Cara Membuka Aplikasi Whatsapp di Laptop dengan Mudah dan Gratis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

WhatsApp diketahui berdiri pada 24 februari 2009 yang didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang pernah bekerja sebagai pegawai di Yahoo, dengan modal tabungan yang dimilikinya Koum pergi menemui temannya yang bernama Alex Fishman untuk mendiskusikan terkait App Store yang saat itu baru berusia 7 bulan. Kemudian Fishman membantu Koum untuk mencari pengembang aplikasi iPhone yang berasal dari Rusia.

Berdirinya WhatsApp Inc tidak serta merta membuat Aplikasi WhatsApp rampung sepenuhnya, di beberapa percobaan ditemukan crash dan gagal dijalankan seperti yang diharapkan. Koum akhirnya putus asa dan berniat akan menutup perusahaan tersebut, niat itu ditepis oleh Brian Acton dan meyakinkan Koum untuk bertahan hingga beberapa bulan lagi. Hingga fase beta yang dilewati dengan cukup panjang akhirnya WhatsApp resmi memulai jalannya di App Store pada november 2009.

Sejak februari 2013 pengguna WhatsApp meledak hingga mencapai angka 200 juta pengguna, angka ini semakin bertambah dua kali lipat di bulan desember dan semakin meningkat hingga 500 juta pengguna di april 2014. Hingga pada september 2015 mencapai 900 juta pengguna aktif, pesat perkembangan ini membuat Facebook tergila-gila dengan aplikasi WhatsApp. Dengan biaya mencapai 19 miliar dolar, WhatsApp Inc beralih tangan ke pemilik Facebook. Peralihan ini tidak berdampak banyak dalam perubahannya, WhatsApp tetap pada tampilan sebelumnya.

 

Mengenal WhatsApp dan Manfaatnya

Cara Membuka Aplikasi Whatsapp di Laptop dengan Mudah dan Gratis
 

WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet. WhatsApp memiliki basic yang mirip dengan BlackBerry Messenger maupun telegram yang saat ini juga banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia.

WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009 di Mountain View, California, United States oleh Brian Acton dan Jan Koum yang dulu bekerja sebagai karyawan Yahoo!. Pada tahun 2014 WhatsApp secara resmi dibeli oleh Facebook melalui proses Akuisisi yang dilakukan oleh Facebook. Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan dengan menggunakan WhatsApp, terutama pada fitur utamanya mengirimkan teks, foto, audio, file dan gambar kepada pengguna lainnya, menelpon, video call, serta membuat story.

Beberapa manfaat dan fungsi yang bisa didapatkan dari WhatsApp diantaranya :

 

  • Personal atau Group Chat

    Anda dapat memanfaatkan WhatsApp untuk kebutuhan Chat dan juga Grup Chat yang bisa Anda manfaatkan dengan berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya. Pada Survey yang dilakukan oleh We Are Social menyebutkan layanan di bawah naungan grup perusahaan besutan Mark Zuckerberg, yaitu WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Facebook Messenger merupakan layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia setelah Youtube.

  • Media Pendidikan

    Dengan adanya WhatsApp tentunya membantu banyak hal salah satunya sektor pendidikan dimana informasi dapat berkembang dengan cepat dan dapat mempermudah semua aktifitas di segala aspek media pendidikan saat ini khususnya di Indonesia.

  • Media Bisnis melalui WhatsApp Business

    WhatsApp Business merupakan salah satu platform yang diluncurkan oleh WhatsApp beberapa tahun yang lalu, meskipun belum secara resmi rilis full di Indonesia, namun dengan beberapa fitur yang sudah diinformasikan media terkait WhatsApp Business tentunya bisa mendapatkan banyak manfaat bagi para pebisnis dalam melakukan transaksi maupun aktivitas bisnis menggunakan WhatsApp Business.
     

    Baca Juga : Tips Memanfaatkan Whatsapp untuk Berjualan Online dengan Mudah

  • Berbagi Informasi dan Berita

    Nah hal ini yang tidak bisa tertinggal, karena dengan adanya teknologi termasuk messenger seperti WhatsApp, akan membuat perkembangan informasi dan berita bisa menyebar dengan sangat cepat. Fitur Broadcast merupakan salah satu fitur yang ada pada WhatsApp yang membuat orang dapat menyebarkan informasi positif dengan cepat melalui satu kali klik. Meskipun pada awal tahun 2019 yang lalu fitur broadcast ini dibatasi hanya 5 broadcast untuk satu kali eksekusi.

