Ketahui 3 Cara Membuat Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas!

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Tahukah Anda bahwa lebih dari 500 jam video diunggah ke YouTube setiap menit?. Memiliki konten berkualitas tinggi tidak cukup untuk menonjol di antara semua pesaing saat ini. Anda perlu meningkatkan jumlah penayangan pada video Anda, mendapatkan suara positif, mendapatkan lebih banyak pelanggan ke saluran Anda, dll. Salah satu upaya nya adalah mengubah thumbnail YouTube Anda menjadi thumbnail khusus dapat membantu Anda meningkatkan rasio klik-tayang. Jika menurut Anda thumbnail tidak penting, pikirkan tentang bagaimana Anda setiap memilih video YouTube yang Anda tonton dan seberapa besarkah pengaruh thumbnail tersebut terhadap keputusan Anda.

Selain itu, YouTube adalah medan pertempuran yang kompetitif bagi pemasar video. Sedemikian rupa sehingga sesuatu yang tampaknya sepele seperti thumbnail YouTube Anda sebenarnya dapat membuat perbedaan besar dalam kesuksesan video Anda secara keseluruhan. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara membuat thumbnail YouTube yang disesuaikan di akun Anda, definisi singkat mengenai thumbnail YouTube, dan ukuran thumbnail yang ideal sehingga strategi pemasaran video Anda lewat YouTube dapat maksimal.

 

Baca Juga :  Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Mengenal Apa Itu Thumbnail YouTube

Ketahui 3 Cara Membuat Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas!
 

Thumbnail YouTube adalah gambar pratinjau yang mewakili video. Mereka memberi petunjuk kepada pemirsa tentang apa yang diharapkan dari video sebelum mereka mengkliknya. Thumbnail tidak boleh berupa foto acak dari video Anda karena ini harus dipilih dengan hati-hati untuk menarik perhatian pemirsa potensial. Saat orang menelusuri video di YouTube, mereka mencari konten visual. Jadi, meskipun video Anda akan muncul dengan judul, nama saluran Anda, dan bahkan jumlah penayangan, banyak fokus akan ada pada thumbnail, maka thumbnail Anda harus menonjol.

Disisi lain, thumbnail yang baik dapat membantu Anda mengumpulkan ribuan tampilan. Sementara tampilan yang buruk akan memastikan video Anda tetap tidak terlihat. Untungnya, YouTube memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gambar mini video Anda. Saat Anda mengunggah video, YouTube akan secara otomatis mengambil tiga gambar diam dari video Anda yang dapat Anda gunakan sebagai thumbnail. Meskipun ada opsi mudah itu, selalu yang terbaik adalah membuat thumbnail YouTube khusus untuk setiap video Anda.

Adapun kiat atau tips yang harus Anda ketahui sebelum membuat thumbnail YouTube adalah sebagai berikut :

  • Sederhana

    Thumbnail YouTube kecil, dan mereka bahkan lebih kecil jika dilihat di perangkat seluler, yang sangat umum karena YouTube sering ditonton di ponsel. Faktanya, rata-rata hari di tahun 2018, ada 1 miliar tampilan seluler. Itu sebabnya Anda harus mencoba untuk menghindari menambahkan terlalu banyak teks atau sesuatu yang terlalu kecil dan ramai. Orang tidak akan dapat membacanya, dan dengan demikian membuang-buang hasil thumbnail yang berharga. Untuk memastikan thumbnail Anda tetap sederhana, hindari menambahkan seluruh judul video Anda ke gambar. Judul video Anda akan muncul tepat di sebelah thumbnail Anda. Cobalah untuk mempersingkat judul Anda menjadi beberapa kata pendek saja, atau jika memungkinkan, Anda cukup menggunakan hanya gambar diam dengan logo. Gambar diam sangat cocok untuk thumbnail karena dengan cepat memberikan gambaran tentang apa yang akan ditemukan pemirsa di video Anda tanpa Anda harus membuat gambar sepenuhnya dari awal.

  • Kontras

    Anda mungkin pernah melihat kesalahan fatal, misalnya teks putih di latar belakang terang atau teks hitam di latar belakang gelap. Hal-hal seperti ini sama saja membuat thumbnail Anda tidak berguna. Anda harus menonjolkan konten Anda, jadi jika pemirsa tidak dapat dengan mudah membaca teks di thumbnail Anda, kemungkinan besar video Anda akan dilewati.

  • Menambahkan logo Anda ke thumbnail YouTube Anda adalah ide yang bagus. Ini dapat membantu dengan brand awareness, bagaimanapun di mana Anda menempatkan logo Anda pada thumbnail Anda adalah penting. Pertama, pastikan logo Anda tidak terlalu besar. Anda tidak ingin mengalihkan perhatian dari keseluruhan pesan thumbnail, tetapi jika terlalu kecil tidak ada gunanya menambahkannya sama sekali. Maka caranya adalah dengan menambahkan logo Anda ke sudut thumbnail dan ini akan berfungsi dengan baik, terutama jika Anda memiliki teks lain di thumbnail Anda, tetapi hindari sudut kanan bawah. Mengapa? Karena di situlah YouTube menampilkan durasi video Anda untuk pemirsa. Jika Anda meletakkan logo Anda di sana, itu akan tertutup dan membuat video Anda terlihat tidak profesional.

