Tips & Langkah Mudah Berjualan Pulsa Online

Serba Serbi, Startup & Bisnis, Tips & Tricks / 0 | | 0

Beberapa dari Anda mungkin ingin memiliki bisnis sendiri sebagai resolusi di awal tahun ini. Tahun 2022 sudah hampir berjalan setengahnya, apakah Anda sudah memulai bisnis tersebut? Jika belum, mungkin cara jualan pulsa online dan rekomendasi aplikasi jual pulsa online ini bisa menjadi solusi bagi Anda. 

Kebanyakan pebisnis pemula menyukai bisnis yang mengoperasikannya mudah dan tidak butuh modal yang terlalu besar agar bisa memulai. Bisnis pulsa dan kuota dapat menjadi pilihan karena bisa Anda mulai sekarang juga dengan modal kecil. 

Saat ini, pulsa dan kuota adalah kebutuhan pokok yang tak bisa dipisahkan dari keseharian hampir semua orang. Jumlah pengguna internet dan smartphone yang terus meningkat pesat dari waktu ke waktu adalah alasannya.

Untuk mulai menekuni bisnis ini, tidak ada batasan usia ataupun pendidikan. Semua orang dapat memulainya segera! Menarik, bukan? Selanjutnya, bagaimana cara jualan pulsa online dan tips suksesnya? Simak informasi lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Elektrik

Cara Jualan Pulsa Online

cara jualan pulsa online

Beberapa tahun belakangan, penggunaan internet sangat penting bagi seluruh aspek kehidupan. Apalagi sejak pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia, semua orang diharuskan untuk beradaptasi dengan aktivitas daring. Mulai dari bidang pendidikan, pekerjaan, perdagangan, dan lain-lain. 

Perkembangan teknologi smartphone juga mendorong orang-orang untuk lebih aktif beraktivitas di internet. Namun, untuk membuka berbagai aplikasi dan website itu, Anda butuh pulsa dan kuota yang cukup. 

Kedua hal ini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang. Karenanya, bisa juga Anda jadikan peluang bisnis yang menjanjikan! Anda bisa mulai berjualan di rumah saja, atau memanfaatkan media sosial. 

Cara jualan pulsa online tak sulit dilakukan bahkan oleh pemula. Untuk memulai bisnis ini, Anda tak perlu melakukan riset pasar, menyediakan modal yang banyak, atau menyewa toko yang besar. Semua orang pasti membutuhkan produk yang Anda jual. 

Selain itu, bisnis ini tidak akan meredup dalam beberapa tahun belakangan. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan ketinggalan tren dan penjualan menurun dalam waktu dekat. Bagaimana cara memulai bisnis pulsa tersebut? Simak tipsnya berikut ini!

  1. Memilih Distributor

Cara jualan pulsa online yang pertama adalah memilih distributor yang tepat. Kualitas distributor tentunya sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda, mereka harus terpercaya dan bisa diandalkan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih distributor. 

Mulai dari harga yang mereka tawarkan, jenis produk yang tersedia, serta minimal deposit. Jika distributor tersebut memiliki produk yang lebih lengkap daripada penjual lainnya, pasti semakin baik. 

Hal ini membuat Anda bisa menawarkan lebih banyak produk pada konsumen Anda nantinya. Penjual yang memiliki produk lengkap tentunya bisa meningkatkan kualitas layanan, pelanggan pun akan semakin percaya dengan bisnis Anda. 

  1. Menentukan Harga Jual

Hal yang harus Anda perhatikan dalam cara jualan pulsa online adalah harga jual yang cocok dengan produk. Sesuaikan margin yang Anda tetapkan dengan harga dari distributor. Selain itu, sebaiknya lakukan riset harga pasar dan kompetitor. 

Sebagai pebisnis pemula, kami menyarankan Anda tidak memasang harga terlalu tinggi. Tujuan utama ketika baru memulai bisnis adalah mencari pelanggan yang loyal, dan harga tinggi membuat Anda sulit mendapatkan pelanggan awal. 

Namun, jangan memasang harga yang terlalu murah juga. Harga yang kelewat murah akan membuat usaha Anda tidak meyakinkan di mata pelanggan. Selain itu, Anda juga akan sulit mendapat keuntungan karena tak sesuai dengan harga jual dari distributor. 

Harga yang tepat adalah kunci sukses bisnis Anda. Karena itu, perbanyaklah mencari tahu harga pasaran agar bisa menetapkan harga yang tepat tapi juga terjangkau bagi pelanggan. 

