Cara Mempertahankan Bisnis Anda Agar Terus Tumbuh dan Berkembang

Diskusi / 0 | | 0

Bisnis memang menjadi suatu profesi yang bisa dikatakan sangat menjanjikan akan tetapi disatu sisi juga penuh resiko. Banyak diantara para pelaku di dunia bisnis yang bisa membangun bisnis mereka akan tetapi dalam prosesnya, gagal untuk mencari cara mempertahankan bisnis mereka.

Mempertahankan bisnis harus dilakukan dengan penuh usaha, tenaga, dan tentunya waktu yang tidak sedikit. Untuk itulah diperlukan perhatian yang tidak setengah-setengah dalam mengelola bisnis tersebut agar bisa bertahan di persaingan bisnis dan kerasnya kemajuan dunia bisnis. Dan berikut ini merupakan ulasan mengenai bagaimana cara mempertahankan bisnis yang bisa Anda simak dan terapkan pada bisnis Anda sendiri.

Baca Juga : Motivasi Bisnis untuk Pengusaha Muda

Mengenal Bisnis secara Singkat Sebelum Membahas Cara Mempertahankan Bisnis

Sebelum membahas lebih jauh dan dalam mengenai bagaimana cara mempertahankan bisnis, agaknya kita perlu membahas terlebih dahulu mengenai apa itu bisnis dan seperti apa seluk beluk di dunia bisnis itu sendiri. Jadi, pada dasarnya bisnis merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh individu atau kelompok yang dalam prosesnya melibatkan usaha produksi dan bertujuan untuk memperoleh keuntungan ataupun labu.

Orang yang melakukan bisnis bisa disebut sebagai pengusaha ataupun pebisnis. Bisnis menjadi salah satu profesi yang dipilih sebagai salah satu pilihan terbaik ditengah ketatnya dunia kerja. Banyak diantara orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan akhirnya memilih untuk membuka bisnis milik mereka sendiri.

Namun, tidak hanya itu saja, dunia bisnis yang semakin hari juga semakin ketat mendorong banyaknya sekolah bisnis didirikan dengan tujuan untuk melahirkan pebisnis-pebisnis atau pengusaha-pengusaha muda yang berkompeten, berskill, dan bisa menjadi pengusaha yang sukses di bidang bisnis serta bisa menciptakan lapangan kerja yang tinggi.

Baca Juga : Bagaimana Mengembangkan Ide Bisnis Anda

5 Cara Mempertahankan Bisnis Anda

Semakin tinggi pohon yang tumbuh, maka akan semakin tinggi pula angin yang menerpa. Mungkin itulah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan bagaimana sulitnya cara mempertahankan bisnis yang Kita miliki. Bahkan karena gagal mempertahankan bisnis yang dimiliki, banyak orang yang akhirnya masuk ke jurang kebangkrutan atau gulung tikar.

Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang berdampak pada dunia bisnis bagaikan dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Pada satu sisi, teknologi akan sangat membantu dan memberikan kemungkinan bagi para pebisnis untuk memperluas usaha mereka lebih luas lagi tanpa adanya batasan geografis ataupun negara melalui kemudahan digitalnya.

Akan tetapi, pada sisi yang lain, jika pebisnis tersebut tidak bisa mempertahankan dan mengolah usahanya secara baik dan terus berinovasi, maka bukan tidak mungkin jika bisnis yang dibangun justru akan bangkrut karena tidak bisa beradaptasi dengan dunia digital dan memanfaatkan dunia digital tersebut dengan baik.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mudah Mengembangkan
 Bisnis Anda

Setidaknya ada 5 cara mempertahankan bisnis yang bisa Anda coba dan terapkan pada bisnis yang Anda miliki :

1. Miliki kemauan dan mimpi yang besar

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memiliki kemauan dan juga mimpi yang besar. Hal ini dikarenakan dalam cara mempertahankan bisnis, mimpi dan kemauan yang besar dapat mencegah pengusaha atau pebisnis cepat puas dengan apa yang telah ia capai. Tentunya hal cepat puas merupakan hal yang salah dalam dunia bisnis.

Rasa cepat puas akan mematikan inisiatif untuk terus berinovasi memajukan bisnis yang ia miliki dan selalu memperbaiki kekurangan dari bisnisnya. Untuk itulah mimpi dan kemauan yang kuat menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh pengusaha.

2. Miliki perancangan dan strategi yang matang

Perancangan dan strategi yang dimaksud adalah bagaimana seorang pebisnis tersebut mengelola bisnisnya. Mulai dari target apa yang akan ia capai ataupun bagaimana ia menangani konsumen dari bisnis yang ia miliki. Hal ini menjadi suatu yang penting karena dalam cara mempertahankan bisnis, rencana dan strategilah yang akan menentukan jalannya sebuah bisnis tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali meremehkan sebuah rencana dan strategi yang matang demi kemajuan bisnis yang Anda miliki.

3. Perlakukan pelanggan dengan baik

Pelanggan atau customer memegang peranan yang sangat vital terhadap sebuah usaha. Sebagai seorang pengusaha, adalah hal yang sangat tidak baik untuk meremehkan kehadiran dan peran dari seorang pelanggan. Selalu perlakukan pelanggan yang Anda miliki dengan baik dan ramah, karena itulah yang akan menentukan apakah pelanggan tersebut akan tetap kembali ke usaha Anda atau tidak.

4. Inovasi dan kreativitas

Inovasi dan kreativitas juga menjadi poin yang sangat penting dalam usaha cara mempertahankan bisnis. Inovasi dan kreatifitas harus mutlak dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan bisnis atau usaha yang ia miliki. Berkaitan dengan rasa tidak puas yang disebutkan pada poin sebelumnya, jangan mudah cepat puas terhadap bisnis yang Anda miliki.

Karena sesungguhnya akan selalu ada kekurangan pada setiap bisnis dan usaha yang ada. Dan yang perlu Anda lakukan adalah selalu berinovasi dan memanfaatkan kreativitas yang dimiliki agar bisnis Anda bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan tidak ada habisnya.

5. Bangun koneksi seluas-luasnya

Dan cara mempertahankan bisnis terakhir adalah tentang koneksi. Koneksi atau jaringan akan sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis atau pengusaha. Hal ini akan sangat berperan dalam bidang pemasaran dan juga promosi usaha Anda. Semakin banyak koneksi yang dimiliki maka peluang promosi yang Anda dapatkan juga akan semakin besar.

Itulah 5 cara mempertahankan bisnis yang bisa Anda lakukan dan terapkan pada bisnis Anda. Terdengar sederhana memang akan tetapi langkah tersebut harus benar-benar dijalankan secara konsisten demi bertahannya bisnis yang Anda miliki.

Related Post :

popup image