Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di era sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Lowongan pekerjaan yang terbatas tetapi orang yang mencari pekerjaan semakin bertambah menjadikan ini masalah yang serius. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga ketat melihat banyaknya orang yang memiliki kemampuan sama. Tak heran banyak orang yang masih belum mendapatkan pekerjaan walaupun sudah melamar di beberapa tempat.

Perusahaan tidak hanya mencari seseorang yang berlatar pendidikan tinggi namun juga harus memiliki pengalaman yang banyak. Penyebab hal itu adalah persaingan bisnis antar perusahaan juga sangatlah ketat maka dari itu mereka butuh pekerja yang memiliki pengalaman dan skill yang mumpuni agar mudah beradaptasi serta memajukan perusahaan.

Banyak pemikiran bahwa pendidikan yang tinggi cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Realita diluar sana adalah kebanyakan orang yang berpendidikan tinggi masih menganggur sedangkan orang dengan pengalaman lebih dicari oleh perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan bukti bahwa Anda adalah orang yang mempunyai pengalaman dengan surat yang disebut surat referensi kerja. Berikut pemaparan tentang surat referensi kerja untuk melamar pekerjaan.

 

Pengertian Surat Referensi Kerja

Banyak istilah untuk menyebutnya yaitu surat referensi kerja, surat rekomendasi kerja, surat pengalaman kerja, surat keterangan kerja. Pengertian surat referensi kerja adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menerangkan mengenai perilaku, jabatan, dan kinerja seorang karyawan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu surat referensi kerja juga berisi data diri karyawan, nama perusahaan atau lembaga, masa jabatan, posisi jabatan di perusahaan, dan alasan pengunduran diri.

Fungsi dari surat referensi kerja adalah sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan tempat melamar pekerjaan. Atasan dapat menilai apakah Anda layak diterima di perusahaan tersebut atau tidak. Surat ini dapat menjadikan Anda lebih unggul dari pelamar kerja lainnya karena sudah terdapat bukti tertulis tentang kemampuan Anda.

 

 

Fungsi Surat Referensi Kerja

Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan
 

 

Sesuai dengan namanya surat referensi kerja adalah surat yang berguna untuk mencari atau melamar pekerjaan. Tetapi terdapat fungsi lain dari surat referensi kerja ini. Selain untuk melamar pekerjaan surat referensi kerja juga dapat digunakan untuk membuka rekening bank, kartu kredit atau bahkan untuk mengajukan cicilan KPR, mendaftar beasiswa dan lain-lain. Berikut penjelasan lengkap mengenai fungsi surat referensi kerja.

 

  • Melamar pekerjaan

    Surat ini memiliki fungsi untuk bahan pertimbangan oleh atasan agar Anda dapat bekerja di perusahaan tersebut. Melalui surat referensi kerja, dapat diketahui loyalitas dan dedikasi seseorang kepada perusahaan. Anda akan mendapatkan nilai lebih jika memiliki surat ini untuk melamar pekerjaan dan tentunya perusahaan jadi akan semakin yakin untuk merekrut anda dibandingkan kandidat lain yang tidak memiliki surat referensi kerja.

  • Keperluan Perbankan

    Untuk mengajukan pinjaman ke bank saat ini juga diperlukan surat referensi kerja agar pihak bank yakin untuk memberikan bantuan peminjaman uang kepada Anda. Selain urusan peminjaman, pembuatan rekening baru dan Anda bukan merupakan penduduk yang berdomisili di lingkungan tersebut, maka Anda membutuhkan surat referensi kerja. Fungsi lain untuk urusan perbankan adalah pengajuan membuat kartu kredit baru, mengajukan pinjaman bank misalnya untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

  • Mendaftar beasiswa jalur profesional

    Melanjutkan pendidikan adalah hal yang wajar dilakukan oleh seorang pekerja agar menaikkan posisi jabatannya. Jika Anda menginginkan hal itu tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya untuk pendidikan lebih lanjut bisa mengajukan beasiswa. Beasiswa ini diperuntukan bagi pekerja yang memenuhi syarat pendaftaran beasiswa jalur profesional. Syarat pendaftarannya yaitu menyerahkan surat referensi kerja yang telah dilegalisir oleh perusahaan.