  1. Beri Pelayanan Maksimal

Kualitas pelayanan terbaik menjadi sesuatu yang penting bagi semua bisnis, termasuk cara jualan pulsa online. Pelayanan yang baik akan memberikan value yang lebih bagi bisnis Anda di mata pelanggan. 

Tak jarang kesuksesan dari sebuah usaha adalah karena penjual memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Hal ini akan membuat pelanggan senang berbelanja di tempat kita, dan menjadikan mereka semakin loyal. 

Bagaimana cara memberi pelayanan terbaik? Bersikaplah ramah dan sopan pada pelanggan. Jika ada yang bertanya soal produk sebelum membeli, jelaskan dengan bahasa yang mudah mereka pahami dan persuasif. Penjual yang tampak memahami produk juga akan menjadi nilai plus. 

Pelayanan optimal tak hanya soal sikap Anda di depan pelanggan saja, tapi juga kecepatan layanan. Jika ada yang membeli pulsa misalnya, kirimlah dengan cepat agar pelanggan tak terlalu lama menunggu. Sebagai penjual, Anda harus cekatan dalam melayani pelanggan. 

  1. Hindari Pembelian dengan Hutang

Hindarilah pembelian secara hutang dalam usahamu. Biasanya, usaha pulsa dan kuota mengambil keuntungan yang tipis dari setiap transaksi. Jika fokus ingin mengambil untung besar, produk Anda justru akan jadi kemahalan dan tak terjangkau pelanggan. 

Namun, sebagai pemilik usaha Anda pasti ingin usaha tersebut lancar dan modal yang Anda tanam membuahkan keuntungan, serta selalu berputar untuk kemajuan bisnis. Pembelian dengan hutang akan menghambat hal ini.

Jika seorang pembeli berhutang kepada Anda, hutang tersebut bisa membuat perputaran modal lebih lambat dan menyulitkan Anda ketika akan membeli produk atau deposit ke distributor. Selain itu, membeli dengan hutang ini juga akan memupuk kebiasaan yang merugikan Anda nantinya. 

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi Indihome dengan Mudah dan Cepat

Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Pulsa Online 

Usaha jual pulsa dan kuota tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Karena itulah, bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang pemula. Bahkan, Anda bisa memulainya dengan modal ratusan ribu saja jika menggunakan smartphone milik pribadi. 

Namun, jika ingin memisahkan HP untuk bisnis dan keperluan pribadi, maka Anda harus menyisihkan modal untuk membeli ponsel lagi. Ponsel yang digunakan untuk berjualan pulsa tak harus mahal. Agar lebih terjangkau, Anda bisa membeli smartphone bekas yang harganya sesuai kemampuan Anda. 

Ponsel tersebut juga tak harus memiliki spesifikasi tinggi, yang terpenting bisa berkirim SMS dan membuka aplikasi jual pulsa online yang Anda gunakan untuk transaksi. Kami menyarankan Anda menggunakan smartphone Android agar memudahkan transaksi dari server distributor ke pelanggan. 

Jika memiliki modal besar, sebenarnya Anda bisa menyewa kios atau toko yang memiliki lokasi strategis. Namun, jika Anda adalah pebisnis pemula yang ingin memulai dengan modal kecil, Anda bisa berjualan dari rumah atau memanfaatkan media sosial. 

Anda juga bisa menawarkan produk kepada orang terdekat seperti tetangga, teman atau keluarga. Ini termasuk pemasaran dari mulut ke mulut yang efektif. Mereka nantinya akan mempromosikan bisnis Anda kepada orang terdekat mereka, begitu seterusnya sehingga Anda memiliki semakin banyak pelanggan. 

Cara jualan pulsa online biasanya mewajibkan Anda untuk mencari distributor dan mendaftar kepada mereka terlebih dahulu. Dulu, Anda harus datang langsung ke agen, tapi sekarang semuanya bisa dilakukan secara online lewat aplikasi. Selanjutnya, Anda juga harus mendepositkan saldo untuk produk yang ingin Anda jual. 

Karena baru memulai bisnis, pilih produk yang bisa Anda jual dengan modal kecil. Selain itu, perhatikanlah produk pulsa atau kuota apa yang paling banyak dicari oleh pembeli. Dengan cara ini, kemungkinan Anda balik modal bisa lebih cepat. 

