Tutorial Cara Lengkap Membuat Daftar Pustaka [LENGKAP]

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 1

Membuat daftar pustaka adalah suatu hal pokok juga vital di dalam penyusunan sebuah karya tulis ilmiah, demikian ini umumnya banyak dicari oleh banyak orang yang menempuh pendidikan atau dalam sebuah penelitian misalnya mahasiswa.

Saking pentingnya daftar pustaka bisa melihat darimana saja rujukan buku yang diambil dalam penelitian atau karya yang ditulis tersebut. Daftar pustaka wajib kita cantumkan sebagai sitasi dalam penulisan misalanya karya ilmiah, skripsi maupun thesis.

Biasanya banyak sekali kesalahan dalam tata letak penulisan daftar putaka ini, mulai dari tau, judul, dan nama sebenarnya harus diurutkan. Terutama nama juga harus berdasarkan abjad. Nah, untuk mengurangi berbagai kesalahan dalam menulis daftar pustaka. Yuk, simak artikel berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word

 

Mengenal Apa Itu  Daftar Pustaka

 

Membuat daftar pustaka dilakukan dengan cara menulis daftar pustaka, yaitu suatu cara dala, sebuah penulisan karya tulis ilmiah juga skripsi yang berada pada akhir skripsi juga thesis ataupun karya ilmiah, digunakan sebagai sumber juga referensi oleh penulis.

Dengan demikian, tentu saja semua dosen pengampu menginginkan kepada mahasiswanya agar menyertakan dengan lengkap daftar pusteka pada setiap akhir karya tulis ilmiahnya. Perlu diketahui bahwa andaikan penulisan dalam daftar pustaka biasanya yaitu dituliskan secara urut dengan huruf abjad yang terdiri atas, nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, identitas penerbitan juga lokasi penerbitan.

Aturan yang dilakukan sejatinya dalam satu lembaga dengan lembaga lainnya sama, meski masih ada yang memberikan aturan berbeda apalagi berkaitan dengan tanda baca juga urutan penulisan. Semuanya tinggal tergantung dari ketentuan tempat menuntut ilmu di masing-masing tempat.

Baca Juga : Tutorial Cara Cek KTP Secara Online (Valid)

 

Tujuan Membuat Daftar Pustaka

 

Tujuan membuat daftar pustaka antara lain membantu pembaca supaya bisa mencari denga detail yang terkait dalam penulisan karya tulis ilmiah menggunakan cara membaca pada sumber lain yang berada pada daftar pustaka yang telah atau sedang anda tuliskan.

Tujuan lainnya dari daftar pustaka adalah bentuk atas apresiasi kepada penulis akan karya tulis orang lain yang telah di jadikan rujukan data masukan di dalam penyusunaan kalimat, di dalam sebuah karya tulis yang anda buat.

Adanya fungsi seperti ini bisa menunjukkan anda tidak membuat karya tulis secara asal-asalan, namun anda benar-benar membuat tulisan sesuai dengan rujukan atau referensi yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan ketentuan semacam ini bisa membuat anda melakukan antisipasi atas tuduhan pencomotan atau plagiarisme intelelektual.

 

Tips Membuat Daftar Pustaka

 

Dalam penulisan daftar pustaka terdapat aturan yang harus di jalankan oleh para pembuat karya tulisan, dan biasanya tata cara umum yang digunakan adalah [NA-TA-JU-KO-PE]:

 

  • Nama penulis [NA]
  • Tahun terbit [TA]
  • Judul buku atau karya [JU]
  • Tempat terbit [KO]
  • Nama penerbit [PE]

 

Cara pembuatan daftar pustaka harus dituliskan sesuai aturan yang telah ditetapkan, anda tidak dapat dengan seenaknya sendiri menulis daftar pustaka dengan sembarangan, misalkan anda asal comot sini dan comot sana dari isi yang ada pada artikel juga karya tulis ilmiah milik orang lain. maka berkaitan dengan tata cara umum penulisan daftar isi penjelasannya sebagai berikut:

 

1) Nama penulis,

Bagi penulisan yang punya 2 kata atau lebih, penulisannya adalah dengan membalik nama, yang mana elemen dari nama kedua dijadikan pada tulisan pertama dan elemen yang ada di elemen pertama nama asli dijadikan elemen di nama kedua pada daftar pustaka. Dari masing-masing elemen di gunakan tanda pemisah yaitu koma (,).

