Cara Efektif, Mudah dan Cepat Riset Keyword YouTube

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Tampilan visual lebih kuat daripada teks atau tulisan dan seringkali lebih disukai hingga bahkan 65% orang belajar lebih baik dari visual. Oleh karena itu orang lebih memilih menonton YouTube yang menampilkan banyak hal dengan lebih interaktif berformat video. YouTube sendiri memungkinkan Anda menyampaikan pesan kepada audiens secara lebih efektif dan memaksimalkan keterlibatan.

Selain juga memberikan retensi informasi yang lebih tinggi, konten format video dapat menghadirkan kesenangan, hiburan, dan variasi pada konten Anda. Disamping juga saluran YouTube menghasilkan uang yang menjadi pendapatan pembuat kontennya. Saluran yang menghasilkan enam angka per tahun tumbuh sebesar 40% dari tahun ke tahun. Peringkat di YouTube dapat membawa sejumlah manfaat, dan penelitian kata kunci adalah cara terbaik untuk menjinakkan YouTube.

Ini membuat pemasaran video menjadi sangat mahal dan kompetitif. Strategi penelitian kata kunci atau keyword YouTube yang tepat harus ada untuk membantu memberi peringkat pada video YouTube Anda dan meningkatkan pendapatan. Riset kata kunci dapat membantu mengurangi biaya dan menjangkau audiens lebih cepat. Kata kunci yang tepat akan menghubungkan video ke pemirsa yang tepat dan memberikan hasil yang luar biasa sesuai dengan target Anda.

 

Tips Memulai Riset Keyword YouTube

Langkah dasar bahkan sebelum Anda menyentuh kata kunci adalah mengidentifikasi audiens Anda, kebutuhan, emosi, dan minat mereka. Konten video yang Anda hasilkan dan cerita yang Anda ceritakan kepada audiens Anda harus berpusat pada kebutuhan mereka. Setelah Anda mendapatkan gambaran yang tepat tentang apa yang dibutuhkan audiens Anda, Anda dapat bekerja untuk menghasilkan video yang tepat untuk minat mereka.

Riset audiens akan memberikan gambaran tentang kata kunci apa yang dapat Anda gunakan untuk riset kata kunci YouTube Anda. Apa sebenarnya yang mungkin dicari audiens? Misalnya, jika Anda menjalankan konten mengenai review film, Anda tahu bahwa review film adalah kata kunci dengan banyak volume pencarian. Tapi ini adalah kata kunci ekor pendek. Anda mengenal audiens Anda dan memahami bahwa kebanyakan dari mereka, katakanlah, mencari review film tertentu yang sedang diputar, viral atau sedang diantisipasi kedatangannya sejak beberapa tahun lalu. Ini dapat membantu Anda memilih kata kunci ekor panjang nantinya. Menargetkan video Anda dengan kata kunci yang tepat dapat menentukan peringkatnya, dan memberi Anda lebih banyak komentar, suka, dan penayangan.

 

Baca Juga  :    Cara Memperoleh View di YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Memahami Cara dan Penempatan Target untuk Keyword YouTube

Cara Efektif, Mudah dan Cepat Riset Keyword YouTube
 

Saat Anda membuat konten tertulis, Anda cukup mengintegrasikan kata kunci target Anda dengan memasukkannya ke dalam konten Anda di tempat yang sesuai. Saat Anda melakukan riset kata kunci untuk saluran YouTube Anda, ada beberapa tempat berbeda yang harus Anda pertimbangkan untuk mengintegrasikan kata kunci target untuk efek maksimal.

 

Meletakkan keyword di tag video Anda

Saat Anda membuat video dan mempostingnya ke YouTube, Anda akan memiliki kesempatan untuk menandai istilah kunci yang Anda inginkan untuk peringkat video Anda. Saat Anda menempatkan keyword di tag, cara kerjanya mirip dengan cara kerja tagar di platform seperti Instagram. Hanya saja tag video berbeda dari tagar yang digunakan beberapa pembuat konten dalam deskripsi video mereka.

Tag video yang tidak dapat dilihat oleh seseorang yang menonton video di YouTube. Saat Anda menambahkan kata kunci target, Anda mengoptimalkan video tersebut agar muncul saat pengguna menelusuri istilah tersebut. Mereka juga memberi tahu YouTube tentang video Anda sehingga mereka dapat menempatkannya dengan benar. Ingatlah bahwa hanya karena Anda menandai salah satu video Anda tidak berarti Anda akan mendapat peringkat nomor satu untuk istilah tersebut saat pengguna menelusurinya.

 

Baca Juga :      Tools/Aplikasi Riset Keyword YouTube dengan SEO Terbaik 2021

 

Meletakkan keyword di sepanjang video Anda

Jika Anda menggunakan kata kunci di seluruh skrip video Anda, Anda akan menuai manfaatnya. Pengguna tetap tertarik saat Anda menyebutkan istilah yang ditelusuri pengguna di video Anda, itu akan membuat mereka tetap tertarik karena itulah yang membuat mereka ingin mengetahui isi konten Anda lebih lanjut. Saat pengguna tetap tertarik dengan video Anda, mereka akan menonton lebih lama dan ini adalah tanda bagus bagi YouTube bahwa video Anda informatif, bermanfaat, dan menyenangkan bagi pengguna, yang akan membantu video Anda muncul lebih tinggi di penelusuran YouTube.