Rincian Modal

Berdasarkan pembahasan ini, modal yang harus Anda investasikan jika ingin berbisnis pulsa dan kuota kira-kira sebagai berikut:

  1. Deposit pulsa dan kuota ke distributor: Rp 500.000,-
  2. Membeli HP bekas: Rp 700.000,-
  3. Pulsa dan paket data untuk HP: Rp 150.000,-

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Indosat, XL, dan Provider lainnya di Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Jual Pulsa Online

Saat ini, mencari distributor untuk jualan pulsa online bukan hal yang sulit. Banyaknya aplikasi yang menyediakan layanan tersebut dapat mempermudah Anda untuk mulai bisnis pulsa sekarang juga. 

Namun, banyaknya pilihan mungkin justru membuat Anda semakin bingung menentukan. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi jual pulsa online untuk kebutuhan bisnis Anda!

  1. Okekios

Aplikasi jual pulsa online yang pertama adalah Okekios. Aplikasi ini dapat Anda instal di smartphone Android atau diakses langsung melalui website Okekios.com. 

Sebagai agen pulsa, Okekios memiliki harga yang murah dan tersedia selama 24 jam. Karena itu, Anda dapat bertransaksi kapanpun, bahkan tengah malam. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank, e-wallet, Alfamart, atau saldo akun. 

  1. Unitedpay

Aplikasi jual pulsa online yang kedua ini dapat Anda instal di iPhone dan Android. UnitedPay memberikan kebebasan besarnya top up yang Anda inginkan. Pada aplikasi ini, tidak ada minimal top up. Selain itu, pengisian saldonya juga sangat mudah, bisa dari transfer bank atau Alfamart. 

UnitedPay juga sering memberikan bonus bagi yang mendaftar. Misalnya, melalui kode referral, juga tersedia welcome saldo. Anda juga mendapatkan poin untuk setiap transaksi, poin ini nantinya bisa Anda tukarkan. Sangat menguntungkan, bukan? 

  1. Payfazz

PayFazz sebenarnya merupakan aplikasi keuangan berbasis agen. Di aplikasi jual pulsa online ini, tersedia juga berbagai jenis pembayaran dan transaksi digital. 

PayFazz tak hanya menawarkan pulsa saja, tapi juga ada layanan mengisi token listrik bahkan transfer bank tanpa biaya admin! Cara bergabung di PayFazz juga sangat mudah, Anda tinggal mengunduh aplikasinya dan melakukan registrasi secara online. 

  1. AyoPop

AyoPop dapat Anda instal di smartphone Android. Aplikasi ini memiliki harga termurah dan bisa digunakan untuk membayar banyak tagihan, tidak hanya pulsa dan kuota saja. AyoPop juga menyediakan berbagai metode pembayaran untuk kemudahan transaksi. 

Keunggulan lainnya adalah AyoPop memiliki layanan customer service dengan respon cepat. Ini akan memudahkan Anda ketika suatu saat mengalami kendala saat betransaksi menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. Sepulsa

Sepulsa adalah aplikasi jual pulsa online yang bisa Anda jadikan pilihan. Walaupun termasuk baru, harga yang ditawarkan di aplikasi ini termasuk murah dan dapat bersaing dengan aplikasi lainnya. Transaksi yang dilakukan di aplikasi ini juga sangat cepat, pulsa yang dibeli dapat terkirim hanya dalam 30 detik saja.

Sepulsa juga memberikan banyak promo menarik dan hadiah yang bervariasi bagi Anda yang mendaftar. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah fitur Auto Pay yang bisa membuat Anda membayar tagihan secara otomatis agar, sehingga menghindari lupa dan terlambat membayar. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pulsa Gratis di Android dan iOS dengan Mudah dan Cepat

Penutup

Begitulah cara jualan pulsa online yang mudah untuk Anda ikuti. Berjualan pulsa dan kuota diprediksi tetap akan menjadi bisnis yang menguntungkan untuk beberapa tahun ke depan. Sehingga, Anda tak perlu khawatir, dan bisnis Anda bisa terus berkembang. 

Beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika ingin memulai bisnis yang satu ini adalah memastikan kualitas dan kelengkapan produk, memprioritaskan pelayanan maksimal, serta konsisten dan sabar dalam berjualan. 

Bisnis pulsa dapat dimulai dengan modal kecil, dan dalam bisnis jumlah pelanggan biasanya tak menentu. Sehingga, tiap pelaku bisnis akan mengalami waktu balik modal yang berbeda-beda. Beberapa orang bisa balik modal hanya dalam satu bulan, sementara yang lain harus menjalani 3 bulan untuk dapat hasil yang sama. 

Karena itu, kesabaran sangat dibutuhkan untuk menekuni bisnis apapun, termasuk cara jualan pulsa online. Tetaplah bekerja dengan tekun agar bisnis Anda semakin ramai dan berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis pulsa. 

 

Related Post :