Cara Membuat Email Secara Cepat di Yahoo, Outlook, Gmail dan Mozilla Thunderbird

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, Anda dengan mudah dapat mengirim dan menerima dokumen, gambar, tautan, dan file lainnya sesederhana dengan menggunakan email. Selain juga sangat bermanfaat untuk komunikasi personal atau kelompok kecil, email biasanya sering sekali digunakan banyak organisasi atau perusahaan untuk keperluan profesional mereka.

Tidak hanya itu, email hua dapat didistribusikan bersama serta dapat dikelola dengan menggunakan reflektor email. Beberapa milis memungkinkan Anda untuk berlangganan dengan mengirimkan permintaan ke administrator milis yang biasanya dikelola secara otomatis. Email sendiri adalah salah satu protokol yang disertakan dengan rangkaian Protokol Transport Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP). Protokol yang populer untuk mengirim email adalah Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), dan protokol populer untuk menerimanya adalah Post Office Protocol 3 (POP3).

Selain beberapa kegunaan umum diatas, email juga dapat digunakan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar atau untuk memindahkan penjualan potensial menjadi pembelian yang telah selesai. Begitu juga dengan platform untuk membuat email dengan mudah dan cepat. Simak caranya membuat email di beberapa platform email populer di Yahoo, Outlook, Gmail dan Mozilla Thunderbird.

 

Cara Membuat Email di Yahoo

Cara Membuat Email Secara Cepat di Yahoo, Outlook, Gmail dan Mozilla Thunderbird
 

Yahoo adalah salah satu mesin pencari raksasa yang juga mempunyai layanan email mereka tersendiri yang diluncurkan tahun 1997. Yahoo Mail adalah layanan email berbasis web yang gratis untuk komunikasi cepat. Pengguna Yahoo Mail akan dapat masuk ke seuma layanan yang disediakan oleh Yahoo dan memungkinkan untuk para penggunanya dalam memilih bagaimana Anda ingin berkomunikasi, beralih di antara opsi email obrolan dan pesan teks. Selain menawarkan email gratis, Yahoo Mail juga menawarkan folder untuk menyimpan pesan dan kemampuan pencarian untuk menemukan email. Berikut adalah cara membuat akun Email Yahoo :

 

  • Buka browser Anda dan ketik Yahoo(dot)com.
  • Lalu klik tombol Daftar.
  • Sekarang isi informasi dasar Anda untuk membuat akun Yahoo, seperti Nama, usia, jenis kelamin, dan tanggal lahir.
  • Kemudian klik tombol lanjutkan untuk membuat akun Yahoo.
  • Buat akun Yahoo dengan nomor telepon Anda.
  • Masukkan nomor ponsel Anda untuk mengkonfirmasi akun Anda.
  • Setelah itu Anda akan menerima One Time Password (OTP) pada nomor telepon yang sudah Anda masukkan sebelumnya.
  • Masukkan OTP dan verifikasi akun Anda.
  • Akun Yahoo Anda telah berhasil di buat.

 

Baca Juga  :   Apa Itu Email Phishing : Pengertian, Bahaya, Ciri-Ciri, dan Contohnya

 

Cara Membuat Email di Outlook

Selain Yahoo, Anda dapat membuat email di Outlook yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Adapun Outlook ini merupakan layanan email pribadi gratis yang berbasis web yang mengintegrasikan kehendak dengan aplikasi Office dan alat populer lainnya. Outlook telah menggantikan Hotmail, yang merupakan layanan email online gratis awal yang telah ada sejak tahun 1996 yang membuat semua pengguna email Hotmail sedang bermigrasi ke Outlook. Untuk membuat akun email gratis Outlook Anda sendiri, pastikan Anda membuat akun Outlook baru Anda terlebih dahulu dan ikuti langkah – langkah di bawah ini :

 

  • Pendaftaran di Outlook

    Untuk membuat akun Outlook, buka browser Anda dan Anda dapat mengetikkan Outlook(dot)com. Untuk membuat akun Outlook, klik tombol buat akun gratis.

  • Pilih nama akun dan kata sandi

    Perintah pertama yang muncul setelah halaman Pendaftaran Outlook adalah Anda akan diminta untuk memilih nama pengguna dan kata sandi. Pilih nama pengguna yang Anda inginkan dan kata sandi yang mudah Anda ingat namun cukup aman.

  • Masukkan detail tambahan

    Selanjutnya, Outlook meminta Anda untuk memasukkan detail informasi mengenai diri Anda, seperti pilih negara/wilayah Anda dan tanggal lahir Anda.