 

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap dan Tips & Triknya

 

Tips Membuat Surat Referensi Kerja yang Baik

Jika Anda sedang membuat surat referensi kerja maka diperlukan tips cara membuatnya dengan benar. Berikut tips yang dapat diterapkan agar penulisan surat referensi kerja Anda diterima dengan baik:

 

  1. Fokus pada Deskripsi Pekerjaan

    Sesuaikanlah deskripsi pekerjaan sesuai dengan posisi yang dimiliki. Pastikan apa yang Anda tulis telah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Deskripsikan pekerjaan dengan kata-kata yang singkat, padat dan jelas agar mudah dipahami. Penulisan deskripsi ini hendaklah jujur jangan ada yang ditambah ataupun dikurangi.

  2. Kumpulkan Informasi

    Informasi ini bisa didapatkan dari resume atau CV yang dibuat oleh orang yang bersangkutan. Jika sudah lama sejak bekerja dengan orang tersebut, resume adalah cara yang bagus untuk menyegarkan kembali ingatan Anda. Anda juga dapat bertanya apakah ada poin yang ingin dijadikan sorotan dalam surat referensi tersebut.

  3. Tulis Hal Positif Mengenai Orang Yang Bersangkutan

    Jelaskan bahwa menurut Anda orang tersebut adalah kandidat yang kuat. Isyaratkan bahwa Anda sangat merekomendasikan orang tersebut dengan kata-kata “merekomendasikan karyawan ini tanpa syarat,” atau ”karyawan ini sangat profesional selama bekerja”. Tekankan ini terutama pada awal dan akhir surat referensi Anda. Hal ini akan membantu mantan karyawan ini menjadi menonjol.

  4. Lakukan Pengecekan Kembali

    Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan tujuan penulisan surat referensi kerja ini. Tanyakan ulang kepada orang yang bersangkutan tentang tujuan pembuatan surat referensi kerja. Agar surat referensi kerja dapat berfungsi sebagaimana mestinya, pastikan bahwa surat tersebut memiliki seluruh informasi dan data yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan surat tersebut entah untuk melamar pekerjaan, membuka rekening bank, membuat kartu kredit atau bahkan untuk mengajukan KPR.

 

Baca Juga :    Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan

 

Struktur Penulisan Surat Referensi Kerja

Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan
 

 

Sama dengan surat resmi pada umumnya, surat referensi kerja juga memiliki struktur penulisan. Terdapat beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam membuat surat referensi kerja. Surat referensi kerja terdiri dari bagian-bagian penting antara lain :

 

  • Kepala surat referensi kerja

    Isi dari kepala surat referensi kerja adalah :
    a) Kop surat yang berisi profil perusahaan beserta alamatnya
    b) Kata SURAT REFERENSI KERJA yang terletak di bawah kop surat
    c) Nomor surat yang merupakan nomor dari dikeluarkannya surat yang biasanya terletak di bawah kata SURAT REFERENSI KERJA
    d) Alamat tujuan surat

  • Tubuh atau isi surat referensi

    a) Pendahuluan berisi pernyataan kesungguhan dari pihak yang mengeluarkan surat referensi kerja.
    b) Profil dari pihak yang diterangkan dan penjelasan mengenai kelakuan dan kepribadian pihak yang bersangkutan
    c) Penutup berisi penjelasan agar surat referensi kerja digunakan seperlunya dan alangkah baiknya jika pada bagian ini dituliskan kalimat “Kami minta maaf jika suatu saat terjadi hal-hal yang mengecewakan karena hal tersebut di luar tanggung jawab perusahaan.”

  • Kaki atau penutup surat referensi

    a) Tempat dan tanggal saat dikeluarkannya surat
    b) Identitas pembuat referensi yang berupa : Jabatan, tanda tangan dan nama terang, NIP, nomor anggota, atau sejenisnya, cap atau stempel lembaga.

 

Isi dari surat referensi kerja ini mencakup data faktual seperti posisi dan lama waktu bekerja serta terdapat juga penilaian secara subyektif dari atasan. Tergantung dari fungsinya, apabila diperuntukan untuk melamar pekerjaan data subyektif ini diperlukan tetapi jika untuk keperluan perbankan data subyektif tersebut tidak perlu dicantumkan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui untuk apa surat referensi kerja tersebut agar tidak salah sasaran.

