Cara Kerja Bisnis Dropship dan Bisnis Model Utamanya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Apabila Anda ingin mulai berjualan online tapi tidak punya modal, maka bisnis dropshipping atau dropship adalah jenis bisnis online populer yang bisa Anda pertimbangkan. Bisnis Dropshipping adalah pintu gerbang yang sangat baik menuju ke ritel online yang membutuhkan input keuangan lebih sedikit daripada toko online biasa, ditambah lagi Anda tidak memerlukan sebuah gudang untuk memulai bisnis dropshipping.

Dropshipping sendiri adalah metode ritel di mana toko tidak pernah secara fisik menyimpan produk yang dijual. Seperti ketika pengecer menjual salah satu produk yang tersedia di situs webnya, pelanggan akan membeli barang tersebut dari pemasok pihak ketiga yang kemudian akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pelanggan akhir. Jadi, dalam melakukan bisnis ini Anda tidak perlu repot – repot untuk melihat, menyimpan, atau mengirimkan barang. Hal ini hanya dilakukan secara efektif dengan cara mengiklankannya untuk pemasok dan memasarkan harga produk, sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan.

Memulai bisnis dropshipping adalah langkah awal yang bagus untuk berwirausaha. Anda dapat menjual produk kepada pelanggan, menetapkan harga produk Anda sendiri dan memasarkan merek Anda sendiri. Bahkan Anda tidak perlu membayar inventaris sampai terjual ke pelanggan yang sebenarnya. Jika Anda bersedia bekerja, Anda dapat membangun merek yang sukses. Tetapi jika Anda masih ragu untuk memulai bisnis online Anda, mari simak penjelasan dibawah ini untuk membantu Anda dalam meluncurkan bisnis dropship pertama Anda.

 

Cara Kerja dan Langkah Memulai Bisnis Dropship

Cara Kerja Bisnis Dropship dan Bisnis Model Utamanya
 

 

Seperti yang diketahui, bisnis dropship merupakan metode pemenuhan pesanan yang memungkinkan pemilik toko menjual langsung ke konsumen tanpa menyimpan inventaris apa pun. Ketika pelanggan membeli produk dari toko dropshipping, pemasok pihak ketiga mengirimkannya langsung kepada pelanggan. Pelanggan akan membayar harga eceran yang Anda tetapkan, lalu Anda membayar harga grosir pemasok, dan sisanya adalah keuntungan untuk Anda. Anda tidak perlu menangani produk atau berinvestasi dalam inventaris. Untuk menjual produk dropshipping terbaik, Anda hanya perlu mendaftarkan akun ke pemasok.

Dalam model bisnis dropshipping, Anda bertanggung jawab untuk membuat situs web dan merek Anda sendiri, serta memilih dan memasarkan produk yang ingin Anda jual. Anda juga bertanggung jawab atas biaya pengiriman dan penetapan harga yang menghasilkan margin keuntungan yang baik. Dropshipping tidak sesulit kelihatannya, dengan kombinasi tekad dan usaha yang sempurna, Anda juga bisa menjadi sukses. Jika Anda tertarik dengan bisnis dropshipping ini, simak langkah- langkah dasar untuk memulai dibawah ini.

  • Pilih Niche (Ceruk Pasar)

    Langkah dasar pertama adalah menentukan niche atau ceruk penjualan yang tepat untuk Anda. Perlu diketahui bahwa setiap niche memiliki kendala yang berbeda, dan masing – masing ditangani dengan cara yang berbeda. Saat Anda baru memulai semua ceruk terlihat potensial dan menarik tapi sangat disarankan kepada Anda untuk memilih niche tertentu dan menjadi ahli serta menguasai bidang yang Anda pilih. Bahkan, dengan berfokus pada niche tertentu, Anda akan dapat menemukan pemasok terbaik, yang sangat penting dan memastikan produk terbaik untuk pelanggan Anda.
    Ketika pelanggan telah mendapatkan produk terbaik di niche yang pelanggan cari, pelanggan akan menyadari bahwa Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang apa yang Anda bicarakan. Akibatnya, pelanggan akan lebih percaya pada toko Anda yang membuat kemungkinan pelanggan akan berkunjung lagi dengan potensi pembelian yang lebih besar.

