Cara Memilih Nama Domain yang Cocok untuk Bisnis

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Domain memang suatu hal yang sangat penting di dalam membuat suatu website. Dimana jika ingin mempunyai suatu website maka Anda harus mempunyai domain yang akan digunakan nantinya untuk alamat website yang Anda punya. Sehingga di dalam memilih nama domain, Anda perlu memperhatikan beberapa cara memilih nama domain yang akan disesuaikan dengan nama bisnis yang dimiliki nantinya. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai bagaimana cara memilih nama domain yang cocok untuk Anda gunakan, maka ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan domain ini.

Jadi domain merupakan suatu alamat yang akan digunakan untuk mencari website yang Anda miliki. Dan oleh sebab itu harus pintar pintar di dalam memilih nama domain sehingga bisa memudahkan banyak orang untuk mencari website yang Anda miliki. Sebuah nama domain ini bisa dijadikan sebagai alat yang bisa sangat menguntungkan untuk website yang Anda miliki nantinya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa suatu perusahaan ataupun perorangan harus bisa dengan tepat di dalam memilih nama domain.

Namun untuk yang belum pernah membeli nama domain tentu akan merasa kebingungan di dalam memilih nama domain ini sebab baru pertama kali dalam melakukan hal ini. Nah di dalam kesempatan kali ini akan di bahas mengenai beberapa cara memilih nama domain yang bisa coba untuk lakukan. Namun perlu memperhatikan dan meresapi apa yang Kami sampaikan di sini dan baru kemudian bisa melakukannya. Berikut cara memilih nama domain yang cocok untuk website Anda nantinya:

Cara Memilih Nama Domain yang Perlu Anda Perhatikan

Memilih nama domain dengan tepat memang sangat penting dilakukan agar Anda tidak akan menyesal ketika sudah menggunakannya. Cara memilih nama domain tersebut diantaranya

1. Perhatikan Nama Domain

Cara memilih nama domain yang pertama tentunya perlu memperhatikan nama domain yang akan Anda gunakan nantinya. Dimana nama domain yang akan Anda gunakan nantinya bisa mencerminkan bagaimana isi dari keseluruhan website yang Anda miliki.

Misalkan saja ingin membuat suatu website yang isinya akan mengenai usaha mobil maka bisa menggunakan nama domain mobilku.com. Jika memang domain ini sudah ada yang menggunakan sebelumnya maka bisa kombinasi dengan nama perusahaan yang Anda miliki. Seperti misalnya agusmobil.com, dimana Agus merupakan nama sendiri atau bisa juga menggunakan nama yang lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain dan Hosting untuk Website

2. Pilihlah Domain yang Mudah Diingat

Cara memilih nama domain yang kedua adalah perlu mencari nama domain yang mudah untuk diingat oleh kebanyakan orang. Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa di internet akan ada sangat banyak website yang bertebaran. Sehingga dalam memilih nama domain yang mudah untuk diingat memang menjadi hal yang cukup penting untuk Anda perhatikan. Namun bagaimana cara untuk bisa memilih nama domain yang bisa dengan mudah diingat?

Nah maka dari itu, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar nama domain bisa dengan mudah diingat oleh banyak orang.  Disarankan tidak menggunakan domain yang sulit diingat, apalagi kombinasi Huruf dan Angka yang terkadang suka membuat orang lupa mengenai Domain yang kita buat. Berikut ini adalah beberapa tips lengkap agar domain kita mudah diingat :

  • Yang pertama adalah jangan sampai menggunakan angka di dalam domain yang akan Anda gunakan. Sebab dengan menggunakan angka ini bisa membuat kebanyakan orang akan kesulitan di dalam mengingat nama domain yang Anda miliki. Jadi sebisa mungkin untuk tidak menggunakan angka.
  • Selain tidak diperbolehkan dalam menggunakan angka. Anda juga tidak diperbolehkan dalam menggunakan simbol. Seperti misalnya menggunakan simbol – atau dashes dan juga tidak boleh menggunakan simbol _ atau underscore. Sehingga akan lebih baik untuk tidak menggunakan simbol simbol tersebut.
  • Hal ketiga di dalam memilih nama domain yang bisa dengan mudah diingat adalah jangan menggunakan singkatan. Sebab singkatan biasanya merupakan hal yang sulit untuk diingat, lebih baik jangan menyingkat nama domain yang akan Anda gunakan nantinya.
  • Selanjutnya adalah bisa menggunakan nama domain yang singkat, berbeda dengan penggunaan singkatan. Bukan berarti menggunakan nama domain singkat menggunakan singkatan. Maka dari itu perlu memahaminya dengan baik.

3. Memilih Ekstensi Domain  yang Populer

Cara memilih domain selanjutnya yakni dengan memperhatikan ekstensi domain yang akan Anda gunakan nantinya. Dimana pada umumnya ekstensi domain yang digunakan oleh kebanyakan orang adalah domain .com. dimana ekstensi .com ini merupakan masih pilihan terbaik untuk nama domain suatu website.

Orang yang awam biasanya akan mengetikkan .com jika dibandingkan dengan ekstensi domain yang lainnya. Meskipun sebenarnya jika menggunakan ekstensi domain yang lain bukan menjadi suatu masalah. Itu semua kembali kepada Anda dimana akan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika membuat website untuk organisasi maka bisa menggunakan domain .org atau jika ingin membuat website tentang jaringan maka bisa menggunakan domain dengan ekstensi domain .net dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Apa itu Domain TLD dan ccTLD

Anda juga dapat memilih domain  Indonesia yang berektensi .ID. Terutama domain ini juga populer digunakan untuk wilayah Indonesia. Jika Anda merasa target Anda orang Indonesia juga bisa menggunakan Ektensi Domain ID untuk Website Anda agar mudah diingat dan digunakan untuk bisnis Online Anda.

4. Jangan Melakukan Pelanggaran

Cara memilih nama domain yang cocok selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah harus memastikan bahwa domain yang Anda pilih tersebut tidak melakukan tindakan pelanggaran merek dagang. Pemegang dari suatu merek dagang akan mempunyai hal untuk bisa melindungi merek dagang yang mereka miliki.

Sehingga jika memang hal tersebut terjadi, dimana Anda melakukan pelanggaran terhadap merek dagang seseorang maka bisnis akan dalam bahaya. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi maka bisa mencatat semua kemungkinan domain yang nantinya akan Anda gunakan tersebut. Jika ada beruntung maka bisa mendapatkan salah satu domain yang Anda catat tersebut.

Jangan khawatir karena saat ini Anda bisa mengamankan brand dengan melakukan pembelian Domain Murah di IDCloudHost. Dan dapatkan banyak promo yang menarik jika melakukan pembelian domain atau pun membeli web hosting di sini. Selain itu juga IDcloudhost merupakan salah satu Registrar dari PANDI selaku penyedia Domain Indonesia di Indonesia. Jika Anda membutuhkan bantuan jangan ragu  untuk menghubungi tim IDCloudHost.

Related Post :

popup image