  • Verifikasi

    Selanjutnya, Anda diminta untuk memverifikasi bahwa Anda adalah seseorang dengan mengetik karakter dari CAPTCHA. Setelah itu akan muncul tampilan “Selamat Datang”.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)

 

Cara Membuat Email di Gmail

Cara Membuat Email Secara Cepat di Yahoo, Outlook, Gmail dan Mozilla Thunderbird
 

Selain Yahoo dan Outlook, Anda dapat menggunakan Gmail yang telah beroperasi ada sejak tahun 2004. Gmail telah mempunyai 1,5 miliar pengguna sebagai email utama mereka baik itu kegunaan pribadi maupun profesional. Sebagai bagian dari Google, tidak hanya gratis dan berbasis web, Gmail juga menyediakan penyimpanan yang cukup besar hingga sebesar gigabyte. Program Gmail juga secara otomatis mengatur pesan terkait secara berurutan ke dalam utas percakapan. Adapun cara mendapatkan akun gratis di Gmail adalah dengan langkah- langkah :

  • Buka browser Anda, lalu Anda harus menuju ke gmail(dot)com.
  • Klik tombol yang bertuliskan “Buat Akun”.
  • Setelah itu, akan muncul formulir pendaftaran. Anda harus mengisi semua data yang diminta, seperti nama depan, nama belakang, nama pengguna baru dan kata sandi baru.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon untuk memverifikasi akun Anda. Ini karena Google menggunakan proses verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang verifikasi dua langkah.
  • Kemudian Anda akan menerima pesan teks dengan kode verifikasi dari Google. Jika ini belum terkirim dalam beberapa menit, Anda dapat menggunakan sistem panggilan otomatis sebagai gantinya.
  • Setelah Anda memverifikasi akun Anda, Anda akan melihat formulir yang meminta beberapa informasi pribadi.
  • Sekarang Anda harus menerima persyaratan layanan Google dan kebijakan privasi mereka. Sangat disarankan agar Anda meninjau keduanya secara mendetail sebelum mengklik “Saya Setuju”.

 

Baca Juga  :     Spam Email : Pengertian, Sejarah dan Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Aman

 

Cara Membuat Email di Mozilla Thunderbird

Tidak hanya juga sebagai mesin pencari, Mozilla Thunderbird adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan email yang sama andalnya dengan Gmail, Yahoo Mail dan Outlook. Dikembangkan oleh pada tahun 2004, Mozilla Thunderbird adalah aplikasi email sumber terbuka yang menjadi salah satu platform manajemen email paling populer selain Outlook. Mari ikuti langkah dalam membuat akun email di Mozilla Thunderbird dibawah ini :

  • Unduh dan instal Thunderbird jika Anda belum melakukannya.
  • Buka klien dan jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan aplikasi ini, pada jendela “Set Up Your Existing Email Address” akan muncul. Jika tidak, maka lakukan mulai dari menu aplikasi, lalu buka file, klik New lalu klik Existing Mail Account.
  • Isi nama Anda, masukkan alamat email, dan kata sandi Anda, lalu tekan configure secara manual. Sekarang ketik informasi dari sebelumnya, seperti informasi server surat masuk atau keluar.
  • Selanjutnya, tekan tombol Tes Ulang agar aplikasi mengumpulkan sisa informasi yang diperlukan secara otomatis. Anda dapat meninggalkan alamat email Anda di bagian Nama Pengguna.
  • Setelah mengembalikan respons positif, tekan Selesai untuk menyelesaikannya. Anda akan melihat kotak surat yang baru ditambahkan di sebelah kiri jendela aplikasi.

 

Baca Juga  :   Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan menggunakan email ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan baik itu untuk berkomunikasi personal hingga melakukan kontrak bisnis. Selain itu, email berhasil membuat cara surat menyurat tradisional jauh lebih mudah dan cepat karena tidak ada lagi batas geografis. Anda dapat menulis email sekarang dan mengirimkannya langsung begitu juga balasan dari email tersebut dapat diterima dalam hitungan detik saja.

Sama juga dengan komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan mudah tanpa masalah keamanan, dan lebih cepat daripada bentuk komunikasi lainnya. Selain itu, dengan menggunakan email kontak dapat disimpan dengan mudah dengan bantuan email, dan pesan sebelumnya dapat sering diperiksa daripada menyimpan data di server lokal yang akan membantu untuk menghemat ruang penyimpanan. Sebagian besar email datang dengan baris subjek, dan karenanya mudah untuk memahami masalah di dalam email dan mengkategorikannya yang mana akan menghemat waktu untuk memeriksa email.

Related Post :