Cara Membuat Proposal Penelitian Ilmiah dan Skripsi Beserta Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 13 | | 0

Proposal dan skripsi bagi mahasiswa biasanya hanya dilakukan oleh mereka yang berada pada tingkatan akhir, khususnya pada semester 7 hingga 8. Bisa dikatakan ini adalah merupakan masa sulit tapi sungguh mengesankan. Cukup berat mengingat banyaknya proses yang harus dilewati namun memang harus dikerjakan sebagai tugas akhir hingga untuk mendapat sebuah gelar yang telah diperjuangkan selama bertahun-tahun.

Membuat proposal penelitian maupun skripsi bukanlah hal yang mudah dilakukan seperti membuat karangan biasa. Banyak proses yang harus dilalui dan membutuhkan banyak dukungan serta bantuan demi terselesaikannya tugas akhir ini. Mahasiswa harus mencari referensi dari berbagai sumber sebanyak mungkin, baik dari buku, wawancara, maupun melakukan tes kepada subjek penelitian langsung.

Sedangkan dalam membuat proposal penelitian dan skripsi ini harus sesuai dengan buku panduan dan memenuhi kriterianya tersendiri. Mahasiswa tidak boleh asal menulis bab demi bab, penulisan yang keluar alur mau pun tanda baca yang tepat sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Karena keharusan ketelitian inilah, setiap ada kesalahan yang terjadi semisal spasi yang tidak teratur akan mendapatkan revisi dari dosen pembimbing.

 

Mengenal apa itu Proposal Penelitian

Proposal berasal dari kata propose (bahasa Inggris) yang berarti mengajukan atau bisa diartikan sebagai permohonan. Sedangkan proposal penelitian adalah suatu dokumen yang mana dihasilkan dari proses penelitian oleh seseorang secara rinci terstruktur, ilmiah dan mampu dipertanggung jawabkan kemurnian atau keabsahannya dengan legal dan benar. Jadi tidak mengherankan kalau setiap proposal penelitian yang dibuat harus menyertakan referensi yang valid.

Membuat proposal penelitian dan skripsi tentunya mempunyai maksud tersendiri diantaranya adalah, menyajikan secara gamblang tentang masalah yang diteliti. Membuktikan secara persuasif bahwa apa yang menjadi objek penelitian tersebut memang dibutuhkan. Memberikan alasan yang logis dengan penjelasan metodologi yang rinci sehingga hasil penelitian yang dikaji bisa bermanfaat dan penelitian dikategorikan layak.

Baca Juga :  Peluang Kerja Jurusan Bisnis di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

Sistematika penulisan proposal penelitian

Cara Membuat Proposal Penelitian Ilmiah dan Skripsi Beserta Contohnya
 

Secara umum dan dasar, sistematika penulisan sebuah proposal penelitian terdiri dari 7 kumpulan informasi di bawah ini :

  1. Nama atau judul dari proposal
  2. Pendahuluan yang memuat Tujuan, Rumusan Masalah dan Manfaat Penelitian
  3. Dasar- dasar teori
  4. Metode penelitian yang digunakan
  5. Jadwal pelaksanaan kegiatan penelitian
  6. Daftar orang- orang yang terlibat dalam pembuatan atau penyusunan proposal
  7. Rincian seluruh kegiatan

Sistematika penulisan proposal penelitian yang digunakan bisa saja tidak sama di antara satu dan yang lainnya. Hal ini karena setiap proposal penelitian mempunyai beragam kebutuhan dan jenisnya tersendiri. Tetapi pada dasarnya, Anda dapat menerapkan 7 sistematika penulisan proposal di atas jika memang dirasa cukup.

Baca Juga :  Tutorial Cara Install CMS Sekolahku untuk Website Sekolah

 

Langkah Menyusun Proposal Penelitian dan Skripsi yang Benar

Cara Membuat Proposal Penelitian Ilmiah dan Skripsi Beserta Contohnya
 

Perlu diketahui, sebelum membuat proposal penelitian dan skripsi, mahasiswa haruslah memahami jenis penelitian yang akan mereka lakukan dengan baik. Dari beragam macam penelitian ilmiah dan penelitian lainnya seperti penelitian kualitas yang cenderung mengedepankan cerita dan ulasan namun tidak poin statistika, penelitian kuantitatif yang cenderung pada perhitungan dengan menggunakan rumus hingga penelitian pustaka yang membedah suatu buku.

Sebagai contoh kita akan menggunakan jenis proposal penelitian pustaka dengan buku dengan genre science yang berjudul A Short History of Nearly Everything oleh Bill Bryson. Maka poin- pon yang harus kita bahas dan kemukan disini adalah sebagai berikut ini.

  1. Halaman Judul

    Sebagai halaman pertama yang akan dibaca. Halaman judul dalam membuat proposal penelitian dan skripsi berada sebagai acuan dari keseluruhan isi proposal. Sebaiknya gunakan judul yang menarik dan yang sekiranya dapat membuat predisksi dari tema yang diangkat atau digunakan.