  • Video dan Voice Call

    Yang tidak kalah keren dari WhatsApp adalah dengan adanya fitur Video call ini akan mempermudah orang berkomunikasi, tidak melalui chat lagi, namun bisa memanfaatkan Video call dengan gratis dan mudah digunakan khususnya untuk orang yang berbeda lokasi, berbagi pengalaman melalui media video, dan lainnya.

  • Membuat Status/Story

    Tidak jauh beda dengan Facebook dan Instagram, WhatsApp juga mempunyai fitur Story dan Status dimana fungsi WhatsApp sendiri sudah berfungsi dan beralih menjadi salah satu social media messenger yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berkomunikasi satu sama lainnya.

  • Media Komunitas

    Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi komunikasi para komunitas yang ada di dunia khususnya di Indonesia, Meskipun WhatsApp mempunyai batasan hingga 250 user untuk satu grup, namun fungsi WhatsApp sebagai salah satu meia komunitas dalam berinteraksi dan berbagi pengalaman dan pengetahuan juga tidak lepas dari semua itu.

 

Baca Juga  :    Aplikasi Signal : Pengertian, Fitur, Keunggulan, dan Cara Installnya

 

Cara Membuka Aplikasi WhatsApp di Komputer

Cara Membuka Aplikasi Whatsapp di Laptop dengan Mudah dan Gratis
 

Masuk ke aplikasi WhatsApp dengan menggunakan web sangatlah mudah, Anda bisa menggunakannya langsung pada browser atau dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ulasannya.

 

  1. Menggunakan Browser

    Untuk WhatsApp dengan menggunakan browser, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah koneksi internet pada laptop dan smartphone Anda menyala. Cari WhatsApp web dan bukalah, selanjutnya Anda akan dialihkan ke tampilan scan barcode sebelum masuk ke laman chat WhatsApp. Anda harus melakukan scan dari smartphone dan laptop, jika berhasil Anda akan masuk ke dalam WhatsApp.

  2. Menggunakan Install Aplikasi

    Tidak jauh berbeda dengan menggunakan browser, Anda juga harus mengikuti langkah yang sama. Hanya saja Anda harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu.

 

Kelemahan Menggunakan WhatsApp Web di Laptop atau Komputer

Dibalik keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp, berikut ini beberapa poin penting kelemahan WhatsApp Web yang perlu Anda ketahui :

  1. Bergantung pada akses internet yang kuat sehingga untuk menyambungkan WhatsApp Web Anda membutuhkan koneksi yang stabil.
  2. Tak bisa melakukan panggilan online, untuk panggilan tetap harus dilakukan melalui smartphone Anda.
  3. Tidak seperti telegram, Tak bisa digunakan saat Smartphone Anda dalam keadaan mati atau tidak ada koneksi internet. WhatsApp Web harus membutuhkan koneksi baik dari sisi smartphone Android dan IOS Anda, jika smartphone tidak ada koneksi maka WhatsApp Web tidak akan bisa tersambung.
  4. Menguras baterai Smartphone Anda, karena secara default Aplikasi dapat berjalan dibelakang layar sistem operasi Anda yang menguras baterai lebih cepat dibandingkan biasanya.
  5. Bisa di duplikasi di komputer lain, hal ini sering terjadi dimana orang lain bisa secara diam-diam melakukan login di komputer / laptop lain yang akibatnya bisa diakses oleh orang lain secara diam diam, untuk memastikan ini tidak terjadi Anda bisa melakukan logout pada akun WhatsApp di smartphone Android dan IOS Anda.

 

Baca Juga  :   Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / Laptop (Android & IOS Apple)

 

Kesimpulan dan Penutup

WhatsApp tak hanya bisa digunakan oleh perangkat mobile, aplikasi ini juga memungkinkan untuk dibuka pada personal komputer atau laptop. Cara membukanya pun sangatlah mudah, hanya dengan beberapa langkah saja Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp versi web nya. Kemudahan itu ternyata tidak serta merta memudahkan pengguna, menggunakan WhatsApp web juga menguras banyak baterai sehingga bisa menyulitkan pengguna ketika kehabisan baterai.

Pengguna WhatsApp web juga kesulitan jika koneksi ke internet pada smartphone mengalami gangguan, WhatsApp web pada komputer tidak akan bisa dijalankan. Berbeda dengan aplikasi telegram yang penggunanya tidak perlu bergantung pada telepon pintar mereka saat ingin menggunakan telegram pada komputer, WhatsApp juga tidak terenkripsi real time. Sehingga saat Anda mengetikkan pesan pada web dan tiba-tiba beralih pada smartphone, maka pesan yang sudah dituliskan tersebut tidak ada dalam aplikasi WhatsApp di smartphone.

Related Post :

popup image