Cara Membuat Google Form Untuk Ujian Online Sekolah dengan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google formulir atau biasa disebut Google form, salah satu fitur dari Google yang awal mulanya adalah Google Spreadsheet pada tahun 2008 yang muncul dua tahun setelah peluncuran asli Sheets. Anda bisa menambahkan formulir ke dalam spreadsheet, memformatnya dalam lembar yang terpisah serta bisa melihat tanggapan formulir Anda pada lembar yang lain.

Meski hal-hal tersebut adalah sesuatu yang sangat mendasar, kinerja dari spreadsheet itu berhasil digunakan. Dari waktu ke waktu Google semakin menambahkan lebih banyak fitur, hingga di awal tahun 2016 Google mengubahnya menjadi aplikasi mandiri. Google formulir banyak digunakan untuk kepentingan pengisian kuesioner maupun formulir online, ada yang menggunakannya untuk kepentingan individu dan ada juga yang menggunakannya untuk membangun hubungan antara bisnisnya dengan para pelanggan atau penggunanya.

Saat ini Anda bisa membuat dan mengelola formulir di Google form secara mandiri, tinggal memasukkan kata kunci ‘Google Formulir’ pada mesin pencari maka Anda akan dialihkan langsung ke lembar formulir. Google formulir ini menyediakan template dengan desain yang sederhana, Anda bisa mengaksesnya baik dengan perangkat mobile atau dengan laptop dan komputer. Hanya perlu alamat email yang aktif dan akses internet yang stabil.

 

Apa Itu Google Form

Merupakan salah satu layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat lembar survey online, tanya jawab, ujian dan lainnya yang bisa Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Menggunakan Google formulir ini Anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei secara langsung, Google formulir juga sering digunakan untuk hal lain yang bisa dilakukan secara online.

Google formulir selain bisa digunakan untuk pembuatan survey dan sejenisnya, bisa juga dimanfaatkan untuk ujian online. Menggunakan Google formulir, Anda bisa membuat lembar ujian yang berbasis pilihan ganda, jawaban singkat, maupun jawaban yang membutuhkan jawaban panjang. Untuk membuat soal juga bisa ditambah dengan gambar atau lainnya.

 

Fitur yang Ada Di Google Form

Cara Membuat Google Form Untuk Ujian Online Sekolah dengan Mudah
 

Ada beberapa fitur yang tersedia di Google Formulir, fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam membuat formulir yang diinginkan. Berikut ulasannya.

 

  • Seret dan Lepas

    Untuk memindahkan kolom pertanyaan yang ada dalam formulir, Anda bisa melakukannya dengan melakukan klik dan menyeretnya ke posisi yang diinginkan. Dengan fitur ini Anda bisa membuat dengan lebih mudah, bahkan bisa digunakan oleh pengguna komputer secara awam.

  • Ringkasan Otomatis

    Dalam Google Form ringkasan ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram bergantung pada jenis pertanyaan yang dibuat, Anda bisa melihat bagaimana responden menanggapi lembar formulir Anda secara keseluruhan. Anda bisa menganalisis data dengan mudah, jika ingin melakukan analisis lebih detail Anda bisa mengekspor hasilnya ke Google Sheets atau Excel.

  • Hasil Survei Realtime

    Google Form juga bisa menampilkan hasil respon yang ada secara realtime, ringkasan yang ada akan langsung terupdate ketika responden mengklik tombol submit. Ini cukup membantu saat Anda ingin mengetahui data sementara yang terbaru.

  • Validasi Tanggapan

    Anda bisa menambahkan validasi dari tanggapan yang akan dikirimkan oleh responden, seperti jawaban harus berupa angka, menjawab dengan tanda koma dan sebagainya. Namun perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua pertanyaan dapat menggunakan fitur satu ini, karena validasi tanggapan hanya ada untuk pertanyaan dengan jawaban singkat, paragraf, dan kotak centang.