  2. Latar belakang

    Jelaskan kenapa Anda mengambil dan menggunakan judul ini beserta latar belakang yang membuat buku ini bisa dicetak dan diedarkan. Jangan gunakan penjelasan bersifat opini melainkan melampirkan sumber yang valid dan scientific sehingga akan lebih membuat ketegasan yang baik.

  3. Rumusan masalah

    Rumusan masalah dapat diambil dari permasalahan atau tema yang akan diteliti. Mahasiswa harus mampu membuat proposal penelitian dan skripsi dengan pertimbangan tahap- tahap rumusan masalah karena adanya satu variable dan variable lainnya yang berhubungan. Seperti seperti apakah sejarah penemuan dari berbagai bidang dan korelasi penemuan tersebut terhadap satu sama lain dalam buku A Short History Of Nearly Everything.

  4. Batasan Masalah

    Proposal penelitian dan skripsi juga harus mempunyai dan menetapkan batasan masalah yang akan diteliti untuk menghindarinya dari terlalu bertele- tele. Batasan ini juga mencakup ruang lingkup penelitian atau dimana ruang lingkup penelitian dilakukan agar tidak begitu meluas kepada hal yang tidak relevan.

  5. Tujuan Penelitian

    Setiap penelitian mempunyai tujuan tersendiri yang harus dibuat secara rasional dan persuasif agar apa yang menjadi tujuan bisa menarik khususnya untuk pembaca. Karena mahasiswa yang membuat penelitian mampu memahami dan mengetahui dengan betul sejarah penemuan ilmiah yang ada maupun keabsahan dari hasil sejarah penemuan tersebut.

  6. Manfaat Penelitian

    Membuat proposal penelitian dan skripsi harus mempunyai manfaat yang jelas serta penelitian dilakukan dengan sebaik baiknya. Ini bermakna penilitian dapat bermanfaat bagi peneliti dan pembaca sebagai pengetahuan yang baru serta dapat mempraktekkannya dalam keseharian.

  7. Landasan Teori

    Pada bagian landasan teori ini berisi tentang landasan yang digunakan sebagai rujukan dalam membuat proposal penelitian dan skripsi ini. Penjelasan dan detail yang dikemukakan harus masuk akal serta menyertakan sumber- sumber rujukan yang memang telah terbukti dan resmi.

  8. Metode penelitian

    Memmilih metode penelitian yang sesuai merupakan suatu cara yang ditempuh untuk mempermudah dalam melakukan sebuah penelitian. Mengungat semua akan disajikan secara rinci dari proses pengumpulan data, pengolahan data sampai pada tahap penyelesaian dari rumusan masalah yang diteliti.
     

    Mengenai metode setiap orang bisa memilih sesuai dengan kesesuaian dan kemampuan mahasiswa masing-masing. Metode ini seharusnya disertai dengan perancangan yang maksimal agar penelitian berjalan dengan baik dan hasil dari penelitian pun juga memuaskan serta bermanfaat.

  9. Struktur Kerangka Laporan

    Pada struktur penulisan dari kerangka laporan ini berisi tentang poin- poin penting yang menjadi pokok bahasan dalam proposal penelitian ini. Disertakan dengan semua aspek dasar yang menjadi sebab atau alasan kenapa penelitian ini dipilih dari proses awal hingga ke tahapan akhir.

  10. Daftar Pustaka

    Halaman daftar pustaka dalam membuat proposal penelitian dan skripsi tentunya sama saja dengan daftar pustaka pada makalah pada umumnya. Semua sumber data yang menjadi rujukan dicantumkan dalam daftar pustaka sebagai penguat pada sidang akhir. Semua sumber dari buku, jurnal, internet, majalah dan sumber lainnya disertakan dengan penulisan daftar pustaka sesuai kaidahnya. Contoh penulisan daftar pustaka yang benar yaitu nama pengarang dibalik, kemudian titik, tahun dicetaknya buku titik, judul buku ditulis miring titik, buka kurung kota terbit dan nama penerbit.

Baca Juga :   Peluang Kerja Jurusan Komputer di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

Kesimpulan dan penutup

Mencari referensi sebanyak- banyaknya merupakan tips terbaik yang bisa Anda coba. Cara ini akan menambah dan menghasilkan proposal penelitian yang tidak hanya lebih baik dan serius namun juga bisa memberikan kesan bahwa Anda memang memahami tema penelitian yang Anda pilih. Sehingga Anda akan mampu semua pertanyaan yang bisa saja tidak diprediksi pada sidang akahir nanti.

Anda juga dapat menemui dosen pembimbing untuk mendapatkan pandangan, pendapata dan bimbingan dalam menyempurnakan proposal penilitian Anda. Dari cara ini Anda bisa mendapatkan masukan dan koreksi kesalahan jika memang ada atau bahkan mungkin memerlukan tambahan. Catat dan teliti kembali semua data dan informasi yang Anda punya sebelum mengajukan naskah proposal penilitian dan skripsi Anda sebelum mengajukannya lagi. Selamat mencoba!

Related Post :