Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Pemasaran melalui email atau email marketing bukanlah spam dan juga buka email pribadi. Email ini sering dikirim oleh suatu perusahaan atau brand yang memberikan informasi bagi pelanggan mereka dan jika digunakan dengan benar, email marketing dapat menjadi alat yang membangun hubungan dan sekaligus menghasilkan keuntungan.

Sejarah email marketing pertama dikirim pada tahun 1978, menghasilkan $ 13 juta dalam penjualan. Pengiriman email pertama ini memulai apa yang telah menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling banyak digunakan bahkan hingga hari ini. Mengingat permulaannya, email tidak semudah saat ini dengan beberapa saluran baru seperti perpesanan dan sosial, tetapi ini adalah cara yang efektif untuk membangun pemirsa yang memiliki hasil.

Meski mengirim email marketing lebih mudah dan dapat dibagikan secara massal, tetapi tetap saja ada kendalanya. Saat ini orang- orang tidak lagi terlalu bergantung pada pemberitahuan lewat email, bahkan email marketing sering dianggap sebagai spam. Ketahui cara membuat email marketing berikut ini jika Anda ingin menggunakan cara pemasaran yang cukup efektif ini.

 

Cara Menggunakan Email Marketing

Pemasaran melalui penyuratan elektronik masih bisa dapat diandalkan oleh banyak brand dan bisnis. Meski ada banyak cara untuk menggunakan pemasaran email, beberapa yang paling umum termasuk menggunakan taktik untuk :

  • Membangun hubungan dan koneksi melalui keterlibatan yang dipersonalisasi.
  • Tingkatkan kesadaran merek yang akan membantu mempertahankan agar perusahaan dan layanan Anda selalu diingat saat prospek siap untuk terlibat.
  • Promosikan konten Anda dengan email untuk membagikan konten blog yang relevan atau aset berguna dengan prospek Anda.
  • Hasilkan prospek dengan memikat pelanggan untuk memberikan informasi pribadi mereka sebagai imbalan atas aset yang mereka anggap berharga.
  • Pasarkan produk Anda dan promosikan produk dan layanan Anda.
  • Memelihara prospek dan membuat pelanggan Anda senang dengan konten yang dapat membantu mereka berhasil dalam tujuan mereka.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Bisnis Online

 

Manfaat Email Marketing

Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)
 

Sebuah email marketing adalah proses menargetkan audiens dan pelanggan Anda melalui email. Ini akan membantu Anda meningkatkan konversi dan pendapatan dengan memberikan informasi berharga kepada pelanggan dan pelanggan untuk membantu mencapai tujuan mereka. Berikut manfaat dari pengaplikasian email marketing :

  • Ada 3,8 miliar pengguna email di seluruh dunia, jadi jika Anda mencari cara untuk menjangkau pelanggan, email adalah tempat yang tepat untuk menemukan mereka.
  • Rata-rata, email menghasilkan $ 38 untuk setiap dolar yang dibelanjakan, yang merupakan laba atas investasi 3.800%.
  • Dua pertiga pelanggan telah melakukan pembelian sebagai akibat langsung dari pesan pemasaran email.
  • Hanya 20% dari prospek yang dikirim langsung ke penjualan yang memenuhi syarat, yang berarti mereka perlu dipelihara melalui email dan konten yang bagus.
  • Dalam hal akuisisi pelanggan, email 40X lebih efektif daripada gabungan Facebook dan Twitter.
  • Mungkin alasan terbaik untuk menggunakan pemasaran email adalah Anda memiliki saluran tersebut. Di luar peraturan. tidak ada entitas eksternal yang dapat memengaruhi bagaimana, kapan, atau mengapa Anda menjangkau pelanggan Anda.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

 

Cara Membuat Email Marketing

Membuat email marketing mungkin tidak semudah itu, dan bisa saja Anda kewalahan dengan kemungkinan besar pemasaran email. Mari lihat uraian beberapa langkah kunci untuk membantu Anda mulai membangun kampanye email yang kuat yang akan menyenangkan pelanggan Anda. Anda dapat menganggap langkah-langkah ini sebagai cara untuk membuat strategi pemasaran email yang sukses.