  • Logika Koneksi

    Fungsi satu ini memungkinkan responden Anda untuk melompat ke bagian lain dari jawaban yang mereka pilih, misal pada pertanyaan ‘Apakah Anda berumur 17 tahun?’ dengan pilihan jawaban yang tersedia adalah ya dan tidak. Jika menjawab salah satu dari kedua jawaban tersebut maka responden akan diarahkan ke bagian pertanyaan yang berbeda.

 

Baca Juga   :    Cara Menggunakan dan Memasang Google Form di WordPress

 

Kelebihan dari Google Form

Setelah Anda mengetahui beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Form, sekarang Anda akan disajikan informasi seputar kelebihan yang dimiliki oleh Google Form. Berikut penjelasannya.

 

  1. Gratis

    Bebas biaya menjadi kelebihan pertama yang ditawarkan oleh Google Form, Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada dalam Google Form untuk pembuatan survey, lembar ujian, dan lainnya tanpa dikenakan biaya. Fitur yang ada bisa diakses gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu.

  2. Mudah Digunakan

    Tampilannya yang sederhana membuat ia mudah untuk digunakan oleh siapa saja, tidak harus mereka yang mengerti pemrograman yang bisa menggunakan Google Form. Dilengkapi dengan fitur drag and drop memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk melakukan pengeditan dengan sangat mudah.

  3. Terintegrasi dengan Google Sheets

    Sebagai produk dari Google, Google Form tentu terintegrasi dengan beberapa layanan Google yang ada termasuk Google Spreadsheet. Sehingga tanggapan yang sudah diisi pada Google Form bisa dikumpulkan dan di ekspor ke Google Sheets, Anda akan bisa memproses data di Google Spreadsheet.

  4. Hasil yang Realtime

    Setiap kali responden mengirimkan jawaban pada formulir yang Anda buat, hasilnya akan langsung direkam dan di update oleh Google. Ini tentu menghemat waktu Anda dengan mengolah data yang ada secara langsung.

  5. Ada Ringkasan

    Google Form memiliki ringkasan hasil dalam bentuk grafik dan diagram, sehingga memudahkan Anda untuk melihat seperti apa pratinjau tanggapan para responden.

  6. Mudah Berbagi

    Anda bisa membagikan lembar Google Form melalui email, tautan, atau dengan menyematkan link formulir pada blog dan situs Anda, bahkan Anda juga bisa mencetaknya untuk dibagikan secara offline.

  7. Aksesoris

    Google Form juga memiliki plugin, merupakan modul tambahan yang bisa menambah fungsionalitas dan mampu menyederhanakan pembuatan formulir. Setiap plugin yang ada memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti pada plugin Form Limiter yang bisa membuat berhentinya mengisi formulir pada Google dengan capaian target yang ditentukan.

 

Kekurangan dari Google Form

Cara Membuat Google Form Untuk Ujian Online Sekolah dengan Mudah
 

Sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh Google Form, ternyata tak luput juga dari banyak kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang sering dikeluhkan oleh pengguna.

 

  • Desain yang terbatas

    Opsi yang diberikan untuk mempercantik tampilan lembar formulir sangatlah terbatas, seperti variasi font yang hanya terdiri dari empat pilihan yaitu Basic, Decorative, Formal, dan Fun.

  • Opsi Ekspor yang Terbatas

    Google Form bisa dibagikan ke mana saja, namun opsi ekspor dalam ekstensi dokumennya masih terbatas. Google Form hanya menyediakan pilihan ekspor dalam bentuk Google Sheets dan juga PDF, sejauh ini belum tersedia konversi file dalam bentuk dokumen word.

  • Tidak Ada Pemberitahuan ke Email

    Ketika responden selesai mengisi, Anda bisa melihat jumlahnya setelah membuka kembali lembar formulir tersebut. Tidak adanya pemberitahuan siapa dan berapa yang mengisi formulir tersebut otomatis ke email Anda tentu akan sedikit menyulitkan, sebab Anda harus melakukannya secara manual. Dengan klik titik dua pada menu terima tanggapan, kemudian memilih terima pemberitahuan email untuk tanggapan baru maka Anda akan menerima pemberitahuan selanjutnya.