Kata kunci target Anda akan ada di transkrip video Anda. Contoh cepatnya adalah Anda membuat video untuk blog Anda, dan konten blog Anda dibuat dari transkrip video. Saat Anda menyebutkan kata kunci target Anda di seluruh video Anda, itu juga berarti bahwa kata kunci itu akan muncul di konten tertulis Anda di seluruh transkrip Anda. Anda akan mendapatkan manfaat dua kali lipat jika menyertakan transkrip dan tautan ke video YouTube di situs web Anda dikarenakan :

  • Peringkat posting blog Anda tinggi untuk kata kunci yang sama yang Anda targetkan dengan video Anda
  • Anda akan mengarahkan pengguna ke saluran YouTube Anda yang dapat meningkatkan tampilan, pelanggan, dan komentar

 

Tentunya Anda juga ingin memasukkan kata kunci ini dalam deskripsi Anda, yang harus sesuai secara alami atau organik sehingga YouTube dapat memahami tentang video Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Menjadi YouTuber Sukses dan Mendapatkan Uang Banyak untuk Pemula

 

Cara Efektif Melakukan Riset Keyword YouTube

Cara Efektif, Mudah dan Cepat Riset Keyword YouTube
 

Ada penelitian kata kunci atau keyword saja dan kemudian ada penelitian kata kunci yang efektif. Jika Anda ingin memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan kesempatan emas dengan tag viral untuk YouTube, atau mendapatkan peringkat video tertinggi, inilah saatnya untuk mempelajari cara melakukan riset kata kunci terbaik untuk konten saluran YouTube Anda. berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda tempuh :

  • Memanfaatkan alat penelitian keyword

    Alat penelitian kata kunci tidak hanya untuk konten tertulis karena alat ini juga dapat membantu Anda membentuk konten video. Anda juga dapat menggunakan alat atau aplikasi riset keyword populer seperti Ahrefs, Tube Buddy, VidIQ, Morning Fame, dll, untuk membantu Anda menemukan istilah yang dicari oleh audiens target Anda.
    Kata kunci ini tidak hanya dapat membantu menginformasikan topik Anda untuk video mendatang, tetapi juga dapat memberi Anda ide bagus tentang kata kunci apa yang disebutkan dalam video Anda dan digunakan sebagai tag. Sebagian besar alat penelitian kata kunci gratis, tetapi manfaatnya tak ternilai harganya.

  • Periksa saran di bilah pencarian YouTube

    Salah satu cara terbaik untuk melihat apa yang dicari pemirsa Anda di YouTube adalah dengan mulai mengetik di bilah pencarian YouTube. Ketika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan daftar istilah yang dilengkapi secara otomatis yang akan menunjukkan kepada Anda apa yang dicari oleh audiens target Anda.
    Namun, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda juga menargetkan kata kunci terkait, karena kata kunci ini kemungkinan memiliki persaingan yang ketat. Jika tidak ada yang lain, kata kunci ini dapat memberi Anda banyak ide bagus untuk topik konten.

  • Meriset pesaing

    Umumnya YouTuber mempunyai pesaing karena mereka memiliki niche yang sama dan jika milik Anda selalu berada di urutan kurang memuaskan dari hasil pencarian YouTube, inilah saatnya untuk melihat kepada pesaing Anda. Namun Anda tidak boleh menyalin sesuatu kata demi kata, tetapi dapat sangat bermanfaat untuk mengetahui apa yang membuat konten video berdasarkan apa yang ada di bagian atas hasil pencarian.
    Ketika video berada di peringkat teratas pencarian YouTube untuk kata kunci yang ingin Anda ranking, itu untuk alasan yang bagus untuk juga menggunakannya. Ini berarti bahwa pengguna menonton video berdasarkan topik tersebut, bahwa mereka tertarik, dan bahwa mereka ingin mempelajari lebih lanjut yang menjadikannya topik yang bagus untuk Anda liput dalam konten Anda selanjutnya.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Kesimpulan dan Penutup

Kecuali Anda melakukan riset keyword yang efektif, Anda tidak akan bisa menampilkan video Anda di depan audiens yang ingin melihatnya. Sesederhana ketika Anda sudah menghabiskan tenaga dan sumber daya demi menghasilkan konten yang unik serta terbaik, kemudian langsung mempostingnya. Tanpa adanya riset keyword makan video Anda tidak akan mendapatkan penayangan bahkan bisa saja tenggelam tanpa sempat dinikmati.

Sejatinya Anda membuat video karena menurut Anda itu penting, sayangnya Anda tidak repot-repot mencari tahu apa yang sebenarnya ditonton orang secara online. Saat Anda melakukan riset kata kunci, itu adalah tujuan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang dicari audiens Anda di YouTube. Dengan wawasan itu, Anda akan dapat menggunakan kata kunci yang paling berarti bagi pemirsa Anda, dan video Anda kemungkinan besar akan muncul saat mereka menelusuri kata kunci tersebut.

Related Post :