Cara Membuat Toko Online dengan Cepat Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apakah Anda ingin memulai toko online Anda sendiri? Meski memang membangun toko online bisa menjadi pekerjaan yang menakutkan terutama bila Anda bukan seorang handal dalam hak teknis. Seringnya membangun toko online adalah cara lain untuk berdiri secara independen dan menjual produk atau jasa tanpa adanya campur tangan pihak ketiga.

Jika Anda memiliki toko online sendiri, maka Anda akan langsung terhubung dengan konsumen Anda. Faktanya menurut Website Builder Expert, penjualan melalui e-commerce diharapkan mencapai 17,5% dari penjualan ritel di seluruh dunia pada tahun 2021 saja. Terlepas dari statistik yang mencengangkan ini, hampir separuh bisnis Amerika masih belum memiliki situs web apalagi bisnis di negara lain.

Ini tentunya adalah peluang yang berpotensi bagi para pebisnis untuk melebarkan sayap mereka. Ditambah lagi habit masyarakat dunia bergeser dengan lebih memilih berbelanja secara online daripada mengunjungi retail secara langsung. Belum lagi, saat ini siapa saja bisa berbelanja secara online dari belahan dunia mana saja. Berikut ini beberapa cara mudah membuat toko online dengan platform instan.

 

Tips Memulai Toko Online Bagi Pemula

Cara Membuat Toko Online dengan Cepat Bagi Pemula
 

Kunci untuk menjalankan toko online yang sukses adalah membuat setiap transaksi berarti, namun mendapatkan lalu lintas dan menjual produk adalah satu hal lain yang harus Anda ketahui. Berikut ini tips dan hal apa saja yang harus Anda penuhi untuk memulai toko online pertama Anda.

  • Tentukan niche/ceruk toko Anda

    Disney niche adalah pada dasarnya berarti apa yang akan Anda jual dan kepada siapa Anda akan menjualnya. Sayangnya wirausahawan pemula tidak terlalu memikirkan ceruk pasar mereka sedangkan sebuah niche dapat mempengaruhi banyak hal, termasuk :
      a) Angka penjualan Anda
      b) Seberapa besar upaya yang harus Anda lakukan untuk dukungan pelanggan
      c) Apakah Anda akan memiliki pelanggan tetap atau tidak

  • Memilih produk yang tepat

    Mungkin terdengar agak sepele, tetapi memilih produk yang tepat untuk dijual sangat penting untuk kesuksesan toko Anda. Tidak hanya kualitas produk/jasa adalah hal yang tidak bisa Anda singkirkan, namun juga bagaimana Anda menarik pembeli dengan tampilan unik dan berbeda pada produk atau jasa Anda diantara banyaknya pesaing lain. Ini karena ketika Anda mendirikan toko online, Anda bersaing dengan sejumlah besar situs yang sangat populer yang menjual segala sesuatu seperti Shopee, Lazada, Zalora dll. Umumnya, Anda akan kesulitan memindahkan produk jika Anda hanya menjual barang yang sudah banyak tersedia di situs semacam itu.

  • Memanfaatkan pencarian kata kunci

    Menggunakan penelitian kata kunci untuk membantu Anda menemukan ceruk pasar Anda adalah cara paling sederhana untuk mengidentifikasi ceruk adalah dengan menggunakan alat penelitian kata kunci seperti Semrush untuk menemukan ceruk pasar dan melihat jenis persaingan apa yang beroperasi di pasar tersebut. Alat penelitian kata kunci memungkinkan Anda mengetahui berapa banyak pencarian per bulan yang dilakukan untuk berbagai kata kunci.
    Hanya saja untuk mendapatkan kata kunci Anda sendiri cari tahu apakah sudah ada banyak pengecer yang menjual produk khusus seperti yang Anda jual juga. Bisa saja orang mungkin sudah mengalahkan Anda dalam niche ini. Untuk mengetahuinya, Anda sekarang perlu melihat pada kesulitan kata kunci. Ini adalah skor yang diberikan dalam satu format atau lainnya oleh alat penelitian kata kunci. Semakin tinggi skor kesulitan kata kunci, semakin sulit untuk menentukan peringkat pencarian untuk nama produk tersebut yang dengan demikian menghasilkan penjualan.

  • Memilih sumber stok produk jualan

    Ada dua opsi utama yang tersedia untuk Anda dalam hal sumber stok yakni membelinya dari pemasok, menyimpan dan menjualnya kembali, atau pengiriman dropshipping. Keuntungan dari opsi pertama adalah Anda dapat melihat kualitas stok secara langsung, memastikannya diproduksi secara etis, dan membangun hubungan yang baik dengan pemasok Anda.
    Opsi kedua, dropshipping, adalah metode pemenuhan di mana Anda tidak menyimpan apa yang Anda jual dalam persediaan. Anda dapat mengambil pesanan, mengirimkannya ke pemasok, dan mereka mengirimkan barang ke klien Anda yang membuat toko Anda berlaku orang tengah. Anda mungkin tidak pernah bertemu atau berhubungan langsung dengan pemasok Anda, dan Anda mungkin tidak akan pernah melihat sebagian besar barang yang Anda jual.