  • Tentukan Audiens Anda

    Email yang efektif adalah email yang relevan dan tepat target. Seperti semua hal lainnya dalam pemasaran, mulailah dengan jenis pembeli produk Anda, pahami apa yang mereka inginkan, dan sesuaikan kampanye email Anda dengan kebutuhan audiens Anda.

  • Tetapkan Tujuan Pemasaran Anda

    Sebelum Anda mencapai tujuan kampanye Anda, kumpulkan beberapa konteks. Teliti statistik email rata-rata untuk industri Anda dan gunakan sebagai tolok ukur untuk tujuan Anda.

  • Pancing Konsumen untuk Mendaftar

    Anda membutuhkan orang untuk mengirim email, bukan? Daftar email adalah sekelompok pengguna yang telah memberi Anda izin untuk mengirimi mereka konten yang relevan. Untuk membangun daftar itu, Anda memerlukan beberapa cara agar prospek memilih untuk menerima email Anda. Jangan berkecil hati jika Anda hanya memiliki sedikit orang dalam daftar untuk memulai. Sementara itu, perlakukan setiap pelanggan seperti emas dan Anda akan mulai melihat daftar email Anda tumbuh secara organik.

  • Pilih Jenis Kampanye Email

    Kampanye email berbeda-beda dan mencoba memutuskan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda bisa membuat kewalahan. Apakah Anda mengirim buletin mingguan? Haruskah Anda mengirimkan pengumuman produk baru? Posting blog mana yang layak dibagikan? Pertanyaan-pertanyaan ini mengganggu namun jawabannya adalah subjektif. Anda bisa mulai dengan mempelajari berbagai jenis kampanye email yang ada, lalu memutuskan mana yang terbaik untuk audiens Anda. Anda juga harus menyiapkan daftar yang berbeda untuk berbagai jenis email, sehingga pelanggan dan prospek hanya dapat mendaftar untuk email yang relevan dengan mereka.

  • Buat Jadwal

    Putuskan seberapa sering Anda berencana untuk menghubungi daftar Anda, memberi tahu audiens Anda sebelumnya sehingga mereka tahu apa yang diharapkan, dan patuhi jadwal yang konsisten untuk membangun kepercayaan, dan agar mereka tidak melupakan Anda.

  • Ukur Hasil Anda

    Selanjutnya adalah mengukur hasil email marketing yang telah Anda sebar. Menjadi teliti tentang setiap metrik utama akan membantu Anda membuat perubahan kecil pada email Anda yang akan menghasilkan hasil yang besar.

 

Baca Juga  :    Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

 

Cara Mengirim Email Marketing

Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)
 

Langkah berikutnya setelah Anda membuat dan mengkomposisikan email marketing Anda, tentu pertanyaan setelahnya adala bagaimana cara mengirim email marketing secara efektif. Adapun langkah- langkah yang bisa Anda tempuh dalam mengirim email marketing adalah sebagai berikut :

  • Memilih layanan pemasaran email yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Gunakan dan manfaatkan secara maksimal tips pemasaran email
  • Terapkan segmentasi email yang relevan agar target Anda terpenuhi
  • Personalisasikan pemasaran email Anda supaya menarik minat pelanggan dan memunculkan celah interaksi bisnis potensial
  • Gabungkan otomatisasi pemasaran email yang efisien dan praktis
  • Gunakan template pemasaran email agar email marketing Anda menjadi rapi dan profesional

 

Baca Juga  :     Apa itu Word of Mouth : Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Strateginya dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Meskipun ada banyak aturan untuk mengirim email pemasaran, yang paling penting adalah memperlakukan pelanggan Anda seperti manusia. Anda dapat mencapai semua tujuan pemasaran email Anda jika Anda selalu mengingat aturan emas setiap kali Anda mengirim email marketing kepada mereka. Begitu juga pilihan email yang hendak Anda kirim, personalisasi sebisa mungkin agar penerima merasa Anda memang mengirim email hanya untuk mereka saja.

Perhatikan desain email yang Anda buat beserta informasi yang ada didalamnya. Jangan sepelekan tata bahasa Anda dan sedapat mungkin, ajaklah penerima email tersebut untuk melakukan sesuatu atau interaksi call to action (CTA). Jika Anda masih ragu atau jika Anda membutuhkan inspirasi, lihat beberapa contoh pemasaran email terbaik di luar sana untuk mencari corak email marketing Anda sendiri.

Related Post :