  • Tidak Ada Riwayat Modifikasi

    Saat formulir dikelola oleh banyak orang dalam satu tim tentu akan ada yang melakukan perubahan terhadap setiap kekurangan yang ada, namun hal ini akan kesulitan jika riwayat pengeditan tidak tercatat dengan baik. Anda tidak akan bisa mengetahui perubahan yang terjadi dan siapa saja yang mengubahnya.

 

Baca Juga  :      Mengenal Google Form untuk Kebutuhan Survey Anda

 

Cara Membuat G-Form untuk Ujian Online

Untuk membuat formulir ujian online Anda bisa menggunakan fitur yang ada dalam Google Formulir, Anda bisa memilih jenis soal yang akan dibuat seperti pilihan ganda, essay, jawaban singkat dan lainnya. Lantas bagaimana cara membuatnya, berikut ulasannya.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka halaman situs Google Form.
  2. Anda harus memilih layanan Google Formulir yang ingin digunakan, Anda bisa memilih layanan untuk pribadi atau bisnis. Untuk Google formulir dengan layanan bisnis, Anda harus berlangganan ke layanan G-Suite terlebih dahulu.
  3. Untuk penggunaan pribadi Anda bisa klik tombol di sebelah kiri layar dan klik tanda tambah untuk menambahkan formulir sebagai media untuk ujian online nantinya.
  4. Lalu lanjut dengan menambahkan judul ujian pada kolom paling atas yang disediakan.
  5. Dilanjutkan dengan memilih opsi soal yang akan dibuat, setelah itu Anda tinggal memasukkan soal dan pilihan jawaban jika memilih jenis multiple choice. Gunakan cara yang sama untuk soal-soal berikutnya.
  6. Setelah selesai membuat semua soal, sekarang aturlah konfigurasi agar siswa bisa mengakses lembar ujian yang ada. Klik setting yang ada di pojok kanan atas, hingga muncul pop up halaman berupa setting yang terdiri dari tiga kolom seperti General, Presentation, dan Quizzes.
  7. Mulailah untuk mengatur bagian general terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan ke tab Quizzes dengan mengaktifkan tombol-tombol yang ada. Fitur release grade digunakan untuk menampilkan nilai siswa, Anda bisa melakukan pengaturan otomatis setelah mengisi soal atau tunggu review manualnya.
  8. Setelah semua pengaturan selesai, Anda harus menyimpan lembar tersebut dengan mengklik Save.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms

 

Kesimpulan dan Penutup

Google formulir sudah ada sejak lama, banyak orang menggunakannya untuk keperluan pribadi atau juga bisnis. Hal ini didukung dengan fitur-fitur yang ada serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing, desain yang sederhana dan terbatas bisa menjadi kelebihan dan kekurangan dari Google formulir. Sebab jika Anda menggunakan Google formulir untuk kebutuhan survey dalam lingkup kecil rasanya tak perlu desain yang mewah untuk Google form tersebut, sebaliknya jika digunakan untuk hal yang penting tentu kebutuhan desain yang bagus dan menarik menjadi keharusan dalam sebuah formulir.

Selain digunakan untuk survey, dosen serta guru mulai menggunakan salah satu fitur keluaran Google ini. Sejak pandemi melanda di 2020 lalu, tempat belajar ditiadakan berganti dengan pembelajaran secara daring. Penggunaan Google formulir pun semakin tinggi, banyak tenaga pendidik memanfaatkan Google formulir untuk kepentingan absensi dan ada juga yang menggunakannya untuk melaksanakan ujian, kuis, tes, dan lainnya. Sejauh ini, Google formulir dengan kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya cukup membantu para tenaga pengajar dalam pekerjaannya.

Related Post :

popup image