Baca Juga :    Jawaban yang Tepat untuk Kekuatan dan Kelemahan Saat Wawancara Kerja

 

Contoh Surat Referensi Kerja

Contoh dibawah ini bisa dijadikan pedoman ataupun referensi dalam penulisan surat tersebut. Berikut beberapa contoh surat referensi kerja sesuai dengan tujuan yang dan strukturnya.

 

Contoh Surat Referensi Kerja Dari Perusahaan

 

PT. MAJU MANDIRI

Jl. Diponegoro No. 123

Jakarta

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 053/HRD/Maret/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama      : Dedi Sudrajat

Jabatan  : Direktur PT. Maju Mandiri

 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

 

Nama     :  Tyo Wicaksana

Alamat   :  Jl. Kramat Jati Raya No. 123 Jakarta

 

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 04 Mei 2015 sampai dengan 25 Februari 2018, dengan jabatan terakhir Manajer Research And Development.

Selama menjadi karyawan, Saudara Tyo Wicaksana telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 05 Maret 2018.

Direktur PT. Maju Mandiri,

Dedi Sudrajat

 

 

Surat Keterangan Kerja untuk Pembuatan Rekening Bank

 

SURAT KETERANGAN KERJA

 

Kepada

Yth. Kepala Cabang Bank Amanah Rakyat Indonesia

Cabang: Kota Yogyakarta

 

Dengan hormat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Franz Ferdinand

Jabatan : Direktur Bank Amanah Rakyat Indonesia

 

Menerangkan bahwa:

Nama: Gintinia Georgina

Jabatan: Staff Keuangan

No. KTP: 8371765673312201

Alamat: Jl. Nyi Gayung Asri 86, Kledung, Yogyakarta

 

Adalah benar bekerja di Bank Amanah Rakyat Indonesia di Jalan Utama Sakti 20 Yogyakarta. Yang bersangkutan sudah bekerja sejak 10 Desember 2009 sampai saat ini.

Demikian Surat Keterangan Kerja ini dibuat dan ditandatangani sebagai syarat pembukaan rekening Bank Internasional.

 

Yogyakarta, 20 Desember 2019

Franz Ferdinand

Direktur Bank Amanah Indonesia

 

Baca Juga :    Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Surat Referensi Kerja Untuk Pencairan Dana BPJS

 

SURAT KETERANGAN KERJA

No. : 192/HRD/XX/2011

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Kenny Alexia

Jabatan : Presiden Direktur PT. Orion Sky Indonesia

 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama     : Leo Armadha
Alamat   : Jalan Kapt Sumarsono No.212 Medan

 

Benar telah menjadi karyawan di PT. Orion Sky Indonesia terhitung sejak 23 Februari 2017 sampai dengan 19 Juli 2019, dengan jabatan terakhir adalah Marketing Specialist.

Saudara Leo Armadha telah bekerja dengan dedikasi serta loyalitas tinggi kepada perusahaan dan tidak pernah terlibat dengan hal-hal negatif yang membawa pengaruh buruk bagi perusahaan selama menjadi karyawan di PT. Orion Sky Indonesia. Pada pernyataan ini kami jelaskan bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas inisiatif pribadi.

Kami berterimakasih atas segala kinerja yang telah dilakukan. Semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Medan, 20 Juli 2019

Presiden Direktur

Kenny Alexia

 

 

Kesimpulan & Penutup

Banyak alasan yang mengharuskan seseorang untuk keluar dan berhenti bekerja dari sebuah perusahaan maupun lembaga. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi bisa jadi masalah karir, gaji ataupun lingkungan. Keluar dari pekerjaan juga bukanlah hal yang mudah karena melamar pekerjaan juga sama sulitnya. Berbeda lagi dengan Anda yang telah memiliki pengalaman sebelumnya dan juga disertai oleh bukti tertulis.

Dengan meminta surat referensi atau keterangan kerja menjadikan Anda mudah dalam mencari pekerjaan diluar sana. Pesaing Anda mungkin belum memiliki pengalaman sebanyak Anda itulah yang menjadi nilai tambah. Atasan akan dengan mudah mempertimbangkan proses penerimaan Anda di perusahaan tersebut. Selain itu surat referensi kerja juga dapat digunakan untuk keperluan perbankan, pencairan beasiswa, pembuatan paspor dan lain-lain.

 

 

Related Post :