Cara Membuat Blog di Platform Blog Besar

Informasi / 0 | | 1

Salah satu kesalahpahaman tentang memulai blog adalah Anda harus mempunyai keahlian menulis yang hebat untuk sukses sebagai blogger. Namun tidak selalu begitu karena orang biasanya membaca situs blog untuk mendapatkan perspektif pribadi tentang berbagai hal, jadi kebanyakan blogger menulis dengan gaya yang sangat informal dan percakapan.

Berdasarkan formatnya, banyak blogger sukses akan menulis tentang berbagai topik di blog yang sama. Selain itu, Anda tidak perlu menjadi ahli dalam topik apa pun yang Anda tulis untuk memiliki blog yang sukses. Misalnya, pengunjung blog memasak tidak ingin membaca buku teks dari ilmuwan makanan, mereka ingin mendengar pengalaman seseorang yang benar-benar memasak makanan, kesalahan, dan sebagainya.

Untuk menjadi sukses sebagai blogger sebenarnya hanya ada satu persyaratan yaitu Anda harus mempunyai minat untuk topik penulisan Anda. Intinya, blogging adalah tentang berbagi pengetahuan Anda dengan dunia. Menulis tentang hal-hal yang Anda sukai membuat proses memulai blog yang sukses jadi lebih mudah. Selama Anda menulis tentang hal-hal yang benar-benar Anda minati, maka blog Anda akan dikenali dan membuat pengunjung Anda tetap tertarik.

 

Tips Memulai Blog

Cara Membuat Blog di Platform Blog Besar
 

Ada banyak alasan untuk memulai sebuah blog dan menulis. Meskipun begitu, tips untuk memulainya mempunyai cara yang sama dan berikut ini beberapa poin utama yang perlu Anda ketahui untuk membuat blog impian Anda.

  • Memilih niche dan nama

    Niche blog Anda adalah pasar (topik) tertentu yang akan Anda targetkan. Pilih topik yang Anda sukai. Dalam hal penamaan blog, Anda dapat menggunakan nama Anda atau kombinasi kata deskriptif yang mudah diingat serta ditulis.

  • Memilih platform blogging

    Langkah selanjutnya adalah menemukan situs blog yang paling sesuai untuk mulai membangun blog Anda sendiri. Ada banyak pilihan platform dan Anda lebih dianjurkan untuk menggunakan platform blog besar yang mempunyai dukungan terbaik.

  • Membeli hosting blog dan domain

    Perusahaan web hosting bertindak sebagai fondasi blog Anda dan membuatnya tersedia online 24/7. Nama domain adalah nama yang digunakan untuk membuat blog Anda dikenal secara online yang merupakan alamat web Anda yang unik di Internet selain juga sebagai identitas blog Anda.

  • Membangun dan mendesain blog

    Dengan kemudahaan saat ini, Anda tidak perlu menjadi desainer web atau pengembang profesional untuk membuat blog Anda terlihat indah. Setelah Anda menginstal perangkat lunak blog pilihan Anda, manfaatkan tema, template, fitur atau plugin yang tersedia berdasarkan preferensi Anda.

  • Membuat konten yang bermanfaat dan unik

    Sekarang, Anda dapat mulai menulis dan memposting informasi secara online. Saat Anda mengerjakan blog, perlu diingat bahwa yang terpenting adalah membuat konten bermanfaat yang akan disukai pembaca dan ingin kembali lagi.

 

 

Cara Membuat Blog di Platform Besar

Cara Membuat Blog di Platform Blog Besar
 

Tidak hanya blogger professional, blogger pemula juga biasanya menggunakan platform besar yang gratis dan mengembangkan situs blog mereka dari situ. Mari simak rekomendasi platform pembuatan blog di beberapa platform terkenal di bawah ini.

 

Membuat Blog di WordPress.org

WordPress.org adalah raja situs blog gratis, tetapi Anda perlu membangun situs itu sendiri setelahnya. Anda juga harus meng-host sendiri perangkat lunak tersebut. Meskipun Anda dapat menemukan beberapa hosting WordPress gratis, strategi jangka panjang yang lebih baik adalah membayar jumlah yang moderat untuk host WordPress yang solid. Karena Anda menghosting sendiri perangkat lunak WordPress, Anda memiliki kendali penuh atas tampilan dan fungsi situs Anda, serta cara Anda menghasilkan uang dari situs Anda.

Tetapi sisi sebaliknya adalah bahwa proses penyiapannya sedikit lebih praktis. Di sisi sebaliknya, ada WordPress.com, yang merupakan wajah lain dari WordPress yakni platform yang sebagian besar digunakan untuk blog pribadi karena mudah disiapkan dan gratis jika Anda tidak keberatan tidak memiliki nama domain khusus. Namun, cara Anda menyesuaikan situs juga cukup terbatas, terutama jika rencana Anda adalah memonetisasi blog Anda dengan cara apa pun, versi gratis WordPress.com akan mencegah Anda melakukannya.

