan Anda.

  • Panjang

    Secara prinsip, semakin panjang artikel semakin lama pula seseorang akan membacanya. Tetapi ini dapat menjadi bumerang tatkala artikel tersebut memiliki mutu yang rendah. Google sendiri menyukai artikel yang lebih panjang selama isinya relevan. Maka pastikan artikel yang dibuat memiliki jumlah kata minimal 400. Angka yang lebih ideal adalah 1000-2000 kata tergantung dari kata kunci dan taring kompetitor yang ada dari kata kunci tersebut. Meski panjang, pastikan artikel ditulis dalam paragraf-paragraf yang tidak terlampau panjang, sekitar 100-200 kata per paragraph. Untuk artikel yang sangat panjang, kita dapat menggunakan teknik paginasi yang memisahkan konten menjadi beberapa banyak plugins yang dapat membantu kita untuk itu.

  • Kombinasi

    Selain membuat artikel yang jelas, informatif dan enak dibaca, penambahan konten visual seperti gambar dan video cukup penting dalam SEO karena dapat membuat pembaca menjadi lebih betah. Maka sisipkan konten- konten visual di dalam artikel pada posisi yang tepat.

 

Baca Juga  :     Panduan Search Engine Optimization (SEO) Terupdate dan Terbaru di 2020

 

Cara Menulis Artikel SEO

Membuat artikel yang ramah SEO bukanlah sesuatu yang mustahil, meski tak jarang menurut beberapa orang menuliskan artikel SEO sangatlah mudah. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk menuliskan artikel SEO.

  • Menggunakan Keyword yang kemungkinan besar akan dicari oleh para pengunjung website.
  • Anda harus bisa memastikan bahwa artikel yang Anda tuliskan bisa menjawab pertanyaan dari para pengunjung web, sebab mayoritas pengunjung membuka web untuk menemukan informasi yang ia cari.
  • Gunakan keyword dengan fokus yang sewajarnya saja.
  • Artikel yang Anda buat harus dipastikan bahwa memuat informasi yang layak untuk dibaca.
  • Anda bisa memanfaatkan link internal dan link eksternal pada artikel yang Anda buat.
  • Teliti dan lebih memperhatikan elemen penting yang ada dalam blog Anda.
  • Melakukan optimasi pada gambar yang akan diletakkan.
  • Unggah lah konten dalam website Anda secara konsisten dengan jadwal yang teratur.
  • Tuliskan artikel dengan sudut pandang yang unik untuk mendapatkan kesan yang berbeda dari artikel pada umumnya.
  • Buatlah terlebih dahulu struktur artikel Anda agar tulisan tidak bolak balik dan tidak teratur.
  • Mempromosikan artikel.

 

Baca Juga  :     Cara Belajar SEO untuk Pemula : Tips & Trick, Langkah-langkah, dan Hasilnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Membuat artikel yang ramah SEO bisa dikatakan mudah dan juga sulit, sebab bagi Anda yang terbiasa bermain dengan SEO mungkin sudah terbiasa dan merasa lancar dengan hal itu. Namun akan berbeda jika dari sisi para pemula, karena mereka jangankan untuk bermain dengan SEO memahami cara menulis artikel saja masih menilik satu persatu struktur dan tata cara penulisannya.

Jika Anda seorang blogger dan terbiasa dengan SEO, Anda akan mendapatkan kemudahan dan manfaat dari membuat artikel yang ramah mesin pencari. Dengan menuliskan konten yang bermanfaat serta SEO friendly pada website, lama kelamaan Anda bisa saja mendapati website Anda tercantum pada halaman pertama mesin pencari. Hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan oleh para pemula, Anda juga bisa membaca dan mempelajari struktur serta tips dalam menuliskan artikel SEO. Sehingga Anda akan terbiasa dan menanti munculnya website Anda di halaman pertama mesin pencarian.

Related Post :