 

Baca Juga  :     Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Kamu Ketahui Serta Fungsinya

 

Cara Membuat Toko Online dengan Platform Besar

Cara Membuat Toko Online dengan Cepat Bagi Pemula
 

Kesalahan terbesar yang dilakukan sebagian besar pebisnis online pemula adalah tidak memilih platform yang tepat untuk toko online mereka. Padahal Anda dapat memilah dan melakukan riset cepat terhadap banyak platform instan yang akan membantu pekerjaan Anda lebih mudah. Berikut diantaranya :

 

E-commerce Website Builder

Saat memulai toko online, langkah pertama adalah memilih pembuat toko online yang tepat. Ada banyak pembangun toko online di luar sana. Beberapa murah, beberapa mahal, beberapa dapat diandalkan, dan beberapa sama sekali tidak berfungsi. E-commerce Website Builder adalah perangkat lunak daring yang memungkinkan Anda membangun toko daring Anda sendiri, tanpa memerlukan keterampilan teknologi tingkat lanjut, pengetahuan pengkodean, atau selusin layar komputer dan yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan ide bisnis yang hebat. Adapun yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan opsi ini adalah :

  • Temukan pembuat situs web e-commerce yang tepat untuk kebutuhan Anda
  • Pilih paket terbaik untuk Anda
  • Buat dan daftarkan nama domain untuk toko Anda
  • Pilih template e-commerce Anda
  • Sesuaikan template e-commerce Anda
  • Tambahkan produk Anda
  • Siapkan metode pembayaran
  • Atur pengaturan pengiriman Anda
  • Pratinjau, uji dan publikasikan toko online Anda

 

Baca Juga   :     Kumpulan Aplikasi Live Chat Untuk Website Dan Toko Online

 

WordPress dengan WooCommerce

Membangun toko online dengan e-commerce builder sangatlah mudah, yang harus Anda lakukan hanyalah memilih platform mana yang terbaik untuk Anda. WordPress, di sisi lain, membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha untuk memulai. Banyak yang menyukai WordPress karena ini adalah platform yang kuat dan dapat disesuaikan, bahkan lebih dari sepertiga dari semua situs web dibuat menggunakan WordPress, dan mudah untuk mengetahui alasannya. Anda mendapatkan kontrol penuh atas desain, fitur, keamanan situs web Anda, dan lainnya, yang membuatnya dapat disesuaikan dan diskalakan.

Satu-satunya kendala adalah hal membuat situs dengan opsi ini membawa banyak tanggung jawab, dan membuat WordPress lebih banyak upaya untuk memulainya. Meskipun banyak pemula menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat jika Anda mempunyai pengetahuan teknis. Anda perlu meluangkan waktu untuk mempelajari cara Anda, dan memastikan semuanya sudah disiapkan dengan benar. Opsi ini sendiri ni bisa sangat memuaskan, atau bisa sedikit membebani. Berikut cara yang bisa Anda ikuti jika menempuh cara ini :

  • Tentukan apakah WordPress tepat untuk Anda
  • Temukan hosting web yang andal
  • Pilih dan daftarkan nama domain yang unik
  • Instal WordPress dan siapkan WooCommerce
  • Tambahkan produk
  • Pilih tema desain Anda yang sempurna
  • Sesuaikan toko Anda
  • Pilih dan pasang plugin yang berguna
  • Lakukan pemeriksaan terakhir, lalu publikasikan

 

Baca Juga   :     Daftar Payment Gateway Indonesia Terbaik dan Murah untuk Bisnis / Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Sulit untuk mengetahui apakah Anda harus menggunakan WordPress atau e-commerce website builder untuk membuat toko online Anda.ini harus Anda cari tahu sendiri sesuai dengan kebutuhan dan sejauh mana bisnis online Anda nanti mempunyai target maupun perkembangannya. Setiap opsi yang ada mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing- masing pula.

E-commerce website builder membuat pembangunan menjadi cepat dan mudah – Anda tidak memerlukan keahlian teknis, dan proses penyajiannya sangat sederhana, artinya Anda dapat langsung membuat toko online. WordPress membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai, karena Anda perlu mencari hosting, menginstal perangkat lunak dan plugin, dan mempelajari cara Anda di sekitar platform sebelum Anda dapat terjun dengan benar-benar membangun situs Anda. maka pilihlah dengan bijak dan sesuaikan dengan kemampuan Anda sendiri.

Related Post :