Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan WordPress

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apa itu WordPress? Nah pasti kata kata wordpress sudah tidak asing bagi anda? WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.

WordPress umumnya digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia tulis menulis, mereka biasanya menggunakan platform sejenis untuk wadah tulisan mereka. Tidak hanya berisi tulisan tapi juga disertakan dengan foto maupun video yang mendukung, tulisan-tulisan ini nantinya akan berselancar di ranah pencarian internet untuk ditemukan oleh orang-orang.

Platform WordPress sudah dikenal lama pengguna internet, tak hanya dari kalangan blogger tetapi juga orang awam. Mereka ini adalah orang-orang yang menikmati konten yang tersaji di dalam internet, entah itu untuk kepentingan mencari materi hingga untuk pekerjaan. Beberapa orang menggunakan WordPress untuk pekerjaan sampingan, beberapa lainnya menggunakan WordPress sebagai wadah untuk pekerjaan utamanya.

 

Mengenal Apa itu WordPress

WordPress adalah platform CMS yang paling populer dan banyak digunakan di dunia saat ini. Platform ini merupakan salah satu Content Management System yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Dengan menggunakan WordPress dalam membuat website, maka pengguna tidak lagi perlu untuk memahami teknis bahasa pemrograman. Ini adalah poin penting dari WordPress yang membantu para pemula yang ingin membuat website dengan mudah dan cepat hanya dengan hitungan menit saja.

Sejarah WordPress sendiri pertama kali dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada awal tahun 2003 silam. Keresahan mereka bermula ketika mereka resah untuk melakukan publishing secara online dan diperparah dengan dihentikannya fitur B2 dan Cafe Blog. Matt dan Mike memutuskan untuk membuat sebuah layanan publikasi secara online buatan mereka sendiri. Pada mulanya WordPress pertama kali rilis pada tahun 2004 meskipun waktu itu tampilannya masih sangat sederhana, namun begitu masih terdapat fitur-fitur yang tetap dipertahankan hingga sekarang.

Dari tahun ke tahun WordPress terus berbenah dan berkembang seiring perkembangan zaman. Bahkan, sekarang terdapat 2 jenis alamat WordPress yang berbeda yang bisa digunakan hari ini. Alamat tersebut adalah WordPress(dot)com dan WordPress(dot)org yang mana kedua alamat ini memiliki fungsi yang berbeda. Bagi para pengguna WordPress yang menginginkan membuat blog secara cepat dan mudah bisa menggunakan alamat WordPress(dot)com. Sedangkan bagi mereka yang memiliki kebutuhan dan keinginan untuk mengkostumisasi website dapat menggunakan alamat WordPress(dot)org.

 

Baca Juga  :   Trend Website WordPress Terbaik dan Favorit di Tahun 2021

 

Keunggulan yang Dimiliki WordPress

Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan WordPress
 

WordPress memiliki keunggulan dari platform blog gratis lainnya, hal ini bisa Anda lihat dari ulasan berikut.

 

  1. Segi Penggunaan

    Jika Anda ingin menggunakan WordPress, Anda harus menginstall terlebih dahulu serta mengaktifkan WordPress tersebut. Akan ada sejumlah fitur dan opsi yang ditawarkan kepada Anda. Beragam fitur yang ditawarkan memberikan keunggulan untuk pengguna WordPress karena Mereka bisa menggunakan kreatifitas yang dimilikinya untuk membuat suatu konten.

  2. Segi Performa

    WordPress juga sebenarnya mempunyai waktu loading yang cepat. Namun, karena platform WordPress yaitu self-hosted, maka performa dari website atau blog Anda akan lebih bergantung kepada provider hosting yang Anda pilih. Nah, agar waktu loading website Anda tidak lambat, Anda tentu harus mampu mengelola dan mengontrol semua konten yang ada di website Anda supaya kecepatan loading tidak menjadi permasalahan besar. Dengan WordPress, agar Anda bisa mengembangkan dan mengelola website agar mempunyai performa yang tinggi tentu banyak hal yang Anda butuhkan, termasuk fleksibilitas.

  3. Segi Keamanan

    Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa WordPress sering menjadi incaran Hackers. Platform WordPress yang merupakan platform open-source, membuat para Hackers mengincarnya. Namun, jangan khawatir karena merupakan platform open-source, WordPress memberi kesempatan untuk para user platform tersebut agar dapat melindungi website yang dimilikinya menggunakan berbagai cara. Anda bisa menggunakan provider yang menyediakan keamanan canggih sehingga tidak mudah ditembus oleh para Hacker. Selain itu, pengaturan website Anda juga bisa Anda ubah agar bisa meningkatkan keamanan. Anda bisa mengubah keamanan tersebut dengan mengunduh plugin keamanan atau melakukannya secara manual.

  4. Segi Fleksibel

    WordPress mempunyai tingkat kustomisasi tinggi. Platform ini memiliki ribuan plugin serta tema yang gratis maupun tema berbayar. Selain itu, Anda bahkan bisa mengkombinasikan tema yang gratis dan juga berbayar ketika membuat website.

 

Kekurangan yang Dimiliki WordPress

Selain beberapa keunggulan yang dimilikinya, WordPress tentu tak lepas dari sisi kekurangannya. Berikut ulasannya.

 

  • Kecepatan

    Interface yang menarik ternyata bisa membuat kecepatan sebuah website menjadi lambat, itu disebabkan banyaknya plugin yang dipasang pengguna pada website miliknya. Kecepatan akses yang menurun bisa menjadi penyebab menurunnya kinerja dari suatu website, hingga lama kelamaan website milik Anda akan tenggelam dari mesin pencarian oleh website serupa yang lebih cepat.