  • Mencari Pemasok Terpercaya

    Setelah menemukan niche (ceruk pasar) yang dapat menguntungkan Anda, Anda harus mulai mencari pemasok yang dapat diandalkan dan terpercaya. Pemasok hanya fokus pada pembuatan produknya dan mendistribusikannya, tetapi kebanyakan dari pemasok tidak pandai dalam pemasaran.
    Anda dapat mengambil manfaat itu dan berkolaborasi dengan pemasok. Ada ribuan pemasok diluar sana, tetapi Anda harus mencari tahu yang terbaik. Jadi, hal itu tidak akan menjadi tugas yang mudah, namu Anda dapat memulai metode pencarian Anda dengan Google dan mencari rekomendasi serta review dengan referensi yang tinggi dari pengguna jasa pemasok sebelumnya.
    Anda dapat menuliskan beberapa kata kunci sederhana untuk mengetahui pemasok potensial berdasarkan niche Anda. Setelah Anda menemukan pemasok Anda, mulailah menghubungi pemasok Anda dan diskusikan semuanya secara mendetail. Termasuk pertanyaan terkait pengiriman, pastikan tentang kemampuan pengiriman pemasok Anda dan pastikan apakah pemasok Anda dapat memuaskan pelanggan atau tidak.

  • Bangun Toko Anda

    Tahap berikut yang sama krusialnya adalah Anda harus membangun toko e-commerce Anda sendiri. Dalam membangun toko Anda, pikirkanlah dari mana Anda akan mendistribusikan produk Anda pada akhirnya. Sejujurnya, Anda tidak perlu menjadi seorang profesional dan bahkan tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk hal ini. Banyak sekali platform yang tersedia dan pastikan diri Anda untuk membuat desain yang menarik.

  • Promosikan Bisnis Anda

    Sama dengan cara bisnis lain untuk mengukuhkan nama mereka dan membuatnya dikenali serta menjual produk/jasa mereka, iklan dan promosi adalah hal yang tidak bisa Anda abaikan. Promosi adalah jalan utama yang harus Anda lakukan agar calon pelanggan mengetahui mengenai brand serta apa yang Anda jual. Ada beberapa cara untuk mempromosikan bisnis Anda, seperti :
    a) Pemasaran Media Sosial.
    b) Iklan Berbayar.
    c) Pemasaran Konten.
    d) Pemasaran Email.

  • Optimalkan dan Analisis

    Ada beberapa taktik yang bisa Anda coba salah satunya adalah SEO untuk memberi Anda visibilitas di Google. Anda dapat mempelajarinya dan menerapkannya ke toko Anda. Sebaliknya, Anda dapat mempekerjakan seseorang yang dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk menerapkan taktik SEO yang tepat. Hal Ini akan memberi Anda dorongan dan membuat Anda terlihat di hasil pencarian.
    Anda Juga dapat menganalisis dan memantau situs web Anda dengan informasi yang lebih dalam lagi, yaitu dengan Google Analytics yang akan memberi Anda setiap detail tentang pengguna dan informasi yang berguna sebagai panduan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Afiliasi Bagi Pemula

 

Tips Memulai Bisnis Dropship Untuk Pemula

Bisnis dropship bisa menjadi model bisnis yang menguntungkan jika Anda bersedia meluangkan waktu dan meneliti untuk menemukan produk mana yang paling laku untuk target pasar Anda. Menuju kesuksesan atau mendapatkan keuntungan dari memulai suatu bisnis adalah hal yang tidak mudah. Pasti ada beberapa kesalahan dan ketidak pahaman yang akan terjadi pada Anda. Maka dari itu untuk menghindarinya, berikut ada beberapa tips untuk Anda terutama untuk pemula yang ingin memulai bisnis dropshipping.