Baca Juga :  Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

  • Hindari gambar yang tidak relevan

    Tidak ada yang suka clickbait. Itulah mengapa penting untuk memastikan bahwa thumbnail YouTube Anda secara akurat menggambarkan apa yang akan ditemukan pemirsa di video Anda. Jika tidak, Anda dapat merusak reputasi atau brand Anda. Dan lebih buruk lagi, YouTube berpotensi berhenti menampilkan video Anda di hasil pencarian jika rasio pentalan Anda terlalu tinggi. Tujuan thumbnail adalah untuk memberikan konteks, jadi menggunakan gambar yang tidak menggambarkan apa yang sebenarnya akan dilihat pemirsa tidak akan menguntungkan Anda. Sebaiknya temukan poin terpenting dari video Anda dan soroti dengan membuat thumbnail di sekitarnya. Yang terbaik adalah menyeimbangkan pembuatan penggoda visual tanpa mengungkapkan terlalu banyak. Hanya tampilkan cukup untuk membuat pengguna ingin mengklik dan melihat apa yang Anda katakan.

  • Tambahkan teks

    Sebagian besar thumbnail YouTube menyertakan teks karena membantu pemirsa segera mengidentifikasi tentang apa video Anda nantinya. Jenis, ukuran dan warna font juga penting. Buat cukup besar sehingga mudah dibaca dan gunakan warna yang menonjol di latar belakang. Kemudian, pilih font yang sesuai dengan konten. Misalnya, jangan gunakan font yang sangat formal jika Anda membuat video untuk anak-anak. Sebagai gantinya, gunakan yang terlihat menyenangkan.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022

 

3 Ukuran Thumbnail YouTube

Ketahui 3 Cara Membuat Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas!
 

Agar thumbnail YouTube Anda memiliki dampak terbaik, ukurannya harus benar. Dimensi thumbnail YouTube yang ideal adalah sebagai berikut:

  • Resolusi: 1280×720 (dengan lebar minimum 640 piksel)
  • Rasio Aspek: 16:9
  • Ukuran File Maks: 2MB
  • Format gambar yang diterima adalah: JPG, GIF, dan PNG.

Setelah memahami ukuran ideal dari thumbnail untuk konten YouTube Anda, ada beberapa hal yang harus Anda hindari dalam membuat thumbnail diantaranya :

  • Jangan biarkan YouTube memilihkan thumbnail

    Saat mengupload video, Anda harus mengklik Thumbnail kustom untuk juga mengupload desain Anda. Jika Anda tidak melakukan ini atau Anda tidak memiliki desain, YouTube akan menarik sesuatu dari video Anda untuk digunakan sebagai thumbnail. Hal ini tidak direkomendasikan karena akan selalu lebih baik untuk memiliki kontrol atas apa yang dilihat pemirsa Anda terlebih dahulu. Perlakukan thumbnail YouTube Anda seperti magnet utama. Ini adalah titik masuk bagi orang-orang untuk mengklik video Anda dan, semoga berlangganan saluran Anda.

  • Rancang thumbnail Anda sendiri

    Benar-benar rancang thumbnail khusus Anda sendiri. Berikan citra yang baik terhadap brand dan jangan sampai salah dalam menggunakan strategi thumbnail, jika Anda masih ragu, Anda juga dapat membaca serta melihat tutorial dalam pembuatan thumbnail yang baik dan benar.

  • Jangan memadati gambar

    Lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik. Lihatlah kembali brand Anda. Anda tentu menginginkan sesuatu yang beresonansi dan menunjukkan kepada orang-orang siapa Anda. Gunakan thumbnail untuk memancing orang agar mau melihat konten yang Anda sajikan dengan mengisinya secara elegan tanpa harus memasukkan seluruh elemen gambar yang bahkan tidak terlalu penting dan meningkatkan rasio klik secara signifikan.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik Untuk Melakukan Monetize YouTube Dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Semoga artikel ini membantu Anda menghilangkan keraguan tentang thumbnail video YouTube. Menggunakan gambar mini khusus atau thumbnail dapat secara dramatis meningkatkan rasio klik-tayang, jadi pastikan Anda mulai menggunakannya sekarang juga. Ingatlah bahwa mungkin perlu waktu untuk menemukan gaya yang tepat yang sesuai dengan brand Anda dan menarik lebih banyak pengikut. Cobalah beberapa pilihan berbeda, analisis data penayangan, dan buat perubahan jika tidak berkinerja baik.

Setelah beberapa percobaan dan kesalahan, Anda akan mulai memahami audiens Anda, dan Anda akan melihat perbedaan kinerjanya. Anda juga harus memperhatikan setiap thumbnail YouTube yang muncul saat Anda menjelajahi platform berikutnya karena dengan cara ini Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang desain apa yang akan digunakan dalam video Anda berikutnya. Di atas segalanya, patuhi pedoman ukuran thumbnail YouTube yang sempurna di artikel ini. Semoga Anda meraih kesuksesan di saluran YouTube Anda!

 

Related Post :

popup image