Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Informasi / 1 | | 0

Banyak orang yang sudah kaya dari Youtube dimana mereka mendapatkan pendapatan atau uang tersebut dengan berkarya di Youtube. Tertarik menghasilkan uang dari akun Youtube channel? Apa Anda pernah dengar tentang Awkarin yang mengumbar cerita cintanya di Youtube , lalu dia menangis “bombay” selama tayangan videonya? Kini jumlah penonton videonya cukup fantastis, padahal kebanyakan orang justru menganggap videonya merupakan tayangan yang tidak penting. Meski demikian, ada sejumlah uang yang berhasil dihasilkan dari video tidak penting tersebut.

Baca Juga : Youtube, Media Publikasi Video untuk Bisnis Anda

Beralih pada Youtuber lainnya yang luar biasa yakni kaya dari Youtube dan menjadi Youtuber sukses se-Asia tenggara, ada nama Atta Halilintar dan Ria Ricis. Mereka diperkirakan dapat menghasilkan uang lebih dari 20 Miliar per tahun. Sederet nama lain seperti Raditya Dika, Jess No Limit, Miawaug, Reza Oktovian, Edho Zell, diperkirakan mereka juga dapat menghasilkan miliaran rupiah sebagai Youtuber. Penasaran bagaimana Youtube channel bisa menghasilkan uang? Simak ulasannya berikut!

Cara Agar Youtube Channel Menghasilkan Uang

Sekarang bagaimana cara supaya Youtube channel Anda bisa sukses menghasilkan uang dan menjadi kaya dari Youtube channel?

  1. Buat Youtube Channel
    Pertama-tama yang harus dilakukan jika ingin kaya dari Youtube, tentunya buatlah akun Youtube lebih dahulu, lalu buat channel. Cari nama dan konsep yang menarik untuk channelmu. Selain itu juga pastikan Anda mempunyai konten yang berkualitas agar bisa mendapatkan banyak pelanggan yang berlangganan di youtube Channel Anda.
  2. Monetisasi
    Pilih menu Account Information yang berada di sisi kanan atas, lalu pilih Creator Studio. Pada menu sebelah kiri, pilihlah Channel klik Status and Features. Selanjutnya pilih Enable Monetisation. Terakhir, setujui agreement pada form. Monetisasi ini sangat penting bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari youtube.
  3. Sambungkan Channel pada AdSense
    Sesudah mengaktifkan monetisasi Youtube channel, selanjutnya lakukan associate serta approved AdSense akun Adsense ke akun Youtube Anda. Nanti muncul fitur Analytic yang bisa digunakan melakukan track pendapatan Anda. Pengguna Youtube akan dibayar hanya bila akun Anda terakses pada Youtube payment treshold.
  4. Optimalkan Fungsi Monetisasi Youtube Channel
    Apabila ingin mengoptimalkan channel agar bisa kaya dari Youtube, beberapa kriteria perlu dipenuhi, antara lain :

    • User friendly video.
    • Konten karya orisinil supaya bisa di-promote.
    • Copyrighted video, plagiasi dari dunia maya tak akan menghasilkan apapun, jadi sebaiknya hapuskan niat melakukan plagiasi.
    • Video yang diposting harus memperhatikan Community Guidelines dan Terms of Service yang telah ditetapkan pihak Youtube .
  5. Mengarahkan Pengunjung ke Afiliasi Link
    Affiliasi marketing merupakan peluang menghasilkan uang yang populer secara online. Masalahnya banyak pemasar affiliasi yang tak mengemukakan rincian upaya apa yang diperlukan agar menghasilkan pendapatan besar. Daripada mengandalkan blog untuk mengarahkan pengunjung ke link affiliate, coba buat Youtube Channel yang keren sebagai katalis mengarahkan ke link affiliasi.
    Seiring perkembangan niche berbentuk visual yang mana orang-orang memiliki kecenderungan malas membaca tulisan panjang, maka Anda dapat mengembangkan bisnis lebih pesat.
  6. Live Speaking
    Langkah ini dapat meningkatkan jumlah customer engangement. Nantinya, bila Anda telah memiliki fans cukup banyak, adakan meet and greet. Dapat pula membuat jadwal rutin supaya komunitas Anda bertumbuh. Hal ini dilakukan meningkatkan engangement dengan subscribers agar selalu menjadi penonton setia video Anda. Dalam meet and greet, nantinya Anda bisa juga mempromosikan konten lain dan manfaatkan kesempatan ini agar lebih mengenal seperti apa market Anda.

Baca Juga : Membuat Konten Youtube untuk Bisnis Anda

Selain beberapa langkah di atas, berikut adalah beberapa tipe video yang berpotensi menjadikan Anda kaya melalui Youtube.

Tipe-tipe Video yang Berpotensi Menjadikan Kaya dari Youtube

Perlu berpikir out of the box dan kreatif apabila ingin menghasilkan konten video yang bisa membuat kaya dari Youtube. Tayangan menarik dari awal sampai akhir akan memperbesar peluang dibagikannya kembali dan menjadi konten viral. Berikut, Kami akan memberikan contoh-contoh jenis video yang paling banyak ditonton oleh orang-orang dan dapat menghasilkan uang lebih dari Youtube. Inilah beberapa jenis konten video yang dapat dipertimbangkan untuk dibuat :

  1. Voice Over
    Tayangan ini berupa rekaman narasi Anda mengenai beragam fakta menarik, berisi komentar Anda terkait berita terkini, maupun berisi pendapat Anda mengenai film disertai visual menarik agar video Anda ditonton banyak Youtube user.
  2. List
    Tayangan video ini memuat list menarik terkait tema yang diangkat, dapat berupa daftar mengenai apapun namun pastikan memiliki judul yang menarik, misalnya “10 Film Box office Terbaik 2019” atau “9 Tanda yang Menguatkan Alien Memang ada di Bumi”. Konten video dapat memuat video slide dan narasi suara atau pun tulisan.
  3. Tutorial
    Tayangan berupa panduan juga sangat diminati Youtube User. Tutorial make up, hijab, DIY, life hacks merupakan beberapa video tutorial favorit penonton yang dapat menjadikan Anda .
  4. Review Game
    Penggemar game online sangat menjamur mulai dari anak-anak hingga mereka yang telah paruh baya bahkan lansia. Penggemar game online juga tak kenal gender, bahkan kini banyak gamers wanita yang tak kalah hebatnya saat bertanding di dunia maya. Dengan menjamurnya penggemar game online, sudah tentu akan berdampak pula pada penonton video review game yang bisa menjadikan Anda kaya dari Youtube.
  5. Wisata
    Konten video wisata juga tak kalah banyak peminatnya. Anda dapat membahas berbagai tempat wisata menarik dan kekinian. Dapat pula video kegiatan travelling Anda ke berbagai kota atau bahkan ke luar negeri, tetapi tentunya lengkapi pula dengan info bermanfaat seperti info kuliner, info penginapan, info adat atau budaya setempat dan info lainnya.

Baca Juga : Setup Youtube Premium – Google for Non Profit

Dan berbagai jenis tayangan video lainnya yang dapat membuat Anda kaya dari Youtube, termasuk video unboxing yang “menggelitik” rasa ingin tahu para penontonnya, karena pada dasarnya, manusia mempunyai rasa keingintahuan tinggi. Selain akun Youtube channel, IDCloudhost dapat menjadi pilihan tepat karena website hosting asli Indonesia ini akan memberikan layanan maupun kinerja terbaik, domain gratis, sertifikat SSL, uptime hingga 99,5% sekaligus bandwidth tak terbatas dilengkapi fitur yang lengkap.

Related Post :

popup image