Misalkan,

Penulis buku adalah Susilo Bambang Yudhoyono, maka penulisan dalam daftar pustaka adalah: Yudhoyono, Susilo Bambang.

Catatan :
Andaikan penulisnya terdapat 2 orang, maka nama yang dibalik hanya pada nama penulis yang pertama, kemudian antara nama dari pengarang yang pertama dengan kedua dlusikan dengan kata “dan”.

 

Andaikan penulisnya ada 3 orang bahkan lebih, anda cukup menuliskan nama pengarang pertamanya saja (namun tetap ditulis dengan dibalik, jika namanya ada 2 elemen bahkan lebih) dibarengi menggunakan kata “dkk” atau dan kawan-kawan.

Misalkan:

Buku ditulis oleh empat orang, yaitu Faiz Muhammad, Faishal Ahmad, Lukman Hakim, serta Sulthon, dengan demikian pada penulisan di daftar pustaka cukup di tulis : Muhammad, Faiz dkk.

 

Penulisan daftar pustaka tidak memerlukan cantuman gelar kebangsawanan, akademik bahkan gelar agama.

Misalkan:

Arya Putra, S.Pd di dalam daftar pustaka hanya ditulis: Putra, Arya.

 

Urutan penulisan daftar dimulai dari samping kanan, dimulai dari : nama penulis (dibalik, diakhiri dengan tanda titik, tahun terbitan (andaikan tidak ada, ditulis saja dengan “Tanpa Tahun”, dan diakhiri dengan tanda titik (.)), nama kota pada tempat terbit buku tersebut (diakhiri dengan tanda titik dua), terakhir di bagian nama penerbit (diakhiri dengan titik).

Misalkan :

Sebuah buku dengan judul Master Your Mind Design Your Desnity penulisnya Adam Khoo. Pd di pernerbitan tersebut adalah PT Gramedia, Jakarta, di ciptakan tahun 2015. Dengan demikian membuat daftar pustaka adalah: Khoo, Adam. 2015. Master Your Mind Design Your Desnity. Jakarta: PT. Gramedia.

 

Penulisan pada judul buku atau karya tulis ilmiah harus dituliskan dengan italic atau miring. Format membuat daftar pustaka harus dilakukan secara berurutan, yaitu dari sampai Z disesuaikan dengan huruf di awal dari nama penulis buku.

 

2) Andaikan nama penulis yang ada dalam buku lebih dari dua kaya.

Membuat daftar pustaka yaitu, nama belakang koma (,) nama depan (spasi). (titik) Judul Buku (dicetak italic atau miring (titik) kota penerbitan buku : (titik dua) nama penerbit.

Misalkan:

Nama penulis buku : Narko Dinar Prasetyono

Prasetyono, ND. 2012. Bedah Lengkap Grafologi. Yogyakarta: Diva Press

 

Apabila nama dari penulis buku lebih dari satu orang

Nama belakang penulis 1 (koma), nama depan penulis 1 (koma), Nama penulis 2 (titik). Tahun terbit (titik). Judul tulisan atau buku (italic kemudian titik), Kotaa penerbitan (titik dua) nama penerbitan buku. Nama belakang (koma), Nama Depan (koma), dkk (titik). Tahun penerbutan (titik). Judul karya tulis (italic dan titik). Kota terbit (titik dua) Nama Penerbitan buku.

Misalkan:

Nama penulis buku :Mulyono Notosoedirdjo dan Latipun

Notosoedirdjo, M, Latipun. 2014. Kesehatan Mental. Malang : UMM Press

 

3) Sumbernya buku terjemahan

Membuat daftar pustaka adalah : Migley F. 2005. Pembangunan Sosial. Tindilinting P, penerjemah. Jakarta (ID) : Gramedia. Terjemahan dari : Social Development.

 

4) Membuat daftar pustaka dari Jurnal, makalah, bahkan Laporan

Nama Pengarang (titik0. Tahun (titik). Judul karya tulis (italic dan titik). Volume (tulis nomor dan titik dua) : halaman.