 

Baca Juga  :     Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Membuat Blog di Blogger

Blogger adalah salah satu situs blog gratis tertua, meskipun popularitasnya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan dengan pesaing barunya. Ini adalah solusi yang solid untuk blog pribadi, tetapi ini bukan sumber daya terbaik untuk penggunaan profesional. Disamping juga berfungsi seperti platform yang dihosting lainnya, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakannya. Setelah Anda membuatnya, Anda harus memilih salah satu tema default dan Anda dapat mulai menuliskan isi blog Anda.

Platform ini memiliki antarmuka yang mirip dengan profil Google+ dan editornya terlihat seperti halaman Word. Blogger memberikan banyak tema untuk dipilih, masing-masing menyediakan skin yang berbeda, pemfilteran warna tingkat lanjut, dan berbagai gadget minimalis atau widget. Tapi tidak ada yang terlalu mewah atau kustomisasi desain tingkat lanjut. Secara umum Blogger memiliki pilihan tampilan yang sederhana, sehingga fokusnya lebih pada tulisan. Bagian yang bagus tentang situs ini adalah platform ini hadir dengan ruang iklan yang dapat Anda tempatkan di dalam konten Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Website dan Blog

 

Membuat Blog di Joomla

Joomla mirip dengan WordPress. org tetapi tidak begitu jelas ketika mempertimbangkan situs blog gratis yang tersedia di luar sana. Sama seperti WordPress, perangkat lunak ini gratis tetapi membutuhkan hosting dan domain. Secara umum, Joomla memiliki antarmuka fleksibel yang dapat digunakan tidak hanya untuk blog tetapi juga untuk situs web yang lebih kompleks. Anda dapat memilih dari berbagai templat dan ekstensi untuk menambahkan fungsionalitas khusus.

Ketika berbicara tentang kemudahan penggunaan, platform ini menyediakan editor jadul, yang entah bagaimana terlihat seperti Microsoft Word. Ini memungkinkan Anda memilih font, warna, ukuran, emoticon, tabel, atau latar belakang. Selain itu editor Joomla juga memiliki tab. Tab pertama adalah jendela texting klasik, kemudian Anda perlu beralih tab untuk memilih kategori posting, tag, tanggal, deskripsi meta, kata kunci, dll.

 

Bca Juga  :    Cara Cek DA & PA Website / Blog (Tools) dan Cara Meningkatkannya

 

Membuat Blog di Tumblr

Tumblr adalah salah satu situs blog gratis asli di web. Tidak seperti platform lainnya yang sebagian besar dibuat untuk tujuan penerbitan, platform ini lebih berorientasi pada konten multimedia atau media sosial. Antarmuka Tumblr lebih menyenangkan dan mudah untuk memulainya terlebih lagi bagi pemula, Anda cukup mendaftar dan kemudian Anda diizinkan untuk mulai memposting.Sama seperti platform blog biasa, Tumblr juga menyediakan banyak format posting untuk berbagai jenis konten.

Masalah dengan Tumblr adalah platform ini lebih cenderung untuk keperluan penulisan pribadi dan tidak akan memberikan solusi yang bagus jika Anda memiliki rencana berorientasi bisnis. Platform ini sangat sederhana, menawarkan opsi penyesuaian dasar dan, seperti yang saya katakan sebelumnya, memiliki lebih banyak getaran media sosial. Meskipun tidak dibuat untuk bisnis, Tumblr memungkinkan Anda menampilkan iklan di halaman Anda, menggunakan tautan afiliasi, dan mengintegrasikan blog Anda dengan Google Analytics.

 

Baca Juga   :    Cara Mendapatkan Domain Murah untuk Kebutuhan Website dan Blog

 

Kesimpulan dan Penutup

Blog adalah jenis situs web yang berfokus terutama pada konten tertulis, juga dikenal sebagai posting blog. Blogger sering kali menulis dari perspektif pribadi yang memungkinkan mereka terhubung langsung dengan pembacanya. Selain itu, sebagian besar blog juga memiliki bagian komentar di mana pengunjung dapat berhubungan dengan blogger tersebut. Berinteraksi dengan pengunjung Anda di bagian komentar membantu meningkatkan hubungan antara blogger dan pembaca.Hubungan langsung dengan pembaca ini adalah salah satu manfaat utama memulai blog.

Koneksi ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dan berbagi ide dengan orang yang berpikiran sama. Ini juga memungkinkan Anda untuk membangun kepercayaan dengan pembaca Anda. Memiliki kepercayaan dan loyalitas pembaca Anda juga membuka pintu untuk menghasilkan uang dari blog Anda, yang akan saya bahas nanti dalam panduan ini.Kabar baiknya adalah saat ini internet sedang berkembang pesat dan banyaknya orang yang sedang online. Ledakan pertumbuhan ini berarti lebih banyak pembaca potensial untuk blog Anda. Singkatnya, jika Anda berpikir untuk memulai sebuah blog maka tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang.

Related Post :