  • Keamanan

    Meski keamanan menjadi hal yang paling diprioritaskan oleh pengembang dari WordPress, namun peluang terjadinya peretasan masih tetap ada. Apalagi jika pengembang dari WordPress dilibatkan oleh berbagai pihak di dalam komunitas, faktor keamanan bisa hilang jika pengguna jarang melakukan update mandiri.

  • Plugin

    Pada WordPress tersedia lebih dari 50.000 plugin yang bisa digunakan secara gratis, sehingga ada banyak sekali fungsi yang bisa Anda gunakan pada website Anda. Namun sayangnya itu justru menjadi salah satu kekurangan yang dimilikinya, pasalnya plugin-plugin yang ada dikembangkan oleh pihak ketiga. Sehingga hal ini tidak serta merta menjamin kualitas, keamanan, dan jalannya plugin yang ada.

  • Terbatas dalam Pengembangan

    Untuk mendapatkan tampilan dan fungsi yang baik, tidak cukup hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman php, javascript, CSS, atau HTML saja.

  • Tema dan Warna

    Website yang dikembangkan oleh WordPress umumnya memiliki warna dan tema yang monoton dan hampir sama, sehingga kurang bisa menunjukkan karakter yang kuat bagi penggunanya. Berbeda dengan versi berbayar yang lebih banyak tema dan warna berbeda, dengan menggunakan warna yang mirip tentu akan menyebabkan turunnya branding suatu perusahaan.

 

Baca Juga  :   Gutenberg WordPress : Pengertian, Fitur, Keunggulan dan Kelemahannya

 

Cara Membuat WordPress

Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan WordPress
 

Untuk membuat blog atau website dengan menggunakan WordPress, Anda harus mengenal lebih dulu seluk beluk yang dimiliki oleh WordPress. Sehingga semakin Anda memahami WordPress, Anda akan lebih mudah membuatnya dengan cara berikut.

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan nama website Anda yang akan menjadi alamat URL nantinya, langkah ini bisa digunakan sebagai pengecekan apakah nama website Anda sudah digunakan atau belum. Berikan nama yang unik pada website Anda agar tidak sama dengan milik orang lain.
  2. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengisian form pendaftaran, form tersebut berisi kolom-kolom yang digunakan untuk mengisi informasi yang benar. Informasi tersebut umumnya untuk mengisi alamat email, nama pengguna, dan kata sandi yang akan Anda gunakan ketika hendak masuk ke halaman kontrol WordPress milik Anda.
  3. Pastikan untuk menggunakan alamat email yang aktif dan sering digunakan, email yang bisa digunakan beragam mulai dari Google, Yahoo, atau lainnya. Setelah pendaftaran dilakukan dengan menggunakan alamat email yang Anda masukkan, WordPress akan mengirimkan pesan konfirmasi pendaftaran menggunakan akun email milik Anda. Jika alamat benar dan sesuai, maka Anda bisa melakukan konfirmasi ke pesan tersebut.
  4. Gunakanlah nama pengguna yang mudah untuk diingat, dengan sifatnya yang eksklusif Anda hanya bisa menggunakan nama tersebut untuk satu akun saja. Jika nama pengguna yang Anda masukkan ditolak, itu berarti nama tersebut sudah pernah digunakan dan Anda harus memilih nama lain yang belum digunakan. Umumnya nama blog yang bisa Anda gunakan akan dilengkapi dengan keterangan berupa centang hijau, namun akan muncul centang merah jika nama tersebut sudah ada digunakan.
  5. Kata sandi yang digunakan juga haruslah unik, jangan membuat kata sandi yang mudah untuk dibobol dan mudah diketahui banyak orang. Kata sandi yang unik tentu membuat kekuatan yang dimilikinya lebih besar sehingga akan sedikit lebih sulit terjadi pembobolan.
  6. Setelah semua pendaftaran awal dengan data dasar tadi, Anda sudah bisa melakukan pembuatan blog. Saat sudah mengkliknya, Anda sudah resmi memiliki blog dan tinggal mengisinya.
  7. Setelah masuk ke akun blog yang dimiliki, Anda harus melakukan beberapa pengaturan singkat yang ada, kurang lebih ada sekitar lima langkah untuk keseluruhan pengaturannya.
  8. Jangan lupa untuk melakukan aktivasi email sebagai tanda bahwa akun email yang didaftarkan benar milik Anda sendiri.
  9. Apabila sudah aktif dan melakukan login, Anda bisa masuk dan menggunakan dashboard panel admin milik blog Anda.

 

Baca Juga  :    Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Tak jauh berbeda dengan blogspot, WordPress juga merupakan salah satu media posting tulisan foto dan video yang banyak digunakan oleh para content writer atau blogger. Dengan banyak kemudahan yang ditawarkan ternyata tidak serta merta membuat platform ini luput dari kekurangan, dengan kekurangan yang ada bisa menjadi penghambat para penggunanya.

Namun jika Anda seorang pemula dan ingin menggunakan WordPress sebagai wadah untuk menulis kegiatan sehari-hari dan tidak memuat informasi yang teramat penting, Anda bisa menggunakan platform satu ini untuk membantu Anda. Beda lagi jika website yang dibuat digunakan untuk kepentingan dalam berbisnis, maka tentu memerlukan pemeliharaan yang ekstra serta website yang bagus dan terjamin keamanannya.

Related Post :