Misalkan:

Kalidjernih FK. 2011. Some notes on the relationship between language use and moral character : a casa of linguistic corruption in Indonesian. Linguistik Indonesia. 29 (2) :167 – 184.

 

5) Membuat daftar pustaka dri skripsi, tesis, juga disertasi.

Nama penulis (titik). Tahun Penerbitan (titik) Judul karya tulis (huruf tegak ) [ jenis dari publikasi] (titik). Tempat Insstitusi yang mengeluarkan (kode negara dan titik dua) : Nama Institusi yang mengeluarkan karya tulis tersebut.

Misalkan:

Verina S. 2011. Perubahan Pola Asuh Masyarakat Bogor [Skripsi]. Bogor (ID) : Institusi Pertanian Bogor

 

Itulah beberapa cara secara umum dalam membuat daftar pustaka, aturan daftar pustaka sendiri sejatinya tidak ada yang pakem. Sebab setiap institusi punya ketentuan masing-masing.

Baca Juga : Tutorial Import dan Eksport Database Localhost ke Hosting

 

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Aplikasi Mendeley

 
 

Setelah membahas bagaimana cara membuat daftar pustaka secara manual, mengenai urutan dan tata letak dalam penulisan daftar pustaka. Yuk, simak cara praktis membuat daftar putsaka menggunakan aplikasi mendeley berikut ini :

 

1. Install aplikasi mendeley, Jika belum ada, anda dapat menginstall aplikasi ini didesktop anda https://www.mendeley.com/download-desktop-new/.

2. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop.

Jika belum ada, maka anda dapat mengupload jurnal atau buku dalam bentuk pdf kedalam Aplikasi Mendeley ini. Misalnya : Inventory Centralization decision framework for spare parts, Gregersen, Nicklas Gregers,Hansen, Zaza Nadja Lee. 2018. Production Engineering. 

 

 

3. Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika tulisan-nya masih “Install MS Word Plugin”, berarti Anda belum menginstall-nya. Klik tombol tersebut untuk meng-install.

 

 

4. Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

 

 

5. Setelah installasi berhasil, Akan terlihat jendela berhasil. Selain itu, tulisan “Install MS Word Plugin” akan berubah menjadi “Uninstall MS Word Plugin”.

 

 

6. Pada Microsoft Word, dibagian references, akan terlihat menu “Mendeley Cite-O-Matic”.

 

 

7. Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi.

 

 

8. Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word.

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu. dan Klik tombol “Insert Citation” dan cari nama artikel yang ingin direferensi. Jika data yang ditampilkan sudah benar, klik “OK”.

 

 

9. Referensi akan secara otomatis muncul berdasarkan dengan “Style” referensi yang dipilih.

 

 

10. Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.  Selesai.

 

 

Nah, bagaimana menurut anda? Praktis bukan menggunakan aplikasi mendeley ini? selain dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam penulisan. Aplikasi ini juga membuat anda tidak perlu repot menuliskan sitasi yang ada didalam daftar putsaka.

Mendeley juga dapat mengurutkan daftar pustaka bersadarkan tahun. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok jika anda sedang mengerjakan skripsi atau karya ilmiah yang membutuhkan banyak referensi dan jurnal kedalam tulisan anda.

 

Kesimpulan dan Penutup

Daftar Pustaka merupakan sebuah bagian yang wajib kita cantumkan apabila kita membuat sebuah karya ilmiah. Didalam daftar pustaka bersisi beberapa jurnal atau buku referensi yang kita berikan sitasi didalam karya ilmiah yang kita buat.

Namun, biasanya kita masih salah dalam menentukan tata letak daftar putsaka ini. Kita harus memperhatikan beberpa bagian seperti : Nama penulis, Tahun terbit, Judul buku atau karya, Tempat terbit hingga Nama penerbit. Urutan ini yang biasanya banyak orang susah untuk menerapkannya. Sehingga cenderung salah dalam menempatkannya.

Kini, setelah anda mengetahui cara penulisan dalam daftar pustaka, anda dapat memanfaatkan aplikasi mendeley agar mempermudah anda melakukan sitasi secara praktis. Mendeley juga dapat lebih akurat dalam menulis beberapa jurnal dan buku yang anda cantumkan secara otomatis. Semoga bermanfaat!

 

Related Post :

popup image