Membuat Layanan Cloud Storage dari Cloud Web Hosting dengan OwnCloud

Development & Security, Tutorial / 0 | | 1

Saat ini pengguna Cloud Hosting memanfaatkan layanan Cloud Storage seperti Google Drive, Box, Dropbox, OneDrive, ataupun layanan Cloud Storage gratis lainnya untuk menyimpan dokumen. Penggunaan CLoud Web Hosting ini secara fungsional sangat mirip dengan Dropbox (atau Cloud Storage Gratis Lainnya) untuk digunakan secara luas. Dengan perbedaan fungsional utama yaitu OwnCloud dan Open source, dapat di install dan digunakan oleh siapapun secara Cuma-Cuma (gratis).

Order : Layanan Cloud Hosting

Nah di tutorial kali ini IDCloudHost akan mencoba membuat layanan Cloud Storage sendiri yang dapat digunakan untuk pribadi, komunitas, maupun lembaga atau perusahaan. Disini kita akan menggunakan sebuah CMS (Content Management System) yang memang khusus dibuat untuk layanan Cloud Storage mirip Dropbox atau Google Drive, CMS tersebut adalah ownCloud yang dapat diunduh secara Cuma-Cuma dan merupakan salah satu perangkat lunak open source.

OwnCloud adalah salah satu CMS (Content Management System) untuk layanan cloud storage seperti google drive, dropbox dan owncloud layanan model IaaS. Dengan menggunakan owncloud, kita dapat mengatur layanan cloud storage mulai dari user, group user, limited akses, size quota user dan lain sebagainya. Owncloud bisa kita jadikan sebagai salah satu bahan testing untuk cloud computing dikarenakan owncloud termasuk salah satu kategori dari model layanan cloud computing.

OwnCloud termasuk dalam kategori insfrastructure as a Service (IaaS) Layanan Awan. Dengan ownCloud kita dapat menyimpan file, folder, kontak, audio, galeri foto, kalender dan dokumen lainnya. Kita juga dapat mengakses file dan melakukan sinkronisasi file yang terdapat pada server ownCloud dengan perangkat mobile, dekstop, atau peramba web.

Berikut adalah tips sebelum menginstal ownCloud:

  1. Pastikan bahwa di environment server sudah terinstal software berikut:
  2. Apache HTTP server versi 2 keatas
  3. PHP versi 5.1 keatas
  4. Untuk database dapat menggunakan SQLite, MySQL 5.1 keatas, atau PostgreSQL 8 keatas
  5. Untuk sistem operasinya sendiri dapat menggunakan GNU Linux, Microsoft Windows, Solaris, MacOSX maupun keluarga BSD (FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, dll) selama terdapat web server HTTP dan PHP serta database engine (SQLite, MySQL, PostgreSQL).

Setelah yakin memenuhi persyaratan diatas maka teman-teman ICDHoster dapat menginstall ownCloud sendiri. Untuk menggunakannya silahkan teman-teman lakukan sendiri menu-menu yang terdapat di ownCloud ini karena cukup mudah dipahami. Silahkan teman-teman lakukan eksplorasi lebih lanjut, dan jika teman-teman ingin bertanya lebih lanjut mengenai pembahasan artikel ini silahkan tanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih.

Cloud Storage Indonesia | IDCluodHost

Related Post :

popup image