  • Jangan mencoba untuk bersaing dengan harga saja
  • Hindari menjual produk yang sama dengan orang lain
  • Fokus pada niche (ceruk pasar) yang benar-benar Anda kuasai
  • Tawarkan paket produk Anda
  • Jual produk yang Anda ketahui
  • Cobalah marketplace yang berbeda
  • Berikan layanan yang unggul dan dapat diandalkan
  • Lakukan eksperimen dengan tarif pengiriman
  • Optimalkan deskripsi produk Anda
  • Mengelola inventaris dengan teliti dan mencari pemasok-pemasok yang kredibel serta terpercaya

 

Baca Juga  :    Kumpulan Ide Peluang Usaha Online Modal Rendah Selama Pandemi

 

Bisnis Model Utama Bisnis Dropship

Cara Kerja Bisnis Dropship dan Bisnis Model Utamanya
 

Model bisnis dropshipping dengan kata lain adalah toko yang tidak memiliki stok. Bisnis ini beroperasi dengan membeli produk dari pemasok pihak ketiga biasanya grosir atau produsen -yang mengirimkannya langsung ke konsumen akhir. Jadi, tidak perlu ada persediaan dan penjual tidak harus menangani produk. Jenis bisnis dropship biasanya merupakan pilihan yang baik untuk pengusaha, terutama pemula, karena tidak perlu membuka toko fisik, dan itu biasanya berarti investasi yang lebih kecil. Jadi, dropshipper pada dasarnya adalah perantara yang memulai bisnis mereka dari mana saja dengan menggunakan laptop dan internet. Berikut ini model bisnis dropshipping di kanvas model bisnis :

  • Segmen pelanggan dropshipping disini adalah bisnis dropshipping menargetkan konsumen akhir yang biasanya hanya berada di media sosial dan dapat membeli secara impulsif dengan biaya akuisisi yang rendah.
  • Proposisi nilai dropshipping ketika model biasanya mencoba menawarkan sesuatu yang unik, yang biasanya tidak banyak tersedia di toko-toko umum.
  • Saluran dropshipping untuk bisnis ini biasanya memiliki toko e-niaga sendiri atau menggunakan pasar pihak ketiga. Produk dikirim langsung dari pemasok kepada para pembeli.
  • Penjualan self service dibuat untuk menjaga biaya tetap rendah, tetapi dropshippers yang serius membutuhkan dukungan pelanggan yang baik untuk menangani masalah pengiriman dan pengembalian.
  • Aliran pendapatan dropshipping utama adalah dari penjualan produk adalah satu-satunya aliran pendapatan.
  • Kesepakatan dengan pemasok dan rangkaian proses bisnis yang baik adalah sumber daya mendasar dari bisnis dropship.
  • Pembelian media adalah aktivitas utama jenis bisnis ini dan tidak terkecuali dukungan pelanggan.
  • Kemitraan yang paling penting adalah dengan pemasok produk. Kualitasnya berdampak langsung pada kepuasan pelanggan dan kesehatan bisnis.
  • Biaya terbesar adalah biaya produk pemasok, diikuti oleh iklan dan dukungan pelanggan yang menjadi struktur utama biaya bisnis dropship.

 

Baca Juga  :     Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara keseluruhan, bisnis dropshipping bisa menjadi cara yang fantastis untuk memulai ritel online, dan bisa menjadi proyek sampingan bagi Anda yang bekerja penuh waktu. Bahkan bisnis bisnis dropshipping bisa menjadi usaha mandiri yang menguntungkan karena sangat mudah dan murah untuk memulainya. Siapa saja bisa melakukan bisnis ini tanpa batasan umur maupun batasan tempat tinggal.

Meski bisnis dropshipping bukanlah cara yang sempurna dan bebas stress untuk membangun bisnis online yang sukses. Kerja keras selalu diperlukan untuk memulai bisnis dropshipping. Bisnis ini memiliki beberapa keunggulan yang pasti, tetapi dilengkapi juga dengan sejumlah kompleksitas bawaan yang harus Anda atasi. Walaupun memulai bisnis dropshipping adalah salah satu cara tercepat untuk memulai dan menjalankan bisnis, ingatlah bahwa ini bukan jalur cepat menuju pendapatan pasif. Layaknya semua bisnis tanpa terkecuali, bisnis dropship yang sukses membutuhkan kerja aktif untuk tumbuh sehingga pelanggan senang dan kembali menggunakan produk/jasa Anda.

Related Post :